Solusi pengembalian

Kami akan berikan solusi atas pengembalian Anda setelah produk kami terima dan disetujui dalam pengecekan standar kualitas. Solusi dapat diberikan pada hari yang sama dengan kedatangan produk Anda di Return Center Blibli.com (1 hari), namun tidak menutup kemungkinan pemberian solusi untuk Anda dapat tertunda atau lebih dari 1 hari setelah barang kami terima.

Pemberian solusi bisa menjadi lebih dari 1 hari bila kami tidak dapat melakukan pengecekan standar kualitas atau setelah kami melakukan pengecekan standar kualitas ditemukan adanya ketidaksesuaian antara barang yang diklaim dengan yang kami terima.

Berikut beberapa contoh kondisi yang mengakibatkan solusi atas pengembalian Anda tidak bisa diberikan dalam waktu 1 hari setelah barang kami terima.

  1. Produk Anda masih terdapat kata sandi dan masih terpasang akun pribadi Anda (misalnya akun iCloud, akun Google,  Mi Account, dan sebagainya), sehingga kami tidak dapat melakukan pengecekan standar kualitas pada produk Anda.
  2. Produk Anda tidak lengkap. Kelengkapan produk termasuk aksesori produk, kemasan orisinal produk, bonus produk, serta bundling produk. Kami membutuhkan kelengkapan tersebut untuk proses klaim ke pihak Merchant Partner. Bila ada kelengkapan produk yang belum Anda kirimkan ke Return Center Blibli.com, pemberian solusi akan tertunda hingga kelengkapan tersebut tiba kemudian dilakukan pengecekan standar kualitas. Oleh tim kami.
  3. Terdapat kerusakan fisik dengan indikasi kesalahan/kelalaian pengguna, sehingga kami membutuhkan waktu untuk melakukan proses investigasi terhadap kerusakan fisik tersebut. Kerusakan fisik meliputi kerusakan pada produk dan kemasannya.
  4. Produk memerlukan pengecekan khusus dan hanya bisa dilakukan oleh pihak Merchant Partner, sehingga produk harus dikirimkan terlebih dahulu untuk pengecekan lanjutan.

Bila kami membutuhkan tambahan waktu untuk memberikan solusi untuk Anda, Anda kami hubungi melalui telepon untuk menjelaskan alasan tertundanya pemberian solusi dari Blibli.com. Namun bila kami tidak berhasil menghubungi Anda melalui telepon maka informasi ini akan kami kirimkan ke email yang terdaftar pada akun Blibli.com Anda.

Proses pemeriksaan/pengecekan standar kualitas adalah maksimal 1 hari setelah produk kami terima/tiba di Return Center Blibli.com.

Blibli menawarkan 4 macam solusi; tukar produk, refund (pengembalian dana), voucher (pengembalian uang dalam bentuk voucher), dan solusi lainnya (misal pengiriman kelengkapan produk, service).

Jika Anda telah melakukan proses pengembalian produk namun produk pengganti tidak tersedia, maka kami akan menawarkan solusi refund.

Jika Anda mengajukan pengembalian dengan alasan ‘perbedaan ekspektasi / pembatalan transaksi’, pengembalian dana diberikan dalam bentuk voucher.

Berikut macam solusi pengembalian berdasarkan alasan pengembalian:

 

Ya, Anda dapat menukar dengan produk lain selama produk tersedia, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Jika harga produk pengganti lebih mahal, maka Anda harus membayar kekurangan produk tersebut.
  • Jika harga produk pengganti lebih murah, maka kami akan mengembalikan kelebihan pembayaran Anda.

Produk pengganti akan dikirimkan setelah proses pengecekan standar kualitas selesai dan disetujui. Produk pengganti akan berupa pesanan baru dan Anda bisa cek status serta estimasinya di menu Pesanan.

Jangka waktu pengembalian dana (refund) dihitung setelah customer memperoleh persetujuan dari pihak Blibli.com.

Masing-masing metode refund memiliki jangka waktu yang berbeda. Khusus untuk metode refund melalui transfer ke rekening bank Anda, jangka waktu pengembalian dana akan dihitung setelah Anda memberikan nomor rekening kepada pihak Blibli.com.

