Pengiriman

Pelajari layanan dasar pengiriman yang disediakan Blibli.com

Sub Topik

Click & Collect adalah fitur belanja yang memberikan customer pengalaman belanja online dan offline sekaligus dengan cara ambil pesanan sendiri.

Anda dapat merasakan kemudahan belanja online di website/aplikasi Blibli.com (Click), namun tanpa perlu menunggu kurir mengantarkan pesanan ke alamat tujuan, Anda dapat langsung ambil pesanan sendiri dengan mengunjungi toko pilihan Anda (Collect).

Anda dapat menentukan sendiri waktu dan lokasi pengambilan pesanan sesuai ketersediaan toko dan pilihan Anda.

 

  • Anda dapat belanja segala produk favorit Anda secara online lalu ambil pesanan sendiri di toko terdekat sesuai pilihan
  • Anda tidak perlu repot menunggu pengiriman kurir atau pun melacak status pesanan. Cukup ambil pesanan pada waktu dan tempat sesuai pilihan Anda. Bisa ambil pesanan sendiri saat istirahat makan siang, saat perjalanan berangkat atau pulang kerja, bahkan di hari Sabtu dan Minggu sesuai jam toko
  • Toko-toko partner Click & Collect memiliki jam operasional yang panjang, dari pagi hingga malam, 7 hari dalam seminggu

Saat ini Click & Collect tersedia di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Bali. Kami akan menambah layanan ini untuk lokasi toko di wilayah Indonesia lainnya.

Setelah memilih metode Click & Collect pada laman produk, klik “Pilih lokasi toko” dan gunakan kotak search yang muncul untuk mencari toko sesuai preferensi Anda.

 

Klik “Pilih lokasi toko”

 

Pilih lokasi toko di kotak search

Ada 3 cara mudah untuk memilih jenis pengiriman Click & Collect.

Cara 1 (Menggunakan Filter)

1. Saat berbelanja di Blibli.com, gunakan kotak search untuk mencari produk

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja

 

2. Setelah muncul hasil pencarian, klik filter “Layanan” lalu pilih “Click & Collect

 

 

3. Hasil pencarian akan menampilkan produk-produk dari toko yang menyediakan pilihan Click & Collect

 

 

Cara 2 (Laman Click & Collect)

1. Masuk ke laman khusus Click & Collect untuk melihat semua produk dari toko-toko yang menyediakan pilihan Click & Collect

 

 

Cara 3 (Laman Produk)

1. Saat berbelanja di Blibli.com, gunakan kotak search untuk mencari produk

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja

 

2. Cari tanda “Click & Collect” pada laman produk yang Anda pilih

 

 

3. Pilih pengiriman “Click & Collect” sebagai jenis pengiriman dan pilih toko pengiriman

 

 

Jangan lupa cek ketersediaan toko di masing-masing alamat toko pilihan:

 

 

1. Setelah Anda selesai menambahkan produk ke Bag, lanjutkan ke laman Pengiriman (baca panduan lengkap belanja di Blibli.com). Pilih metode “Click & Collect

 

 

2. Lanjut dan selesaikan pembayaran sesuai metode pembayaran yang tersedia

3. Setelah pembayaran terverifikasi, Anda akan menerima email konfirmasi pesanan dari Blibli.com yang dilengkapi dengan kode settlement dan barcode unik serta panduan pengambilan produk di toko

 

 

5. Kunjungi toko yang telah Anda pilih sebelumnya dan tunjukkan email konfirmasi tersebut pada petugas toko dalam waktu 7 hari operasional (mohon periksa jam operasional masing-masing toko)

6. Mohon jaga kerahasiaan kode settlement, Blibli.com tidak bertanggung jawab apabila terjadi kebocoran kode settlement untuk pengambilan barang.

Hal ini berlaku pada produk tertentu untuk menghindari penipuan, penjualan kembali, dan kekurangan stok produk sehingga layanan pembelian dengan Click & Collect hanya berlaku untuk 1 buah setiap produk. Anda tetap dapat memesan lebih dari satu produk dalam satu transaksi.

