Pengembalian Produk dan Dana

Pelajari cara melakukan pengembalian produk dan pengembalian dana

Sub Topik

Jangka waktu pengembalian dana (refund) dihitung setelah memperoleh persetujuan dari kami.

Masing-masing proses refund memiliki jangka waktu yang berbeda. Khusus untuk metode refund melalui transfer ke rekening bank milik atau yang Anda tunjuk, jangka waktu pengembalian dana akan dihitung setelah Anda memberikan memberikan nomor rekening kepada kami.

Berikut jangka waktu proses refund berdasarkan metode pembayaran yang digunakan pada transaksi:

NoMetode Pembayaran yang digunakan saat PemesananMetode RefundJangka Waktu Refund
1Bayar di Tempat (COD)Blipay1-3 hari kerja
2Internet Banking (Klik BCA, E-pay BRI, CIMB Clicks, BCA Klikpay (Tabungan/Klik BCA), Sakuku)Blipay1-3 hari kerja
3OneKlikRekening Sumber Dana1-3 hari kerja
4BCA Klikpay (Tabungan/Klik BCA)Blipay1-3 hari kerja
BCA Klikpay (Kartu Kredit/BCA Card) - Full PaymentSaldo limit5-10 hari kerja
BCA Klikpay (Kartu Kredit/BCA Card) - Cicilan 0%Saldo limit5-10 hari kerja
5Kartu Kredit - Full PaymentSaldo limit5-10 hari kerja
6Kartu Kredit - Cicilan 0%Saldo limit5-10 hari kerja
7Kartu Debit OnlineBlipay1-3 hari kerja
8Cicilan Tanpa Kartu Kredit - AkulakuSaldo limit5-10 hari kerja
Cicilan Tanpa Kartu Kredit - KredivoSaldo limit5-10 hari kerja
Cicilan Tanpa Kartu Kredit - Home CreditSaldo limit5-10 hari kerja
Cicilan Tanpa Kartu Kredit - VospaySaldo limit5-10 hari kerja
9Transfer melalui Virtual Account (BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, ATM Bersama dan Bank Lainnya NonATM)Blipay1-3 hari kerja
10Uang Elektronik (XL Tunai, Sakuku, LinkAja)Blipay1-3 hari kerja
11Uang Elektronik (Go-Pay)Saldo Go-pay3-5 hari kerja
12Bayar di Gerai (Indomaret, Pos Indonesia)Blipay1-3 hari kerja
Bayar di Gerai (Alfa Group)Blipay5-10 hari kerja
13BlipayBlipay1-3 hari kerja
14Voucher Refund Pengembalian ProdukVoucher Refund1 hari

 

Keterangan :

Refund ke Blipay merupakan salah satu fasilitas yang kami berikan agar dapat mempercepat proses refund.

Refund ke Blipay hanya akan diproses untuk seluruh akun yang sudah melakukan verifikasi nomor handphone. Jika Anda belum melakukan verifikasi nomor handphone, maka proses refund akan dilakukan dengan melalui transfer ke rekening bank milik atau yang Anda tunjuk.

Anda memahami dan menyetujui bahwa setiap penggunaan promosi yang tersedia di Situs blibli.com tidak dapat diuangkan, oleh karenanya jika transaksi menggunakan promosi baik berupa voucher potongan diskon atau vocher cashback dibatalkan karena produk tidak tersedia, maka kami hanya akan melakukan proses refund sesuai dengan nilai pembayaran Anda.

Anda juga memahami dan menyetujui jika Anda mengajukan pembatalan transaksi atau pengembalian produk/jasa dengan alasan berubah pikiran dan/atau ketidaksesuaian/kesalahan pemilihan ukuran (kebesaran/kekecilan), maka proses refund akan dilakukan dalam bentuk Voucher Refund dengan nominal voucher sesuai dengan nilai pembayaran Anda. Pengembalian dengan metode Voucher Refund diproses dalam waktu 1-3 hari kerja.

Pastikan bahwa Anda masih berada dalam periode pengembalian produk yaitu 15 hari, dihitung dari produk diterima hingga tanggal kirim.

