Bagaimana cara mengembalikan produk menggunakan Layanan Penjemputan Instant?

Berikut syarat dan ketentuan Layanan Penjemputan Instant dengan Grab Express.

  • Total maksimum berat produk yang dikirim adalah 7 kg.
  • Ukuran maksimum produk adalah 40cm (Panjang) x 40cm (lebar) x 20cm (tinggi).
  • Jarak maksimum pengiriman dari lokasi kamu ke Warehouse Retur Jakarta adalah 30km.
  • Pencarian kurir dapat dilakukan setiap hari pada pukul 08:00 – 15:00 WIB. Bila pengisian formulir pengembalian produk dilakukan di luar jam tersebut, kamu tetap harus melakukan pencarian pada pukul 08:00 – 15:00 WIB.
  • Layanan Penjemputan Instant ini gratis, sehingga kamu tidak perlu membayar biaya pengiriman ke kurir Grab Express.
  • Kamu tidak akan mendapatkan bukti serah terima, bila produk sudah berhasil dijemput oleh kurir maka pada bagian status posisi pengiriman di halaman Detail Pengembalian akan berubah menjadi “Kurir berhasil pick-up paket.

Sebelum memberikan produk ke kurir, pastikan identitas kurir yang datang sama dengan informasi yang tertera pada laman Detail Pengembalian. Kamu dapat meminta kurir untuk memperlihatan Kartu Identitas seperti KTP atau SIM serta menanyakan nomor handphone kurir.

Untuk dapat menggunakan Layanan Penjemputan Instant, saat mengisi formulir pengembalian produk kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pilih opsi “Dijemput oleh Grab SameDay (Gratis)” pada bagian Metode Pengembalian Produk.

 

  1. Pilih lokasi penjemputan produk pada bagian Alamat Penjemputan. Klik “Ubah” bila kamu ingin mengganti lokasi penjemputan produk kamu. Bila lokasi penjemputan yang kamu inginkan belum tersedia, klik “Tambah Alamat Baru” untuk menambahkan lokasi penjemputan yang baru.

Bila alamat kamu berada di luar area penjemputan penjemputan produk atau berat produk kamu >7 kg, maka akan muncul notifikasi bahwa “Alamat ini berada di luar jangkauan penjemputan atau berat barang tidak sesuai syarat dan ketentuan pengembalian dengan Grab Same Day. Silakan pilih alamat lain atau metode pengembalian lain”. Bila notifikasi seperti ini muncul, kamu dapat mengganti alamat penjemputan lain atau memilih Metode Pengembalian Produk lainnya.

 

  1. Klik “Konfirmasi Pengembalian”, kemudian kamu akan mendapatkan informasi nomor pengembalian (RMAxxxx). Kamu dapat mengunduh label pengembalian produk pada “Cetak Label Pengembalian”.

 

  1. Pencarian kurir akan langsung dilakukan oleh sistem setelah kamu klik tombol “Cari Kurir”. Setelah kamu berhasil menemukan kurir, kurir akan segera datang. Oleh karena itu sebelum melakukan pencarian kurir, pastikan produk yang akan dijemput sudah berada di tangan kamu dan sudah dikemas dengan baik. Jangan lupa sertakan label pengembalian pada paket tersebut.

  1.  Kamu dapat melihat status penjemputan kamu dari halaman Detail Pengembalian. Berikut keterangan dari masing-masing status.

Status “Mencari Kurir” = Sistem sedang melakukan pencarian kurir yang akan menjemput produk kamu.

Status “Kurir berhasil pick-up paket” = Kurir berhasil melakukan penjemputan produk. Produk sudah kamu serahkan kepada kurir.

Status Paket berhasil terkirim” = Kurir berhasil mengantarkan produk ke Warehouse Retur Blibli.

Status “Pengiriman Gagal” = Sistem tidak menemukan kurir atau kurir menolak melakukan penjemputan. Bila status ini muncul, kamu dapat melakukan pencarian ulang dengan klik tombol “Cari Kurir Lagi”.

Bila kamu sudah melakukan pencarian kurir berkali-kali namun tidak ada kurir yang bisa menjemput produk kamu atau kamu ingin mengembalikan produk dengan metode pengembalian lain, kamu dapat melakukan perubahan Metode Pengembalian Produk dengan klik “Ubah Metode” di halaman Detail Pengembalian.