Pengiriman

Pelajari layanan dasar pengiriman yang disediakan Blibli.com

Sub Topik

Anda bisa mengetahui status pesanan Anda melalui menu Pesanan di akun Blibli.com Anda. Status pesanan akan berubah menjadi “Pesanan Dalam Pengiriman” jika pesanan Anda sudah dalam proses pengiriman.

Blibli.com juga akan mengirimkan email dari no-reply@blibli.com jika pesanan Anda sudah dalam proses pengiriman.

Lihat panduan lengkap cara memeriksa status pesanan dan melihat estimasi tanggal pengiriman

Untuk melacak pesanan setelah produk dikirimkan melalui jasa mitra logistik, Anda membutuhkan nomor resi yang bisa Anda temukan pada menu Pesanan (nomor resi akan muncul setelah status pesanan menjadi Pesanan Dalam Pengiriman.)

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mendapatkan nomor resi:

1. Masuk ke menu Pesanan.

 

Blibli.com-FAQ-Profil-Pesanan

 

2. Klik tombol “Detail Pesanan” pada nomor pesanan yang ingin Anda lacak.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-Pesanan-Detail

 

3. Anda dapat melihat status pengiriman dan jasa pengiriman serta nomor resi yang dapat Anda gunakan untuk melacak pesanan Anda.

Klik “Lacak Posisi Pengiriman” untuk mengetahui detail posisi produk pengiriman Anda.

 

Blibli.com-FAQ-Lacak-Pengiriman-Resi

 

Anda juga dapat mengetahui detail status pengiriman dari mitra logistik dengan mengklik nomor resi.

 

Blibli.com-FAQ-Lacak-Pengiriman

 

1. Masuk ke menu Pesanan.

 

Blibli.com-FAQ-Batalkan-Pesanan-Mobile

 

2. Klik tombol “Detail Pesanan” pada nomor pesanan yang ingin Anda lacak.

 

 

3. Anda dapat melihat status pengiriman dan jasa pengiriman serta nomor resi yang dapat Anda gunakan untuk melacak pesanan Anda.

Klik “Lacak Posisi Pengiriman” untuk mengetahui detail posisi produk pengiriman Anda.

 

1. Masuk ke menu Pesanan.

 

 

2. Klik tombol “Detail Pesanan” pada nomor pesanan yang ingin Anda lacak.

 

 

3. Anda dapat melihat status pengiriman dan jasa pengiriman serta nomor resi yang dapat Anda gunakan untuk melacak pesanan Anda.

Klik “Lacak Posisi Pengiriman” untuk mengetahui detail posisi produk pengiriman Anda.

 

 

 

Anda juga dapat mengetahui detail status pengiriman dari mitra logistik dengan mengklik nomor resi.

 

 

Klik di sini untuk mengetahui cara melacak pengiriman dengan GO-SEND
Terdapat dua jenis layanan gratis ongkir Blibli.com yang berlaku saat ini hingga 31 Oktober 2018, yaitu layanan Gratis Ongkir Tanpa Limit Tanpa Minimum Pembelanjaan dan layanan Gratis Ongkir Hingga Rp 200.000.
  • Ketentuan umum:
    • Biaya pengiriman ditentukan berdasarkan berat produk dan lokasi pengiriman.
    • Layanan gratis ongkir hanya berlaku untuk produk reguler di Blibli.com dan tidak berlaku untuk produk tipe Makanan Beku, Big Product, dan BOPIS (Buy Online Pick Up in Store).
    • Secara otomatis, sistem Blibli.com akan menghitung biaya pengiriman dan estimasi tanggal produk diterima di laman PEMBAYARAN (setelah terpotong voucher/promo).
  • Ketentuan khusus layanan Gratis Ongkir Tanpa Limit Tanpa Minimum Pembelanjaan:
    • Lokasi penjual berada di kota yang sama dengan alamat pengiriman,
    • Pengiriman ke kota Jabodetabek, Surabaya, dan Medan khusus untuk barang yang memiliki tanda Dikirimkan oleh Blibli.com.
  • Ketentuan khusus layanan Gratis Ongkir Hingga Rp 200.000:
    • Berlaku untuk pengiriman pesanan yang berada di luar kondisi Gratis Ongkir Tanpa Limit Tanpa Minimum Pembelanjaan seperti pengiriman antar kota atau kondisi lain
    • Layanan berlaku dengan min. belanja dan batas gratis ongkir sesuai tabel berikut:
    • Transaksi BelanjaMax ongkir yang ditanggung Blibli.com
      Rp75.000 - Rp 199.999Rp50.000,00
      Rp 200.000 - Rp 999.999Rp100.000,00
      > Rp1.000.000Rp200.000,00

