Blipay

Bayar pesanan lebih mudah dengan pembayaran elektronik Blipay

Sub Topik

Berikut beberapa kemungkinan yang menyebabkan Saldo Blipay kamu dinonaktifkan :
  1. Saldo Blipay kamu dapat dinonaktifkan karena ada proses pemeriksaan transaksi yang menyebabkan saldo kamu perlu disesuaikan kembali.
  2. Saldo Blipay kamu dapat dinonaktifkan karena aktivitas yang mencurigakan.

PayLater adalah salah satu alternatif metode pembayaran pascabayar atau post-paid untuk pelanggan terpilih yang dapat kamu gunakannya untuk membeli produk pilihan di Blibli. Proses pelunasannya dapat kamu lakukan 30 hari setelah transaksi berhasil.

PayLater dapat digunakan di situs Blibli dan aplikasi Blibli di iOS versi 12 ke atas dan di Android versi 5.0 (Lollipop) ke atas.

Limit PayLater adalah saldo atau batas maksimum penggunaan PayLater untuk melakukan transaksi. Kamu dapat melakukan transaksi dengan PayLater sampai saldo limitnya habis sebelum jatuh tempo.

Setiap kamu melakukan transaksi menggunakan PayLater, nominal limit kamu akan langsung berkurang. Setelah transaksi berhasil, nominal transaksi tersebut akan masuk ke total tagihan yang harus kamu lunasi. Setelah pembayaran tagihan, limit pengunaan kamu akan kembali seperti semula.

Limit akan menjadi Rp0 jika kamu sudah menghabiskannya. Kamu tidak bisa memakai PayLater sampai kamu melunasi tagihan.

Blibli bermitra dengan Indodana (PT Artha Dana Teknologi), perusahaan teknologi finansial di Indonesia yang menyediakan layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi atau peer to peer (P2P) lending.

Untuk perlindungan dan kenyamanan kamu dalam bertransaksi, kami memastikan bahwa Indodana selalu menjalani regulasi-regulasi OJK (POJK) dan juga hukum keamanan data pribadi di Indonesia dalam mengoperasikan layanan pinjam-meminjam uang berbasis teknologi informasi ini.

Selain hal-hal yang sudah disepakati bersama terkait dengan pemakaian aplikasi Blibli dan PayLater, kami tidak akan mengambil informasi apa pun yang bersifat pribadi dari perangkat yang kamu gunakan.

Baca selengkapnya mengenai kebijakan privasi penggunaan Paylater di Blibli di Kebijakan Privasi Blibli.

Saat ini PayLater hanya tersedia untuk pelanggan terpilih. Kami terus berusaha untuk menyediakan layanan PayLater untuk seluruh pelanggan Blibli.

Jika kamu salah satu pelanggan terpilih, silakan pelajari lebih lanjut cara mengaktifkan PayLater.

Untuk bisa bertransaksi di Blibli menggunakan PayLater, kamu harus mengaktifkannya dulu dari Blibli App. Pastikan kamu sesuai beberapa ketentuan berikut:

  • Memiliki identitas yang valid (KTP)
  • Berusia 20-55 tahun
  • Berada di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Gresik, Karawang, Sidoarjo, Batam, Cimahi, Denpasar, Makassar, Malang, Pontianak, Semarang, Badung, Bandung, Cianjur, Cirebon, Garut, Jember, Pasuruan, Purwakarta, Serang, Subang, Sumedang, Tasikmalaya, Balikpapan, Bandar Lampung, Banjarmasin, Cilegon, Cirebon, Jambi, Manado, Medan, Padang, Palangkaraya, Palembang, Pasuruan, Pekanbaru, Samarinda, Serang, Sukabumi, Surakarta, Yogyakarta

Setelah pengajuan kamu disetujui, maka kamu akan menerima limit yang dapat kamu gunakan untuk berbelanja di Blibli.

Pengajuan PayLater kamu dapat ditolak jika:

  • Detail pengajuan yang diisi tidak cocok dengan detail pada dokumen lampiran yang kamu ajukan
  • Dokumen (foto identitas) buram/tidak jelas, salah, atau kedaluwarsa
  • Nomor kontak referensi tidak benar atau tidak dapat dijangkau

Kamu dapat menghubungi Customer Care kami untuk informasi lebih lanjut.

Apabila kamu sudah mendapatkan limit PayLater, kamu sudah dapat menggunakan limit tersebut untuk bertransaksi di Blibli. Namun saat ini, Blibli belum dapat menaikkan ataupun menurunkan limit PayLater kamu.

