Pengiriman

Pelajari layanan dan jasa pengiriman yang disediakan Blibli.

Sub Topik

Untuk menikmati gratis ongkir Blibli mulai 9 Januari 2023 – 8 Juli 2024, kamu perlu memakai voucher gratis ongkir di bagian Voucher & Promo saat checkout. Kamu bisa mendapatkan potongan pengiriman ke semua tujuan dengan minimum transaksi berikut:

Minimum transaksiMaksimal potongan ongkir
Rp50.000Rp15.000
Rp150.000Rp25.000
Rp300.000Rp40.000

Blibli juga memberikan tambahan voucher gratis ongkir dengan skema sebagai berikut:

Minimum transaksiMaksimal potongan ongkir
Rp0Rp10.000
Rp100.000Rp20.000
Rp1.000.000Rp50.000

Catatan:

  • Voucher gratis ongkir diatas berlaku untuk metode pengiriman Standard, Express, Cargo, SameDay, Instant (bike & car), 2 jam sampai, dan Pick Delivery Time.
  • Voucher gratis ongkir hanya berlaku bagi pelanggan yang sudah melakukan verifikasi nomor HP.
  • Biaya pengiriman ditentukan oleh total berat produk dan lokasi pengiriman.
  • Minimum transaksi adalah total belanja produk regular setelah dipotong diskon/kode promo/voucher belanja dan tidak termasuk ongkir.
  • Kamu dapat menggabungkan beberapa produk dalam 1x transaksi untuk mencapai angka di atas.
  • Perhitungan minimum transaksi tidak termasuk produk Buy Online Pick-Up in Store (BOPIS) dan produk dengan tipe pengiriman Dikirim oleh seller.
  • Voucher gratis ongkir terbatas setiap minggunya dan kuota akan diisi kembali setiap hari Senin.
  • Potongan biaya pengiriman tidak berlaku untuk produk dengan metode Dikirim oleh seller dan opsi ekonomi.
  • Kebijakan ini berlaku juga untuk pembelian dengan tipe Langganan.
  • Jika memenuhi persyaratan, voucher gratis ongkir akan otomatis diterapkan pada pesananmu. Perhitungannya bisa kamu lihat di halaman Bag dan Checkout.

[/alert]

Kamu dapat menikmati gratis ongkir jika total transaksi setelah dipotong kode promo/voucher belanja bernilai minimal Rp50.000 di luar ongkir, tidak termasuk produk Buy Online Pick-Up in Store (BOPIS), produk bertanda Dikirim oleh seller, dan metode pengiriman Ekonomi.

Kamu akan dikenakan ongkir jika di pesanan kamu terdapat salah satu dari 5 kondisi di bawah ini:

  1. Voucher gratis ongkir tidak dipakai, atau
  2. Voucher gratis ongkir yang dipakai sudah melebihi kuota mingguan yang sudah diberikan, atau
  3. Total ongkir kamu sudah melebihi maksimum potongan ongkir, atau
  4. Total transaksi kamu tidak memenuhi syarat & ketentuan gratis ongkir, atau
  5. Produk yang dibeli bertanda Dikirim oleh seller
  6. Kamu memilih metode pengiriman Ekonomi

Periksa lagi jenis produk yang kamu pesan, penggunaan kode promo/voucher belanja, metode pengiriman, dan syarat & ketentuan gratis ongkir yang berlaku di sini.

Blibli memberikan gratis ongkir hingga Rp40.000 kalau total transaksi belanja setelah dipotong kode promo/voucher belanja bernilai minimal Rp300.000 di luar ongkir, tidak termasuk produk Buy Online Pick-Up in Store (BOPIS), produk bertanda Dikirim oleh seller, dan metode pengiriman Ekonomi.

Kuota voucher gratis ongkir terbatas setiap minggunya dan diisi kembali setiap hari Senin. Informasi tentang kuota mingguan yang masih tersedia dapat kamu lihat pada bagian voucher gratis ongkir yang ada di halaman pengiriman.

Blibli_FAQ_Voucher_Quota1

Blibli memberikan voucher gratis ongkir untuk metode pengiriman Standard, Cargo, Express, Same Day, Instant, 2 jam sampai, dan Pick Delivery Time. Syarat & Ketentuan lebih lanjut dapat dilihat pada masing-masing voucher gratis ongkir

Voucher gratis ongkir yang disediakan oleh seller dan dapat digabungkan dengan voucher gratis ongkir Blibli.