 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menikmati Gratis Ongkir:

1. Cari produk yang ingin Anda beli melalui website Blibli.com

 

 

2. Pada laman daftar produk, pilih lokasi penjual yang sesuai alamat pengiriman pada filter “Lokasi Penjual“.
Contoh: Jika Anda ingin mengirimkan produk ke Bandung, pilih lokasi penjual “Bandung”.

 

Anda juga dapat menikmati gratis ongkir untuk produk yang dikirimkan oleh Blibli.com, caranya
Pilih filter Pengiriman “Dikirimkan oleh Blibli.com” untuk pengiriman ke Jabodetabek, Surabaya, dan Medan.

 

 

3. Pastikan kembali lokasi penjual pada laman produk.

 

 

 

4. Pastikan Anda berhasil mendapatkan promo gratis ongkir di laman pengiriman

 

 

1. Cari produk yang ingin Anda beli melalui website Blibli.com

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Mobile

 

2. Pada laman daftar produk, pilih lokasi penjual yang sesuai alamat pengiriman pada filter “Lokasi Penjual“.
Contoh: Jika Anda ingin mengirimkan produk ke Bandung, pilih lokasi penjual “Bandung”.

 



Anda juga dapat menikmati gratis ongkir untuk produk yang dikirimkan oleh Blibli.com, caranya
Pilih filter Pengiriman “Dikirimkan oleh Blibli.com” untuk pengiriman ke Jabodetabek, Surabaya, dan Medan.

 



 

3. Pastikan kembali lokasi penjual pada laman produk.

 



 

4. Pastikan Anda berhasil mendapatkan promo gratis ongkir di laman pengiriman

 

 

1. Cari produk yang ingin Anda beli melalui website Blibli.com

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Filter-Sort-Apps

 

2. Pada laman daftar produk, pilih lokasi penjual yang sesuai alamat pengiriman pada filter “Lokasi Penjual“.
Contoh: Jika Anda ingin mengirimkan produk ke Bandung, pilih lokasi penjual “Bandung”.

 



Anda juga dapat menikmati gratis ongkir untuk produk yang dikirimkan oleh Blibli.com, caranya
Pilih filter Pengiriman “Dikirimkan oleh Blibli.com” untuk pengiriman ke Jabodetabek, Surabaya, dan Medan.

 



 

3. Pastikan kembali lokasi penjual pada laman produk.

 



 

4. Pastikan Anda berhasil mendapatkan promo gratis ongkir di laman pengiriman

 

 

free shipping, free ongkir, gratis ongkos kirim, gratis biaya pengiriman, gratis biaya kirim

Untuk menghindari reselling, penipuan, dan kekurangan stok produk, kami membatasi pesanan Click & Collect sejumlah 1 buah tiap produk. Anda tetap dapat memesan lebih dari satu produk dalam satu transaksi

Jika Anda dikenakan biaya pengiriman, berarti ongkos pengiriman Anda sudah melebihi subsidi free shipping yang Blibli.com berikan, yaitu Rp200.000. Mohon cek kembali jenis produk yang Anda pesan apakah telah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pengiriman Ekspres atau Express Delivery adalah tipe layanan pengiriman yang memberikan pengiriman lebih cepat dan lebih nyaman dalam rangka memenuhi permintaan pelanggan.

Express Delivery sementara ini hanya tersedia untuk wilayah kota-kota besar untuk produk-produk tertentu.

Jasa logistik partner ditentukan oleh Blibli.com sesuai dengan jenis pengiriman yang Anda pilih (Standar atau Ekspres). Berikut adalah jasa logistik partner yang ada di Blibli.com: BES (Blibli Express Service) Messenger, JNE, NCS, RPX, Etobee, First Logistics, Primatama, NSS, SAP, GO-SEND, GRAB, Lion Parcel, SiCepat, dan Pos Indonesia.

 

 

 

Pengiriman produk di Blibli.com dilakukan oleh partner logistik yang terpercaya dan packaging produk yang sesuai dengan standar pengiriman sehingga dipastikan produk akan terkirim dengan aman. Jika Anda mengalami kerusakan karena pengiriman, tidak perlu khawatir, silakan isi form pengembalian produk di menu Pesanan pada akun Anda atau hubungi Customer Care Blibli.com untuk panduan lebih lanjut.

Hal ini bisa terjadi apabila Anda membeli produk dari merchant yang berbeda sehingga membutuhkan waktu dan penanganan yang berbeda pula.

Anda dapat melihat detail biaya pengiriman dan estimasi tanggal produk diterima di laman Pengiriman dan Pembayaran pada kolom Informasi Pengiriman setelah Anda memilih jasa logistik.

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Estimasi

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Estimasi-Mobile

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Estimasi-Apps

 

Selengkapnya mengenai cara pantau dan lacak status pesanan, klik di sini.

Saat ini Blibli.com tidak memiliki toko offline sehingga pengambilan barang tidak dapat dilakukan di Blibli.com.

Pengambilan produk secara langsung di lokasi rujukan umumnya hanya berlaku untuk pembelian tiket dengan metode BOPIS (Buy Online Pick-Up In Store).

Wilayah pengiriman yang tersedia dapat dilihat pada masing-masing laman produk. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui estimasi pengiriman pesanan ke wilayah Anda.

1. Klik “Cek pilihan pengiriman Anda di sini” untuk mengetahui cakupan wilayah pengiriman.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-Wilayah

 

2. Masukkan Provinsi, Kota, Kecamatan, dan Kelurahan Anda.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-Wilayah

 

3. Anda dapat melihat jenis pengiriman yang tersedia untuk lokasi tersebut beserta estimasi pengirimannya.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-Wilayah

1. Klik “Cek pilihan pengiriman Anda di sini” untuk mengetahui cakupan wilayah pengiriman.

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Cek-Cakupan-Apps

 

2. Masukkan Provinsi, Kota, Kecamatan, dan Kelurahan Anda.

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Cek-Cakupan-Apps

 

3. Anda dapat melihat jenis pengiriman yang tersedia untuk lokasi tersebut beserta estimasi pengirimannya.

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Cek-Cakupan-Apps

 

1. Klik “Cek pilihan pengiriman Anda di sini” untuk mengetahui cakupan wilayah pengiriman.

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Cek-Cakupan-Mobile

 

2. Masukkan Provinsi, Kota, Kecamatan, dan Kelurahan Anda.

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Cek-Cakupan-Mobile

 

3. Anda dapat melihat jenis pengiriman yang tersedia untuk lokasi tersebut beserta estimasi pengirimannya.

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Cek-Cakupan-Mobile

 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memilih metode pengiriman pesanan Anda:

1. Pada laman Bag klik “Lanjutkan Pembayaran

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Bag-Lanjutkan

 

2. Anda akan diarahkan ke laman Pengiriman. Isi alamat pengiriman pesanan Anda.

 

Blibli.com-FAQ-Tambah-Alamat-Pengiriman

 

3. Pilih metode pengiriman

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman

 

4. Klik “Lanjutkan ke Pembayaran” untuk memilih metode pembayaran.

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Pengiriman-Lanjutkan

 

1. Pada laman Bag klik “Lanjutkan Pembayaran

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Bag-Lanjutkan-Mobile

 

2. Anda akan diarahkan ke laman Pengiriman. Isi alamat pengiriman pesanan Anda.

 

Blibli.com-FAQ-Tambah-Alamat-Pengiriman-Mobile

 

3. Pilih metode pengiriman

 

 

4. Klik “Lanjutkan ke Pembayaran” untuk memilih metode pembayaran.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile

 

1. Pada laman Bag klik “Lanjutkan Pembayaran

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Bag-Lanjutkan-Apps

 

2. Anda akan diarahkan ke laman Pengiriman. Isi alamat pengiriman pesanan Anda.

 

Blibli.com-FAQ-Tambah-Alamat-Pengiriman-Apps

 

3. Pilih metode pengiriman

 

 

4. Klik “Lanjutkan ke Pembayaran” untuk memilih metode pembayaran.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Apps

 

 

Catatan:

  • Metode pembayaran di atas hanya dapat dipilih untuk Produk Regular. Pilihan pengiriman tidak berlaku bagi jenis produk lain. Baca lebih lanjut mengenai jenis produk di Blibli.com di sini.
  • Apabila Anda memiliki lebih dari satu item di dalam Bag, Anda hanya dapat memilih satu metode pengiriman.

