Belanja

Langkah mudah penuhi segala kebutuhan di Blibli.

Sub Topik

Jika kamu mengakses fitur Nomor tersimpan dari halaman produk (contoh: halaman Pulsa), kamu hanya bisa menyimpan dan mengedit nomor pembayaran dari produk tersebut.

Silakan akses fitur Nomor tersimpan melalui halaman Kelola pembayaran agar kamu bisa leluasa menambahkan nomor pembayaran dari berbagai pilihan produk yang tersedia.

Tentu saja. Berikut cara mengedit/menghapus nomor tersimpan di tiap platform:

  • Website: Klik icon pensil untuk opsi edit atau icon tempat sampah untuk opsi hapus.
  • Aplikasi/mobile web: Tekan icon tiga titik (⁝) pada pojok kanan dari nama/nomor pembayaran, lalu akan muncul opsi Edit atau Hapus.

Berikut cara menggunakan fitur Nomor tersimpan:

  1. Ada 2 cara untuk mengakses fitur Nomor tersimpan: Cari icon buku alamat di halaman produk (contoh: halaman Pulsa) atau pilih tab Nomor tersimpan di halaman Kelola pembayaran.
  2. Saat masuk halaman Nomor tersimpan, pilih Tambah baru untuk menambahkan nomor pembayaran.
  3. Isi form yang tersedia dengan nomor pembayaran dari produk tagihan/isi ulang yang kamu inginkan.
  4. Cek sekali lagi data yang sudah kamu isi, lalu pilih tombol Simpan. Data yang baru disimpan akan muncul di halaman utama.
  5. Untuk mulai menggunakan nomor dalam transaksimu, klik/tekan tombol Pilih dan nomor pembayaran akan otomatis terisi di kolom terkait di halaman produk.

Kamu bisa menyimpan dan mengelola nomor pembayaran dari produk tagihan & isi ulang berikut:

  • Angsuran Kredit
  • Biaya IPL
  • BPJS Kesehatan
  • Paket Data
  • Pulsa
  • Pulsa Pascabayar
  • Roaming
  • Tagihan Air
  • Tagihan Gas
  • Tagihan Listrik PLN
  • Tagihan TV Kabel & Internet
  • Telepon & IndiHome
  • Token Listrik PLN

Jika produk yang kamu cari belum ada, jangan khawatir – ke depannya Blibli akan selalu memperbarui daftar produk di fitur ini.

Nomor tersimpan adalah fitur di Blibli yang membantu kamu untuk menyimpan semua nomor pembayaran agar transaksimu lebih cepat dan mudah – tanpa harus mengingat/mengetik ulang nomor setiap kali kamu ingin membayar tagihan/membeli produk isi ulang.

Biaya platform atau platform fee adalah biaya yang dikenakan kepada pelanggan setiap memakai layanan Blibli untuk bertransaksi di web atau aplikasi mobile Blibli. Biaya ini dikenakan sebagai wujud dukungan pelanggan terhadap Blibli dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan Blibli.

Kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp1.000 (flat) setiap kali bertransaksi dengan nilai produk fisik di atas Rp0. Nilai biaya platform yang dikenakan pada transaksi dapat dilihat pada bagian detail pembayaran di halaman Bag, Checkout, Status pesanan, Detail pembayaran, dan Invoice.

Jika pesanan kamu mengalami kendala atau pembatalan, maka biaya platform akan dikembalikan sesuai dengan jumlah produk dan pembayaran yang dibatalkan. Pengembalian akan dilakukan bersamaan dengan pengembalian dana pelanggan.

Contoh rincian biaya platform di halaman Checkout dan Detail pesanan dapat dilihat di ilustrasi berikut:

Blibli-FAQ-Platform fee-Image 1 Blibli-FAQ-Platform fee-Image 2

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mulai berbelanja di Blibli:

1. Pastikan kamu sudah punya akun dan sudah masuk ke akun Blibli kamu. Kamu bisa mulai cari dan pilih produk yang kamu inginkan.

