Blibli Mitra

Pelajari syarat dan ketentuan lengkap untuk berjualan di Blibli Mitra

Syarat dan Ketentuan Blibli Mitra berlaku bagi setiap pihak yang menggunakan dan memanfaatkan layanan dalam Blibli Mitra yang disediakan oleh PT Global Digital Niaga dan afiliasinya (“GDN”) sebagai pemilik dan pengelola sistem layanan Blibli Mitra, yang memuat syarat-syarat dan ketentuan penggunaan dan pemanfaatan layanan Blibli Mitra oleh pihak yang telah terdaftar untuk menggunakan dan memanfaatkan layanan Blibli Mitra (“Mitra”).

Mohon untuk membaca dengan hati-hati Syarat dan Ketentuan ini. Anda harus membaca, memahami, menerima dan menyetujui semua persyaratan dan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini sebelum menggunakan layanan Blibli Mitra dan/atau menerima konten yang terdapat di dalamnya. Dengan menggunakan layanan Blibli Mitra dan/atau melanjutkan akses terhadapnya, Anda menyetujui seluruh persyaratan dan ketentuan yang terdapat di dalamnya, dan oleh karena itu menyetujui untuk terikat dalam suatu perjanjian dengan GDN dan oleh karenanya Anda menyatakan persetujuan untuk menjadi Mitra dan dapat menerima layanan dan akses atas seluruh konten yang terdapat dalam Blibli Mitra. Jika Anda tidak menerima dan menyetujui salah satu, sebagian atau seluruh isi dari Syarat dan Ketentuan ini, Anda tidak di perkenankan untuk mengakses lebih lanjut dan dipersilahkan untuk meninggalkan Blibli Mitra. Setiap kegiatan terkait dengan penggunaan dan pemanfaatan Blibli Mitra maka baik GDN dan Mitra, dilindungi secara hukum melalui ketentuan peraturang perundangan – undangan yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada peraturan tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Hak Kekayaan Intelektual, dan terhadap segala bentuk perikatan yang timbul dari segala aktivitas di Blibli Mitra telah memenuhi kaidah dan syarat sahnya suatu perikatan sebagaimana yang tercantum dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia.

 

1. PENDAHULUAN DAN KETENTUAN UMUM

1.1     Mitra yang telah terdaftar dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini dapat memanfaatkan layanan dalam Blibli Mitra sebagai situs/aplikasi untuk membeli Barang/Jasa/Produk digital dan non-digital (“Barang”) dan menjualnya kembali kepada pelanggan Mitra.

1.2     Blibli Mitra adalah situs/aplikasi yang dikembangkan, disediakan dan dikelola oleh GDN untuk memberikan layanan kepada Mitra dalam melakukan pembelian atas Barang yang ditawarkan oleh Blibli.com untuk dijual kembali kepada pelanggan Mitra.

1.3      Mitra adalah pihak yang telah mendaftarkan nomor telepon genggam (usernumber) dan mendapatkan one time password (OTP) telah melengkapi seluruh prosedur dan proses verifikasi yang ada pada Blibli Mitra.

1.4       Mitra dengan ini menyatakan bahwa Mitra adalah subjek hukum yang cakap dan mampu untuk mengikatkan diri dalam Perjanjian dengan GDN sehubungan dengan penggunaan dan pemanfaatan Blibli Mitra.

1.5      Dengan terus melakukan akses atau menggunakan Blibli Mitra, Mitra dianggap telah membaca, memahami dan menyetujui ketentuan Blibli Mitra tentang Ketentuan dan Kebijakan Privasi  yang mengatur masalah penggunaan dan pemanfaatan informasi yang dimasukkan oleh masing-masing Mitra ke dalam Blibli Mitra. Mitra menerima ketentuan ini serta tambahan atau setiap perubahan atau pembaruannya. Mitra memahami dan mengetahui secara sadar bahwa GDN dapat mengubah ketentuan tentang Kebijakan Privasi Blibli Mitra sewaktu-waktu dan akan mencantumkan versi terbarunya di Blibli Mitra. Dengan terus mengakses dan menggunakan Blibli Mitra, Mitra dianggap menerima dan menyetujui ketentuan tentang Kebijakan Privasi yang tercantum di Blibli Mitra pada saat digunakan.

1.6      Dengan mengakses atau menggunakan Blibli Mitra, Mitra secara sadar dan tanpa paksaan dari pihak manapun menyatakan diri setuju untuk menerima semua Syarat dan Ketentuan ini serta ketentuan-ketentuan lainnya yang berlaku di Blibli Mitra. Mitra terikat dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku dalam hal Mitra mengakses atau menggunakan Blibli Mitra.

1.7       Syarat dan Ketentuan ini mungkin dapat diubah dan/atau diperbaharui setiap waku dan GDN akan mencantumkan Syarat dan Ketentuan yang telah diubah atau diperbarui di dalam Blibli Mitra. Persyaratan dan ketentuan yang telah diubah dan diperbarui akan segera berlaku setelah persyaratan dan ketentuan yang telah diubah dan diperbarui dicantumkan di Blibli Mitra, dan Mitra diwajibkan untuk membaca Syarat dan Ketentuan Blibli Mitra dari waktu ke waktu karena Syarat dan Ketentuan ini dapat berubah sewaktu waktu tanpa adanya pemberitahuan kepada Mitra. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Blibli Mitra, Mitra setuju atas perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan ini.

1.8      Saat mengunjungi dan menggunakan Blibli Mitra, termasuk setiap fitur dan layanannya, setiap Mitra tidak diperkenankan untuk:

a. Melanggar setiap hukum yang berlaku (termasuk tetapi tidak terbatas pada peraturan perlindungan konsumen, persaingan tidak sehat, anti diskriminasi atau iklan palsu), hak-hak pihak lain baik hak intelektual, asasi, dan lainnya, dan aturan-aturan yang diatur pada Perjanjian ini.

b. Memberikan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis.

c. Menyebarkan spam, hal-hal yang tidak berasusila, atau pesan elektronik yang berjumlah besar, pesan bersambung.

d. Menyebarkan virus atau seluruh teknologi lainnya yang sejenis yang dapat merusak dan/atau merugikan Blibli Mitra, afiliasinya dan Mitra lainnya.

e. Memasukkan atau memindahkan fitur pada Blibli Mitra tidak terkecuali tanpa sepengetahuan dan persetujuan dari GDN.

f. Menyimpan, meniru, mengubah, atau menyebarkan konten dan fitur Blibli Mitra, termasuk cara pelayanan, konten, hak cipta dan intelektual yang terdapat pada Blibli Mitra.

g. Mengambil atau mengumpulkan informasi dari Mitra lain, termasuk nomor telepon genggam, tanpa sepengetahuan Mitra lain.

h. Menggunakan Blibli Mitra untuk hal-hal lain diluar maksud dan tujuan penyelenggaraan Blibli Mitra.

i. Melakukan perbuatan dan/atau tindakan baik sengaja maupun tidak sengaja yang dapat mencemarkan nama baik GDN, Blibli.com dan/atau menimbulkan kerugian pada GDN baik material maupun non-material.

1.9      Setiap Mitra bertanggung jawab atas seluruh hal atau kegiatan yang dilakukan di Blibli Mitra atas nama Mitra atau menggunakan akun Mitra tersebut. Oleh karenanya setiap Mitra bertanggung jawab sepenuhnya jika Mitra melakukan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini, dan menyetujui untuk melepaskan GDN beserta afiliasinya atas seluruh kerugian yang diakibatkan oleh pelanggaran yang dilakukan oleh Mitra.

1.10       GDN berhak membatasi atau tidak memberikan akses, atau memberikan akses yang berbeda untuk dapat membuka Blibli Mitra dan fitur di dalamnya kepada masing-masing Mitra, atau mengganti salah satu fitur atau memasukkan fitur baru tanpa pemberitahuan sebelumnya. Setiap Mitra sadar bahwa jika Blibli Mitra tidak dapat digunakan seluruhnya atau sebagian karena alasan apapun, maka usaha atau kegiatan apapun yang dilakukan Mitra dapat terganggu. Setiap Mitra dengan ini sepakat bahwa karena alasan apapun membebaskan GDN dari segala bentuk pertanggungjawaban terhadap Mitra atau terhadap pihak ketiga jika yang bersangkutan tidak dapat menggunakan Blibli Mitra (baik karena gangguan, dibatasinya akses, dilakukannya perubahan fitur atau tidak dimasukkannya lagi fitur tertentu atau karena alasan lain); atau jika komunikasi atau transmisi tertunda, gagal atau tidak dapat berlangsung; atau jika timbul kerugian (secara langsung, tidak langsung) karena digunakannya atau tidak dapat digunakannya Blibli Mitra atau salah satu fitur di dalamnya.

 

2. PENDAFTARAN MITRA

2.1      Untuk dapat menjadi Mitra, pengguna harus mengajukan permohonan melalui formulir digital yang telah disediakan oleh GDN dalam Blibli Mitra.

2.2      Dengan memilih untuk membuat akun sebagai Mitra dari Blibli Mitra, Mitra akan mendaftarkan nomor handphone (usernumber) dan mendapatkan one time password (OTP) ketika menyelesaikan proses registrasi dan verifikasi yang telah ditetapkan dalam Blibli Mitra.

2.3      GDN akan melakukan verifikasi atas setiap pengajuan pendaftaran Mitra, dengan cara dan kebijakan GDN sendiri, oleh karenanya GDN sepenuhnya berwenang dan berhak untuk menyetujui dan/atau menolak pengajuan pendaftaran Mitra.

2.4      Mitra bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan atas usernumber,  OTP, dan PIN serta bertanggung jawab sepenuhnya atas segala kegiatan yang dilakukan oleh atau mengatasnamakan akun Mitra.

2.5      Mitra menyetujui untuk:

a. Segera memberitahukan kepada GDN setiap adanya dugaan penggunaan dan pemanfaatan yang tidak sah/valid dengan pengatasnamaan nama akun Mitra terdaftar.

b. Memastikan bahwa Mitra Terdaftar keluar (log out) dari akun pada setiap akhir dari aktivitas di Blibli Mitra untuk menghindari kemungkinan terjadinya penyalahgunaan atas akun yang bersangkutan.

2.6      Bahwa Mitra tidak diperkenankan menjual, berupaya menjual, menawarkan untuk menjual, memberikan, menyerahkan atau mengalihkan akun, identitas Mitra atau password kepada pihak ketiga tanpa sepengetahuan dan persetujuan tertulis sebelumnya dari GDN. GDN dapat menangguhkan atau menghentikan akun Mitra atau akun pihak yang menerima pengalihan dari Mitra yang dijual, ditawarkan untuk dijual, diberikan, diserahkan atau dialihkan dengan melanggar ketentuan dalam Pasal ini. Apabila dengan keterbatasan kemampuan GDN dalam mengidentifikasi pelanggaran ini, maka seluruh akibat, resiko adalah merupakan tanggung jawab dari Mitra yang mengalihkan.

2.7      GDN berhak sepenuhnya untuk membatasi, memblokir atau mengakhiri pelayanan dari suatu akun, melarang akses ke Blibli Mitra dan konten, layanan, dan memperlambat atau menghapus hosted content, membatalkan transaksi, melakukan pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan dan mengambil langkah-langkah hukum untuk menjaga Mitra Terdaftar atau Mitra lain jika GDN menganggap Mitra Terdaftar atau Mitra lain melanggar hukum-hukum yang berlaku, melanggar hak milik intelektual dari pihak terkait, melakukan kecurangan (fraud) atau melakukan suatu pelanggaran hal-hal yang tertera pada Perjanjian ini.

2.8      Mitra memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas OTP, maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Mitra dengan nominal/besaran biaya yang diberlakukan dan ditentukan oleh masing-masing penyedia jasa telekomunikasi terkait.

 

3. HAK DAN KEWAJIBAN MITRA

3.1      Penyedia berhak sekaligus bertanggung jawab untuk melakukan pengelolaan terhadap akun Mitra miliknya yang telah terdaftar dalam Blibli Mitra.

3.2      Setiap Mitra dapat melakukan pemasaran dan penjualan Barang dengan menggunakan dan memanfaatkan fitur dalam Blibli Mitra sesuai dengan ketentuan sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.

3.3       Setiap Mitra akan memiliki dan mengelola saldo Mitra (“Saldo Mitra”) sesuai dengan ketentuan sebagaimana ditentukan dalam Pasal 4 Syarat dan Ketentuan ini.

3.4       Mitra tidak memiliki hak untuk mengubah nama akun, nama toko dan/atau domain toko Mitra.

3.5      Mitra dilarang untuk melakukan kecurangan (fraud) yaitu suatu tindakan yang disengaja dengan cara apapun untuk mendapatkan manfaat atau keuntungan baginya atau pihak lainnya yang bekerja sama Mitra, yang menyebabkan kerugian bagi GDN, mitra GDN, Mitra lain di Blibli Mitra dan pihak-pihak lainnya.

 

4. SALDO MITRA

4.1      Setiap Mitra akan memiliki dan mengelola Saldo Mitra yang digunakan sebagai alat tukar terhadap Barang yang dipilih Mitra dalam setiap melakukan transaksi di layanan Blibli Mitra.

4.2      GDN berhak untuk menentukan batas maksimum Saldo Mitra untuk masing-masing Mitra dari waktu ke waktu.

4.3      Mitra dapat melakukan isi ulang Saldo Mitra melalui, dengan cara, dan berdasarkan ketentuan yang ditetapkan oleh GDN dan penyedia jasa pembayaran.

4.4      Batas minimum isi ulang Saldo Mitra adalah 10 ribu rupiah.

4.5      Batas maksimum transaksi yang dapat dilakukan Mitra adalah sejumlah nominal yang terdapat dalam Saldo Mitra pada saat transaksi dilakukan.

4.6      Mitra menyadari dan setuju bahwa Saldo Mitra dapat dilakukan penarikan (withdraw) yang dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Batas Minimum nominal penarikan Saldo Mitra adalah 10 ribu rupiah.

b. Penarikan dana ke bank BCA akan diproses dalam waktu 1×24 (satu kali dua puluh empat) jam hari kerja, sedangkan penarikan dana antar bank akan diproses dalam waktu 3×24 (tiga kali dua puluh empat) jam hari kerja.

c. Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Mitra memahami dan menyetujui bahwa GDN berhak melakukan tindakan pemeriksaan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan oleh Mitra.

d. Pemeriksaan dan/atau penundaan penarikan dana sebagaimana dimaksud dalam huruf c di atas dapat dilakukan dalam jangka waktu yang sepenuhnya ditentukan oleh GDN.

e. Mitra tidak dapat mengalihkan, mentransfer, memberikan dan melakukan tindakan pengalihan dalam bentuk apapun atas jumlah dana dalam Saldo Mitra kepada pihak lainnya baik yang berkaitan maupun tidak dengan Mitra.

4.7     Mitra menyadari dan setuju bahwa Mitra wajib mengaktifkan Nomor Identifikasi Pribadi (“PIN”) terlebih dahulu pada Saldo Mitra milik Mitra. PIN akan dibutuhkan setiap kali Mitra akan melakukan pembayaran atas transaksi yang dilakukan pada situs/aplikasi Blibli Mitra dengan menggunkaan Saldo Mitra.

 

5. KETENTUAN HARGA DAN PEMBAYARAN

5.1      Harga Barang yang dicantumkan dalam Blibli Mitra adalah harga yang ditetapkan oleh GDN.

5.2      Mitra memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya situs/aplikasi Blibli Mitra dikarenakan browser/ISP yang dipakai Mitra adalah tanggung jawab Mitra.

5.3      Mitra menyadari bahwa pembayaran atas setiap transaksi yang dilakukan Mitra dalam situs/aplikasi Blibli Mitra hanya dengan cara mengkredit atau memotong dana yang terdapat pada Saldo Mitra. Oleh karenanya Mitra wajib untuk selalu memastikan ketersediaan dana pada Saldo Mitra sebelum melakukan transaksi, dan Mitra memahami bahwa GDN berhak untuk menolak setiap transaksi dengan nilai yang lebih besar dari dana yang tersedia pada Saldo Mitra pada saat transaksi tersebut dilakukan.

 

6. TRANSAKSI

6.1      Mitra wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang berlaku dalam Blibli Mitra sesuai yang ditetapkan oleh GDN.

6.2      Saat melakukan pembelian/transaksi atas Barang dalam Blibli Mitra, Mitra menyetujui bahwa:

a. Mitra bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Barang (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.

b. Mitra mengakui bahwa warna sebenarnya dari Barang sebagaimana terlihat di situs/aplikasi Blibli Mitra tergantung pada perangkat elektronik Mitra. GDN telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di situs/aplikasi Blibli Mitra muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs/Aplikasi akan akurat.

c. Mitra masuk ke dalam perjanjian yang mengikat secara hukum untuk membeli barang ketika Mitra membeli suatu Barang di situs/aplikasi Blibli Mitra.

d. Mitra tidak dapat mengajukan pengembalian Barang setelah menandatangani dokumen-dokumen terkait pengiriman Barang dan melewati proses pemeriksaan kualitas oleh Mitra.

6.3      Mitra menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain GDN. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Mitra kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Mitra secara pribadi.

6.4      Mitra wajib melakukan konfirmasi penerimaan Barang, dengan cara menandatangani segala dokumen terkait penerimaan Barang yang disediakan oleh penyedia jasa layanan pengiriman, setelah Mitra menerima pengiriman Barang yang dibeli.

6.5      Mitra memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim dari pembeli/konsumen setelah ditandatanganinya dokumen penerimaan Barang oleh Mitra, adalah bukan menjadi tanggung jawab GDN melainkan menjadi tanggung jawab Mitra secara pribadi.

 

7. KETENTUAN PROMOSI

7.1      Mitra memahami bahwa GDN sewaktu–waktu dapat mengadakan kegiatan promosi dalam bentuk cashback atau diskon atau lainnya (“Promo”) dengan syarat dan ketentuan atas setiap Promo berdasarkan ketentuan yang ditetapkan GDN dan dapat diakses pada halaman utama situs/aplikasi Blibli Mitra. Pengguna disarankan untuk membaca dengan seksama setiap syarat dan ketentuan dari setiap Promo yang berlangsung.

7.2      Syarat dan ketentuan maupun isi dari Promo dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dari GDN kepada Mitra terlebih dahulu.

7.3      Mitra menyadari bahwa setiap dana Promo cashback yang diterima oleh Mitra akan diterima dalam bentuk Saldo Mitra.

7.4      Proses pemberian dana Promo cashback akan diberikan ke Saldo Mitra dalam waktu maksimal 3 x 24 (tiga kali dua puluh empat) jam sejak transaksi yang dilakukan oleh Mitra dinyatakan berhasil dalam situs/aplikasi Blibli Mitra.

7.5      Apabila diduga/ditemukan indikasi kecurangan/pelanggaran yang dilakukan Mitra yang merugikan GDN, termasuk namun tidak terbatas pada:

  1. Pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1(satu) Pengguna yang sama; dan/atau
  2. Nomor handphone yang sama; dan/atau
  3. Alamat pengiriman yang sama; dan/atau
  4. Nomor rekening/kartu kredit/debit/Identitas Pembayaran yang sama; dan/atau
  5. Riwayat transaksi yang sama; dan/atau
  6. Manipulasi/merekayasa transaksi

Maka Kami berhak melakukan tindakan–tindakan yang diperlukan antara lain:

  1. Membatalkan pesanan Mitra
  2. Menarik subsidi promosi, diskon, cashback atau benefit lainnya
  3. Meminta pengembalian subsidi promosi, diskon, cashback atau benefit lainnya yang telah diterima Mitra
  4. Menahan proses pengembalian dana/refundkepada Mitra
  5. Memotong dana pembayaran yang telah dibayarkan Mitra pada saat proses refund
  6. Menonaktifkan dan menutup akun Mitra.

 

8. KETENTUAN PENGIRIMAN

8.1       Pengiriman atas Barang yang dipesan melalui Blibli Mitra sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab GDN dengan menggunakan cara pengiriman yang ditetapkan oleh GDN.

8.2       Atas pengiriman Barang dari GDN kepada Mitra, Mitra memiliki waktu selama 3hari kerja untuk melakukan pengecekan kesesuaian dan kelengkapan Barang. Apabila terdapat ketidaksesuaian atau kekurangan atas Barang, maka Mitra berhak untuk memintakan penggantian/retur/ pengiriman kembali atas Barang yang tidak sesuai atau kurang tersebut. Namun apabila setelah jangka waktu 3 (tiga) hari kerja setelah tanggal penerimaan Barang dalam tanda terima pengiriman tidak terdapat permintaan penggantian/retur/ pengiriman kembali dari Mitra, maka Mitra dianggap telah menerima dan mengkonfirmasi Barang secara lengkap dan benar.

8.3      Segala bentuk keluhan atas pengiriman dapat disampaikan kepada GDN melalui layanan Blibli Mitra Care sebagaimana diatur dalam Pasal 9 Syarat dan Ketentuan ini.

 

9. KETENTUAN PENGEMBALIAN BARANG & REFUND

9.1      Mitra dapat memintakan pengembalian Barang atas transaksi yang telah dilakukan dalam Blibli Mitra dalam jangka waktu selambatnya 3 (tiga) hari kerja sejak Barang diterima oleh Mitra, dengan alasan yang terbatas pada Barang yang dikirimkan telah melewati masa kedaluwarsa atau rusak/cacat atau tidak sesuai yang dikarenakan kesalahan/kelalaian GDN atau penjual.

9.2      Atas permintaan pengembalian Barang dari Mitra, GDN akan melakukan pengambilan Barang tersebut dari Mitra dalam jangka waktu 3 (tiga) hari kerja sejak tanggal permintaan diterima GDN.

9.3      Atas setiap permintaan pengembalian Barang, GDN berhak dan akan melakukan proses pengecekan atau Quality Control dalam jangka waktu 3 (tiga) hari kerja sejak tanggal pengambilan Barang sebagaiamana dimaksud Pasal 9.2 di atas. Berdasarkan hasil pengecekan oleh GDN, GDN berhak untuk menerima atau menolak permintaan pengembalian Barang tersebut. Apabila GDN menolak permintaan pengembalian Barang maka GDN akan memberi alasan serta konfirmasi melalui email atau telepon kepada Mitra.

9.4      Mitra menyadari dan menyetujui bahwa pengembalian Barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal ini akan diberikan dalam bentuk pengembalian dana transaksi atau refund kepada Mitra.

9.5      Mitra menyadari dan menyetujui bahwa dalam hal permintaan pengembalian Barang disetujui oleh GDN maka pengembalian dana/refund diberikan melalui Saldo Mitra.

 

10. BLIBLI MITRA CARE

10.1   Blibli Mitra Care adalah layanan atau mekanisme yang disediakan oleh GDN untuk memfasilitasi penyelesaian kendala yang dialami oleh Mitra dalam penggunaan dan pemanfaatan Blibli Mitra.

10.2   Mitra dapat memanfaatkan layanan Blibli Mitra Care melalui:

10.3   Mitra dapat mengakses/menghubungi layanan Blibli Mitra Care yang disediakan pada Blibli Mitra adalah 24 jam setiap hari.

 

11. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB GDN

11.1   Kewajiban GDN hanyalah sebatas pada penyediaan situs dan/atau aplikasi Blibli Mitra. Oleh karenanya setiap transaksi yang terjadi adalah transaksi antar pengguna dalam Blibli Mitra, sehingga pengguna memahami bahwa Batasan tanggung jawab GDN secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.

11.2   Barang yang dipasarkan dan dijual di Blibli Mitra merupakan tanggung jawab sepenuhnya dari penjual yang memasarkan/menjual Barang melalui Blibli Mitra.

11.3   Selama diizinkan oleh hukum yang berlaku, GDN (termasuk Induk Perusahaan, afiliasi, pengurus, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Mitra setuju untuk tidak menuntut GDN bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:

a. Harga, pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam situs/aplikasi Blibli Mitra.

b. Keterlambatan atau gangguan dalam situs/aplikasi Blibli Mitra.​

c. Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh Mitra.​

d. Kualitas Barang.​

e. Pengiriman Barang.​

f. Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.​

g. Perselisihan antar pengguna dalam situs/aplikasi Blibli Mitra.​

h. Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam situs/aplikasi Blibli Mitra.

i. Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Barang yang ada dalam situs/aplikasi Blibli Mitra yang diduga palsu.

j. Tindakan penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Mitra.

k. Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Mitra.

11.4   Bentuk kerugian yang dikarenakan dari tindakan Mitra yang melanggar Perjanjian ini sepenuhnya adalah tanggung jawab Mitra di mana Mitra melepaskan GDN dari segala bentuk tanggung jawab, gugatan atau tuntutan pihak-pihak yang dirugikan.

11.5  Bahwa GDN tidak bertanggung jawab terhadap Mitra ataupun setiap orang yang mengajukan klaim melalui Mitra, untuk setiap kerugian atas keuntungan atau pendapatan, ketidakakuratan data, kegagalan untuk memperoleh hasil ataupun keuntungan yang diharapkan, kerugian ekonomis, insidental, signifikan, hukuman, kerugian secara tidak langsung (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya-biaya yang diperlukan untuk perbaikan) yang disebabkan karena akses yang Mitra lakukan ataupun dikarenakan kegagalan mengakses layanan atau konten yang terdapat dalam Blibli Mitra baik berdasarkan jaminan, kontrak, perbuatan melawan hukum, tanggung jawab produk atau teori hukum dan kemungkinan apakah GDN mengetahui ataupun tidak mengenai kemungkinan kerugian tersebut ataupun jika kemungkinan kerugian itu telah dapat diperkirakan sebelumnya. GDN tidak bertanggung jawab kepada Mitra ataupun kepada pihak lainnya untuk ketidakakuratan, kesalahan, kerusakan atau kerugian yang disebabkan baik oleh karena kegagalan, penundaan, terputusnya layanan dan konten sebagaimana terdapat pada Blibli Mitra, baik seluruh ataupun sebagian. Mitra menyetujui bahwa dalam setiap kejadian, Mitra tidak dapat mengajukan klaim kepada GDN atas segala kerugian/kerusakan yang timbul sehubungan dengan akses terhadap layanan atau konten yang terdapat pada Blibli Mitra ataupun hal lain yang timbul sehubungan dengan ketentuan dalam Perjanjian ini. Hal-hal tersebut di atas akan tetap berlaku meskipun terjadi pengakhiran terhadap Perjanjian ini ataupun telah habis jangka waktu berlakunya.

11.6   Materi yang ditayangkan di Blibli Mitra disediakan tanpa ketentuan atau jaminan apapun dalam hal ketepatannya. Sejauh diizinkan oleh hukum, GDN, dan para pihak ketiga yang berhubungan dengan GDN dengan ini secara tegas mengecualikan: Semua ketentuan, jaminan dan syarat lain yang dapat dinyatakan secara tidak langsung oleh undang-undang, hukum adat atau hukum keadilan. Kewajiban atas kehilangan atau kerugian langsung, tidak langsung atau yang merupakan akibat yang ditanggung oleh Mitra dalam hubungannya dengan Blibli Mitra atau dalam hubungannya dengan penggunaan, ketidakmampuan menggunakan, atau akibat dari penggunaan Blibli Mitra, setiap situs yang terkait dan setiap materi yang ditempatkan pada Blibli Mitra termasuk, namun tidak terbatas pada, kewajiban atas:

  • kehilangan penghasilan atau pendapatan;
  • kehilangan bisnis;
  • kehilangan laba atau kontrak;
  • kehilangan penghematan yang telah diantisipasi sebelumnya;
  • kehilangan data;
  • kehilangan goodwill;
  • waktu manajemen atau kantor yang tersia-siakan; dan
  • kehilangan atau kerugian lain apapun jenisnya, terlepas dari bagaimana hal itu timbul dan apakah disebabkan oleh kelalaian, pelanggaran terhadap kontrak atau lainnya, meskipun dapat diperkirakan sebelumnya.

Hal ini tidak berpengaruh pada kewajiban GDN yang tidak dapat dikecualikan atau dibatasi berdasarkan hukum yang berlaku. Mitra menyetujui bahwa materi yang ditayangkan di Blibli Mitra adalah untuk informasi saja guna membantu Mitra dalam memutuskan untuk mengajukan penawaran atau tidak mengajukan penawaran untuk Barang/Produk. GDN atau salah satu karyawan GDN tidak bertanggung jawab atas akibat langsung atau tidak langsung dari segala keputusan Mitra untuk melakukan/tidak melakukan transaksi di Blibli Mitra.

 

12. HAK MILIK INTELEKTUAL

GDN adalah pemilik tunggal atau pemegang sah semua hak atas dan isi dalam Blibli Mitra. Blibli Mitra dan isinya mencakup hak milik intelektual yang dilindungi oleh undang-undang hak cipta dan undang-undang yang melindungi kekayaan intelektual lainnya yang berlaku di seluruh dunia. Semua hak milik dan hak milik intelektual atas Blibli Mitra dan isinya tetap pada GDN, afiliasinya atau pemilik lisensi isi Blibli Mitra. Semua hak yang tidak dicantumkan di dalam Perjanjian ini atau oleh GDN dengan ini dilindungi undang-undang. Blibli Mitra, nama, dan ikon serta logo terkait merupakan merek dagang terdaftar di berbagai wilayah hukum dan dilindungi undang-undang tentang hak cipta, merek dagang atau hak milik kekayaan intelektual lainnya. Dilarang keras menggunakan, mengubah, atau memasang merek-merek tersebut di atas pada media apapun tanpa persetujuan GDN.

 

13. ETIKA BISNIS

13.1   Mitra mengakui akan melaksanakan kewajiban sesuai praktek bisnis terbaik dan standar etis tertinggi serta mematuhi seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku terutama pada peraturan yang melarang praktek korupsi yang berlaku di Indonesia, di mana Mitra dilarang untuk:

(i) Menyalahgunakan wewenang atau fasilitias yang berada di dalam kekuasaan atau wewenang mereka untuk tujuan pelaksanaan kewajiban berdasarkan Perjanjian ini;

(ii) Memberikan atau menjanjikan segala sesuatu/apapun kepada pihak lainnya atau kepada (para) karyawan, agen atau perwakilan pihak lainnya untuk tujuan membujuk atau mempengaruhi pihak lain atau (para) karyawan, agen, perwakilan dari pihak lainnya tersebut dalam hubungannya dengan pelaksanaan Perjanjian ini.

13.2   Apabila Mitra melanggar ketentuan dalam Pasal1 di atas maka:

(i) Mitra bertanggung jawab atas akibat, baik yang bersifat hukum atau lainnya yang timbul karena pelanggaran tersebut;

(ii) Mitra membebaskan GDN atas segala ganti rugi, tuntutan dan gugatan dalam bentuk apapun.

 

14. PENUTUP

14.1    Mitra memahami bahwa GDN sewaktu–waktu dapat melakukan perubahan (pengurangan atau penambahan) ketentuan dalam Perjanjian ini. GDN menyarankan agar Mitra secara berkala dan seksama melihat Perjanjian ini. Dengan tetap mengakses dan/atau menggunakan Blibli Mitra, maka Mitra dianggap telah menyetujui perubahan–perubahan dalam kebijakan privasi ini.

14.2   Tidak dilaksanakannya hak GDN untuk menuntut hak GDN berdasarkan Perjanjian ini ataupun tidak diambilnya tindakan oleh GDN terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh Mitra terhadap   Perjanjian ini tidak akan mengesampingkan atau tidak mengesampingkan hak GDN untuk mengambil tindakan terhadap pelanggaran serupa atau pelanggaran berikutnya.

14.3   Perjanjian ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan Hukum Indonesia. Segala perselisihan yang mungkin timbul antara Mitra dengan GDN sehubungan dengan penggunaan dan pemanfaatan Blibli Mitra dan/atau pelaksanaan kerja sama ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

14.4   Dengan tetap menggunakan layanan di Blibli Mitra maka Mitra telah membaca, mengerti, mematuhi dan menyetujui Perjanjian ini dan seluruh syarat–syarat dan ketentuan-ketentuan yang berlaku di Blibli Mitra tanpa terkecuali.