Pengembalian Produk dan Dana

Pelajari cara melakukan pengembalian produk dan pengembalian dana

Sub Topik

Pengajuan retur atau pengembalian produk Anda ditolak karena tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan pengembalian produk Blibli.com. Kami akan memberi alasan serta konfirmasi melalui email atau telepon.

Pada periode libur Lebaran (1 – 30 Juni 2018) dan Natal (15 Desember 2018 – 15 Januari 2019), kami memberikan perpanjangan waktu pengembalian produk ke kantor Blibli.com menjadi 30 hari setelah produk Anda terima.

Libur Lebaran (1 – 30 Juni 2018):

  • Bila Anda menerima produk pada 20 Juni 2018, maka Anda masih dapat mengembalikan produk hingga 20 Juli 2018.

Libur Natal (15 Desember 2018 – 15 Januari 2019):

  • Bila Anda menerima produk pada 14 Januari 2019, maka Anda masih dapat mengembalikan produk hingga 13 Februari 2019.

Selengkapnya mengenai cara pengembalian produk dapat Anda lihat pada bagian “Bagaimana Cara Melakukan Pengembalian Produk (Retur).”

Berikut jenis produk yang dapat dikembalikan berdasarkan kategorinya:

  • Handphone & Tablet: Semua produk dalam kategori ini dapat dikembalikan.
  • Olahraga & Aktivitas Luar Ruang: Semua produk kecuali pengembalian produk dengan alasan berubah pikiran dan penukaran produk untuk Baju Renang Pria & Wanita, Sport Bra, Helm Sepeda, Kaos Kaki, Legging, dan Tiket. Penukaran produk meliputi penukaran ukuran/warna/produk lain.
  • Komputer & Laptop: Semua produk kecuali pengembalian produk dengan alasan berubah pikiran dan penukaran produk untuk Software,Toner, Inkjet, CD & DVD. Penukaran produk meliputi penukaran ukuran/warna/produk lain.
  • Kamera: Semua produk dalam kategori ini dapat dikembalikan.
  • Mainan & Video Games: Semua produk kecuali pengembalian produk dengan alasan berubah pikiran dan penukaran produk untuk Gift Voucher/Network Card/Pre-paid Game Cards. Penukaran produk meliputi penukaran ukuran/warna/produk lain.
  • Peralatan Elektronik: Semua produk kecuali pengembalian produk dengan alasan berubah pikiran dan penukaran produk untuk Rokok Elektrik dan TV Berbayar. Penukaran produk meliputi penukaran ukuran/warna/produk lain.
  • Fashion Pria: Semua produk kecuali pengembalian produk dengan alasan berubah pikiran dan penukaran produk untuk Aksesoris, Aksesoris Jam Tangan, Perhiasan Emas, Berlian & Logam Mulia, Jam Tangan, Jas Hujan, Pakaian Dalam & Tidur, Dasi, Kacamata, Tali pinggang, Ikat pinggang, Topi, Bandana, Softlens/Contact Lens, dan Parfum. Penukaran produk meliputi penukaran ukuran/warna/produk lain.
  • Home & Living: Semua produk kecuali pengembalian produk dengan alasan berubah pikiran dan penukaran produk untuk Perlengkapan & Perawatan Rumah Tangga, Software Musik, serta makanan/minuman/vitamin/obat/suplemen hewan. Penukaran produk meliputi penukaran ukuran/warna/produk lain.
  • Fashion Wanita: Semua produk kecuali pengembalian produk dengan alasan berubah pikiran dan penukaran produk untuk Aksesoris, Aksesoris Jam Tangan, Perhiasan Emas, Berlian & Logam Mulia, Jam Tangan, Jas Hujan, Pakaian Dalam & Tidur, Kacamata, Tali pinggang, Ikat pinggang, Topi, Bandana, Softlens/Contact Lens, Parfum, Syal, dan Stocking. Penukaran produk meliputi penukaran ukuran/warna/produk lain.
  • Ibu & Anak: Semua produk kecuali pengembalian produk dengan alasan berubah pikiran dan penukaran produk untuk Susu Formula & Makanan Bayi, Popok Bayi (termasuk krim ruam popok dan alas ganti), Pakaian Dalam, Pakaian Renang Anak, Kaos Kaki, Aksesoris, Jam Tangan Anak, Nutrisi & Vitamin, Corset, Maternity BeltMaternity Bra, Pompa ASI. Penukaran produk meliputi penukaran ukuran/warna/produk lain.
  • Kesehatan & Kecantikan: Semua produk kecuali pengembalian produk dengan alasan berubah pikiran dan penukaran produk untuk Make-up, Kutek & Perawatan Kuku, Pengharum & Parfum, Perawatan tubuh & Spa, Perawatan wajah, Farmasi & Suplemen Kesehatan (termasuk Obat Kesehatan & Klinik, Pembalut & Produk Kewanitaan, Kesehatan Seksual, Minuman Kesehatan, Makanan Sehat, Multivitamin & Suplemen Kesehatan, Suplemen Pembakar Lemak, Suplemen Penambah Energi, Amino Acid, Penambah Berat Badan, Gym & Fitnes Suplemen), Perawatan Pria (kecuali Perlengkapan Bercukur), dan Peralatan & Perlengkapan Medis. Penukaran produk meliputi penukaran ukuran/warna/produk lain.
  • Otomotif: Semua produk kecuali pengembalian produk dengan alasan berubah pikiran dan penukaran produk untuk Ban, Suku Cadang Motor, Suku Cadang Mobil, Velg Mobil, Velg Motor, Apparel Motor (termasuk Helm, Jacket & Decker, Jas Hujan & Sarung Motor, Manset, Sarung Tangan, Kacamata Pengendara Motor, Topi & Pelindung Kepala), Parfum, Pembersih & Perawatan Mobil. Penukaran produk meliputi penukaran ukuran/warna/produk lain.

Berikut jenis produk yang tidak dapat dikembalikan:

  • Semua produk di kategori BlibliMart
  • Semua produk di kategori Tiket & Voucher
  • Produk BOPIS (Buy Online Pick Up In Store), yaitu produk yang harus diambil oleh customer di tempat tertentu, umumnya berupa tiket.
  • Big product, yaitu produk dengan berat lebih dari 50 kg dan/atau memerlukan instalasi atau treatment khusus.
  • Produk dari luar negeri, yaitu produk yang dikirimkan langsung dari merchant di luar Indonesia.
 Catatan: Segala produk yang mudah rusak/meleleh seperti coklat dan permen tidak bisa dikembalikan. Jika Anda menerima produk sudah dalam keadaan meleleh, silakan masukkan ke dalam lemari es minimal 30 menit.

Pastikan bahwa Anda masih berada dalam periode pengembalian produk yaitu 15 hari, dihitung dari produk diterima hingga tanggal kirim.

• Produk yang dikembalikan akan melewati tahap pengecekan standar kualitas dari pihak Blibli.com. Pihak Blibli.com berhak mengirimkan kembali produk Anda yang tidak sesuai dengan standar kualitas pengembalian produk.

• Keputusan dan Kebijakan Blibli.com mengenai persetujuan pengembalian produk dan/atau pengembalian uang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Blibli.com berhak untuk menolak pengajuan pengembalian Anda jika pengajuan pengembalian tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Saat ini kami hanya bisa membantu proses service dan tidak dapat menerima refund produk service

Proses service memakan waktu 7-14 hari dan bisa lebih lama tergantung dengan service center yang ditunjuk.

Kami akan kirimkan kekurangan produk maksimal 3 hari kerja setelah kami menyetujui permohonan retur Anda. Nomor resi pengiriman kekurangan barang Anda bisa di bagian pengembalian produk ini.

Voucher yang dapat digabungkan hanya sesama voucher refund.

  1. Berlaku khusus untuk member Blibli.com.
  2. Tidak ada pembayaran minimal.
  3. Kupon ID/Voucher hanya dapat digabungkan dengan sesama voucher refund lainnya.
  4. Kupon ID/Voucher hanya dapat digunakan 1 kali.
  5. Masa berlaku Kupon ID/Voucher adalah 1 bulan setelah voucher diterbitkan.

Voucher akan ditambahkan di akun Anda sesaat setelah kami berikan solusi atas pengembalian produk Anda.

Pengembalian dana atau refund dilakukan karena beberapa alasan:

1. Pesanan tidak dapat diproses oleh Merchant

Apabila Merchant belum memproses pesanan Anda sampai waktu yang ditentukan, maka dana segera kami kembalikan ke limit kredit (jika pembayaran menggunakan kartu kredit/cicilan) atau Saldo Blipay (jika sudah melakukan Verifikasi Nomor Handphone)

2. Kesalahan pembelian

Pembatalan pesanan karena kesalahan pembelian dapat dilakukan bila status pesanan masih “Sedang diproses”. Cek detail pesanan Anda di menu Pesanan.

Jika pesanan dibatalkan karena kesalahan pembelian, pengembalian dana hanya dapat diproses dalam bentuk voucher pengembalian yang dapat Anda gunakan untuk berbelanja di Blibli.com. Anda dapat mengubungi Customer Care Blibli.com untuk melakukan pembatalan pesanan

3. Pesanan terlambat diterima

Bila pesanan belum diterima sampai batas waktu pengiriman yang telah ditentukan, Anda dapat mengajukan pengembalian dana. Silakan hubungi Customer Care untuk mengajukan pengembalian dana untuk masalah keterlambatan pengiriman.

Namun sebelum mengajukan pengembalian, kami menyarankan Anda untuk melacak posisi pengiriman untuk memastikan status pengiriman pesanan Anda.

4. Pengembalian Produk

Anda dapat mengajukan pengembalian produk melalui laman Pengembalian dan dapat memilih berbagai solusi, salah satunya pengembalian dana. Dana akan dikembalikan sesuai dengan solusi pengembalian yang telah diinfokan pada email. Selengkapnya mengenai Solusi Pengembalian

Dana pengembalian atau refund akan Anda terima sesuai metode pembayaran yang Anda gunakan saat melakukan pemesanan. Berikut informasi metode pengembalian dana:

NoMetode Pembayaran yang digunakan saat PemesananMetode RefundJangka Waktu Refund
1Bayar di Tempat (COD)Blipay1-3 hari kerja
2Internet Banking (Mandiri Clickpay, Klik BCA, E-pay BRI, CIMB Clicks, BCA Klikpay (Tabungan/Klik BCA), BCA Oneklik, Sakuku)Blipay1-3 hari kerja
3BCA Klikpay (Tabungan/Klik BCA)Blipay1-3 hari kerja
BCA Klikpay (Kartu Kredit/BCA Card) - Full PaymentSaldo limit5-10 hari kerja
BCA Klikpay (Kartu Kredit/BCA Card) - Cicilan 0%Saldo limit5-10 hari kerja
4Kartu Kredit - Full PaymentSaldo limit5-10 hari kerja
5Kartu Kredit - Cicilan 0%Saldo limit5-10 hari kerja
6Kartu Debit OnlineBlipay1-3 hari kerja
7Cicilan Tanpa Kartu Kredit - AkulakuSaldo limit5-10 hari kerja
Cicilan Tanpa Kartu Kredit - KredivoSaldo limit5-10 hari kerja
Cicilan Tanpa Kartu Kredit - Home CreditRekening Customer1-3 hari kerja
8Transfer (BCA, Bank Mandiri, Bank Lainnya ATM, Bank Lainnya Non ATM)Blipay1-3 hari kerja
9Uang Elektronik (XL Tunai, Sakuku, Mandiri E-Cash)Blipay1-3 hari kerja
10Bayar di Toko (Alfa Group, Indomaret, Pospay)Blipay1-3 hari kerja
11Voucher Refund Pengembalian ProdukVoucher Refund1 hari
12BlipayBlipay1-3 hari kerja

 

Jangka waktu pengembalian dana (refund) dihitung setelah customer memperoleh persetujuan dari pihak Blibli.com.

Masing-masing metode refund memiliki jangka waktu yang berbeda. Khusus untuk metode refund melalui transfer ke rekening bank Anda, jangka waktu pengembalian dana akan dihitung setelah Anda memberikan nomor rekening kepada pihak Blibli.com.

Berikut jangka waktu pengembalian dana berdasarkan metode pembayaran:

NoMetode Pembayaran yang digunakan saat PemesananMetode RefundJangka Waktu Refund
1Bayar di Tempat (COD)Blipay1-3 hari kerja
2Internet Banking (Mandiri Clickpay, Klik BCA, E-pay BRI, CIMB Clicks, BCA Klikpay (Tabungan/Klik BCA), BCA Oneklik, Sakuku)Blipay1-3 hari kerja
3BCA Klikpay (Tabungan/Klik BCA)Blipay1-3 hari kerja
BCA Klikpay (Kartu Kredit/BCA Card) - Full PaymentSaldo limit5-10 hari kerja
BCA Klikpay (Kartu Kredit/BCA Card) - Cicilan 0%Saldo limit5-10 hari kerja
4Kartu Kredit - Full PaymentSaldo limit5-10 hari kerja
5Kartu Kredit - Cicilan 0%Saldo limit5-10 hari kerja
6Kartu Debit OnlineBlipay1-3 hari kerja
7Cicilan Tanpa Kartu Kredit - AkulakuSaldo limit5-10 hari kerja
Cicilan Tanpa Kartu Kredit - KredivoSaldo limit5-10 hari kerja
Cicilan Tanpa Kartu Kredit - Home CreditRekening Customer1-3 hari kerja
8Transfer (BCA, Bank Mandiri, Bank Lainnya ATM, Bank Lainnya Non ATM)Blipay1-3 hari kerja
9Uang Elektronik (XL Tunai, Sakuku, Mandiri E-Cash)Blipay1-3 hari kerja
10Bayar di Toko (Alfa Group, Indomaret, Pospay)Blipay1-3 hari kerja
11Voucher Refund Pengembalian ProdukVoucher Refund1 hari
12BlipayBlipay1-3 hari kerja

 

Keterangan:

Refund ke Blipay merupakan salah satu fasilitas yang kami berikan untuk Anda agar Anda dapat mempercepat proses refund  atau pengembalian dana Anda.

Refund ke Blipay hanya akan diproses untuk seluruh akun yang sudah melakukan verifikasi nomor handphone. Jika akun ada belum terverifikasi, proses pengembalian dana/refund akan diproses melalui rekening bank Anda.

Pengembalian dana (refund) tidak berlaku untuk transaksi yang menggunakan voucher (voucher akan dikembalikan dalam bentuk voucher pengganti).

Voucher Refund merupakan pengembalian dana dalam bentuk voucher yang Anda dapatkan saat Anda mengembalikan produk dengan alasan pembatalan pesanan (Berubah Pikiran, Ukuran Kebesaran/Kekecilan). Pengembalian dengan metode Voucher Refund diproses dalam waktu 1-3 hari kerja

Anda akan mendapatkan SMS/WhatsApp ketika proses refund telah dilakukan. Jangka waktu pengembalian berbeda-beda sesuai metode refund (transfer ke rekening: 1-3 hari kerja dan refund kartu kredit: 5-10 hari kerja). Selengkapnya

Berikut langkah yang dapat Anda lakukan jika belum menerima notifikasi status pengembalian dana (refund) mau pun informasi pengembalian dana lainnya:

  • Pengembalian Blipay: Periksa Saldo Blipay serta riwayat transaksi Blipay Anda
  • Pengembalian Limit Kartu Kredit: Periksa tagihan kartu kredit Anda di bulan berikutnya atau hubungi Customer Service masing-masing bank penerbit kartu
  • Pengembalian Limit Kredit Cicilan Tanpa Kartu: Hubungi layanan penyedia cicilan terkait (hubungi Akulaku/ hubungi Kredivo)
  • Pengembalian Voucher: Periksa laman Voucher di akun Blibli.com Anda

Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Care Blibli.com

 

Dana pengembalian (refund) yang Anda terima adalah proporsional sesuai nilai uang dan voucher yang telah dibayarkan

Contoh:

Nilai Pembelian: Harga Produk A Rp 100.000
Harga Produk B Rp 200.000
—————-
Total Harga Rp 300.000
Nilai  Voucher – Rp 50.000
—————-
Total pembayaran Rp 250.000

Jika produk A dibatalkan, maka perhitungan pengembalian dana adalah sebagai berikut:

Pengembalian Voucher:

(Harga Produk A/Total Harga)*Nilai Voucher

(100.000/300.000) *50.000 = Rp 16.667

Pengembalian Dana:

Harga Produk A – Pengembalian Voucher

100.000 –16.667 = Rp 83.333

Pengembalian dana (refund) ke Saldo Blipay dilakukan untuk mempercepat proses pengembalian. Dengan Saldo Blipay, Anda dapat langsung menerima dana pengembalian tanpa perlu melewati proses konfirmasi manual. Dana pengembalian juga langsung dapat Anda gunakan untuk berbelanja di Blibli.com

Pengembalian dana akan diproses ke Saldo Blipay apabila pesanan Anda dibayarkan dengan jenis pembayaran Blipay, Transfer, Online Banking, Kartu Debit, COD, Gerai Tunai, dan Uang Elektronik.

Dana pengembalian akan otomatis masuk ke Saldo Blipay Anda segera setelah pengajuan pengembalian dana disetujui.

Untuk mengaktifkan serta menikmati layanan Blipay, Anda cukup melakukan Verifikasi No. Handphone

Untuk menggunakan layanan Blipay, Anda harus melakukan Verifikasi Nomor Handphone.

Bila Anda menerima informasi pengembalian dana (refund) namun belum melakukan verifikasi, maka dana pengembalian Anda akan diproses melalui tranfer bank. Kami akan menghubungi Anda untuk meminta no. rekening bank Anda melalui email maupun telepon.