Pengembalian produk dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1.  Lengkapi formulir pengembalian produk

Masuk ke tab profile akun Blibli.com Anda, lalu pilih menu Pengembalian” dan pilih “Ajukan Pengembalian Produk”. Kemudian pada tab ““Pesanan Selesai”” pilih produk yang ingin Anda kembalikan, pilih ““Pengembalian Produk”” dan lengkapi form pengembalian produk.

 

1.1. Klik “Pengembalian Produk” pada produk yang ingin dikembalikan

 

1.2. Beri tanda centang pada produk yang ingin dikembalikan

 

1.3. Klik “Lanjutkan”

 

1.4. Pilih Alasan Pengambilan Produk, Ekspektasi Solusi Pengembalian, dan Metode Pengembalian Produk

 

 

 

1.5. Tulis detail permasalahan Anda pada kolom “Deskripsikan Keluhan Anda” dan unggah bukti foto produk yang ingin Anda kembalikan. Beri tanda centang pada bagian persetujuan Syarat & Ketentuan, kemudian pilih “Konfirmasi Pengajuan”. Untuk ekspektasi solusi pengembalian “Tukar Produk”, kami menyediakan fitur self-replacement yang memungkinkan Anda dapat memilih penggantian dengan produk yang sama, produk sama dengan varian berbeda (beda ukuran atau warna) , atau produk yang berbeda. Selengkapnya mengenai self-replacement dapat dilihat pada link berikut .

 

1.6. Anda akan mendapatkan informasi nomor pengembalian (RMAxxxx). Anda dapat mengunduh label pengembalian produk Anda pada “Cetak Label Pengiriman Produk Di Sini”.

 

1.  Lengkapi formulir pengembalian produk

Masuk ke tab profile akun Blibli.com Anda, lalu pilih tab Pengembalian” dan pilih “Ajukan Pengembalian Produk”. Kemudian pada tab ““Pesanan Selesai”” pilih produk yang ingin Anda kembalikan, pilih ““Pengembalian Produk”” dan lengkapi form pengembalian produk.

1.1. Klik “Pengembalian Produk” pada produk yang ingin dikembalikan
1.2. Beri tanda centang pada produk yang ingin dikembalikan, klik “Lanjutkan”
1.3. Pilih Alasan Pengambilan Produk, Ekspektasi Solusi Pengembalian, dan Metode Pengembalian Produk
1.4. Tulis detail permasalahan Anda pada kolom “Deskripsikan Keluhan Anda” dan unggah bukti foto produk yang ingin Anda kembalikan. Beri tanda centang pada bagian persetujuan Syarat & Ketentuan, kemudian pilih “Konfirmasi Pengajuan”.Untuk ekspektasi solusi pengembalian “Tukar Produk”, kami menyediakan fitur self-replacement yang memungkinkan Anda dapat memilih penggantian dengan produk yang sama, produk sama dengan varian berbeda (beda ukuran atau warna) , atau produk yang berbeda. Selengkapnya mengenai self-replacement dapat dilihat pada link berikut .
1.5. Anda akan mendapatkan informasi nomor pengembalian (RMAxxxx). Anda dapat mengunduh label pengembalian produk Anda pada “Cetak Label Pengiriman Produk Di Sini”.

 

1.  Lengkapi formulir pengembalian produk

Masuk ke tab profile akun Blibli.com Anda, lalu pilih tab Pengembalian” dan pilih “Ajukan Pengembalian Produk”. Kemudian pada tab ““Pesanan Selesai”” pilih produk yang ingin Anda kembalikan, pilih ““Pengembalian Produk”” dan lengkapi form pengembalian produk.

1.1. Klik “Pengembalian Produk” pada produk yang ingin dikembalikan
1.2. Pilih produk yang ingin Anda kembalikan dan pilih jumlah yang ingin Anda kembalikan.
1.3. Pilih Alasan Pengambilan Produk, Ekspektasi Solusi Pengembalian, dan Metode Pengembalian Produk
1.4. Tulis detail permasalahan Anda pada kolom “Deskripsikan Keluhan Anda” dan unggah bukti foto produk yang ingin Anda kembalikan. Beri tanda centang pada bagian persetujuan Syarat & Ketentuan, kemudian pilih “Konfirmasi Pengajuan”. ntuk ekspektasi solusi pengembalian “Tukar Produk”, kami menyediakan fitur self-replacement yang memungkinkan Anda dapat memilih penggantian dengan produk yang sama, produk sama dengan varian berbeda (beda ukuran atau warna) , atau produk yang berbeda. Selengkapnya mengenai self-replacement dapat dilihat pada link berikut .
1.5. Anda akan mendapatkan informasi nomor pengembalian (RMAxxxx). Anda dapat mengunduh label pengembalian produk Anda pada “Cetak Label Pengiriman Produk Di Sini”.

