Cara mengajukan pengembalian produk

Pengembalian produk dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1.  Lengkapi formulir pengembalian produk

Masuk ke tab profile akun Blibli.com Anda, lalu pilih menu Pengembalian” dan pilih “Ajukan Pengembalian Produk”. Kemudian pada tab ““Pesanan Selesai”” pilih produk yang ingin Anda kembalikan, pilih ““Pengembalian Produk”” dan lengkapi form pengembalian produk.

 

1.1. Klik “Pengembalian Produk” pada produk yang ingin dikembalikan

 

1.2. Beri tanda centang pada produk yang ingin dikembalikan

 

1.3. Klik “Lanjutkan”

 

1.4. Pilih Alasan Pengambilan Produk, Ekspektasi Solusi Pengembalian, dan Metode Pengembalian Produk

 

1.5. Tulis detail permasalahan Anda pada kolom “Deskripsikan Keluhan Anda” dan unggah bukti foto produk yang ingin Anda kembalikan. Beri tanda centang pada bagian persetujuan Syarat & Ketentuan, kemudian pilih “Konfirmasi Pengajuan”.

 

1.6. Anda akan mendapatkan informasi nomor pengembalian (RMAxxxx). Anda dapat mengunduh label pengembalian produk Anda pada “Cetak Label Pengiriman Produk Di Sini”.

 

1.  Lengkapi formulir pengembalian produk

Masuk ke tab profile akun Blibli.com Anda, lalu pilih tab Pengembalian” dan pilih “Ajukan Pengembalian Produk”. Kemudian pada tab ““Pesanan Selesai”” pilih produk yang ingin Anda kembalikan, pilih ““Pengembalian Produk”” dan lengkapi form pengembalian produk.

1.1. Klik “Pengembalian Produk” pada produk yang ingin dikembalikan
1.2. Beri tanda centang pada produk yang ingin dikembalikan, klik “Lanjutkan”
1.3. Pilih Alasan Pengambilan Produk, Ekspektasi Solusi Pengembalian, dan Metode Pengembalian Produk
1.4. Tulis detail permasalahan Anda pada kolom “Deskripsikan Keluhan Anda” dan unggah bukti foto produk yang ingin Anda kembalikan. Beri tanda centang pada bagian persetujuan Syarat & Ketentuan, kemudian pilih “Konfirmasi Pengajuan”
1.5. Anda akan mendapatkan informasi nomor pengembalian (RMAxxxx). Anda dapat mengunduh label pengembalian produk Anda pada “Cetak Label Pengiriman Produk Di Sini”.

 

1.  Lengkapi formulir pengembalian produk

Masuk ke tab profile akun Blibli.com Anda, lalu pilih tab Pengembalian” dan pilih “Ajukan Pengembalian Produk”. Kemudian pada tab ““Pesanan Selesai”” pilih produk yang ingin Anda kembalikan, pilih ““Pengembalian Produk”” dan lengkapi form pengembalian produk.

1.1. Klik “Pengembalian Produk” pada produk yang ingin dikembalikan
1.2. Pilih produk yang ingin Anda kembalikan dan pilih jumlah yang ingin Anda kembalikan.
1.3. Pilih Alasan Pengambilan Produk, Ekspektasi Solusi Pengembalian, dan Metode Pengembalian Produk
1.4. Tulis detail permasalahan Anda pada kolom “Deskripsikan Keluhan Anda” dan unggah bukti foto produk yang ingin Anda kembalikan. Beri tanda centang pada bagian persetujuan Syarat & Ketentuan, kemudian pilih “Konfirmasi Pengajuan”
1.5. Anda akan mendapatkan informasi nomor pengembalian (RMAxxxx). Anda dapat mengunduh label pengembalian produk Anda pada “Cetak Label Pengiriman Produk Di Sini”.

