Solusi pengembalian

Kami akan berikan solusi atas pengembalian kamu setelah produk kami terima dan disetujui dalam pengecekan standar kualitas. Solusi dapat diberikan pada hari yang sama dengan kedatangan produk kamu di Return Center Blibli (1 hari), namun tidak menutup kemungkinan pemberian solusi untuk kamu dapat tertunda atau lebih dari 1 hari setelah barang kami terima.

Pemberian solusi bisa menjadi lebih dari 1 hari bila kami tidak dapat melakukan pengecekan standar kualitas atau setelah kami melakukan pengecekan standar kualitas ditemukan adanya ketidaksesuaian antara barang yang diklaim dengan yang kami terima.

Berikut beberapa contoh kondisi yang mengakibatkan solusi atas pengembalian kamu tidak bisa diberikan dalam waktu 1 hari setelah barang kami terima.

  1. Produk kamu masih terdapat kata sandi dan masih terpasang akun pribadi kamu (misalnya akun iCloud, akun Google,  Mi Account, dan sebagainya), sehingga kami tidak dapat melakukan pengecekan standar kualitas pada produk kamu.
  2. Produk kamu tidak lengkap. Kelengkapan produk termasuk aksesori produk, kemasan orisinal produk, bonus produk, serta bundling produk. Kami membutuhkan kelengkapan tersebut untuk proses klaim ke pihak Merchant Partner. Bila ada kelengkapan produk yang belum kamu kirimkan ke Return Center Blibli.com, pemberian solusi akan tertunda hingga kelengkapan tersebut tiba kemudian dilakukan pengecekan standar kualitas. Oleh tim kami.
  3. Terdapat kerusakan fisik dengan indikasi kesalahan/kelalaian pengguna, sehingga kami membutuhkan waktu untuk melakukan proses investigasi terhadap kerusakan fisik tersebut. Kerusakan fisik meliputi kerusakan pada produk dan kemasannya.
  4. Produk memerlukan pengecekan khusus dan hanya bisa dilakukan oleh pihak Merchant Partner, sehingga produk harus dikirimkan terlebih dahulu untuk pengecekan lanjutan.

Bila kami membutuhkan tambahan waktu untuk memberikan solusi untuk kamu, kamu kami hubungi melalui telepon untuk menjelaskan alasan tertundanya pemberian solusi dari Blibli.com. Namun bila kami tidak berhasil menghubungi kamu melalui telepon maka informasi ini akan kami kirimkan ke email yang terdaftar pada akun Blibli kamu.

Proses pemeriksaan/pengecekan standar kualitas adalah maksimal 1 hari setelah produk kami terima/tiba di Return Center Blibli.

Blibli menawarkan 4 macam solusi; tukar produk, refund (pengembalian dana), voucher (pengembalian uang dalam bentuk voucher), dan solusi lainnya (misal pengiriman kelengkapan produk, service).

Jika kamu telah melakukan proses pengembalian produk namun produk pengganti tidak tersedia, maka kami akan menawarkan solusi refund.

Jika kamu mengajukan pengembalian dengan alasan ‘perbedaan ekspektasi / pembatalan transaksi’, pengembalian dana diberikan dalam bentuk voucher.

Berikut macam solusi pengembalian berdasarkan alasan pengembalian:

 

Ya, kamu dapat menukar dengan produk lain selama produk tersedia, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Jika harga produk pengganti lebih mahal, maka kamu harus membayar kekurangan produk tersebut.
  • Jika harga produk pengganti lebih murah, maka kami akan mengembalikan kelebihan pembayaran kamu.

Produk pengganti akan dikirimkan setelah proses pengecekan standar kualitas selesai dan disetujui. Produk pengganti akan berupa pesanan baru dan kamu bisa cek status serta estimasinya di menu Daftar Pesanan.

Jangka waktu pengembalian dana (refund) dihitung setelah customer memperoleh persetujuan dari pihak Blibli.com.

Masing-masing metode refund memiliki jangka waktu yang berbeda. Khusus untuk metode refund melalui transfer ke rekening bank kamu, jangka waktu pengembalian dana akan dihitung setelah kamu memberikan nomor rekening kepada pihak Blibli.com.