2. Kirim produk yang ingin dikembalikan

Kemas dan kirim produk yang ingin dikembalikan ke warehouse retur Blibli.com. Pastikan produk terbungkus rapi lengkap dengan pelindung dan beri label pengiriman sesuai dengan informasi alamat warehouse return yang muncul saat Anda selesai mengisi form pengembalian.

Saat ini kami memiliki 4 warehouse return yang berada di Jakarta, Surabaya, Medan, dan Denpasar.

Warehouse Retur Jakarta

 PT. GLOBAL DIGITAL NIAGA

UP: Return Management

Jl. Dewi Sartika No 184 Kramat Jati – Cawang

Jakarta Timur 13630

No. Pengembalian: [no. pengembalian Anda]

No. Handphone: [no. handphone Anda]

 

Warehouse Retur Surabaya

 PT. GLOBAL DIGITAL NIAGA

UP: Return Management

Jalan Berbek Industri I Kav 5-19, Desa Berbek, Kecamatan Waru, Sidoarjo

Jawa Timur 61256

No. Pengembalian: [no. pengembalian Anda]

No. Handphone: [no. handphone Anda]

 

Warehouse Retur Medan

 PT. GLOBAL DIGITAL NIAGA

UP: Return Management

Kawasan MMTC Warehouse Blok I Jalan Pasar V Barat, Kenangan Baru, Percut Sei Tuan,

Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara, 20374

No. Pengembalian: [no. pengembalian Anda]

No. Handphone: [no. handphone Anda]

 

Warehouse Retur Denpasar

 PT. GLOBAL DIGITAL NIAGA

UP: Return Management

Jl. Gunung Gallunggung No 5, Denpasar Utara – Ubung Kaja,
Kota Denpasar, Bali, 80116

No. Pengembalian: [no. pengembalian Anda]

No. Handphone: [no. handphone Anda]

 

Anda akan mendapatkan solusi atas pengembalian produk dalam satu hari setelah kami menerima produk Anda.

Selengkapnya mengenai metode pengembalian produk ke Blibli.com dapat Anda lihat pada artikel berikut

Atau baca artikel pengembalian produk lainnya

 

Tonton video berikut untuk melihat ilustrasi proses pengembalian produk

Saat ini kami menyediakan fitur self-replacement dalam proses pengembalian produk. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengganti ke produk lain atau produk yang sama dengan varian berbeda (beda warna atau beda ukuran).

Fitur self-replacement akan muncul ketika Anda memilih “Tukar Produk” pada kolom Ekspektasi Solusi Pengembalian.

1.1. Pada kolom “Tukar dengan Produk yang Sama?”, akan muncul 3 pilihan.

  1. “Ya” bila Anda ingin menukar dengan produk yang sama.
  2. “Tidak, pilih varian lain” bila Anda ingin menukar dengan produk yang sama namun berbeda varian, misalnya beda warna atau beda ukuran.
  3. “Tidak, pilih produk berbeda” bila Anda ingin menukar dengan produk lain.

1.2. Bila Anda memilih “Tidak, pilih varian lain”, akan langsung muncul ukuran dan warna produk pengganti. Silahkan pilih sesuai yang Anda inginkan.

1.3 Bila muncul informasi “Stok Habis” maka ukuran/warna pengganti yang Anda inginkan tidak tersedia.

1.4. Bila Anda memilih “Tidak, pilih produk berbeda”, Anda akan diminta untuk memasukkan link produk pengganti yang Anda inginkan. Setelah memasukkan link, klik “Cek Produk”. Bila produk pengganti memiliki varian ukuran dan warna, Anda juga dapat langsung memilih varian yang diinginkan.

1.5. Bila stok produk pengganti yang Anda inginkan habis, maka akan muncul informasi “Stok Habis”.

 Catatan:

  • Setiap mengganti ukuran dan warna produk pengganti, pastikan Anda sudah klik “Cek Produk” untuk melihat apakah stok produk tersedia.
  • Stok produk pengganti yang kami infokan adalah stok produk saat Anda mengisi formulir pengembalian produk.
  • Ada kemungkinan stok produk pengganti sudah habis ketika produk Anda tiba di warehouse retur Blibli.com.
  • Bila stok produk pengganti yang Anda inginkan habis, maka kami akan merefund dana/voucher sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Bila terdapat selisih harga dengan produk yang diinginkan maka akan menjadi tanggung jawab customer.

Anda dapat memilih 5 opsi metode pengembalian berikut:ikut (ini akan ngelink ke FAQ yang panjang).

  1. Pengembalian melalui Return Spot Blibli.com 
    • Anda dapat mendatangi Return Spot Blibli.com terdekat.
    • Klik di sini untuk mengetahui Return Spot Blibli.com terdekat di kota Anda.
    • Infokan nomor pengembalian produk (Nomor RMA, contoh: RMA12345) saat memberikan produk Anda pada tim kami.
    • Estimasi pengecekan produk hingga pemberian solusi adalah 30 menit. Waktu pengecekan dimulai sejak produk Anda dicek oleh tim quality control kami.
    • Solusi yang diberikan bukan pemberian barang/pengembalian uang secara langsung, namun informasi bahwa kami sudah membuatkan order baru (penggantian/tukar produk) atau mengajukan pengembalian dana/voucher ke Tim Finance.
    • Tim kami akan membuatkan tanda bukti dan memberikannya kepada Anda bila produk sudah selesai dicek dan solusi untuk Anda sudah diberikan (pembuatan order baru atau pengajuan pengembalian dana/voucher ke tim finance), tim kami akan membuatkan tanda bukti dan memberikannya kepada Anda.
    • Selengkapnya mengenai pengembalian produk melalui Return Spot Blibli.com dapat Anda lihat pada artikel berikut.
  2. Pengembalian melalui PopBox/ Drop di loker PopBox (Gratis)
    • Anda dapat mendatangi lokasi loker PopBox terdekat.
    • Ukuran paket yang bisa dikirimkan melalui loker PopBox:
      1. XS : 48 x 19 x 18 cm, contoh: kardus hp
      2. S : 48 x 34 x 10 cm, contoh: laptop, dokumen
      3. M : 48 x 34 x 18 cm, contoh: kotak sepatu
      4. L : 48 x 34 x 31 cm, contoh: kardus mie instan
    • Pilih menu “Mengembalikan Barang” dan lanjutkan proses untuk meletakkan paket di loker.
    • Setelah pintu loker ditutup, Anda akan mendapatkan SMS bukti pengiriman. Kurir PopBox akan mengambil paket dan mengantar paket ke alamat pengembalian Blibli.com (gratis).
    • Klik di sini untuk panduan lengkap pengembalian produk melalui PopBox.
  3. Pengembalian menggunakan Alfatrex melalui toko Alfa Group (Gratis)
    • Anda dapat mendatangi seluruh toko Alfamart, Alfamidi, atau Dan+Dan yang berada di wilayah Jabodetabek, Kota/Kab. Bandung, Kota Semarang, Kota Surabaya, dan Kota Medan.
    • Klik di sini untuk mengetahui toko Alfamart, Alfamidi, dan Dan+Dan (terbatas di Jabodetabek, Kota/Kab. Bandung, Kota Semarang, Kota Surabaya, dan Kota Medan).