 

Blibli-FAQ-Belanja-2021

 

2. Klik “Beli sekarang” untuk langsung melanjutkan ke proses checkout atau klik “Tambah ke Bag” jika kamu masih ingin menambah produk lainnya.

 

Blibli-FAQ-PDP-2021

 

4. Periksa lagi produk yang kamu beli dalam Bag kamu. Kalau kamu sudah selesai belanja, klik tombol “Checkout“.

 

Blibli-FAQ-Bag-2021

 

5. Isi alamat pengiriman dan pilih jenis pengiriman yang kamu inginkan, lalu klik “Lanjut“.

 

Blibli-FAQ-Checkout-1-2021

Blibli-FAQ-Checkout-2021

 

6. Pilih metode pembayaran kemudian klik tombol Bayar sekarang“.

 

Blibli-FAQ-Checkout-2-2021

 

7. Lanjutkan ke proses Pembayaran

 

Kamu bisa mendapatkan informasi promo-promo di Blibli melalui cara-cara berikut:

1. Berlangganan newsletter dari Blibli.

2. Mengakses promo dari beranda (halaman utama) Blibli.

 

Blibli-FAQ-Home-Promo-Gr

 

3. Masuk ke halaman promo dengan klik “Lihat semua” di bawah banner promo untuk melihat semua promo yang sedang berlaku. Jangan lupa klik banner-nya untuk mendapat info lengkap dan mempelajari syarat dan ketentuannya.

 

Blibli-FAQ-Promo

Berikut cara melakukan pencarian produk yang dikirimkan oleh Blibli:

1. Pada halaman daftar produk, beri tanda centang pada filter “Disediakan Blibli” di atas layar.

Blibli_FAQ_FBB

 

2. Halaman daftar produk akan memuat hasil pencarian produk yang bertanda “Disediakan Blibli“.

Produk dengan tanda ini diproses dan dikirimkan oleh tim Blibli.

Blibli_FAQ_FBB_1

Kamu tidak perlu khawatir jika menemukan kendala seperti itu, mohon lakukan pengecekkan kembali di laman Daftar Pesanan secara berkala

Ikuti langkah-langkah berikut untuk berlangganan newsletter Blibli:

1. Masuk ke akun kamu.

Blibli.com-FAQ-Registrasi-Login

2. Pilih menu “Profil“.

 

Blibli.com-FAQ-Profil

 

3. Centang pada “Kirimkan penawaran dan promo spesial Blibli ke email saya” lalu klik “Simpan“.

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-13-Newsletter-Profil

1. Masuk ke akun kamu.

Blibli.com-FAQ-Registrasi-Login-Mobile

2. Pilih menu “Profil“.

 

Blibli.com-FAQ-Profil-Mobile

 

3. Centang pada “Kirimkan penawaran dan promo spesial Blibli ke email saya” lalu klik “Simpan“.

 

Blibli.com-FAQ-Profil-Mobile

1. Masuk ke akun kamu.

 

 

2. Klik menu “Akun” di kanan bawah layar aplikasi Blibli (). Kemudian klik “Pengaturan“.

 

 

3. Geser tombol on/off pada posisi on (hijau) pada bagian “Newsletter“. Kemudian akan muncul keterangan berhasil langganan newsletter.

 

 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui reputasi seller di Blibli:

1. Masuk ke halaman detail produk.

 

Blibli-FAQ-PDP-Seller-Rating-1

 

2. Geser ke bagian bawah lalu temukan tab “Seller” (di aplikasi Blibli) atau lihat sisi kanan halaman detail produk (di web Blibli.com). Kamu bisa lihat tanda “Official Store” jika seller merupakan seller resmi, badge, lokasi, jam operasional, serta penilaian seller. Kamu juga bisa ikuti profil seller atau chat jika memiliki pertanyaan.

Blibli-FAQ-PDP-Seller-Rating-2
Tampilan aplikasi

 

Blibli-FAQ-PDP-Seller-Rating-5
Tampilan web

 

 

3. Kamu juga bisa klik tanda i pada info seller tersebut untuk mengecek keterangan penilaian seller.

Blibli-FAQ-PDP-Seller-Rating-3

Blibli-FAQ-PDP-Seller-Rating-4

 

Untuk menghindari kendala pengiriman, masukkan detail-detail berikut secara lengkap dan jelas:

  • Isi bagian Nama Penerima dengan nama orang yang dapat menerima pesanan di alamat tujuan
  • Isi bagian Alamat dan lengkapi bagian ini dengan informasi berikut:
    • Nama gedung/bangunan
    • Nama jalan
    • Nomor rumah/kantor
    • Nomor RT/RW
    • Nama desa/kelurahan
    • Nama kecamatan
    • Nama kota/kabupaten
    • Provinsi
    • Kode pos
  • Isi bagian Catatan pengiriman (di laman check-out) dengan patokan alamat atau petunjuk menuju lokasi. Informasi ini tidak wajib, namun akan sangat membantu kurir ketika melakukan pencarian alamat
  • Kamu juga dapat menambahkan keterangan Titik lokasi untuk mempermudah proses pengiriman khususnya pengiriman GoSend dan Grab Express

  • Lengkapi juga patokan alamat di laman checkout untuk mempermudah kurir mencari alamat

Contoh pengisian alamat:

Contoh 1 :

Nama penerima: Sani

Alamat: Perumahan Griya Mandala, Jl. Kehormatan Blok A No.19 Rt.002 Rw.08

Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Indonesia, 11510

Patokan Alamat: Rumah memiliki cat tembok berwarna merah serta cat pagar berwarna hitam (samping Ecomart)

Contoh 2 :

Nama penerima: Stella

Alamat: Apartemen Ula Ilu Tower Melati Lantai 8 No.44

Jl. Kacang Kapri Muda Kav. 13

Utan Kayu Selatan, Matraman, Jakarta Timur, Indonesia, 13120

Contoh 3 :

Nama penerima: Hj. Zubaedah

Alamat: Jl. Cinta Boulevard No.3 RT 07/02

Bintaro, Pesanggrahan, Jaksel, 12330

Patokan Alamat : Rumah memiliki cat pagar berwarna hijau, terdapat pohon mangga di teras rumah  (sejajar dengan Petshop  Animal). Jika tidak ada orang dirumah dapat hubungi Ibu Nina (081288066xx)

 

Blibli bekerjasama dengan berbagai seller yang dapat menentukan harga yang berbeda untuk satu jenis produk.

Kamu dapat menggunakan fitur “Urutan” dan “Filter” di laman daftar produk untuk mempermudah pencarian produk.

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Filter-Sort
Fitur Filter dan Urutan pada desktop
Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Filter-Sort-Mobile
Fitur Filter dan Urutan pada mobile web

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Filter-Sort-Apps
Fitur Filter dan Urutan pada aplikasi

 

1. Kamu bisa lihat toko-toko yang memiliki fasilitas Click & Collect sebelum mencari produknya. Lalu pilih produk yang mau kamu beli dan pilih metode “Ambil di toko”. Pastikan ada tanda Click & Collect di produknya, ya.

Blibli_FAQ_CNC_2

Blibli_FAQ_CnC_PDP_Gr_1

 

Blibli_FAQ_CNC_1

 

2. Lanjut dan selesaikan pembayaran sesuai metode pembayaran yang tersedia

3. Setelah pembayaran terverifikasi, kamu akan menerima konfirmasi pesanan dari Blibli yang dilengkapi kode pengambilan/kode settlement melalui email atau dari menu Daftar pesanan di aplikasimu

Blibli_FAQ_CNC Alfa1_gr
Kode pengambilan dari aplikasi Blibli
Blibli_FAQ_CNC Alfa2_gr
Email konfirmasi

 

5. Kunjungi toko yang telah kamu pilih sebelumnya dan tunjukkan email konfirmasi atau kode pengambilan dari aplikasi Blibli pada petugas toko. Ambil pesanan kamu selambat-lambatnya dalam waktu 7 hari operasional (mohon periksa jam operasional masing-masing toko)

6. Mohon jaga kerahasiaan kode pengambilan, ya. Blibli tidak bertanggung jawab apabila terjadi kebocoran kode pengambilan untuk pengambilan produk.