2. Kirim produk yang ingin dikembalikan

Kemas dan kirim produk yang ingin dikembalikan ke kantor Blibli.com. Pastikan produk terbungkus rapi lengkap dengan pelindung dan beri label pengiriman berikut:

 PT. GLOBAL DIGITAL NIAGA

UP: Return Management

Jl. Dewi Sartika No 184 Kramat Jati – Cawang

Jakarta Timur 13630

No. Pengembalian: [no. pengembalian Anda]

No. Handphone: [no. handphone Anda]

Anda akan mendapatkan solusi atas pengembalian produk dalam satu hari setelah kami menerima produk Anda.

Selengkapnya mengenai metode pengembalian produk ke Blibli.com dapat Anda lihat pada artikel berikut

Atau baca artikel pengembalian produk lainnya

 

Tonton video berikut untuk melihat ilustrasi proses pengembalian produk

Anda dapat memilih 6 opsi metode pengembalian berikut:ikut (ini akan ngelink ke FAQ yang panjang).

  1. Pengembalian melalui Return Spot Blibli.com 
    • Anda dapat mendatangi Return Spot Blibli.com terdekat.
    • Klik di sini untuk mengetahui Return Spot Blibli.com terdekat di kota Anda.
    • Infokan nomor pengembalian produk (Nomor RMA, contoh: RMA12345) saat memberikan produk Anda pada tim kami.
    • Estimasi pengecekan produk hingga pemberian solusi adalah 30 menit. Waktu pengecekan dimulai sejak produk Anda dicek oleh tim quality control kami.
    • Solusi yang diberikan bukan pemberian barang/pengembalian uang secara langsung, namun informasi bahwa kami sudah membuatkan order baru (penggantian/tukar produk) atau mengajukan pengembalian dana/voucher ke Tim Finance.
    • Tim kami akan membuatkan tanda bukti dan memberikannya kepada Anda bila produk sudah selesai dicek dan solusi untuk Anda sudah diberikan (pembuatan order baru atau pengajuan pengembalian dana/voucher ke tim finance), tim kami akan membuatkan tanda bukti dan memberikannya kepada Anda.
    • Selengkapnya mengenai pengembalian produk melalui Return Spot Blibli.com dapat Anda lihat pada artikel berikut.
  2. Pengembalian melalui Pos Indonesia (Gratis)
    • Anda dapat mendatangi Kantorpos terdekat.
    • Klik di sini untuk mengetahui Kantorpos terdekat di kota Anda.
    • Kantorpos yang bisa menerima layanan pengembalian produk dari Anda adalah seluruh Kantorpos: Kantorpos Pemeriksa, Kantorpos Cabang Dalam Kota, Kantorpos Cabang Luar Kota, Loket Ekstensi, Mobile Processing Service, dan Kantorpos Desa.
    • Petugas Loket Pos Indonesia akan memberikan tanda bukti/resi pengiriman kepada Anda tanpa dipungut biaya pengiriman (gratis).
  3. Pengembalian melalui PopBox/ Drop di loker PopBox (Gratis)
    • Anda dapat mendatangi lokasi loker PopBox terdekat.
    • Ukuran paket yang bisa dikirimkan melalui loker PopBox:
      1. XS : 48 x 19 x 18 cm, contoh: kardus hp
      2. S : 48 x 34 x 10 cm, contoh: laptop, dokumen
      3. M : 48 x 34 x 18 cm, contoh: kotak sepatu
      4. L : 48 x 34 x 31 cm, contoh: kardus mie instan
    • Pilih menu “Mengembalikan Barang” dan lanjutkan proses untuk meletakkan paket di loker.
    • Setelah pintu loker ditutup, Anda akan mendapatkan SMS bukti pengiriman. Kurir PopBox akan mengambil paket dan mengantar paket ke alamat pengembalian Blibli.com (gratis).
    • Klik di sini untuk panduan lengkap pengembalian produk melalui PopBox.
  4. Pengembalian menggunakan Alfatrex melalui toko Alfa Group di Wilayah Jabodetabek (Gratis)
    • Anda dapat mendatangi seluruh toko Alfamart, Alfamidi, atau Dan+Dan yang berada di wilayah Jabodetabek.
    • Klik di sini untuk mengetahui toko Alfamart, Alfamidi, dan Dan+Dan terdekat.
    • Ukuran paket yang dapat dikirimkan maksimal dengan berat 20 kg dan panjang salah satu sisi paket maksimal 1 meter.
    • Petugas toko (kasir) Alfamart, Alfamidi, atau Dan+Dan akan menanyakan kode booking. Berikan nomor pengembalian produk (Nomor RMA, contoh: RMA12345) sebagai kode booking Anda.
    • Petugas toko (kasir) Alfamart, Alfamidi, atau Dan+Dan akan memberikan struk sebagai tanda bukti/resi pengiriman kepada Anda tanpa dipungut biaya pengiriman (gratis).
    • Kurir Alfatrex akan mengambil paket dan mengantar paket ke alamat pengembalian Blibli.com.
  5. Pengembalian menggunakan Jasa Penjemputan Blibli.com (Gratis)
    • Anda dapat menentukan kapan produk akan dijemput dengan memilih tanggal di kolom “Pilih Tanggal Jemput”.
    • Anda juga dapat menentukan alamat penjemputan produk.
    • Penjemputan hanya akan dilakukan pada hari Senin –Sabtu. Penjemputan akan dilakukan oleh logistic partners kami paling lambat 3 hari setelah tanggal yang Anda pilih.
    • Wilayah cakupan penjemputan: Jabodetabek, Kota/Kab. Bandung, Kota Denpasar, Kota Malang, Kota Medan, Kota Semarang, Kota Solo, Kota Surabaya, dan Kota Yogyakarta.
    • Bila wilayah pengiriman Anda berada dalam wilayah yang tidak bisa kami jemput, akan muncul notifikasi bahwa alamat Anda tidak dapat dijemput oleh Blibli.com.
    • Petugas penjemputan akan memberikan tanda bukti/resi pengiriman kepada Anda tanpa dipungut biaya pengiriman (gratis).
    • Jika keluarga, asisten rumah tangga atau kerabat Anda berada di rumah, titipkan produk yang ingin Anda kembalikan kepada mereka. Pastikan mereka berada di rumah pada hari penjemputan produk yang telah Anda pilih hingga tiga hari ke depan. Bila kurir menghubungi Anda untuk konfirmasi penjemputan produk, berikan nomor telepon keluarga/kerabat Anda kepada kurir tersebut.
    • Jika Anda tinggal di apartemen, produk yang ingin Anda kembalikan sebaiknya dititipkan kepada petugas keamanan atau resepsionis di apartemen Anda. Infokan kepada mereka bahwa paket tersebut akan dijemput oleh kurir yang bekerja sama dengan Blibli.com.
    • Jika Anda mengisi alamat kantor sebagai alamat penjemputan, sebaiknya Anda membawa produk yang ingin Anda kembalikan ke kantor. Bila Anda tidak berada di kantor saat hari penjemputan, Anda dapat menitipkan produk tersebut kepada petugas keamanan/resepsionis kantor Anda kemudian infokan kepada mereka bahwa paket tersebut akan dijemput oleh kurir yang bekerja sama dengan Blibli.com.
    • Info tambahan: Mohon titipkan barang kepada orang-orang yang dipercaya, karena ketika barang belum sampai di pihak logistik, barang tersebut belum menjadi tanggung jawab pihak Blibli.com.
    • Setelah menitipkan barang, pastikan nomor Anda dapat dihubungi agar ketika kurir sampai, proses handover produk retur dapat dilakukan.
  6. Pengembalian produk menggunakan Jasa Pengiriman Lain
    • Anda tetap dapat memanfaatkan jasa pengiriman lain yang terdekat dari lokasi Anda, dan Blibli.com akan mengembalikan biaya pengiriman.
    • Anda hanya perlu mengirimkan email bukti resi pengiriman ke customer.care@blibli.com dengan subjek email: AWB–[nomor pesanan]. Contoh: AWB-1234567.

Anda akan mendapatkan solusi atas pengembalian produk dalam satu hari setelah kami menerima produk Anda.

Selengkapnya mengenai cara melakukan pengembalian produk dapat Anda lihat pada artikel berikut.

Saat ini layanan tukar langsung belum tersedia. Pengembalian dan penukaran produk hanya dapat diproses setelah produk dikirimkan kembali ke kantor Blibli.com dan setelah status disetujui dalam proses pengecekan standar kualitas.

Catatan:

Saat ini kami memiliki fasilitas “Return Spot” yang berlokasi di Jakarta dan Surabaya (buka pukul 10.00 – 18.00). Anda dapat membawa produk yang ingin Anda kembalikan ke Return Spot Blibli.com, tim kami akan melakukan pemeriksaan/pengecekan standar kualitas pada produk Anda dan solusi akan kami berikan berdasarkan hasil pengecekan tersebut.

Alamat kedua Return Spot kami dapat Anda lihat pada artikel berikut.

Solusi yang diberikan bukan pemberian barang/pengembalian uang secara langsung, namun informasi bahwa kami sudah membuatkan order baru (penggantian/tukar produk) atau mengajukan pengembalian dana ke Tim Finance.

Return Spot Blibli.com merupakan salah satu fasilitas metode pengembalian yang diberikan oleh Blibli.com untuk Anda. Melalui Return Spot Anda dapat mengantarkan langsung produk yang ingin Anda kembalikan dan tim kami akan langsung melakukan pemeriksaan/pengecekan standar kualitas pada produk Anda. Kemudian kami juga akan langsung memberikan solusi berdasarkan hasil pengecekan tersebut.

Solusi yang diberikan bukan pemberian barang/pengembalian uang secara langsung, melainkan informasi bahwa kami sudah membuatkan order baru (penggantian/tukar produk) atau mengajukan pengembalian dana Anda ke Tim Finance.

Klik tautan berikut untuk mengetahui lokasi Return Spot Blibli.com.

Klik tautan berikut untuk mengetahui secara lengkap mengenai cara mengembalikan produk melalui Return Spot Blibli.com.

Saat ini kami memiliki 2 Return Spot yang berada di Jakarta dan di Surabaya. Return Spot kami buka dari Senin hingga Jumat pada pukul 10:00 – 18:00, kecuali hari libur nasional).

Return Spot Blibli.com Jakarta: Jalan Dewi Sartika No. 184 Kramat Jati – Cawang, Jakarta Timur, 13630.

Return Spot Blibli.com Surabaya: Jalan Berbek Industri I Kav 5-19, Desa Berbek, Kecamatan Waru, Sidoarjo, 61256.

Setelah mengisi formulir pengembalian produk dan mendapatkan nomor pengembalian produk Anda (Nomor RMA, contoh RMA12345), Anda dapat langsung membawa produk Anda ke Return Spot Blibli.com terdekat dari lokasi Anda.

  • Pastikan Anda membawa kelengkapan produk, termasuk kardus original, kelengkapan/aksesori, dan bonus yang Anda dapatkan saat membeli produk tersebut. Misalnya saat Anda membeli produk handphone dan mendapatkan bonus berupa kartu perdana, maka kartu Perdana ini harus disertakan.
  • Infokan nomor pengembalian produk (Nomor RMA, contoh: RMA12345) saat memberikan produk Anda pada tim kami.
  • Tim kami akan melakukan pemeriksaan/pengecekan standar kualitas pada produk Anda dan solusi akan kami berikan berdasarkan hasil pengecekan tersebut.
  • Estimasi pengecekan produk hingga pemberian solusi adalah 30 menit.

Waktu pengecekan dimulai sejak produk Anda dicek oleh tim quality control kami. Lama pengecekan bisa lebih cepat dan juga bisa lebih lambat dari estimasi pengecekan yang sudah disebutkan sebelumnya, tergantung pada kerusakaan dan kondisi produk Anda. Biasanya pengecekan barang elektronik yang dayanya habis atau yang terkendala pada baterai akan memerlukan waktu lebih lama karena produk harus diisi dayanya terlebih dahulu. Selain itu tidak menutup kemungkinan akan ada antrian pengecekan produk bila ada beberapa produk yang sedang dilakukan pengecekan di Return Spot pada waktu bersamaan.

  • Solusi yang diberikan bukan pemberian barang/pengembalian uang secara langsung, namun informasi bahwa kami sudah membuatkan order baru (penggantian/tukar produk) atau mengajukan pengembalian dana/voucher ke Tim Finance.

Informasi terkait pemberian solusi ini akan dikirimkan melalui SMS serta email. Selain itu informasi ini juga dapat diakses melalui profil Anda di website Blibli.com pada tab pengembalian, kemudian pada bagian filter pilih “Sedang diproses”/”Selesai” dan pilih nomor pengembalian yang ingin Anda cek, lalu pilih “Detail Pengembalian”. Detail pengembalian produk Anda akan muncul seperti berikut.

  • Solusi yang diberikan bisa tidak sesuai dengan yang Anda ajukan bila setelah dilakukan pemeriksaan/pengecekan produk ditemukan indikasi kerusakaan yang diakibatkan oleh kelalaian pengguna atau kelengkapan produk tidak lengkap (misal: tidak ada kardus original, aksesori tidak lengkap, dll).

Bila kami menemukan indikasi kerusakan produk karena kelalaian penggunaan (misalnya jatuh, masuk air, tergores, kesalahan instalasi, produk sudah dibongkar, bencana alam, tersambar petir, perubahan tegangan listrik, dan sebagainya), maka solusi berupa penggantian produk maupun pengembalian uang tidak dapat kami berikan. Namun kami akan memberikan solusi lain berupa bantuan untuk melakukan proses klaim garansi produk ke service center. Mengenai klaim garansi produk dapat Anda lihat pada bagian Klaim Garansi Produk.

  • Bila klaim Anda sudah melewati periode kami (>15 hari setelah produk Anda terima), solusi yang akan kami berikan juga berupa bantuan untuk proses klaim garansi produk ke service center.
  • Kami dapat menolak pengajuan retur Anda bila setelah dilakukan pemeriksaan/pengecekan tidak ditemukan kerusakan/kendala seperti yang Anda sebutkan. Bila pengajuan retur Anda ditolak, maka produk retur Anda akan kami kembalikan.
  • Bila produk sudah selesai dicek dan solusi untuk Anda sudah diberikan (pembuatan order baru atau pengajuan pengembalian dana/voucher ke tim finance), tim kami akan membuatkan tanda bukti dan memberikannya kepada Anda.

Keputusan dan Kebijakan Blibli.com mengenai persetujuan pengembalian produk dan/atau pengembalian uang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Blibli.com berhak untuk menolak pengajuan pengembalian Anda jika pengajuan pengembalian tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Saat ini kami memiliki 2 Return Spot yang berada di Jakarta dan Surabaya. Return Spot kami buka dari Senin hingga Jumat pada pukul 10:00 – 18:00, kecuali hari libur nasional).

Return Spot Blibli.com Jakarta: Jalan Dewi Sartika No. 184 Kramat Jati – Cawang, Jakarta Timur, 13630.

Return Spot Blibli.com Surabaya: Jalan Berbek Industri I Kav 5-19, Desa Berbek, Kecamatan Waru, Sidoarjo, 61256.

Kami hanya menghubungi Anda ketika klaim tidak sesuai dengan kondisi produk yang kami terima. Selebihnya status pengembalian dapat Anda cek di akun Blibli.com Anda.

Jika status pengembalian telah disetujui dan Anda belum mengirimkan produk, silakan kirimkan produk ke Blibli.com.

Silakan pantau status pengembalian Anda di akun Blibli.com Anda.

Pengembalian produk bisa dilakukan dalam waktu 15 hari sejak produk diterima, dihitung dari produk diterima hingga tanggal kirim.

Misalnya, bila Anda menerima produk tanggal 15 Agustus 2017 maka Anda mempunyai waktu untuk mengirim produk sampai dengan 30 Agustus 2017.

Perhitungan akan didasarkan pada tanggal Anda mengirimkan produk tersebut.

 

Lama proses retur tergantung proses pengiriman produk dari Anda. Setelah itu produk yang kami terima akan diperiksa maksimal 1 hari setelah produk kami terima.

Pastikan bahwa Anda masih berada dalam periode pengembalian produk yaitu 15 hari, dihitung dari produk diterima hingga tanggal kirim.