    • Ukuran paket yang dapat dikirimkan maksimal dengan berat 20 kg dan panjang salah satu sisi paket maksimal 1 meter.
    • Petugas toko (kasir) Alfamart, Alfamidi, atau Dan+Dan akan menanyakan kode booking. Berikan nomor pengembalian produk (Nomor RMA, contoh: RMA12345) sebagai kode booking Anda.
    • Petugas toko (kasir) Alfamart, Alfamidi, atau Dan+Dan akan memberikan struk sebagai tanda bukti/resi pengiriman kepada Anda tanpa dipungut biaya pengiriman (gratis).
    • Kurir Alfatrex akan mengambil paket dan mengantar paket ke alamat pengembalian Blibli.com.
  4. Pengembalian menggunakan Jasa Penjemputan Blibli.com (Gratis)
    • Anda dapat menentukan kapan produk akan dijemput dengan memilih tanggal di kolom “Pilih Tanggal Jemput”.
    • Anda juga dapat menentukan alamat penjemputan produk.
    • Penjemputan hanya akan dilakukan pada hari Senin –Sabtu. Penjemputan akan dilakukan oleh logistic partners kami paling lambat 3 hari setelah tanggal yang Anda pilih.
    • Wilayah cakupan penjemputan: Jabodetabek, Kota/Kab. Bandung, Kota Denpasar, Kota Malang, Kota Medan, Kota Semarang, Kota Solo, Kota Surabaya, dan Kota Yogyakarta.
    • Bila wilayah pengiriman Anda berada dalam wilayah yang tidak bisa kami jemput, akan muncul notifikasi bahwa alamat Anda tidak dapat dijemput oleh Blibli.com.
    • Petugas penjemputan akan memberikan tanda bukti/resi pengiriman kepada Anda tanpa dipungut biaya pengiriman (gratis).
    • Jika keluarga, asisten rumah tangga atau kerabat Anda berada di rumah, titipkan produk yang ingin Anda kembalikan kepada mereka. Pastikan mereka berada di rumah pada hari penjemputan produk yang telah Anda pilih hingga tiga hari ke depan. Bila kurir menghubungi Anda untuk konfirmasi penjemputan produk, berikan nomor telepon keluarga/kerabat Anda kepada kurir tersebut.
    • Jika Anda tinggal di apartemen, produk yang ingin Anda kembalikan sebaiknya dititipkan kepada petugas keamanan atau resepsionis di apartemen Anda. Infokan kepada mereka bahwa paket tersebut akan dijemput oleh kurir yang bekerja sama dengan Blibli.com.
    • Jika Anda mengisi alamat kantor sebagai alamat penjemputan, sebaiknya Anda membawa produk yang ingin Anda kembalikan ke kantor. Bila Anda tidak berada di kantor saat hari penjemputan, Anda dapat menitipkan produk tersebut kepada petugas keamanan/resepsionis kantor Anda kemudian infokan kepada mereka bahwa paket tersebut akan dijemput oleh kurir yang bekerja sama dengan Blibli.com.
    • Info tambahan: Mohon titipkan barang kepada orang-orang yang dipercaya, karena ketika barang belum sampai di pihak logistik, barang tersebut belum menjadi tanggung jawab pihak Blibli.com.
    • Setelah menitipkan barang, pastikan nomor Anda dapat dihubungi agar ketika kurir sampai, proses handover produk retur dapat dilakukan.
  5. Pengembalian produk menggunakan Jasa Pengiriman Lain
    • Anda tetap dapat memanfaatkan jasa pengiriman lain yang terdekat dari lokasi Anda, dan Blibli.com akan mengembalikan biaya pengiriman.
    • Anda hanya perlu mengirimkan email bukti resi pengiriman ke customer.care@blibli.com dengan subjek email: AWB–[nomor pesanan]. Contoh: AWB-1234567.

