Pengembalian produk & dana

Pelajari cara melakukan pengembalian produk (retur) atau dana (refund).

Sub Topik

Pengembalian dana (refund) cicilan akan diproses sebesar nilai pengembalian kamu ke saldo limit kartu kredit. Cek keterangan CR (kredit) pada tagihan kartu kredit kamu dari Blibli.

Pembatalan konversi cicilan akan diproses otomatis oleh bank apabila nilai pembayaran sama dengan pengembalian dana kamu (pembatalan konversi cicilan masih membutuhkan waktu beberapa hari dari pengembalian  tergantung proses di bank penerbit kartu kamu).

Apabila nilai pengembalian lebih kecil dari nilai transaksi, maka pengembalian dana hanya akan memotong limit kartu kredit kamu dan tidak dilakukan pembatalan konversi cicilan. Kamu dapat menghubungi pihak bank untuk mengajukan pembatalan konversi cicilan secara manual (ada kemungkinan biaya yang dibebankan kepada pelanggan atas layanan ini).

Penggantian biaya kirim hanya berlaku bila Anda memilih metode pengembalian produk menggunakan Jasa Pengiriman Lain.

Untuk mendapatkan penggantian biaya pengiriman produk yang Anda kembalikan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Foto bukti resi pengiriman produk yang Anda kembalikan.
  2. Kirim bukti resi tersebut ke customer.care@blibli.com.
  3. Subjek email: Informasi Rekening untuk Pengembalian Biaya Kirim (Nomor RMA Anda). Contoh: Informasi Rekening untuk Pengembalian Biaya Kirim (RMA12345).
  4. Biaya pengiriman akan dikembalikan ke saldo BlibliPay kamu.

Selengkapnya mengenai ketentuan penggantian biaya kirim dapat diihat pada artikel berikut.

Blibli menawarkan 4 macam solusi; tukar produk, refund (pengembalian dana), saldo cashback BlibliPay, dan solusi lainnya (pengiriman kekurangan/kelengkapan produk, pengembalian kelebihan, dan service).

Jika kamu telah melakukan proses pengembalian produk namun produk pengganti tidak tersedia, maka kami akan berikan solusi refund.

Jika kamu mengajukan pengembalian dengan alasan ‘Ukuran kebesaran/kekecilan’, ‘Ketemu harga lebih murah di tempat lain’, ‘Salah beli’, Tidak lagi membutuhkan produk ini, atau ‘Produk tidak sesuai ekspektasi’, maka pengembalian dana hanya bisa diberikan dalam bentuk saldo cashback BlibliPay.

Berikut pilihan solusi pengembalian berdasarkan alasan pengembalian:

Tabel Solusi Retur - Sep 2022

 

Selengkapnya mengenai solusi pengembalian.

 

Saat ini kami menyediakan fitur self-replacement dalam proses pengembalian produk. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengganti ke produk lain atau produk yang sama dengan varian berbeda (beda warna atau beda ukuran).

Fitur self-replacement akan muncul ketika kamu memilih “Tukar Produk” pada kolom Ekspektasi Solusi Pengembalian.

1.1. Pada kolom “Tukar dengan Produk yang Sama?”, akan muncul 3 pilihan.

  1. “Ya” jika ingin menukar dengan produk yang sama.
  2. “Tidak, pilih varian lain” jika ingin menukar dengan produk yang sama namun berbeda varian, misalnya beda warna atau beda ukuran.
  3. “Tidak, pilih produk berbeda” jika ingin menukar dengan produk lain.

1.2. Jika kamu memilih “Tidak, pilih varian lain”, akan langsung muncul ukuran dan warna produk pengganti. Silakan pilih sesuai yang kamu inginkan.

1.3 Bila muncul informasi “Stok Habis” maka ukuran/warna pengganti yang kamu inginkan tidak tersedia.

1.4. Jika kamu memilih “Tidak, pilih produk berbeda”, kamu akan diminta untuk memasukkan link produk pengganti yang kamu inginkan. Setelah memasukkan link, klik “Cek Produk”. Bila produk pengganti memiliki varian ukuran dan warna, kamu juga dapat langsung memilih varian yang diinginkan.

1.5. Bila stok produk pengganti yang kamu inginkan habis, maka akan muncul informasi “Stok Habis”.

 Catatan:

  • Setiap mengganti ukuran dan warna produk pengganti, pastikan kamu sudah klik “Cek Produk” untuk melihat apakah stok produk tersedia.
  • Stok produk pengganti yang kami infokan adalah stok produk saat kamu mengisi formulir pengembalian produk.
  • Ada kemungkinan stok produk pengganti sudah habis ketika produk kamu tiba di warehouse retur Blibli.com.
  • Bila stok produk pengganti yang kamu inginkan habis, maka kami akan merefund dana/voucher sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Bila terdapat selisih harga dengan produk yang diinginkan maka akan menjadi tanggung jawab pelanggan.
Untuk mengetahui informasi kantor cabang/agen JNE yang sudah menggunakan layanan Cashless, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke Halaman Geoloc JNE, pada halaman ini sistem geoloc JNE akan otomatis mencarikan kantor cabang JNE yang paling dekat dengan lokasi kamu saat ini. Ikon JNE dengan tulisan “This is Me” adalah lokasi kamu, sedangkan ikon JNE yang berwarna merah di sekitarnya adalah lokasi kantor cabang JNE.

Cashless 2

2. Bila lokasi kamu tidak terdeteksi atau ikon JNE tidak muncul secara otomatis pada halaman Geoloc JNE, kamu dapat melakukan pencarian secara manual dengan cara klik ikon kaca pembesar pada bagian kanan atas. Kemudian ketik lokasi yang kamu inginkan. Kamu bisa melakukan pencarian dengan kata kunci nama jalan, kelurahan, kecamatan, kota/kabupaten, dan provinsi. Lalu klik tanda panah (>) di sebalah kanan atau tekan “enter”. Kantor cabang JNE di lokasi tersebut akan muncul pada bagian bawah kotak pencarian.

Cashless 3

3. Pilih salah satu kantor cabang JNE, lalu scroll hingga bagian terbawah. Pada bagian “Metode Pembayaran” bila tercantum informasi “Cashless” maka kantor cabang JNE tersebut sudah menggunakan layanan Cashless dan kamu dapat drop produk retur kamu di cabang tersebut secara gratis.

Cashless 4

Metode pengembalian produk lainnya dapat dilihat pada artikel berikut.

Layanan Penjemputan Instant merupakan salah satu fasilitas metode pengembalian yang diberikan oleh Blibli untuk kamu. Melalui layanan ini produk yang ingin kamu kembalikan (retur) dapat dijemput dan dipastikan akan tiba di Warehouse Retur Blibli pada hari yang sama. Layanan ini didukung oleh Grab Express dan tersedia dari pukul 08:00 hingga pukul 15:00 setiap hari.

Total maksimum berat produk yang dapat diakomodasi oleh Layanan Penjemputan Instant adalah 7kg dengan ukuran maksimum produk adalah 40cm (panjang) x 40cm (lebar) x 20cm (tinggi).

Layanan Penjemputan Instant tidak dipungut biaya apapun (gratis).

Saat ini layanan ini hanya dapat digunakan untuk area penjemputan dengan maksimum jarak 30km antara lokasi kamu dan Warehouse Retur Blibli.

Berikut lokasi Warehouse Retur yang sudah tercover:

Selengkapnya mengenai syarat dan ketentuan Layanan Penjemputan Instant dan cara mengembalikan produk menggunakan Layanan Penjemputan Instant.

Berikut syarat dan ketentuan Layanan Penjemputan Instant dengan Grab Express.

  • Total maksimum berat produk yang dikirim adalah 7 kg.
  • Ukuran maksimum produk adalah 40cm (Panjang) x 40cm (lebar) x 20cm (tinggi).
  • Jarak maksimum pengiriman dari lokasi kamu ke Warehouse Retur Jakarta/Warehouse Retur Surabaya/Warehouse Retur Bandung/Warehouse Retur Yogyakarta adalah 30km.
  • Pencarian kurir dapat dilakukan setiap hari pada pukul 08:00 – 15:00 WIB. Bila pengisian formulir pengembalian produk dilakukan di luar jam tersebut, kamu tetap harus melakukan pencarian pada pukul 08:00 – 15:00 WIB.
  • Layanan Penjemputan Instant ini gratis, sehingga kamu tidak perlu membayar biaya pengiriman ke kurir Grab Express.
  • Kamu tidak akan mendapatkan bukti serah terima, bila produk sudah berhasil dijemput oleh kurir maka pada bagian status posisi pengiriman di halaman Detail Pengembalian akan berubah menjadi “Kurir berhasil pick-up paket.

Sebelum memberikan produk ke kurir, pastikan identitas kurir yang datang sama dengan informasi yang tertera pada laman Detail Pengembalian. Kamu dapat meminta kurir untuk memperlihatan Kartu Identitas seperti KTP atau SIM serta menanyakan nomor handphone kurir.

Untuk dapat menggunakan Layanan Penjemputan Instant, saat mengisi formulir pengembalian produk kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pilih opsi “Dijemput oleh Grab SameDay (Gratis)” pada bagian Metode Pengembalian Produk.

 

  1. Pilih lokasi penjemputan produk pada bagian Alamat Penjemputan. Klik “Ubah” bila kamu ingin mengganti lokasi penjemputan produk kamu. Bila lokasi penjemputan yang kamu inginkan belum tersedia, klik “Tambah Alamat Baru” untuk menambahkan lokasi penjemputan yang baru.

Bila alamat kamu berada di luar area penjemputan penjemputan produk atau berat produk kamu >7 kg, maka akan muncul notifikasi bahwa “Alamat ini berada di luar jangkauan penjemputan atau berat barang tidak sesuai syarat dan ketentuan pengembalian dengan Grab Same Day. Silakan pilih alamat lain atau metode pengembalian lain”. Bila notifikasi seperti ini muncul, kamu dapat mengganti alamat penjemputan lain atau memilih Metode Pengembalian Produk lainnya.

 

  1. Klik “Konfirmasi Pengembalian”, kemudian kamu akan mendapatkan informasi nomor pengembalian (RMAxxxx). Kamu dapat mengunduh label pengembalian produk pada “Cetak Label Pengembalian”.

 

  1. Pencarian kurir akan langsung dilakukan oleh sistem setelah kamu klik tombol “Cari Kurir”. Setelah kamu berhasil menemukan kurir, kurir akan segera datang. Oleh karena itu sebelum melakukan pencarian kurir, pastikan produk yang akan dijemput sudah berada di tangan kamu dan sudah dikemas dengan baik. Jangan lupa sertakan label pengembalian pada paket tersebut.

  1.  Kamu dapat melihat status penjemputan kamu dari halaman Detail Pengembalian. Berikut keterangan dari masing-masing status.

Status “Mencari Kurir” = Sistem sedang melakukan pencarian kurir yang akan menjemput produk kamu.

Status “Kurir berhasil pick-up paket” = Kurir berhasil melakukan penjemputan produk. Produk sudah kamu serahkan kepada kurir.

Status Paket berhasil terkirim” = Kurir berhasil mengantarkan produk ke Warehouse Retur Blibli.

Status “Pengiriman Gagal” = Sistem tidak menemukan kurir atau kurir menolak melakukan penjemputan. Bila status ini muncul, kamu dapat melakukan pencarian ulang dengan klik tombol “Cari Kurir Lagi”.

Bila kamu sudah melakukan pencarian kurir berkali-kali namun tidak ada kurir yang bisa menjemput produk kamu atau kamu ingin mengembalikan produk dengan metode pengembalian lain, kamu dapat melakukan perubahan Metode Pengembalian Produk dengan klik “Ubah Metode” di halaman Detail Pengembalian.

Saat ini layanan penjemputan instant hanya dapat digunakan untuk area penjemputan dengan maksimum jarak 30km antara lokasi kamu dan Warehouse Retur Blibli.

Berikut lokasi Warehouse Retur yang sudah tercover:

Saat ini layanan tukar langsung belum tersedia. Pengembalian dan penukaran produk hanya dapat diproses setelah produk dikirimkan kembali ke kantor Blibli dan setelah status disetujui dalam proses pengecekan standar kualitas.

Saat ini kami memiliki fasilitas “Return Spot” yang berlokasi di Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Surabaya (buka pukul 10.00 – 18.00). Kamu dapat membawa produk yang ingin kamu kembalikan ke Return Spot Blibli, tim kami akan melakukan pemeriksaan/pengecekan standar kualitas pada produk kamu dan solusi akan kami berikan berdasarkan hasil pengecekan tersebut.

Alamat keempat Return Spot kami dapat kamu lihat pada artikel berikut.

Solusi yang diberikan bukan pemberian barang/pengembalian uang secara langsung, namun informasi bahwa kami sudah membuatkan pesanan baru (penggantian/tukar produk) atau mengajukan pengembalian dana ke Tim Finance.

 

Return Spot Blibli merupakan salah satu fasilitas metode pengembalian yang diberikan oleh Blibli untuk kamu. Melalui Return Spot, kamu dapat mengantarkan langsung produk yang ingin kamu kembalikan dan tim kami akan langsung melakukan pemeriksaan/pengecekan standar kualitas pada produk kamu. Kemudian kami juga akan langsung memberikan solusi berdasarkan hasil pengecekan tersebut.

Solusi yang diberikan bukan pemberian barang/pengembalian uang secara langsung, melainkan informasi bahwa kami sudah membuatkan pesanan baru (penggantian/tukar produk) atau mengajukan pengembalian dana kamu ke Tim Finance.

Klik tautan berikut untuk mengetahui lokasi Return Spot Blibli.

Klik tautan berikut untuk mengetahui secara lengkap mengenai cara mengembalikan produk melalui Return Spot Blibli.

 

Saat ini kami memiliki 3 Return Spot yang berada di Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Surabaya. Return Spot kami buka dari Senin hingga Jumat pada pukul 10:00 – 18:00, kecuali hari libur nasional).

Return Spot Blibli.com Jakarta Timur: Jalan Dewi Sartika No.184, Kramat Jati – Cawang, Jakarta Timur, 13630.

Return Spot Blibli.com Jakarta Utara: WTC Mangga Dua, Jalan Mangga Dua Raya No.8, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, 14430. Lantai 3A, akses melalui lift 16-17.

Return Spot Blibli.com Surabaya: Jalan Berbek Industri I Kav 5-19, Desa Berbek, Kecamatan Waru, Sidoarjo, 61256.

Setelah mengisi formulir pengembalian produk dan mendapatkan nomor pengembalian produk kamu (Nomor RMA, contoh RMA12345), kamu dapat langsung membawa produk kamu ke Return Spot Blibli terdekat dari lokasi kamu.

  • Pastikan kamu membawa kelengkapan produk, termasuk kardus original, kelengkapan/aksesori, dan bonus yang kamu dapatkan saat membeli produk tersebut. Misalnya saat kamu membeli produk handphone dan mendapatkan bonus berupa kartu perdana, maka kartu Perdana ini harus disertakan.
  • Infokan nomor pengembalian produk (Nomor RMA, contoh: RMA12345) saat memberikan produk pada tim kami.
  • Tim kami akan melakukan pemeriksaan/pengecekan standar kualitas pada produk kamu dan solusi akan kami berikan berdasarkan hasil pengecekan tersebut.
  • Estimasi pengecekan produk hingga pemberian solusi adalah 30 menit.

Waktu pengecekan dimulai sejak produk kamu dicek oleh tim quality control kami. Lama pengecekan bisa lebih cepat dan juga bisa lebih lambat dari estimasi pengecekan yang sudah disebutkan sebelumnya, tergantung pada kerusakaan dan kondisi produk kamu. Biasanya pengecekan barang elektronik yang dayanya habis atau yang terkendala pada baterai akan memerlukan waktu lebih lama karena produk harus diisi dayanya terlebih dahulu. Selain itu tidak menutup kemungkinan akan ada antrian pengecekan produk bila ada beberapa produk yang sedang dilakukan pengecekan di Return Spot pada waktu bersamaan.

  • Solusi yang diberikan bukan pemberian barang/pengembalian uang secara langsung, namun informasi bahwa kami sudah membuatkan order baru (penggantian/tukar produk) atau mengajukan pengembalian dana/voucher ke Tim Finance.

Informasi terkait pemberian solusi ini akan dikirimkan melalui SMS serta email. Selain itu informasi ini juga dapat diakses melalui profil kamu di website Blibli.com pada tab pengembalian, kemudian pada bagian filter pilih “Sedang diproses”/”Selesai” dan pilih nomor pengembalian yang ingin kamu cek, lalu pilih “Detail Pengembalian”. Detail pengembalian produk kamu akan muncul seperti berikut.

  • Solusi yang diberikan bisa tidak sesuai dengan yang kamu ajukan bila setelah dilakukan pemeriksaan/pengecekan produk ditemukan indikasi kerusakaan yang diakibatkan oleh kelalaian pengguna atau kelengkapan produk tidak lengkap (misal: tidak ada kardus original, aksesori tidak lengkap, dll).

Bila kami menemukan indikasi kerusakan produk karena kelalaian penggunaan (misalnya jatuh, masuk air, tergores, kesalahan instalasi, produk sudah dibongkar, bencana alam, tersambar petir, perubahan tegangan listrik, dan sebagainya), maka solusi berupa penggantian produk maupun pengembalian uang tidak dapat kami berikan. Namun kami akan memberikan solusi lain berupa bantuan untuk melakukan proses klaim garansi produk ke service center. Mengenai klaim garansi produk dapat kamu lihat pada bagian Klaim Garansi Produk.

  • Bila klaim kamu sudah melewati periode kami (>15 hari setelah produk kamu terima), solusi yang akan kami berikan juga berupa bantuan untuk proses klaim garansi produk ke service center.
  • Kami dapat menolak pengajuan retur kamu bila setelah dilakukan pemeriksaan/pengecekan tidak ditemukan kerusakan/kendala seperti yang kamu sebutkan. Bila pengajuan retur kamu ditolak, maka produk retur kamu akan kami kembalikan.
  • Bila produk sudah selesai dicek dan solusi untuk kamu sudah diberikan (pembuatan order baru atau pengajuan pengembalian dana/voucher ke tim finance), tim kami akan membuatkan tanda bukti dan memberikannya kepada kamu.

Keputusan dan Kebijakan Blibli.com mengenai persetujuan pengembalian produk dan/atau pengembalian uang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Blibli.com berhak untuk menolak pengajuan pengembalian kamu jika pengajuan pengembalian tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Saat ini kami memiliki 3 Return Spot yang berada di Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Surabaya. Return Spot kami buka dari Senin hingga Jumat pada pukul 10:00 – 18:00, kecuali hari libur nasional).

Return Spot Blibli.com Jakarta Timur: Jalan Dewi Sartika No.184, Kramat Jati – Cawang, Jakarta Timur, 13630.

Return Spot Blibli.com Jakarta Utara: WTC Mangga Dua, Jalan Mangga Dua Raya No.8, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, 14430. Lantai 3A, akses melalui lift 16-17.

Return Spot Blibli.com Surabaya: Jalan Berbek Industri I Kav 5-19, Desa Berbek, Kecamatan Waru, Sidoarjo, 61256.

 

Kami hanya menghubungi ketika klaim tidak sesuai dengan kondisi produk yang kami terima. Selebihnya status pengembalian dapat cek di akun Blibli.

Jika status pengembalian telah disetujui dan belum mengirimkan produk, silakan kirimkan produk ke Blibli.

Silakan pantau status pengembalian di akun Blibli kamu.

Pengembalian produk bisa dilakukan dalam waktu 15 hari sejak produk diterima, dihitung dari produk diterima hingga tanggal kirim.

Misalnya, jika kamu menerima produk tanggal 15 Agustus 2017 maka kamu mempunyai waktu untuk mengirim produk sampai dengan 30 Agustus 2017.

Perhitungan akan didasarkan pada tanggal kamu mengirimkan produk tersebut.

 

Lama proses retur tergantung proses pengiriman produk dari kamu. Setelah itu produk yang kami terima akan diperiksa maksimal 1 hari setelah produk kami terima.

Kamu dapat mengetahui status pengembalian/retur kamu melalui fitur “Return Inbox”. Dengan fitur ini kamu dapat langsung melakukan pengecekan status retur pada akun Blibli kamu tanpa harus menghubungi customer service kami.

Saat ini ada 2 status retur, status pertama muncul ketika pengajuan retur kamu kami terima dan status kedua muncul ketika kami memberikan solusi untuk laporan retur kamu.

Kamu dapat mengakses “Return Inbox” ini melalui Tab pengembalian lalu ikuti langkah-langkah berikut.

1. Masuk ke Tab Pengembalian.

ReturnInbox1

2. Pilih status laporan yang ingin dicek (Sedang diproses / Batal / Selesai).

ReturnInbox2

3. Pilih laporan retur yang ingin dicek, lalu perhatikan tab “Lihat status kendala produk”.

Bila ada titik merah berarti ada pesan baru yang belum dibaca. Isi pesan ini akan berhubungan dengan status pengembalian kamu.

ReturnInbox4

 

 

 

 

 

 

Namun bila tidak ada titik merah, berarti tidak ada pesan baru yang belum dibaca dan belum ada status baru untuk laporan retur kamu.

ReturnInbox5

 

 

 

 

 

 

Lama proses retur tergantung proses pengiriman produk dari kamu. Semakin cepat kamu mengembalikan produk ke Warehouse Retur Blibli, maka akan semakin cepat juga kamu mendapatkan solusi.

Kami akan berikan solusi atas pengembalian kamu setelah produk kami terima dan disetujui dalam pengecekan standar kualitas. Solusi dapat diberikan pada hari yang sama dengan kedatangan produk kamu di Return Center Blibli (1 hari), namun tidak menutup kemungkinan pemberian solusi untuk kamu dapat tertunda atau lebih dari 1 hari setelah barang kami terima. Selengkapnya mengenai kondisi ini dapat dilihat pada artikel berikut.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena bila ada kondisi yang membuat pemberian solusi untuk kamu tertunda, kami akan menghubungi kamu secepatnya ke nomor telepon/email yang terdapat pada akun Blibli kamu.

Jika setelah melewati batas waktu pengembalian 15 hari kamu mengalami kendala penggunaan produk, kamu dapat mengajukan klaim garansi produk yang dilindungi garansi.

Silakan hubungi pihak service center secara langsung untuk mempercepat proses pengembalian. Kamu juga dapat menghubungi pihak service center melalui kontak yang tertera pada kartu garansi.

Kamu dapat melakukan melihat tipe garansi produk kamu pada tab spesifikasi di laman produk

Blibli.com-FAQ-Pengembalian-Garansi-Produk

Blibli.com-FAQ-Pengembalian-Garansi-Produk-Mobile

Blibli.com-FAQ-Pengembalian-Garansi-Produk-Apps

 

 

Kamu dapat menghubungi pusat garansi (service center) secara langsung atau pihak penyedia produk yang tertera pada kartu garansi.

Kamu juga dapat menghubungi Customer Care Blibli.com jika membutuhkan bantuan terkait proses klaim garansi.

Selengkapnya mengenai klaim garansi produk

Kami akan berikan solusi atas pengembalian kamu setelah produk kami terima dan disetujui dalam pengecekan standar kualitas. Solusi dapat diberikan pada hari yang sama dengan kedatangan produk kamu di Return Center Blibli (1 hari), namun tidak menutup kemungkinan pemberian solusi untuk kamu dapat tertunda atau lebih dari 1 hari setelah barang kami terima.

Pemberian solusi bisa menjadi lebih dari 1 hari bila kami tidak dapat melakukan pengecekan standar kualitas atau setelah kami melakukan pengecekan standar kualitas ditemukan adanya ketidaksesuaian antara barang yang diklaim dengan yang kami terima.

Berikut beberapa contoh kondisi yang mengakibatkan solusi atas pengembalian kamu tidak bisa diberikan dalam waktu 1 hari setelah barang kami terima.

  1. Produk kamu masih terdapat kata sandi dan masih terpasang akun pribadi kamu (misalnya akun iCloud, akun Google,  Mi Account, dan sebagainya), sehingga kami tidak dapat melakukan pengecekan standar kualitas pada produk kamu.
  2. Produk kamu tidak lengkap. Kelengkapan produk termasuk aksesori produk, kemasan orisinal produk, bonus produk, serta bundling produk. Kami membutuhkan kelengkapan tersebut untuk proses klaim ke pihak seller. Bila ada kelengkapan produk yang belum kamu kirimkan ke Return Center Blibli.com, pemberian solusi akan tertunda hingga kelengkapan tersebut tiba kemudian dilakukan pengecekan standar kualitas. Oleh tim kami.
  3. Terdapat kerusakan fisik dengan indikasi kesalahan/kelalaian pengguna, sehingga kami membutuhkan waktu untuk melakukan proses investigasi terhadap kerusakan fisik tersebut. Kerusakan fisik meliputi kerusakan pada produk dan kemasannya.
  4. Produk memerlukan pengecekan khusus dan hanya bisa dilakukan oleh pihak seller, sehingga produk harus dikirimkan terlebih dahulu untuk pengecekan lanjutan.

Bila kami membutuhkan tambahan waktu untuk memberikan solusi untuk kamu, kami akan menghubungi melalui telepon untuk menjelaskan alasan tertundanya pemberian solusi dari Blibli.com. Namun bila kami tidak berhasil menghubungi kamu melalui telepon maka informasi ini akan kami kirimkan ke email yang terdaftar pada akun Blibli kamu.

Proses pemeriksaan/pengecekan standar kualitas adalah maksimal 1 hari setelah produk kami terima/tiba di Return Center Blibli.