Setelah pesanan Anda selesai dan pembayaran terverifikasi, Anda akan menerima email dengan kode settlement unik serta panduan pengambilan pesanan. Anda hanya perlu datang ke toko yang telah Anda pilih membawa email tersebut serta bukti identitas yang valid untuk mengambil pesanan dalam waktu 7 hari operasional toko

Anda bisa mengetahui status pesanan Anda melalui menu Pesanan di akun Blibli.com Anda. Status pesanan akan berubah menjadi “Pesanan Dalam Pengiriman” jika pesanan Anda sudah dalam proses pengiriman.

Blibli.com juga akan mengirimkan email dari blibli.com jika pesanan Anda sudah dalam proses pengiriman.

Lihat panduan lengkap cara memeriksa status pesanan dan melihat estimasi tanggal pengiriman

Untuk melacak pesanan setelah produk dikirimkan melalui jasa mitra logistik, Anda membutuhkan nomor resi yang bisa Anda temukan pada menu Daftar Pesanan (nomor resi akan muncul setelah status pesanan menjadi Pesanan Dalam Pengiriman.)

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mendapatkan nomor resi:

1. Masuk ke menu Pesanan.

 

Blibli.com-FAQ-Profil-Pesanan

 

2. Klik tombol “Detail Pesanan” pada nomor pesanan yang ingin Anda lacak.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-Pesanan-Detail

 

3. Anda dapat melihat status pengiriman dan jasa pengiriman serta nomor resi yang dapat Anda gunakan untuk melacak pesanan Anda.

Klik “Lacak Posisi Pengiriman” untuk mengetahui detail posisi produk pengiriman Anda.

 

Blibli.com-FAQ-Lacak-Pengiriman-Resi

 

Anda juga dapat mengetahui detail status pengiriman dari mitra logistik dengan mengklik nomor resi.

 

Blibli.com-FAQ-Lacak-Pengiriman

 

1. Masuk ke menu Pesanan.

 

Blibli.com-FAQ-Batalkan-Pesanan-Mobile

 

2. Klik tombol “Detail Pesanan” pada nomor pesanan yang ingin Anda lacak.

 

 

3. Anda dapat melihat status pengiriman dan jasa pengiriman serta nomor resi yang dapat Anda gunakan untuk melacak pesanan Anda.

Klik “Lacak Posisi Pengiriman” untuk mengetahui detail posisi produk pengiriman Anda.

 

1. Masuk ke menu Akun lalu pilih Daftar Pesanan

 

 

2. Masuk ke “Detail Pesanan” pada pesanan yang ingin Anda lacak.

 

 

3. Anda dapat melihat status pengiriman dan jasa pengiriman serta nomor resi yang dapat Anda gunakan untuk melacak pesanan Anda.

 

 

 

Klik “Lacak Pengiriman” untuk mengetahui detail posisi produk pengiriman Anda.

 

 

kebijakan gratis ongkir di Blibli.com.
  • Terdapat dua jenis layanan gratis ongkir Blibli.com yang berlaku saat ini
    1. Gratis Ongkir Tanpa Limit Tanpa Minimum Pembelanjaan jika lokasi penjual berada di kota yang sama dengan alamat pengiriman pelanggan berlaku dari tanggal 5 Maret – 30 April 2019
    2. Untuk order yang berada diluar kondisi di atas, gratis ongkir hingga Rp200.000, berlaku dengan ketentuan sebagai berikut:

Transaksi BelanjaMax ongkir yang ditanggung Blibli.com
Rp50.000-Rp99.999Rp20.000
Rp100.000 – Rp249.999Rp40.000
Rp250.000 – Rp999.999Rp100.000
Rp1.000.000,00Rp200.000
  • Ketentuan umum:
    • Biaya pengiriman ditentukan berdasarkan berat produk dan lokasi pengiriman.
    • Layanan gratis ongkir hanya berlaku untuk produk reguler di Blibli.com dan tidak berlaku untuk produk tipe Big Product dan BOPIS (Buy Online Pick Up in Store).
    • Secara otomatis, sistem Blibli.com akan menghitung biaya pengiriman dan estimasi tanggal produk diterima di laman PEMBAYARAN (setelah terpotong voucher/promo).

