Cara mengajukan pengembalian produk

Pengembalian produk dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1.  Lengkapi formulir pengembalian produk

Formulir dapat ditemukan di laman Pesanan pada akun Anda. Setelah masuk ke laman Pesanan, pilih produk yang akan dikembalikan, klik tombol “Pengembalian Produk“, dan lengkapi kolom pengembalian produk.

 

1.1. Klik “Pengembalian Produk” pada produk yang ingin dikembalikan

 

1.2. Beri tanda centang pada produk yang ingin dikembalikan

 

1.3. Klik “Lanjutkan”

 

1.4. Pilih alasan pengambilan produk, solusi yang Anda inginkan, dan unggah foto produk yang Anda kembalikan, lalu klik “Konfirmasi Pengajuan”

1.  Lengkapi formulir pengembalian produk

Formulir dapat ditemukan di laman Pesanan pada akun Anda. Setelah masuk ke laman Pesanan, pilih produk yang akan dikembalikan, klik tombol “Pengembalian Produk“, dan lengkapi kolom pengembalian produk.

 

1.1. Klik “Pengembalian Produk” pada produk yang ingin dikembalikan
1.2. Beri tanda centang pada produk yang ingin dikembalikan, klik “Lanjutkan”
1.3.Pilih alasan pengambilan produk, solusi yang Anda inginkan, dan unggah foto produk yang Anda kembalikan, lalu klik “Konfirmasi Pengajuan”

 

1.  Lengkapi formulir pengembalian produk

Formulir dapat ditemukan di laman Pesanan pada akun Anda. Setelah masuk ke laman Pesanan, pilih produk yang akan dikembalikan, klik tombol “Pengembalian Produk“, dan lengkapi kolom pengembalian produk.

1.1. Klik “Kembalikan Produk” pada produk yang ingin dikembalikan
1.2. Beri tanda centang pada produk yang ingin dikembalikan, klik “Lanjutkan”
1.3. Lengkapi formulir Pengajuan Pengembalian, lalu klik “Kirim”
1.3. Lengkapi formulir Pengajuan Pengembalian, lalu klik “Kirim”

2. Kirim produk yang ingin dikembalikan

Kemas dan kirim produk yang ingin dikembalikan ke kantor Blibli.com. Pastikan produk terbungkus rapi lengkap dengan pelindung dan beri label pengiriman berikut:

 PT. GLOBAL DIGITAL NIAGA

UP: Customer Resolution

Jl. Dewi Sartika No 184 Kramat Jati – Cawang

Jakarta Timur 13630

No. Pengembalian: [no. pengembalian Anda]

No. Handphone: [no. handphone Anda]

Anda dapat memilih 3 opsi metode pengembalian berikut:

  1. Pengembalian melalui PT Pos Indonesia (Gratis)
    • Anda dapat mendatangi kantor pos terdekat.
    • Klik di sini untuk mengetahui kantor pos terdekat di kota Anda.
    • Kantor pos yang bisa menerima layanan pengembalian produk dari Anda adalah seluruh kantor pos Kantor Pos Pemeriksa, Kantor Pos Cabang Dalam Kota, Kantor Pos Cabang Luar Kota, Loket Ekstensi, Mobile Processing Service, dan Kantor Pos Desa.
    • Petugas Loket PT POS Indonesia akan memberikan tanda bukti/resi pengiriman kepada Anda tanpa dipungut biaya pengiriman (gratis).
  2. Pengembalian melalui PopBox/ Drop di loker PopBox (Gratis)
    • Anda dapat mendatangi lokasi loker PopBox terdekat.
    • Ukuran paket yang bisa dikirimkan melalui loker PopBox:
      1. XS : 48 x 19 x 18 cm, contoh: kardus hp
      2. S : 48 x 34 x 10 cm, contoh: laptop, dokumen
      3. M : 48 x 34 x 18 cm, contoh: kotak sepatu
      4. L : 48 x 34 x 31 cm, contoh: kardus mie instan
    • Pilih menu “Mengembalikan Barang” dan lanjutkan proses untuk meletakkan paket di loker.
    • Setelah pintu loker ditutup, Anda akan mendapatkan SMS bukti pengiriman. Kurir PopBox akan mengambil paket dan mengantar paket ke alamat pengembalian Blibli.com (gratis).
    • Klik di sini untuk panduan lengkap pengembalian produk melalui PopBox.
  3. Pengembalian produk menggunakan Jasa Pengiriman Lain
    • Anda tetap dapat memanfaatkan jasa pengiriman lain yang terdekat dari lokasi Anda, dan Blibli.com akan mengembalikan biaya pengiriman.
    • Anda hanya perlu mengirimkan email bukti resi pengiriman ke customer.care@blibli.com dengan subjek email: AWB – [nomor pesanan]. Contoh: AWB-1234567.

Anda akan mendapatkan solusi atas pengembalian produk dalam tiga hari kerja setelah kami menerima produk Anda.

 

Tonton video berikut untuk melihat ilustrasi proses pengembalian produk

Saat ini layanan tukar langsung belum tersedia. Pengembalian dan penukaran produk hanya dapat diproses setelah produk dikirimkan kembali ke kantor Blibli.com dan setelah status disetujui dalam proses pengecekan standar kualitas.

Kami hanya menghubungi Anda ketika klaim tidak sesuai dengan kondisi produk yang kami terima. Selebihnya status pengembalian dapat Anda cek di akun Blibli.com Anda.

Jika status pengembalian telah disetujui dan Anda belum mengirimkan produk, silakan kirimkan produk ke Blibli.com.

Jangka waktu pengembalian uang (refund) dihitung setelah customer memperoleh persetujuan dari pihak Blibli.com dan setelah nomor rekening diberikan (untuk pengembalian uang (refund) melalui rekening).

Pengembalian uang (refund) tidak berlaku untuk transaksi yang menggunakan voucher(voucher akan dikembalikan dalam bentuk voucher pengganti).

 

Berikut jangka waktu pengembalian uang berdasarkan metode pembayaran:

Metode Pembayaran yang dipakai ketika PemesananMetode RefundJangka Waktu Refund
Internet Banking
BCA KlikPay (Tabungan), Mandiri KlikPay, KlikBCA, ePay BRI, CIMB Clicks
Rekening customer1 - 3 hari kerja
Kartu Kredit - Cicilan 0% (Semua bank)Rekening bank (saldo kartu kredit)5 - 10 hari kerja
Transfer ATM & Virtual AccountRekening customer1 - 3 hari kerja
Uang Elektronik (XL Tunai, Sakuku)Rekening customer1 - 3 hari kerja
Kartu Debit - Full PaymentRekening bank (saldo tabungan)5 - 10 hari kerja

 

• Produk yang dikembalikan akan melewati tahap pengecekan standar kualitas dari pihak Blibli.com. Pihak Blibli.com berhak mengirimkan kembali produk Anda yang tidak sesuai dengan standar kualitas pengembalian produk.

• Keputusan dan Kebijakan Blibli.com mengenai persetujuan pengembalian produk dan/atau pengembalian uang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Blibli.com berhak untuk menolak pengajuan pengembalian Anda jika pengajuan pengembalian tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Lama proses retur tergantung proses pengiriman produk dari Anda. Setelah itu produk yang kami terima akan diperiksa maksimal 3 hari kerja.

Retur Anda ditolak karena tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan pengembalian produk Blibli.com. Kami akan memberi alasan serta konfirmasi melalui email atau telpon.

Anda dapat mengisi kembali form pengembalian produk untuk memproses kembali pengembalian Anda.

Klik di sini untuk panduan lengkap pengembalian produk.