Ya, kamu bisa berbelanja dan mengirimkan produk yang kamu beli ke alamat lain dengan cara menambah alamat baru.

Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik “Ubah” pada laman Pengiriman

 

Blibli.com-FAQ-Tambah-Alamat-Pengiriman

 

2. Pilih “Tambah alamat baru” pada pop-up Ubah Alamat Pengiriman

 

Blibli.com-FAQ-Tambah-Alamat-Pengiriman

 

3. Isi detail alamat baru yang ingin dituju, lalu klik “Tambah Alamat

 

 

4. Pilih alamat tersebut sebagai alamat pengiriman dengan mengklik “Kirim ke alamat ini” pada pop-up Ubah Alamat Pengiriman.

 

Blibli.com-FAQ-Tambah-Alamat-Pengiriman

1. Klik tanda panah alamat default pada laman Pengiriman

 

 

2. Pilih “Tambah alamat baru” pada pop-up Ubah Alamat Pengiriman

 

 

3. Isi detail alamat baru yang ingin dituju, lalu klik “Tambah Alamat

 

 

4. Klik alamat yang baru saja ditambahkan sebagai alamat pengiriman yang dituju.

 

 

1. Klik “Ubah pada laman Alamat Pengiriman

 

 

2. Klik tanda panah di kanan atas layar aplikasi Blibli  () untuk menambahkan alamat pengiriman

 

 

3. Isi detail alamat baru yang ingin dituju, lalu klik “Simpan

 

 

4. Klik alamat tersebut sebagai alamat pengiriman yang dituju

 

 

Alamat baru yang sudah disimpan dapat langsung dipilih sebagai alamat pengiriman saat kamu mengatur Alamat Pengiriman di laman check-out

Khusus untuk kategori Handphone & Tablet, Komputer & Laptop, dan Peralatan Elektronik batas maksimal jumlah produk adalah 4 produk yang sama dalam satu pesanan.

Kamu bisa membatalkan pesanan produk tipe reguler selama pesanan kamu belum diproses oleh seller.

Kamu dapat melakukan pembatalan pesanan melalui website, mobile web ataupun aplikasi Blibli dengan mengikuti langkah berikut:

1. Masuk ke akun Blibli.

2. Pilih menu Akun lalu ke Daftar pesanan. Pilih tab “Saat ini” lalu pilih pesanan yang ingin dibatalkan.

3. Temukan tombol “Batalkan pesanan” di paling bawah halaman.

Blibli_FAQ_Batalkan_Pesanan

4. Kamu akan melihat pilihan produk yang ingin dibatalkan. Pilih produknya lalu lanjutkan ke halaman selanjutnya jika sudah yakin.

Blibli_FAQ_Batalkan_Pesanan1
Blibli_FAQ_Batalkan_Pesanan2

 

5. Pilih alasan pembatalan.

Blibli_FAQ_Batalkan_Pesanan3

 

6. Pesanan yang sudah dibatalkan akan pindah ke tab “Dibatalkan”.

Blibli_FAQ_Batalkan_Pesanan4

Dana yang telah kamu bayarkan akan dikembalikan sesuai ketentuan pengembalian dana yang berlaku di Blibli.

Catatan: Produk tertentu mungkin tidak bisa dibatalkan, seperti produk Buy Online Pick-Up in Store (BOPIS) dan produk yang bertanda Dikirim oleh seller.

 

Asuransi Sepeda adalah Asuransi yang dirancang oleh PT Fokus Solusi Proteksi (Cermati Protect) dan PT Asuransi Wahana Tata (Aswata) khusus pelanggan Blibli untuk melindungi kamu dengan memberikan kompensasi bila kamu mengalami:

  • Kerugian Total Sepeda akibat kehilangan dan kerusakan pada sepeda mencapai atau melebihi 75% dari total nilai pertanggungan yang tercantum dalam polis.
  • Kematian akibat kecelakaan.
  • Biaya pengobatan akibat kecelakaan.

Kamu dapat membeli Asuransi Sepeda saat kamu melakukan checkout pesanan di aplikasi atau situs Blibli.