 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menikmati Gratis Ongkir Tanpa Limit Tanpa Minimum Pembelanjaan:

1. Cari produk yang ingin Anda beli melalui website Blibli.com

 

 

2. Pada laman daftar produk, pilih lokasi penjual yang sesuai alamat pengiriman pada filter “Lokasi Penjual“.
Contoh: Jika Anda ingin mengirimkan produk ke Bandung, pilih lokasi penjual “Bandung”.

 

Anda juga dapat menikmati gratis ongkir untuk produk yang dikirimkan oleh Blibli.com, caranya
Pilih filter Pengiriman “Dikirimkan oleh Blibli.com” untuk pengiriman ke Jabodetabek, Surabaya, dan Medan.

 

 

3. Pastikan kembali lokasi penjual pada laman produk.

 

 

 

4. Pastikan Anda berhasil mendapatkan promo gratis ongkir di laman pengiriman

 

 

1. Cari produk yang ingin Anda beli melalui website Blibli.com

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Mobile

 

2. Pada laman daftar produk, pilih lokasi penjual yang sesuai alamat pengiriman pada filter “Lokasi Penjual“.
Contoh: Jika Anda ingin mengirimkan produk ke Bandung, pilih lokasi penjual “Bandung”.

 



Anda juga dapat menikmati gratis ongkir untuk produk yang dikirimkan oleh Blibli.com, caranya
Pilih filter Pengiriman “Dikirimkan oleh Blibli.com” untuk pengiriman ke Jabodetabek, Surabaya, dan Medan.

 



 

3. Pastikan kembali lokasi penjual pada laman produk.

 



 

4. Pastikan Anda berhasil mendapatkan promo gratis ongkir di laman pengiriman

 

 

1. Cari produk yang ingin Anda beli melalui website Blibli.com

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Filter-Sort-Apps

 

2. Pada laman daftar produk, pilih lokasi penjual yang sesuai alamat pengiriman pada filter “Lokasi Penjual“.
Contoh: Jika Anda ingin mengirimkan produk ke Bandung, pilih lokasi penjual “Bandung”.

 



Anda juga dapat menikmati gratis ongkir untuk produk yang dikirimkan oleh Blibli.com, caranya
Pilih filter Pengiriman “Dikirimkan oleh Blibli.com” untuk pengiriman ke Jabodetabek, Surabaya, dan Medan.

 



 

3. Pastikan kembali lokasi penjual pada laman produk.

 



 

4. Pastikan Anda berhasil mendapatkan promo gratis ongkir di laman pengiriman

 

 

free shipping, free ongkir, gratis ongkos kirim, gratis biaya pengiriman, gratis biaya kirim

Jika Anda dikenakan biaya pengiriman, berarti ongkos pengiriman Anda sudah melebihi subsidi free shipping yang Blibli.com berikan, yaitu Rp200.000. Mohon cek kembali jenis produk yang Anda pesan apakah telah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pengiriman Ekspres atau Express Delivery adalah tipe layanan pengiriman yang memberikan pengiriman lebih cepat dan lebih nyaman dalam rangka memenuhi permintaan pelanggan.

Express Delivery sementara ini hanya tersedia untuk wilayah kota-kota besar untuk produk-produk tertentu.

Jasa logistik partner ditentukan oleh Blibli.com sesuai dengan jenis pengiriman yang Anda pilih (Standar atau Ekspres). Berikut adalah jasa logistik partner yang ada di Blibli.com: BES (Blibli Express Service) Messenger, JNE, NCS, RPX, Etobee, First Logistics, Primatama, NSS, SAP, GO-SEND, GRAB, Lion Parcel, SiCepat, dan Pos Indonesia.

 

 

 

Pengiriman produk di Blibli.com dilakukan oleh partner logistik yang terpercaya dan packaging produk yang sesuai dengan standar pengiriman sehingga dipastikan produk akan terkirim dengan aman. Jika Anda mengalami kerusakan karena pengiriman, tidak perlu khawatir, silakan isi form pengembalian produk di menu Pesanan pada akun Anda atau hubungi Customer Care Blibli.com untuk panduan lebih lanjut.

Hal ini bisa terjadi apabila Anda membeli produk dari merchant yang berbeda sehingga membutuhkan waktu dan penanganan yang berbeda pula.