Di Blibli.com terdapat 5 jenis produk yang menentukan metode pengiriman/pengambilan produk:

1. Produk Regular

Produk dengan berat kurang dari 50 kg yang tidak memerlukan instalasi atau penanganan khusus. Anda dapat memilih pengiriman Standar, EkspresGO-SEND, atau GRAB-EXPRESS untuk jenis produk ini.

 

2. Big Products

Produk dengan berat lebih dari 50 kg dan/atau memerlukan instalasi/penanganan dan metode pengiriman khusus hanya tersedia untuk wilayah tertentu (cakupan wilayah dapat dilihat di laman Detail Produk).

 

3. Buy Online Pick-up In Store (BOPIS)

Produk yang harus diambil oleh customer di tempat tertentu, umumnya berupa tiket.

 

4. Dangerous Goods (DG)

Produk yang dikategorikan berbahaya jika dikirim melalui jalur udara, sehingga membutuhkan penanganan khusus dalam proses pengiriman. Produk ini memiliki ketentuan pengiriman yang berbeda dengan produk lainnya.

 

5. Produk Internasional

Produk yang langsung dikirim dari merchant di luar Indonesia.

Pembelian hingga pengiriman produk di Blibli.com terjamin akan sampai ke tangan Anda. Jika ditemukan masalah seperti produk belum tiba ataupun produk mengalami kerusakan ketika diterima, Anda dapat mengajukan pengaduan pada Customer Care Blibli.com yang siap melayani Anda 24/7.

Jika hal ini terjadi, pihak jasa logistik akan melakukan proses pengiriman ulang. Jika proses pengiriman gagal selama 3 kali, Anda akan dihubungi oleh pihak jasa logistik.

Apabila keterlambatan terjadi karena kesalahan Blibli.com, maka kami akan akan mengembalikan biaya kirim yang telah Anda bayar.

Pengembalian biaya kirim hanya akan dilakukan apabila keterlambatan disebabkan oleh pihak Blibli.com. Hal ini tidak berlaku untuk keterlambatan yang dikarenakan penerima tidak berada ditempat saat pengiriman atau dikarenakan permintaan pengiriman oleh pelanggan dalam jangka waktu tertentu yang tidak dapat kami penuhi.

Click & Collect adalah fitur belanja yang memberikan customer pengalaman belanja online dan offline sekaligus.

Anda dapat merasakan kemudahan belanja online di website/aplikasi Blibli.com (Click), namun tanpa perlu menunggu kurir mengantarkan produk ke alamat tujuan, Anda dapat langsung mengunjungi toko pilihan Anda untuk mengambil pesanan (Collect).

Anda dapat menentukan sendiri waktu dan lokasi pengambilan pesanan sesuai preferensi Anda.

 

  • Anda dapat belanja segala produk favorit Anda secara online lalu ambil pesanan di toko terdekat sesuai pilihan
  • Tak perlu repot menunggu pengiriman kurir atau pun melacak status pesanan. Cukup ambil pesanan pada waktu dan tempat sesuai preferensi Anda. Bisa ambil saat istirahat makan siang, saat perjalanan berangkat atau pulang kerja, bahkan di hari Sabtu dan Minggu
  • Toko-toko partner Click & Collect memiliki jam operasional yang panjang, dari pagi hingga malam, 7 hari dalam seminggu

Ada 3 cara mudah untuk memilih jenis pengiriman Click & Collect.

Cara 1 (Menggunakan Filter)

1. Saat berbelanja di Blibli.com, gunakan kotak search untuk mencari produk

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja

 

2. Setelah muncul hasil pencarian, klik filter “Metode Pengiriman” lalu pilih “Click & Collect

 

 

3. Hasil pencarian akan menampilkan produk-produk dari toko yang menyediakan pilihan Click & Collect

 

 

Cara 2 (Laman Click & Collect)

1. Masuk ke laman khusus Click & Collect untuk melihat semua produk dari toko-toko yang menyediakan pilihan Click & Collect

 

 

Cara 3 (Laman Produk)

1. Saat berbelanja di Blibli.com, gunakan kotak search untuk mencari produk

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja

 

2. Cari tanda “Click & Collect” pada laman produk yang Anda pilih

 

 

3. Pilih pengiriman “Click & Collect” sebagai jenis pengiriman dan pilih toko pengiriman