Anda akan mendapatkan solusi atas pengembalian produk dalam satu hari setelah kami menerima produk Anda.

Selengkapnya mengenai cara melakukan pengembalian produk dapat Anda lihat pada artikel berikut.

Saat ini layanan tukar langsung belum tersedia. Pengembalian dan penukaran produk hanya dapat diproses setelah produk dikirimkan kembali ke kantor Blibli.com dan setelah status disetujui dalam proses pengecekan standar kualitas.

Catatan:

Saat ini kami memiliki fasilitas “Return Spot” yang berlokasi di Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Surabaya (buka pukul 10.00 – 18.00). Anda dapat membawa produk yang ingin Anda kembalikan ke Return Spot Blibli.com, tim kami akan melakukan pemeriksaan/pengecekan standar kualitas pada produk Anda dan solusi akan kami berikan berdasarkan hasil pengecekan tersebut.

Alamat ketiga Return Spot kami dapat Anda lihat pada artikel berikut.

Solusi yang diberikan bukan pemberian barang/pengembalian uang secara langsung, namun informasi bahwa kami sudah membuatkan order baru (penggantian/tukar produk) atau mengajukan pengembalian dana ke Tim Finance.

Return Spot Blibli.com merupakan salah satu fasilitas metode pengembalian yang diberikan oleh Blibli.com untuk Anda. Melalui Return Spot Anda dapat mengantarkan langsung produk yang ingin Anda kembalikan dan tim kami akan langsung melakukan pemeriksaan/pengecekan standar kualitas pada produk Anda. Kemudian kami juga akan langsung memberikan solusi berdasarkan hasil pengecekan tersebut.

Solusi yang diberikan bukan pemberian barang/pengembalian uang secara langsung, melainkan informasi bahwa kami sudah membuatkan order baru (penggantian/tukar produk) atau mengajukan pengembalian dana Anda ke Tim Finance.

Klik tautan berikut untuk mengetahui lokasi Return Spot Blibli.com.

Klik tautan berikut untuk mengetahui secara lengkap mengenai cara mengembalikan produk melalui Return Spot Blibli.com.

Saat ini kami memiliki 3 Return Spot yang berada di Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Surabaya. Return Spot kami buka dari Senin hingga Jumat pada pukul 10:00 – 18:00, kecuali hari libur nasional).

Return Spot Blibli.com Jakarta Timur: Jalan Dewi Sartika No.184, Kramat Jati – Cawang, Jakarta Timur, 13630.

Return Spot Blibli.com Jakarta Utara: WTC Mangga Dua, Jalan Mangga Dua Raya No.8, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, 14430. Lantai 3A, akses melalui lift 16-17.

Return Spot Blibli.com Surabaya: Jalan Berbek Industri I Kav 5-19, Desa Berbek, Kecamatan Waru, Sidoarjo, 61256.

Setelah mengisi formulir pengembalian produk dan mendapatkan nomor pengembalian produk Anda (Nomor RMA, contoh RMA12345), Anda dapat langsung membawa produk Anda ke Return Spot Blibli.com terdekat dari lokasi Anda.

  • Pastikan Anda membawa kelengkapan produk, termasuk kardus original, kelengkapan/aksesori, dan bonus yang Anda dapatkan saat membeli produk tersebut. Misalnya saat Anda membeli produk handphone dan mendapatkan bonus berupa kartu perdana, maka kartu Perdana ini harus disertakan.
  • Infokan nomor pengembalian produk (Nomor RMA, contoh: RMA12345) saat memberikan produk Anda pada tim kami.
  • Tim kami akan melakukan pemeriksaan/pengecekan standar kualitas pada produk Anda dan solusi akan kami berikan berdasarkan hasil pengecekan tersebut.
  • Estimasi pengecekan produk hingga pemberian solusi adalah 30 menit.

Waktu pengecekan dimulai sejak produk Anda dicek oleh tim quality control kami. Lama pengecekan bisa lebih cepat dan juga bisa lebih lambat dari estimasi pengecekan yang sudah disebutkan sebelumnya, tergantung pada kerusakaan dan kondisi produk Anda. Biasanya pengecekan barang elektronik yang dayanya habis atau yang terkendala pada baterai akan memerlukan waktu lebih lama karena produk harus diisi dayanya terlebih dahulu. Selain itu tidak menutup kemungkinan akan ada antrian pengecekan produk bila ada beberapa produk yang sedang dilakukan pengecekan di Return Spot pada waktu bersamaan.

  • Solusi yang diberikan bukan pemberian barang/pengembalian uang secara langsung, namun informasi bahwa kami sudah membuatkan order baru (penggantian/tukar produk) atau mengajukan pengembalian dana/voucher ke Tim Finance.

Informasi terkait pemberian solusi ini akan dikirimkan melalui SMS serta email. Selain itu informasi ini juga dapat diakses melalui profil Anda di website Blibli.com pada tab pengembalian, kemudian pada bagian filter pilih “Sedang diproses”/”Selesai” dan pilih nomor pengembalian yang ingin Anda cek, lalu pilih “Detail Pengembalian”. Detail pengembalian produk Anda akan muncul seperti berikut.