Voucher gratis ongkir seller tidak akan dikembalikan jika pesanan dibatalkan setelah pembayaran. Walau begitu, kamu masih bisa pakai vouchernya, kok. Karena setiap voucher gratis ongkir yang disediakan seller bisa dipakai hingga 5 kali.

Voucher ini dapat digunakan untuk seluruh metode pengiriman kecuali metode Dikirim oleh seller.

  • 1 voucher gratis ongkir seller dapat dipakai hingga 5 kali, selama masa berlakunya belum habis.
  • Kamu bisa pakai 1 voucher diskon dan 1 voucher gratis ongkir untuk setiap seller dalam 1 pesanan.
  • Voucher gratis ongkir seller hanya dapat digunakan untuk memotong biaya pengiriman dari seller tersebut.
  • Voucher gratis ongkir seller dapat digabungkan dengan voucher gratis ongkir Blibli dalam 1 pesanan.
    • Sistem akan memprioritaskan penggunaan voucher gratis ongkir Blibli dulu, kemudian gratis ongkir seller.
    • Contoh:
      Syarat voucher gratis ongkir Blibli:

      • belanja Rp50.000 → Gratis ongkir Rp15.000
      • belanja Rp150.000 → Gratis ongkir Rp25.000
      • belanja Rp300.000 → Gratis ongkir Rp40.000

      Syarat voucher gratis ongkir seller A:

      • Min. belanja Rp40.000 → Gratis ongkir Rp5.000
        Skenario 1 Skenario 2
      Total belanja Rp75.000 Rp75.000
      Ongkir Rp18.000 Rp23.000
      Voucher gratis ongkir Blibli Rp15.000 Rp15.000
      Voucher gratis ongkir seller A Rp3.000 Rp5.000
      Ongkir yang dibayar Gratis Rp3.000

Untuk melacak pesanan setelah produk dikirimkan melalui jasa logistik, kamu membutuhkan nomor resi yang bisa kamu temukan pada menu Daftar pesanan (nomor resi akan muncul setelah status pesanan menjadi Dalam pengiriman.)

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melacak pesanan:

1. Masuk ke akun kamu, pilih menu “Akun” lalu pilih “Daftar pesanan“.

 

Blibli-FAQ-Home-2021

Blibli-FAQ-Profile-2021

 

Atau cari menu “Daftar pesanan” pada pojok kiri atas layar jika kamu memakai PC.

 

Blibli-FAQ-Daftar-Pesanan-2021

 

Kalau kamu menggunakan aplikasi Blibli, kamu juga bisa klik pesanan yang sudah ada statusnya dari bagian “Info untukmu” di beranda.

 

Blibli-FAQ-Info-Homepage

 

2. Klik pesanan yang ingin kamu lacak di bagian “Saat ini“. Setelah masuk ke halaman Detail pesanan, kamu akan melihat nomor resinya. Kamu juga bisa lacak status pengiriman dari bagian “Lacak pengiriman“.

 

 

Blibli-FAQ-Lacak-Pesanan-Daftar

Blibli-FAQ-Lacak-2021

 

3. Setelah klik “Lacak pengiriman“, kamu bisa melihat status terbaru pengiriman kamu dari pihak logistik.

 

Blibli-FAQ-Lacak-2021-1

 

 

Wilayah pengiriman yang tersedia dapat dilihat pada masing-masing laman produk. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui estimasi pengiriman pesanan ke wilayahmu.

1. Klik bagian “Cek pengiriman ke lokasimu” di detail produk.

 

Blibli-FAQ-PDP-Lokasi-Pengiriman-1

 

2. Tentukan alamat pengiriman dengan “Edit lokasi“, lalu kamu bisa melihat jenis pengiriman yang tersedia untuk lokasi tersebut beserta estimasi pengirimannya (sebelum potongan pengiriman).

 

Blibli-FAQ-PDP-Lokasi-Pengiriman-2

Kamu bisa mengetahui status pesanan kamu melalui menu Pesanan di akun Blibli kamu. Status pesanan akan berubah menjadi “Dalam pengiriman” jika pesananmu sudah dalam perjalanan pengiriman.

Blibli juga akan mengirimkan email jika pesananmu sudah dalam proses pengiriman.

