Status pesanan

Pantau status pesanan hingga produk diterima.

Sub Topik

Kamu bisa melakukan pembatalan langsung dari menu Daftar pesanan di akun Blibli (cara ini tidak berlaku untuk pembayaran Bayar di tempat (COD) dan Cicilan tanpa kartu kredit Akulaku dan Home Credit Indonesia)

1. Masuk ke akun kamu, pilih menu “Akun” lalu pilih “Daftar pesanan“.

Blibli-FAQ-Home-2021

Blibli-FAQ-Profile-2021

 

Atau cari menu “Daftar pesanan” pada pojok kiri atas layar jika kamu memakai PC.

 

Blibli-FAQ-Daftar-Pesanan-2021

 

Kalau kamu menggunakan aplikasi Blibli, kamu juga bisa klik pesanan yang belum dibayar dari bagian “Info untukmu” di beranda.

 

Blibli-FAQ-Notice-Board-2021

 

2. Temukan pesanan yang ingin kamu batalkan di bagian “Saat ini” lalu klik pesanannya.

 

Blibli-FAQ-Daftar-Pesanan-2021

 

3. Klik “Batalkan pesanan” di bagian bawah halaman.

 

Blibli-FAQ-Cancel-2021

 

Kalau kamu pakai PC, kamu bisa klik “Lihat detail pesanan

 

Blibli-FAQ-pesanan

 

Scroll sampai ke bagian bawah, dan klik “Batalkan Pesanan”

 

Blibli-FAQ-Batalkan-pesanan

Kalau kamu mendapatkan notifikasi transaksi berhasil atau pembayaran berhasil dari Blibli padahal tidak merasa memesan, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Tanyakan sanak saudara yang mengetahui kata sandi (password) atau PIN akun Blibli kamu untuk memastikan apakah ada yang melakukan transaksi memakai akun Blibli kamu.

Kalau ada, kamu bisa ingatkan sanak saudara untuk memberitahu kamu ketika ingin bertransaksi di kemudian hari.

Kalau tidak ada, kamu bisa lanjutkan ke langkah berikutnya:

2. Hubungi layanan pembayaran yang digunakan (bank/perusahaan e-money/layanan pembayaran lainnya) untuk melakukan pengecekan detail transaksi dan permohonan blokir kalau diperlukan.

3. Hubungi Customer Care Blibli, dengan menyiapkan:

  • Kalau pembayarannya menggunakan kartu kredit: bukti notifikasi, nomor kartu kredit yang sudah di-masking (6 angka pertama 4 angka terakhir dari 16 nomor yang tertera pada kartu), tanggal transaksi, dan nominal transaksinya
  • Kalau pembayarannya bukan menggunakan kartu kredit: bukti notifikasi, tanggal transaksi, dan nominal transaksi

4. Laporkan ke pihak berwajib atau polisi mengenai kejadian tersebut.

Kalau pesanannya belum terkirim, Blibli akan mencoba membantu kamu untuk membatalkan transaksi tersebut.

Kalau pesanannya sudah terkirim, Blibli akan membantu dalam penyelidikan oleh polisi dengan memberikan data-data yang dibutuhkan.

Kamu bisa menghubungi Customer Care kami untuk mengajukan permohonan pembatalan pesanan yang sudah terbayarkan.

Blibli melakukan pengecekan terhadap semua pesanan yang masuk dengan estimasi maksimal 2 jam dari waktu kamu selesai melakukan pembayaran.

Jika pesananmu belum berubah statusnya setelah 2 jam, kamu bisa menghubungi Customer Care kami.

Untuk melacak pesanan setelah produk dikirimkan melalui jasa mitra logistik, kamu membutuhkan nomor resi yang bisa kamu temukan pada menu Pesanan (nomor resi akan muncul setelah status pesanan menjadi Pesanan Dalam Pengiriman.)

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mendapatkan nomor resi:

1. Masuk ke menu Pesanan.

 

Blibli.com-FAQ-Profil-Pesanan

 

2. Klik tombol “Detail Pesanan” pada nomor pesanan yang ingin kamu lacak.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-Pesanan-Detail

 

3. Kamu dapat melihat status pengiriman dan jasa pengiriman serta nomor resi yang dapat kamu gunakan untuk melacak pesanan kamu.

Klik “Lacak Posisi Pengiriman” untuk mengetahui detail posisi produk pengiriman kamu.

 

Blibli.com-FAQ-Lacak-Pengiriman-Resi

 

Kamu juga dapat mengetahui detail status pengiriman dari mitra logistik dengan mengklik nomor resi.