  • Solusi yang diberikan bisa tidak sesuai dengan yang Anda ajukan bila setelah dilakukan pemeriksaan/pengecekan produk ditemukan indikasi kerusakaan yang diakibatkan oleh kelalaian pengguna atau kelengkapan produk tidak lengkap (misal: tidak ada kardus original, aksesori tidak lengkap, dll).

Bila kami menemukan indikasi kerusakan produk karena kelalaian penggunaan (misalnya jatuh, masuk air, tergores, kesalahan instalasi, produk sudah dibongkar, bencana alam, tersambar petir, perubahan tegangan listrik, dan sebagainya), maka solusi berupa penggantian produk maupun pengembalian uang tidak dapat kami berikan. Namun kami akan memberikan solusi lain berupa bantuan untuk melakukan proses klaim garansi produk ke service center. Mengenai klaim garansi produk dapat Anda lihat pada bagian Klaim Garansi Produk.

  • Bila klaim Anda sudah melewati periode kami (>15 hari setelah produk Anda terima), solusi yang akan kami berikan juga berupa bantuan untuk proses klaim garansi produk ke service center.
  • Kami dapat menolak pengajuan retur Anda bila setelah dilakukan pemeriksaan/pengecekan tidak ditemukan kerusakan/kendala seperti yang Anda sebutkan. Bila pengajuan retur Anda ditolak, maka produk retur Anda akan kami kembalikan.
  • Bila produk sudah selesai dicek dan solusi untuk Anda sudah diberikan (pembuatan order baru atau pengajuan pengembalian dana/voucher ke tim finance), tim kami akan membuatkan tanda bukti dan memberikannya kepada Anda.

Keputusan dan Kebijakan Blibli.com mengenai persetujuan pengembalian produk dan/atau pengembalian uang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Blibli.com berhak untuk menolak pengajuan pengembalian Anda jika pengajuan pengembalian tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Saat ini kami memiliki 3 Return Spot yang berada di Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Surabaya. Return Spot kami buka dari Senin hingga Jumat pada pukul 10:00 – 18:00, kecuali hari libur nasional).

Return Spot Blibli.com Jakarta Timur: Jalan Dewi Sartika No.184, Kramat Jati – Cawang, Jakarta Timur, 13630.

Return Spot Blibli.com Jakarta Utara: WTC Mangga Dua, Jalan Mangga Dua Raya No.8, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, 14430. Lantai 3A, akses melalui lift 16-17.

Return Spot Blibli.com Surabaya: Jalan Berbek Industri I Kav 5-19, Desa Berbek, Kecamatan Waru, Sidoarjo, 61256.

 

Kami hanya menghubungi Anda ketika klaim tidak sesuai dengan kondisi produk yang kami terima. Selebihnya status pengembalian dapat Anda cek di akun Blibli.com Anda.

Jika status pengembalian telah disetujui dan Anda belum mengirimkan produk, silakan kirimkan produk ke Blibli.com.

Silakan pantau status pengembalian Anda di akun Blibli.com Anda.

Pengembalian produk bisa dilakukan dalam waktu 15 hari sejak produk diterima, dihitung dari produk diterima hingga tanggal kirim.

Misalnya, bila Anda menerima produk tanggal 15 Agustus 2017 maka Anda mempunyai waktu untuk mengirim produk sampai dengan 30 Agustus 2017.

Perhitungan akan didasarkan pada tanggal Anda mengirimkan produk tersebut.

 

Lama proses retur tergantung proses pengiriman produk dari Anda. Setelah itu produk yang kami terima akan diperiksa maksimal 1 hari setelah produk kami terima.

Jika setelah melewati batas waktu pengembalian 15 hari Anda mengalami kendala penggunaan produk, Anda dapat mengajukan klaim garansi produk yang dilindungi garansi.

Silakan hubungi pihak service center secara langsung untuk mempercepat proses pengembalian. Anda juga dapat menghubungi pihak service center melalui kontak yang tertera pada kartu garansi.

Anda dapat melakukan melihat tipe garansi produk Anda pada tab spesifikasi di laman produk

Blibli.com-FAQ-Pengembalian-Garansi-Produk

Blibli.com-FAQ-Pengembalian-Garansi-Produk-Mobile

Blibli.com-FAQ-Pengembalian-Garansi-Produk-Apps

 

 

Anda dapat menghubungi pusat garansi (service center) secara langsung atau pihak penyedia produk yang tertera pada kartu garansi.

Anda juga dapat menghubungi Customer Care Blibli.com jika membutuhkan bantuan terkait proses klaim garansi.

Selengkapnya mengenai klaim garansi produk

Kami akan berikan solusi atas pengembalian Anda setelah produk kami terima dan disetujui dalam pengecekan standar kualitas. Solusi dapat diberikan pada hari yang sama dengan kedatangan produk Anda di Return Center Blibli.com (1 hari), namun tidak menutup kemungkinan pemberian solusi untuk Anda dapat tertunda atau lebih dari 1 hari setelah barang kami terima.

Pemberian solusi bisa menjadi lebih dari 1 hari bila kami tidak dapat melakukan pengecekan standar kualitas atau setelah kami melakukan pengecekan standar kualitas ditemukan adanya ketidaksesuaian antara barang yang diklaim dengan yang kami terima.

Berikut beberapa contoh kondisi yang mengakibatkan solusi atas pengembalian Anda tidak bisa diberikan dalam waktu 1 hari setelah barang kami terima.

  1. Produk Anda masih terdapat kata sandi dan masih terpasang akun pribadi Anda (misalnya akun iCloud, akun Google,  Mi Account, dan sebagainya), sehingga kami tidak dapat melakukan pengecekan standar kualitas pada produk Anda.
  2. Produk Anda tidak lengkap. Kelengkapan produk termasuk aksesori produk, kemasan orisinal produk, bonus produk, serta bundling produk. Kami membutuhkan kelengkapan tersebut untuk proses klaim ke pihak Merchant Partner. Bila ada kelengkapan produk yang belum Anda kirimkan ke Return Center Blibli.com, pemberian solusi akan tertunda hingga kelengkapan tersebut tiba kemudian dilakukan pengecekan standar kualitas. Oleh tim kami.
  3. Terdapat kerusakan fisik dengan indikasi kesalahan/kelalaian pengguna, sehingga kami membutuhkan waktu untuk melakukan proses investigasi terhadap kerusakan fisik tersebut. Kerusakan fisik meliputi kerusakan pada produk dan kemasannya.
  4. Produk memerlukan pengecekan khusus dan hanya bisa dilakukan oleh pihak Merchant Partner, sehingga produk harus dikirimkan terlebih dahulu untuk pengecekan lanjutan.

Bila kami membutuhkan tambahan waktu untuk memberikan solusi untuk Anda, Anda kami hubungi melalui telepon untuk menjelaskan alasan tertundanya pemberian solusi dari Blibli.com. Namun bila kami tidak berhasil menghubungi Anda melalui telepon maka informasi ini akan kami kirimkan ke email yang terdaftar pada akun Blibli.com Anda.

Proses pemeriksaan/pengecekan standar kualitas adalah maksimal 1 hari setelah produk kami terima/tiba di Return Center Blibli.com.

Blibli menawarkan 4 macam solusi; tukar produk, refund (pengembalian dana), voucher (pengembalian uang dalam bentuk voucher), dan solusi lainnya (misal pengiriman kelengkapan produk, service).

Jika Anda telah melakukan proses pengembalian produk namun produk pengganti tidak tersedia, maka kami akan menawarkan solusi refund.

Jika Anda mengajukan pengembalian dengan alasan ‘perbedaan ekspektasi / pembatalan transaksi’, pengembalian dana diberikan dalam bentuk voucher.

Berikut macam solusi pengembalian berdasarkan alasan pengembalian:

 

Ya, Anda dapat menukar dengan produk lain selama produk tersedia, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Jika harga produk pengganti lebih mahal, maka Anda harus membayar kekurangan produk tersebut.
  • Jika harga produk pengganti lebih murah, maka kami akan mengembalikan kelebihan pembayaran Anda.

Produk pengganti akan dikirimkan setelah proses pengecekan standar kualitas selesai dan disetujui. Produk pengganti akan berupa pesanan baru dan Anda bisa cek status serta estimasinya di menu Pesanan.