Lihat panduan lengkap cara memeriksa status pesanan dan melihat estimasi tanggal pengiriman

Jasa logistik yang bekerja sama dengan Blibli adalah BES Paket, JNE, NCS, First Logistics, NSS, SAP, GoSend, Grab Express, SiCepat, Anteraja, IDL, Indah, Janio, MEX, Ninja, Paxel, Rara, Union, AEI, dan Tukang Kirim.

Jasa logistik partner ditentukan oleh Blibli. Kamu hanya perlu memilih jenis pengirimannya saja.

Pengiriman produk di Blibli dilakukan oleh partner logistik yang terpercaya dan packaging produk yang sesuai dengan standar pengiriman sehingga dipastikan produk akan terkirim dengan aman. Jika kamu mengalami kerusakan karena pengiriman, tidak perlu khawatir, silakan isi form pengembalian produk di menu Pesanan pada akun kamu atau hubungi Customer Care Blibli untuk panduan lebih lanjut.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memilih metode pengiriman pesananmu:

1. Pada laman Bag klik “Checkout

 

 

2. Kamu akan diarahkan ke laman Pengiriman. Isi alamat pengiriman pesanan kamu, lalu pilih metode pengiriman.

 

 

4. Klik “Lanjut” untuk memilih metode pembayaran.

 

 

1. Pada laman Bag klik “Checkout

 

 

2. Kamu akan diarahkan ke laman Pengiriman. Isi alamat pengiriman pesanan kamu lalu pilih metode pengiriman

 

 

3. Klik “Lanjut” untuk memilih metode pembayaran.

 

 

1. Pada laman Bag klik “Checkout

 

 

2. Kamu akan diarahkan ke laman Pengiriman. Isi alamat pengiriman pesanan kamu lalu pilih metode pengiriman

 

 

3. Klik “Lanjut” untuk memilih metode pembayaran.

 

 

 

Catatan:

  • Metode pembayaran di atas hanya dapat dipilih untuk Produk Regular. Pilihan pengiriman tidak berlaku bagi jenis produk lain. Baca lebih lanjut mengenai jenis produk di Blibli di sini.

Di Blibli ada 5 jenis produk yang menentukan metode pengiriman/pengambilan pesanan:

1. Produk Regular

Produk dengan berat kurang dari 50 kg yang tidak memerlukan instalasi atau penanganan khusus. Kamu dapat memilih pengiriman Standard, EkonomiExpress, Pick Delivery Time (berlaku di seller tertentu), Cargo, Same Day, atau Instant dengan untuk jenis produk ini.

 

2. Big Products

Produk dengan berat lebih dari 50 kg dan/atau memerlukan instalasi/penanganan dan metode pengiriman khusus hanya tersedia untuk wilayah tertentu (cakupan wilayah dapat dilihat di halaman detail produk). Kamu bisa memilih metode pengiriman CargoPick Delivery Time (berlaku di seller tertentu), atau metode lain yang tersedia khusus untuk jenis produk ini.

 

3. Buy Online Pick-up In Store (BOPIS)

Produk yang harus diambil oleh pelanggan di tempat tertentu, umumnya berupa tiket. Kamu tidak perlu memilih jenis pengiriman untuk jenis produk ini.

 

4. Dangerous Goods (DG)

Produk yang dikategorikan berbahaya jika dikirim melalui jalur udara, sehingga membutuhkan penanganan khusus dalam proses pengiriman. Produk ini memiliki ketentuan pengiriman yang berbeda dengan produk lainnya serta memiliki cakupan wilayah pengiriman yang terbatas untuk wilayah tertentu. Kamu dapat memilih pengiriman Standard, EkonomiExpress, CargoPick Delivery Time (berlaku di seller tertentu), Same Day, atau Instant untuk jenis produk ini selama wilayah pengiriman masih tercakup dalam wilayah pengiriman produk Dangerous Goods.

 

5. Produk Internasional

Produk yang langsung dikirim dari seller di luar Indonesia. Kamu tidak perlu memilih jenis pengiriman untuk jenis produk ini.

Pembelian hingga pengiriman produk di Blibli.com terjamin akan sampai ke tanganmu. Jika ditemukan masalah seperti produk belum tiba ataupun produk mengalami kerusakan ketika diterima, kamu dapat mengajukan pengaduan pada Customer Care Blibli yang siap melayani kamu 24/7.

Jika hal ini terjadi, pihak jasa logistik akan melakukan proses pengiriman ulang. Jika proses pengiriman gagal selama 3 kali, kamu akan dihubungi oleh pihak jasa logistik.