Anda dapat melihat detail biaya pengiriman dan estimasi tanggal produk diterima di laman Pengiriman dan Pembayaran pada kolom Informasi Pengiriman setelah Anda memilih jasa logistik.

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Estimasi

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Estimasi-Mobile

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Estimasi-Apps

 

Selengkapnya mengenai cara pantau dan lacak status pesanan, klik di sini.

Saat ini Blibli.com tidak memiliki toko offline sehingga pengambilan barang tidak dapat dilakukan di Blibli.com.

Pengambilan produk secara langsung di lokasi rujukan umumnya hanya berlaku untuk pembelian tiket dengan metode BOPIS (Buy Online Pick-Up In Store).

Wilayah pengiriman yang tersedia dapat dilihat pada masing-masing laman produk. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui estimasi pengiriman pesanan ke wilayah Anda.

1. Klik “Ganti Lokasi” untuk mengetahui cakupan wilayah pengiriman. Lalu masukkan Provinsi, Kota, Kecamatan, dan Kelurahan Anda.

 

 

2. Anda dapat melihat jenis pengiriman yang tersedia untuk lokasi tersebut beserta estimasi pengirimannya.

1. Klik “Cek pengiriman tersedia di lokasi Anda” untuk mengetahui cakupan wilayah pengiriman.

 

 

2. Masukkan Provinsi, Kota, Kecamatan, dan Kelurahan Anda.

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Cek-Cakupan-Apps

 

3. Anda dapat melihat jenis pengiriman yang tersedia untuk lokasi tersebut beserta estimasi pengirimannya.

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Cek-Cakupan-Apps

 

1. Klik “Cek pilihan pengiriman Anda di sini” untuk mengetahui cakupan wilayah pengiriman.

 

 

2. Lalu klik Ganti Lokasi

 

 

3. Masukkan Provinsi, Kota, Kecamatan, dan Kelurahan Anda, kemudian klik Konfirmasi

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Cek-Cakupan-Mobile

 

4. Anda dapat melihat jenis pengiriman yang tersedia untuk lokasi tersebut beserta estimasi pengirimannya.

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Cek-Cakupan-Mobile

 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memilih metode pengiriman pesanan Anda:

1. Pada laman Bag klik “Lanjutkan Pembayaran

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Bag-Lanjutkan

 

2. Anda akan diarahkan ke laman Pengiriman. Isi alamat pengiriman pesanan Anda.

 

Blibli.com-FAQ-Tambah-Alamat-Pengiriman

 

3. Pilih metode pengiriman

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman

 

4. Klik “Lanjutkan ke Pembayaran” untuk memilih metode pembayaran.

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Pengiriman-Lanjutkan

 

1. Pada laman Bag klik “Lanjutkan Pembayaran

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Bag-Lanjutkan-Mobile

 

2. Anda akan diarahkan ke laman Pengiriman. Isi alamat pengiriman pesanan Anda.

 

Blibli.com-FAQ-Tambah-Alamat-Pengiriman-Mobile

 

3. Pilih metode pengiriman

 

 

4. Klik “Lanjutkan ke Pembayaran” untuk memilih metode pembayaran.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Mobile

 

1. Pada laman Bag klik “Lanjutkan Pembayaran

 

Blibli.com-FAQ-Cara-Belanja-Bag-Lanjutkan-Apps

 

2. Anda akan diarahkan ke laman Pengiriman. Isi alamat pengiriman pesanan Anda.

 

Blibli.com-FAQ-Tambah-Alamat-Pengiriman-Apps

 

3. Pilih metode pengiriman

 

 

4. Klik “Lanjutkan ke Pembayaran” untuk memilih metode pembayaran.

 

Blibli.com-FAQ-Pengiriman-GOSEND-Apps

 

 

Catatan:

  • Metode pembayaran di atas hanya dapat dipilih untuk Produk Regular. Pilihan pengiriman tidak berlaku bagi jenis produk lain. Baca lebih lanjut mengenai jenis produk di Blibli.com di sini.
  • Apabila Anda memiliki lebih dari satu item di dalam Bag, Anda hanya dapat memilih satu metode pengiriman.