Berikut jangka waktu pengembalian dana berdasarkan metode pembayaran:

NoMetode Pembayaran yang digunakan saat PemesananMetode RefundJangka Waktu Refund
1Bayar di Tempat (COD)Blipay1-3 hari kerja
2Internet Banking (Mandiri Clickpay, Klik BCA, E-pay BRI, CIMB Clicks, BCA Klikpay (Tabungan/Klik BCA), BCA Oneklik, Sakuku)Blipay1-3 hari kerja
3BCA Klikpay (Tabungan/Klik BCA)Blipay1-3 hari kerja
BCA Klikpay (Kartu Kredit/BCA Card) - Full PaymentSaldo limit5-10 hari kerja
BCA Klikpay (Kartu Kredit/BCA Card) - Cicilan 0%Saldo limit5-10 hari kerja
4Kartu Kredit - Full PaymentSaldo limit5-10 hari kerja
5Kartu Kredit - Cicilan 0%Saldo limit5-10 hari kerja
6Kartu Debit OnlineBlipay1-3 hari kerja
7Cicilan Tanpa Kartu Kredit - AkulakuSaldo limit5-10 hari kerja
Cicilan Tanpa Kartu Kredit - KredivoSaldo limit5-10 hari kerja
Cicilan Tanpa Kartu Kredit - Home CreditRekening Customer1-3 hari kerja
8Transfer (BCA, Bank Mandiri, Bank Lainnya ATM, Bank Lainnya Non ATM)Blipay1-3 hari kerja
9Uang Elektronik (XL Tunai, Sakuku, Mandiri E-Cash)Blipay1-3 hari kerja
10Bayar di Toko (Alfa Group, Indomaret, Pospay)Blipay1-3 hari kerja
11Voucher Refund Pengembalian ProdukVoucher Refund1 hari
12BlipayBlipay1-3 hari kerja

 

Keterangan:

Refund ke Blipay merupakan salah satu fasilitas yang kami berikan untuk Anda agar Anda dapat mempercepat proses refund  atau pengembalian dana Anda.

Refund ke Blipay hanya akan diproses untuk seluruh akun yang sudah melakukan verifikasi nomor handphone. Jika akun ada belum terverifikasi, proses pengembalian dana/refund akan diproses melalui rekening bank Anda.

Pengembalian dana (refund) tidak berlaku untuk transaksi yang menggunakan voucher (voucher akan dikembalikan dalam bentuk voucher pengganti).

Voucher Refund merupakan pengembalian dana dalam bentuk voucher yang Anda dapatkan saat Anda mengembalikan produk dengan alasan pembatalan pesanan (Berubah Pikiran, Ukuran Kebesaran/Kekecilan). Pengembalian dengan metode Voucher Refund diproses dalam waktu 1-3 hari kerja

Anda akan mendapatkan SMS/WhatsApp ketika proses refund telah dilakukan. Jangka waktu pengembalian berbeda-beda sesuai metode refund (transfer ke rekening: 1-3 hari kerja dan refund kartu kredit: 5-10 hari kerja). Selengkapnya

Silakan abaikan tagihan atas produk yang di-refund, karena bank akan mengkreditkan tagihan tersebut sesuai nilai pengajuan oleh Blibli.com

Apabila pada tagihan berikutnya tagihan tersebut belum dikembalikan oleh bank, dan Anda dikenakan denda keterlambatan pembayaran atas tagihan tersebut, silakan hubungi Customer Care Blibli.com untuk mengajukan pembatalan denda.

Voucher akan ditambahkan di akun Anda sesaat setelah kami berikan solusi atas pengembalian produk Anda.

  1. Berlaku khusus untuk member Blibli.com.
  2. Tidak ada pembayaran minimal.
  3. Kupon ID/Voucher hanya dapat digabungkan dengan sesama voucher refund lainnya.
  4. Kupon ID/Voucher hanya dapat digunakan 1 kali.
  5. Masa berlaku Kupon ID/Voucher adalah 1 bulan setelah voucher diterbitkan.

Voucher yang dapat digabungkan hanya sesama voucher refund.

Kami akan kirimkan kekurangan produk maksimal 3 hari kerja setelah kami menyetujui permohonan retur Anda. Nomor resi pengiriman kekurangan barang Anda bisa di bagian pengembalian produk ini.

Proses service memakan waktu 7-14 hari dan bisa lebih lama tergantung dengan service center yang ditunjuk.

Saat ini kami hanya bisa membantu proses service dan tidak dapat menerima refund produk service

• Produk yang dikembalikan akan melewati tahap pengecekan standar kualitas dari pihak Blibli.com. Pihak Blibli.com berhak mengirimkan kembali produk Anda yang tidak sesuai dengan standar kualitas pengembalian produk.

• Keputusan dan Kebijakan Blibli.com mengenai persetujuan pengembalian produk dan/atau pengembalian uang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Blibli.com berhak untuk menolak pengajuan pengembalian Anda jika pengajuan pengembalian tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku.