Cara mengajukan pengembalian produk

Anda dapat memilih 4 opsi metode pengembalian berikut:

  1. Pengembalian melalui Pos Indonesia (Gratis)
    • Anda dapat mendatangi Kantorpos terdekat.
    • Klik di sini untuk mengetahui Kantorpos terdekat di kota Anda.
    • Kantorpos yang bisa menerima layanan pengembalian produk dari Anda adalah seluruh Kantorpos: Kantorpos Pemeriksa, Kantorpos Cabang Dalam Kota, Kantorpos Cabang Luar Kota, Loket Ekstensi, Mobile Processing Service, dan Kantorpos Desa.
    • Petugas Loket Pos Indonesia akan memberikan tanda bukti/resi pengiriman kepada Anda tanpa dipungut biaya pengiriman (gratis).
  2. Pengembalian melalui PopBox/ Drop di loker PopBox (Gratis)
    • Anda dapat mendatangi lokasi loker PopBox terdekat.
    • Ukuran paket yang bisa dikirimkan melalui loker PopBox:
      1. XS : 48 x 19 x 18 cm, contoh: kardus hp
      2. S : 48 x 34 x 10 cm, contoh: laptop, dokumen
      3. M : 48 x 34 x 18 cm, contoh: kotak sepatu
      4. L : 48 x 34 x 31 cm, contoh: kardus mie instan
    • Pilih menu “Mengembalikan Barang” dan lanjutkan proses untuk meletakkan paket di loker.
    • Setelah pintu loker ditutup, Anda akan mendapatkan SMS bukti pengiriman. Kurir PopBox akan mengambil paket dan mengantar paket ke alamat pengembalian Blibli.com (gratis).
    • Klik di sini untuk panduan lengkap pengembalian produk melalui PopBox.
  3. Pengembalian menggunakan Alfatrex melalui toko Alfa Group di Wilayah Jabodetabek (Gratis)
    • Anda dapat mendatangi seluruh toko Alfamart, Alfamidi, atau Dan+Dan yang berada di wilayah Jabodetabek.
    • Klik di sini untuk mengetahui toko Alfamart, Alfamidi, dan Dan+Dan terdekat.
    • Ukuran paket yang dapat dikirimkan maksimal dengan berat 20 kg dan panjang salah satu sisi paket maksimal 1 meter.
    • Petugas toko (kasir) Alfamart, Alfamidi, atau Dan+Dan akan menanyakan kode booking. Berikan nomor pengembalian produk (Nomor RMA, contoh: RMA12345) sebagai kode booking Anda.
    • Petugas toko (kasir) Alfamart, Alfamidi, atau Dan+Dan akan memberikan struk sebagai tanda bukti/resi pengiriman kepada Anda tanpa dipungut biaya pengiriman (gratis).
    • Kurir Alfatrex akan mengambil paket dan mengantar paket ke alamat pengembalian Blibli.com.
  4. Pengembalian menggunakan Jasa Penjemputan Blibli.com (Gratis)
    • Anda dapat menentukan kapan produk akan dijemput dengan memilih tanggal di kolom “Pilih Tanggal Jemput”.
    • Anda juga dapat menentukan alamat penjemputan produk.
    • Penjemputan hanya akan dilakukan pada hari Senin –Sabtu. Penjemputan akan dilakukan oleh logistic partners kami paling lambat 3 hari setelah tanggal yang Anda pilih.
    • Wilayah cakupan penjemputan: Saat ini kami hanya melayani penjemputan di area DKI Jakarta.
    • Bila wilayah pengiriman Anda berada dalam wilayah yang tidak bisa kami jemput, akan muncul notifikasi bahwa alamat Anda tidak dapat dijemput oleh Blibli.com.
    • Petugas penjemputan akan memberikan tanda bukti/resi pengiriman kepada Anda tanpa dipungut biaya pengiriman (gratis).
  5. Pengembalian produk menggunakan Jasa Pengiriman Lain
    • Anda tetap dapat memanfaatkan jasa pengiriman lain yang terdekat dari lokasi Anda, dan Blibli.com akan mengembalikan biaya pengiriman.
    • Anda hanya perlu mengirimkan email bukti resi pengiriman ke customer.care@blibli.com dengan subjek email: AWB–[nomor pesanan]. Contoh: AWB-1234567.

Anda akan mendapatkan solusi atas pengembalian produk dalam 3 hari kerja setelah kami menerima produk Anda.

Selengkapnya mengenai cara melakukan pengembalian produk dapat Anda lihat pada artikel berikut.

Pastikan bahwa Anda masih berada dalam periode pengembalian produk yaitu 15 hari, dihitung dari produk diterima hingga tanggal kirim

Pengembalian produk dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1.  Lengkapi formulir pengembalian produk

Masuk ke tab profile akun Blibli.com Anda, lalu pilih tab “Pengembalian Produk” dan pilih “Ajukan Pengembalian Produk”. Kemudian pada tab ““Pesanan Selesai”” pilih produk yang ingin Anda kembalikan, pilih ““Pengembalian Produk”” dan lengkapi form pengembalian produk.

 

1.1. Klik “Pengembalian Produk” pada produk yang ingin dikembalikan

 

1.2. Beri tanda centang pada produk yang ingin dikembalikan

 

1.3. Klik “Lanjutkan”

 

1.4. Pilih Alasan Pengambilan Produk, Ekspektasi Solusi Pengembalian, dan Metode Pengembalian Produk

 

1.5. Tulis detail permasalahan Anda pada kolom “Deskripsikan Keluhan Anda” dan unggah bukti foto produk yang ingin Anda kembalikan. Beri tanda centang pada bagian persetujuan Syarat & Ketentuan, kemudian pilih “Konfirmasi Pengajuan”.

 

1.6. Anda akan mendapatkan informasi nomor pengembalian (RMAxxxx). Anda dapat mengunduh label pengembalian produk Anda pada “Cetak Label Pengiriman Produk Di Sini”.

 

1.  Lengkapi formulir pengembalian produk

Masuk ke tab profile akun Blibli.com Anda, lalu pilih tab “Pengembalian Produk” dan pilih “Ajukan Pengembalian Produk”. Kemudian pada tab ““Pesanan Selesai”” pilih produk yang ingin Anda kembalikan, pilih ““Pengembalian Produk”” dan lengkapi form pengembalian produk.

1.1. Klik “Pengembalian Produk” pada produk yang ingin dikembalikan
1.2. Beri tanda centang pada produk yang ingin dikembalikan, klik “Lanjutkan”
1.3. Pilih Alasan Pengambilan Produk, Ekspektasi Solusi Pengembalian, dan Metode Pengembalian Produk
1.4. Tulis detail permasalahan Anda pada kolom “Deskripsikan Keluhan Anda” dan unggah bukti foto produk yang ingin Anda kembalikan. Beri tanda centang pada bagian persetujuan Syarat & Ketentuan, kemudian pilih “Konfirmasi Pengajuan”
1.5. Anda akan mendapatkan informasi nomor pengembalian (RMAxxxx). Anda dapat mengunduh label pengembalian produk Anda pada “Cetak Label Pengiriman Produk Di Sini”.

 

1.  Lengkapi formulir pengembalian produk

Masuk ke tab profile akun Blibli.com Anda, lalu pilih tab “Pengembalian Produk” dan pilih “Ajukan Pengembalian Produk”. Kemudian pada tab ““Pesanan Selesai”” pilih produk yang ingin Anda kembalikan, pilih ““Pengembalian Produk”” dan lengkapi form pengembalian produk.

1.1. Klik “Pengembalian Produk” pada produk yang ingin dikembalikan
1.2. Pilih produk yang ingin Anda kembalikan dan pilih jumlah yang ingin Anda kembalikan.
1.3. Pilih Alasan Pengambilan Produk, Ekspektasi Solusi Pengembalian, dan Metode Pengembalian Produk
1.4. Tulis detail permasalahan Anda pada kolom “Deskripsikan Keluhan Anda” dan unggah bukti foto produk yang ingin Anda kembalikan. Beri tanda centang pada bagian persetujuan Syarat & Ketentuan, kemudian pilih “Konfirmasi Pengajuan”
1.5. Anda akan mendapatkan informasi nomor pengembalian (RMAxxxx). Anda dapat mengunduh label pengembalian produk Anda pada “Cetak Label Pengiriman Produk Di Sini”.

2. Kirim produk yang ingin dikembalikan

Kemas dan kirim produk yang ingin dikembalikan ke kantor Blibli.com. Pastikan produk terbungkus rapi lengkap dengan pelindung dan beri label pengiriman berikut:

 PT. GLOBAL DIGITAL NIAGA

UP: Customer Resolution

Jl. Dewi Sartika No 184 Kramat Jati – Cawang

Jakarta Timur 13630

No. Pengembalian: [no. pengembalian Anda]

No. Handphone: [no. handphone Anda]

Anda akan mendapatkan solusi atas pengembalian produk dalam tiga hari kerja setelah kami menerima produk Anda.

Selengkapnya mengenai metode pengembalian produk ke Blibli.com dapat Anda lihat pada artikel berikut.

 

Tonton video berikut untuk melihat ilustrasi proses pengembalian produk

Saat ini layanan tukar langsung belum tersedia. Pengembalian dan penukaran produk hanya dapat diproses setelah produk dikirimkan kembali ke kantor Blibli.com dan setelah status disetujui dalam proses pengecekan standar kualitas.

Catatan:

Saat ini kami memiliki fasilitas “Return Spot” yang berlokasi di Jl. Dewi Sartika No 184 Kramat Jati – Cawang, Jakarta Timur (buka pukul 10.00 – 18.00). Anda dapat membawa produk yang ingin Anda kembalikan ke Return Spot Blibli.com, tim kami akan melakukan pemeriksaan/pengecekan standar kualitas pada produk Anda dan solusi akan kami berikan berdasarkan hasil pengecekan tersebut.

Solusi yang diberikan bukan pemberian barang/pengembalian uang secara langsung, namun informasi bahwa kami sudah membuatkan order baru (penggantian/tukar produk) atau mengajukan pengembalian dana ke Tim Finance.

Kami hanya menghubungi Anda ketika klaim tidak sesuai dengan kondisi produk yang kami terima. Selebihnya status pengembalian dapat Anda cek di akun Blibli.com Anda.

Jika status pengembalian telah disetujui dan Anda belum mengirimkan produk, silakan kirimkan produk ke Blibli.com.

Silakan pantau status pengembalian Anda di akun Blibli.com Anda.

Lama proses retur tergantung proses pengiriman produk dari Anda. Setelah itu produk yang kami terima akan diperiksa maksimal 3 hari.