Untuk saat ini, kami tidak dapat menghapus fitur PayLater dari akun kamu. Tapi kamu tidak akan dikenakan biaya apa pun apabila kamu tidak menggunakan PayLater untuk pembayaranmu.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mulai mengaktifkan PayLater:

  • Klik ikon PayLater di beranda atau di menu akun Blibli App, kamu akan diarahkan ke halaman pengenalan PayLater dan mendapatkan info detail terkait PayLater. Klik “Aktifkan PayLater” jika kamu sudah memahami kegunaan PayLater.
  • Setelah itu, kamu perlu melakukan proses pengajuan terlebih dahulu dengan melengkapi formulir yang telah disediakan. Beberapa informasi yang perlu kamu isi adalah informasi pribadi, pekerjaan, kontak darurat, foto KTP, dan selfie dengan KTP.
  • Apabila pengajuan kamu telah disetujui, maka kamu dapat menggunakan limit yang kamu dapatkan untuk berbelanja.

PayLater tidak dapat digunakan jika seluruh limitnya telah digunakan untuk berbelanja di Blibli. Untuk kembali menggunakan layanan PayLater, silakan lunasi tagihan kamu terlebih dahulu.

Jika kamu menemukan kendala lain yang menyebabkan PayLater tidak dapat digunakan, kamu dapat menghubungi Customer Care Blibli untuk bantuan.

Ya. Mulai 10 September 2020, kamu dapat memilih cicilan 3, 6, dan 12 bulan untuk pembelian minimum Rp1.000.000 dengan PayLater. Silakan pilih tenor cicilan yang kamu inginkan di halaman checkout Blibli.

Catatan: Pilihan cicilan 3, 6, dan 12 bulan tersedia di web dan mobile web Blibli.

Kamu bisa menggunakan PayLater untuk berbelanja di Blibli dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih produk lalu masukkan ke Bag
  • Pilih PayLater saat melakukan pembayaran di halaman checkout Blibli.
  • Masukkan PIN Blipay untuk mengamankan pembayaran.
  • Limit PayLater akan dikurangi sesuai dengan jumlah pembayaran yang dilakukan.

Mulai tanggal 10 September 2020, ada lebih banyak cara untuk membayar tagihan PayLater kamu. Berikut layanan pembayaran yang dapat kamu pilih:

  • BCA OneKlik 
  • Transfer melalui virtual account: BCA, BNI, BRI, dan bank lainnya 
  • Kartu debit 
  • Internet banking: Jenius Pay, Klik BCA dan BCA KlikPay 
  • Uang elektronik: DANA, Sakuku 

Pembayaran tagihan PayLater tidak dapat dilakukan dengan metode Kartu kredit, Cicilan tanpa kartu kredit (Akulaku, Vospay, Kredivo, dan Home Credit Indonesia), KlikPay, Uang elektronik (GoPay dan OVO), COD, saldo Blipay, dan PayLater.

Apabila jumlah limit PayLater kamu yang terpotong tidak sesuai dengan jumlah transaksi pada aplikasi Blibli, kamu dapat menghubungi Customer Care Blibli untuk mendapat bantuan.

Saat ini kamu dapat menggunakan PayLater untuk membeli semua produk, kecuali:

  • Voucher (Pulsa, Paket Data, Voucher Game, Travel & Tour, Voucher Belanja, Tiket Event)
  • Layanan isi ulang (Pulsa, Paket Data, E-Money, Roaming)
  • Bayar tagihan (Listrik PLN, BPJS, Telkom, PDAM, Pasca Bayar, Angsuran Kredit)
  • Tiket travel (Kereta Api, Pesawat, Bus)
  • Voucher/tiket hiburan (Voucher Game, Deals Sekitarmu, Tiket Event, dan Hiburan)
  • Donasi dan keuangan (Donasi, Zakat, Pinjaman Modal)
  • Logam mulia

Kamu dapat melihat rincian transaksi PayLater dari halaman riwayat transaksi. Pada halaman tersebut kamu dapat melihat nama barang, nominal, tanggal pembelian, dan nomor pesanan di tab “Transaksi”.

Apabila kamu belum membayar tagihan PayLater pada setelah jatuh tempo, maka:

  • Kamu tidak bisa menggunakan PayLater untuk sementara. Segera lunasi tagihan untuk dapat melanjutkan layanan PayLater.
  • Sejak tanggal jatuh tempo pembayaran, kami akan memberikan jangka waktu toleransi selama 3 (tiga) hari untuk membayar tagihan sebelum kamu dikenakan denda.
  • Setelah 3 (tiga) hari tersebut, kamu dikenakan denda per harinya sampai kamu membayar lunas semua tagihan dan sisa limit Paylater kamu tidak dapat digunakan setelah jangka waktu toleransi tersebut.

Apabila kamu tidak dapat melakukan pembayaran tagihan PayLater, harap pastikan terlebih dahulu bahwa nomor Virtual Account yang kamu masukkan sudah benar.

Periksa lagi riwayat transaksi dan daftar pesanan kamu dan pastikan kembali transaksi tidak dikenal. Jika kamu tidak merasa menggunakan PayLater, silakan hubungi Customer Care Blibli untuk mendapat bantuan.