Berikut jangka waktu pengembalian dana berdasarkan metode pembayaran:

NoMetode Pembayaran yang digunakan saat PemesananMetode RefundJangka Waktu Refund
1Bayar di Tempat (COD)Blipay1-3 hari kerja
2Internet Banking (Klik BCA, E-pay BRI, CIMB Clicks, BCA Klikpay (Tabungan/Klik BCA), Sakuku)Blipay1-3 hari kerja
3OneKlikRekening Sumber Dana1-3 hari kerja
4BCA Klikpay (Tabungan/Klik BCA)Blipay1-3 hari kerja
BCA Klikpay (Kartu Kredit/BCA Card) - Full PaymentSaldo limit5-10 hari kerja
BCA Klikpay (Kartu Kredit/BCA Card) - Cicilan 0%Saldo limit5-10 hari kerja
5Kartu Kredit - Full PaymentSaldo limit5-10 hari kerja
6Kartu Kredit - Cicilan 0%Saldo limit5-10 hari kerja
7Kartu Debit OnlineBlipay1-3 hari kerja
8Cicilan Tanpa Kartu Kredit - AkulakuSaldo limit5-10 hari kerja
Cicilan Tanpa Kartu Kredit - KredivoSaldo limit5-10 hari kerja
Cicilan Tanpa Kartu Kredit - Home CreditSaldo limit5-10 hari kerja
Cicilan Tanpa Kartu Kredit - VospaySaldo limit5-10 hari kerja
9Transfer melalui Virtual Account (BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, ATM Bersama dan Bank Lainnya NonATM)Blipay1-3 hari kerja
10Uang Elektronik (Sakuku, LinkAja)Blipay1-3 hari kerja
11Uang Elektronik (Go-Pay)Saldo Go-pay3-5 hari kerja
12Bayar di Gerai (Indomaret, Pos Indonesia)Blipay1-3 hari kerja
Bayar di Gerai (Alfa Group)Blipay5-10 hari kerja
13BlipayBlipay1-3 hari kerja
14Voucher Refund Pengembalian ProdukVoucher Refund1 hari

 

Keterangan:

Refund ke Blipay merupakan salah satu fasilitas yang kami berikan untuk kamu agar kamu dapat mempercepat proses refund  atau pengembalian dana kamu.

Refund ke Blipay hanya akan diproses untuk seluruh akun yang sudah melakukan verifikasi nomor handphone. Jika akun ada belum terverifikasi, proses pengembalian dana/refund akan diproses melalui rekening bank kamu.

Pengembalian dana (refund) tidak berlaku untuk transaksi yang menggunakan voucher (voucher akan dikembalikan dalam bentuk voucher pengganti).

Voucher Refund merupakan pengembalian dana dalam bentuk voucher yang kamu dapatkan saat kamu mengembalikan produk dengan alasan pembatalan pesanan (Berubah Pikiran, Ukuran Kebesaran/Kekecilan). Pengembalian dengan metode Voucher Refund diproses dalam waktu 1 hari kerja

Kamu akan mendapatkan SMS/WhatsApp ketika proses refund telah dilakukan. Jangka waktu pengembalian berbeda-beda sesuai metode refund (transfer ke rekening: 1-3 hari kerja dan refund kartu kredit: 5-10 hari kerja). Selengkapnya

Silakan abaikan tagihan atas produk yang di-refund, karena bank akan mengkreditkan tagihan tersebut sesuai nilai pengajuan oleh Blibli

Apabila pada tagihan berikutnya tagihan tersebut belum dikembalikan oleh bank, dan kamu dikenakan denda keterlambatan pembayaran atas tagihan tersebut, silakan hubungi Customer Care Blibli.com untuk mengajukan pembatalan denda.

Voucher akan ditambahkan di akun kamu sesaat setelah kami berikan solusi atas pengembalian produk kamu.

  1. Berlaku khusus untuk member Blibli.com.
  2. Tidak ada pembayaran minimal.
  3. Kupon ID/Voucher hanya dapat digabungkan dengan sesama voucher refund lainnya.
  4. Kupon ID/Voucher hanya dapat digunakan 1 kali.
  5. Masa berlaku Kupon ID/Voucher adalah 30 hari setelah voucher diterbitkan.

Voucher yang dapat digabungkan hanya sesama voucher refund.

Kami akan kirimkan kekurangan produk maksimal 3 hari kerja setelah kami menyetujui permohonan retur kamu. Nomor resi pengiriman kekurangan barang kamu bisa di bagian pengembalian produk ini.

Proses service memakan waktu 7-14 hari dan bisa lebih lama tergantung dengan service center yang ditunjuk.

Saat ini kami hanya bisa membantu proses service dan tidak dapat menerima refund produk service

• Produk yang dikembalikan akan melewati tahap pengecekan standar kualitas dari pihak Blibli. Pihak Blibli berhak mengirimkan kembali produk kamu yang tidak sesuai dengan standar kualitas pengembalian produk.

• Keputusan dan Kebijakan Blibli mengenai persetujuan pengembalian produk dan/atau pengembalian uang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Blibli berhak untuk menolak pengajuan pengembalian kamu jika pengajuan pengembalian tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku.