Blibli Mitra

Pelajari syarat dan ketentuan lengkap untuk berjualan di Blibli Mitra

Sub Topik

Blibli Mitra adalah aplikasi khusus untuk mendukung toko dan usaha mikro kecil menengah menambah pendapatan lewat layanan isi ulang dan bayar tagihan, serta membantu melakukan pemesanan stok barang lewat fitur Grosir.

Aplikasi Blibli Mitra berbeda dengan aplikasi Blibli, sehingga Mitra harus mengakses aplikasi Blibli Mitra atau situs https://mitra.blibli.com untuk dapat bertransaksi.

Saat ini aplikasi Blibli Mitra hanya bisa digunakan oleh toko yang sudah tergabung sebagai Djarum Retail Partnership (DRP).

DRP (Djarum Retail Partnership) adalah toko yang sudah menjadi pelanggan rokok Djarum dan ditandai sebagai DRP lewat spanduk/branding toko. Dengan bergabung sebagai DRP, Anda akan didaftarkan sebagai Blibli Mitra agar Anda bisa menikmati fasilitas aplikasi Blibli Mitra untuk berjualan dan memesan barang secara online.

Saat ini, Blibli Mitra menyediakan layanan isi ulang dan bayar tagihan serta penjualan produk grosir.

  • Layanan isi ulang dan bayar tagihan: Pulsa, paket data, tagihan listrik, token listrik, tagihan BPJS, tagihan air, dan voucher game.
  • Produk grosir: Aneka produk rokok, makanan, minuman, dan aneka kebutuhan rumah tangga lainnya.

Berikut keuntungan yang dapat Anda nikmati sebagai Blibli Mitra:

 

Produk Keuntungan
Pulsa Harga bersaing
Paket Data Harga bersaing
Voucher Game Harga bersaing
Token Listrik Harga bersaing
Tagihan Listrik Cashback* Rp2.000
BPJS Cashback* Rp2.000
Tagihan Air Cashback* Rp1.500

*Cashback akan dikirimkan ke Saldo Mitra maksimal 3 hari kerja setelah transaksi selesai.

 

Servis nomor 1

Blibli Mitra menjamin kepuasan Anda dengan memberikan servis terbaik bagi Mitra. Pengiriman produk grosir akan tiba di toko Anda maksimal di hari berikutnya. Apabila Anda mengalami keterlambatan pengiriman, segera hubungi Blibli Mitra Care melalui pesan (chat) di aplikasi Blibli Mitra dan telepon (021-57977700) yang siap melayani Anda selama 24 jam setiap harinya.. Tim kami akan segera menangani keterlambatan pengiriman dan Anda akan mendapatkan kompensasi.

  1. Instal dan buka aplikasi Blibli Mitra di Google Playstore (tidak tersedia untuk iOS) atau akses https://mitra.blibli.com.
  2. Masukkan nomor HP.
  3. Anda akan menerima kode rahasia yang dikirimkan ke nomor HP, masukkan kode tersebut saat diminta.
  4. Upload foto KTP dan foto selfie Anda.
  5. Isi lengkap data diri Anda.
  6. Isi lengkap data usaha Anda seperti nama toko, foto toko Anda, jenis usaha, dan titik alamat.
  7. Setelah berhasil, akun Anda akan segera diproses maksimal 2 (dua) hari kerja oleh tim Blibli Mitra untuk dapat mulai bertransaksi.

Untuk bisa mendaftar dan menggunakan aplikasi Blibli Mitra, berikut syaratannya:

  • Anda sudah aktif terdaftar sebagai DRP
  • Anda memiliki HP Android
  • Anda merupakan pemilik toko/warung fisik

Pastikan sinyal jaringan Anda stabil dan nomor HP yang Anda daftarkan aktif.

Setelah Anda mendaftarkan diri sebagai Mitra, Anda bisa melakukan pengecekan status akun dengan cara klik icon “Akun” di pojok kanan bawah. Status dapat dilihat di sebelah nama Anda.

Anda akan diminta membuat PIN yang diperlukan untuk menjaga keamanan setiap kali bertransaksi. Pastikan PIN mudah Anda ingat namun tidak mudah ditebak.

  1. Di halaman beranda akan muncul kotak biru dengan pesan yang meminta Anda membuat PIN. Klik kotak biru tersebut.
  2. Masukkan 4 angka kode PIN untuk menjaga keamanan akun dan Saldo Mitra Anda.
  3. Masukkan PIN yang sama sekali lagi untuk konfirmasi.
  4. PIN Anda berhasil dibuat.
  5. Selalu ingat PIN Anda untuk memastikan akun Anda tidak dinonaktifkan.

Jika lupa PIN, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Saat diminta memasukkan PIN, klik “Lupa PIN” di bagian bawah layar aplikasi Anda
  2. Masukkan nomor KTP Anda
  3. Masukkan PIN baru Anda sebanyak 2 kali. Anda akan menerima SMS berisi kode rahasia. Masukkan kode tersebut saat diminta.
  4. PIN baru Anda berhasil diubah.
  5. Lanjutkan transaksi dengan PIN baru Anda.

Ya, Blibli Mitra juga bisa diakses melalui website https://mitra.blibli.com.

Ya, jika Anda telah memiliki akun Blibli dan ingin melakukan pendaftaran menjadi Mitra, maka Anda harus membuat akun khusus Mitra.

Pendaftaran akun Anda dapat ditolak dengan alasan:

  • Foto tidak jelas
  • Alamat tidak ditemukan
  • Foto selfie berbeda dengan KTP
  • ID OUTLET/Kode DRP tidak valid

Anda harus melengkapi atau memperbaiki dokumen yang kurang lengkap untuk daftar ulang.

Saat ini Blibli Mitra hanya tersedia untuk DRP (Djarum Retail Partnership). Jika Anda ingin menjadi bagian dari Blibli Mitra, maka Anda harus bergabung dengan DRP terlebih dahulu. Anda akan didaftarkan menjadi Mitra dan Anda dapat menikmati fasilitas aplikasi Blibli Mitra untuk berjualan dan memesan barang secara online.

Anda dapat keluar dari aplikasi dengan klik ikon “Akun” di pojok kanan bawah lalu pilih ‘Keluar’.

Anda akan keluar secara otomatis dari akun jika aplikasi Anda tidak digunakan dalam jangka waktu 7 hari.

Saldo Mitra adalah fasilitas penampungan dana sementara untuk Blibli Mitra yang berbasis escrow account. Saldo Mitra adalah sumber dana yang digunakan oleh Mitra untuk bertransaksi, baik untuk membayar tagihan, isi ulang, maupun membayar produk grosir.

Isi ulang saldo dapat dilakukan melalui Virtual Account BCA dan Minimarket.

  1. Isi ulang melalui BCA Virtual Account
    • Klik tombol “Isi saldo”
    • Pilih cara pembayaran dengan Virtual Account
    • Pilih Bank BCA
    • Pilih m-BCA (BCA Mobile)
    • Instruksi pembayaran dan kode pembayaran anda akan tertera di layar aplikasi. Adapun intruksi pembayaran sebagai berikut:
      • Buka aplikasi BCA mobile Anda
      • Pilih menu m-BCA dan masukkan kode akses m-BCA
      • Pilih m-Transfer > BCA Virtual Account
      • Masukkan kode perusahaan untuk Blibli Mitra 89789 diikuti dengan nomor HP yang terdaftar di akun Blibli Mitra
      • Masukkan jumlah saldo yang ingin ditambahkan, minimal Rp10.000
      • Masukkan PIN BCA Anda
      • Transaksi selesai. Saldo akan otomatis terisi.
  2. Melalui Minimarket:
    • Klik tombol “Isi saldo”
    • Pilih cara pembayaran dengan Minimarket
    • Pilih nominal isi ulang yang Anda inginkan, lalu klik “Bayar sekarang”
    • Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan, lalu klik “Bayar sekarang”
    • Layar aplikasi akan menunjukkan detail dan kode pembayaran. Silakan klik “Lihat petunjuk pembayaran” untuk mengetahui cara pengisian saldo. Adapun petunjuk pembayaran melalui Alfagroup sebagai berikut:
      • Datang ke kasir Alfamart
      • Sebutkan nomor HP yang Anda gunakan di Blibli Mitra
      • Sebutkan jumlah isi ulang yang ingin Anda tambahkan ke Saldo Mitra dan tunjukkan kode pembayaran
      • Lakukan pembayaran ke kasir Alfamart sesuai cara pembayaran yang tersedia
      • Transaksi selesai, saldo Anda akan otomatis terisi
      • Simpan tanda terima sebagai bukti pembayaran yang sah
  1. Pilih menu “Tarik Saldo” di tampilan Beranda Anda
  2. Aplikasi akan menampilkan nominal saldo yang bisa Anda cairkan
  3. Pilih rekening bank atau tambah rekening baru
  4. Klik “Tarik Saldo”
  5. Masukkan PIN Anda. Penarikan saldo berhasil.

Anda bisa mengetahui riwayat saldo Anda melalui menu “Riwayat saldo” yang dapat diakses di Beranda.