 

Blibli.com-FAQ-Lacak-Pengiriman

 

1. Masuk ke menu Pesanan.

 

Blibli.com-FAQ-Batalkan-Pesanan-Mobile

 

2. Klik tombol “Detail Pesanan” pada nomor pesanan yang ingin kamu lacak.

 

 

3. Kamu dapat melihat status pengiriman dan jasa pengiriman serta nomor resi yang dapat kamu gunakan untuk melacak pesanan kamu.

Klik “Lacak Posisi Pengiriman” untuk mengetahui detail posisi produk pengiriman kamu.

 

1. Masuk ke menu Akun lalu pilih Daftar Pesanan

 

 

2. Masuk ke “Detail Pesanan” pada pesanan yang ingin kamu lacak.

 

 

3. Kamu dapat melihat status pengiriman dan jasa pengiriman serta nomor resi yang dapat kamu gunakan untuk melacak pesanan kamu.

 

 

 

Klik “Lacak Pengiriman” untuk mengetahui detail posisi produk pengiriman kamu.

 

Kamu akan menerima SMS di nomor handphone yang telah terverifikasi jika produk sudah dalam pengiriman. Kamu dapat mengecek status melalui link yang terlampir dalam SMS tersebut.

Kamu juga dapat melacak dari menu Pesanan di akun kamu.

1. Klik detail pesanan yang ingin dilacak kemudian klik “Lacak Posisi Pengiriman“.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND
Klik “Lacak proses pengiriman”

 

2. Pada laman berikutnya kamu akan menemukan nama dan nomor telepon driver yang menjadi kurir di bagian riwayat status pengiriman.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND
Lihat detail status di pop-up ini, lalu hubungi driver secara langsung

1. Klik detail pesanan yang ingin dilacak kemudian klik “Lacak Posisi Pengiriman“.

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile
1.1. Masuk ke menu Pesanan
Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile
1.2. Klik “Lacak proses pengiriman”

2. Pada laman berikutnya kamu akan menemukan nama dan nomor telepon driver yang menjadi kurir di bagian riwayat status pengiriman.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile
Lihat detail status di pop-up ini, lalu hubungi driver secara langsung

1. Klik detail pesanan yang ingin dilacak kemudian klik “Lacak Posisi Pengiriman“.

Masuk ke menu Pesanan
Klik “Lacak proses pengiriman”

 

2. Pada laman berikutnya kamu akan menemukan nama dan nomor telepon driver yang menjadi kurir di bagian riwayat status pengiriman.

 

Lihat detail status di pop-up ini, lalu hubungi driver secara langsung

 

Untuk melacak pesanan setelah produk dikirimkan melalui jasa mitra logistik, kamu membutuhkan nomor resi yang bisa kamu temukan pada menu Daftar Pesanan (nomor resi akan muncul setelah status pesanan menjadi Pesanan Dalam Pengiriman.)

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mendapatkan nomor resi:

1. Masuk ke menu Pesanan.

 

Blibli.com-FAQ-Profil-Pesanan

 

2. Klik tombol “Detail Pesanan” pada nomor pesanan yang ingin kamu lacak.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-Pesanan-Detail

 

3. Kamu dapat melihat status pengiriman dan jasa pengiriman serta nomor resi yang dapat kamu gunakan untuk melacak pesanan kamu.

Klik “Lacak Posisi Pengiriman” untuk mengetahui detail posisi produk pengiriman kamu.

 

Blibli.com-FAQ-Lacak-Pengiriman-Resi

 

Kamu juga dapat mengetahui detail status pengiriman dari mitra logistik dengan mengklik nomor resi.

 

Blibli.com-FAQ-Lacak-Pengiriman

 

1. Masuk ke menu Pesanan.

 

Blibli.com-FAQ-Batalkan-Pesanan-Mobile

 

2. Klik tombol “Detail Pesanan” pada nomor pesanan yang ingin kamu lacak.

 

 

3. Kamu dapat melihat status pengiriman dan jasa pengiriman serta nomor resi yang dapat kamu gunakan untuk melacak pesanan kamu.

Klik “Lacak Posisi Pengiriman” untuk mengetahui detail posisi produk pengiriman kamu.

 

1. Masuk ke menu Akun lalu pilih Daftar Pesanan

 

 

2. Masuk ke “Detail Pesanan” pada pesanan yang ingin kamu lacak.

 

 

3. Kamu dapat melihat status pengiriman dan jasa pengiriman serta nomor resi yang dapat kamu gunakan untuk melacak pesanan kamu.

 

 

 

Klik “Lacak Pengiriman” untuk mengetahui detail posisi produk pengiriman kamu.

 

 

Klik di sini untuk mengetahui cara melacak pengiriman dengan GoSend

Hal ini bisa terjadi apabila kamu membeli produk dari seller yang berbeda sehingga membutuhkan waktu dan penanganan yang berbeda.

Kemungkinan terjadi kendala dalam pengiriman, namun kami selalu berkoordinasi dengan partner jasa pengiriman dalam melakukan pengecekan. Segera laporkan ke Customer Care Blibli jika kamu mengalami masalah tersebut (maksimum 5 hari kalender sejak produk diterima untuk pengiriman dengan menggunakan GoSend dan GrabExpress atau 14 hari kalender sejak produk diterima untuk pengiriman selain menggunakan GoSend atau GrabExpress). Tim Blibli akan memberikan update kepada kamu selambat-lambatnya 7 hari kerja sejak laporan kami terima.

Pesanan kamu akan dibatalkan jika:

1. Kamu belum melakukan pembayaran hingga waktu yang telah ditentukan.

2. Produk yang kamu pesan habis (OOS/out of stock).

3. Seller tidak memproses pesanan kamu dalam waktu maksimal 2 hari setelah pembayaran diterima (hanya berlaku untuk produk regular dan produk seller, tidak termasuk Pre-Order).

4. Adanya pelanggaran syarat dan ketentuan yang telah diatur dalam Perjanjian Penggunaan Layanan Situs Blibli dan syarat dan ketentuan dalam acara promosi (promotional event) yang berlangsung.

Pesanan dinilai melanggar syarat dan ketentuan jika ditemukan beberapa kemungkinan sebagai berikut:

  • Indikasi manipulasi
    • Indikasi manipulasi transaksi untuk memperoleh keuntungan pribadi seperti promo, penilaian produk, penilaian toko, dan lain lain.
    • Penggunaan kesamaan data yang merugikan Blibli
  • Melanggar Syarat dan Ketentuan promo
    • Pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan promo.
    • Pembuatan lebih dari 1 akun oleh 1 pengguna yang mempunyai informasi yang sama untuk menggunakan promo berulang.
  • Penggunaan Aplikasi yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada
    • Aplikasi yang telah dimodifikasi agar dapat melakukan transaksi berulang dan lainnya.

Untuk produk yang dikirim oleh seller, biaya pengiriman akan dikembalikan kalau seluruh produk di pesanan kamu dibatalkan. Kalau hanya dibatalkan sebagian pengembalian biaya pengiriman tidak berlaku.

Setelah pesanan kamu dibatalkan, jangka waktu pengembalian dana (refund) ditentukan oleh metode pembayaran yang digunakan ketika kamu melakukan transaksi seperti yang tertera pada ketentuan pengembalian dana (refund).

Kamu bisa mengecek status pembayaran di menu Pesanan dari akun kamu. Jika status pesanan sudah berubah menjadi Pembayaran diterima, maka pembayaran kamu sudah terproses dan kamu cukup menunggu pesanan hingga terkirim. Namun jika status masih Menunggu Pembayaran dan kamu sudah melakukan pembayaran, maka ada 2 kemungkinan:

  1. Pembayaran menggunakan non kartu kredit. Simpan bukti transaksi kamu dan silakan tunggu proses verifikasi pembayaran selama 1 hari kerja
  2. Pembayaran menggunakan Kartu Kredit. Kamu bisa menunggu proses verifikasi pembayaran selama 1 jam

Jangan khawatir, yuk lakukan beberapa langkah dibawah ini untuk melakukan pengecekan order mu :

1. Cek email mu
Blibli membutuhkan waktu untuk memverifikasi pembayaran yang dilakukan. Jika pembayaran sudah diterima, kamu akan memperoleh email “Konfirmasi Order Telah Dibayar”.

2. Login ke akun Blibli.com mu, lalu ke bagian pesanan saya, cek pesanan Saat ini, dan lihat status nya, jika tertulis sudah dalam proses, kamu tinggal menunggu saja pesanan mu sampai 🙂

3. Jika kami tidak menerima email ataupun status order mu masih menunggu pembayaran, maka kami bisa menghubungi customer care kami dengan menyiapkan :

  • Pembayaran menggunakan Kartu Kredit : bukti pembayaran, nomor kartu kredit yang sudah di masking (6 depan dan 4 belakang dari 16 nomor pada kartu), tanggal transaksi, dan nominal transaksi
  • Pembayaran lainnya (bukan kartu kredit) : bukti pembayaran, tanggal transaksi, dan nominal transaksi

Pihak Customer care kami akan membantu melanjutkan order kamu atau mengembalikan dana kamu tergantung dari ketersediaan stok dari produk nya 🙂

Proses konversi cicilan di Blibli.com memerlukan waktu 5-14 hari kerja sejak kamu melakukan pembayaran. Untuk pengecekan lebih lanjut, kamu dapat menghubungi Customer Care Blibli.