Blibli Mitra

Pelajari syarat dan ketentuan lengkap untuk berjualan di Blibli Mitra

Sub Topik

Blibli Mitra adalah aplikasi khusus untuk mendukung toko dan usaha mikro kecil menengah menambah pendapatan lewat layanan isi ulang dan bayar tagihan, serta membantu melakukan pemesanan stok barang lewat fitur Grosir.

Aplikasi Blibli Mitra berbeda dengan aplikasi Blibli, sehingga Mitra harus mengakses aplikasi Blibli Mitra atau situs https://mitra.blibli.com untuk dapat bertransaksi.

Saat ini aplikasi Blibli Mitra hanya bisa digunakan oleh toko yang sudah tergabung sebagai Djarum Retail Partnership (DRP).

Berikut keuntungan yang dapat Anda nikmati sebagai Blibli Mitra:

 

Produk Keuntungan
Pulsa Harga bersaing
Paket Data Harga bersaing
Voucher Game Harga bersaing
Token Listrik Harga bersaing
Tagihan Listrik Cashback* Rp2.000
BPJS Cashback* Rp2.000
Tagihan Air Cashback* Rp1.500

*Cashback akan dikirimkan ke Saldo Mitra maksimal 3 hari kerja setelah transaksi selesai.

 

Servis nomor 1

Blibli Mitra menjamin kepuasan Anda dengan memberikan servis terbaik bagi Mitra. Pengiriman produk grosir akan tiba di toko Anda maksimal di hari berikutnya. Apabila Anda mengalami keterlambatan pengiriman, segera hubungi Blibli Mitra Care melalui pesan (chat) di aplikasi Blibli Mitra dan telepon (021-57977700) yang siap melayani Anda selama 24 jam setiap harinya.. Tim kami akan segera menangani keterlambatan pengiriman dan Anda akan mendapatkan kompensasi.

Pastikan sinyal jaringan Anda stabil dan nomor HP yang Anda daftarkan aktif.

Pendaftaran akun Anda dapat ditolak dengan alasan:

  • Foto tidak jelas
  • Alamat tidak ditemukan
  • Foto selfie berbeda dengan KTP
  • ID OUTLET/Kode DRP tidak valid

Anda harus melengkapi atau memperbaiki dokumen yang kurang lengkap untuk daftar ulang.

Saldo Mitra adalah fasilitas penampungan dana sementara untuk Blibli Mitra yang berbasis escrow account. Saldo Mitra adalah sumber dana yang digunakan oleh Mitra untuk bertransaksi, baik untuk membayar tagihan, isi ulang, maupun membayar produk grosir.

Isi ulang saldo dapat dilakukan melalui Virtual Account BCA dan Minimarket.

  1. Isi ulang melalui BCA Virtual Account
    • Klik tombol “Isi saldo”
    • Pilih cara pembayaran dengan Virtual Account
    • Pilih Bank BCA
    • Pilih m-BCA (BCA Mobile)
    • Instruksi pembayaran dan kode pembayaran anda akan tertera di layar aplikasi. Adapun intruksi pembayaran sebagai berikut:
      • Buka aplikasi BCA mobile Anda
      • Pilih menu m-BCA dan masukkan kode akses m-BCA
      • Pilih m-Transfer > BCA Virtual Account
      • Masukkan kode perusahaan untuk Blibli Mitra 89789 diikuti dengan nomor HP yang terdaftar di akun Blibli Mitra
      • Masukkan jumlah saldo yang ingin ditambahkan, minimal Rp10.000
      • Masukkan PIN BCA Anda
      • Transaksi selesai. Saldo akan otomatis terisi.
  2. Melalui Minimarket:
    • Klik tombol “Isi saldo”
    • Pilih cara pembayaran dengan Minimarket
    • Pilih nominal isi ulang yang Anda inginkan, lalu klik “Bayar sekarang”
    • Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan, lalu klik “Bayar sekarang”
    • Layar aplikasi akan menunjukkan detail dan kode pembayaran. Silakan klik “Lihat petunjuk pembayaran” untuk mengetahui cara pengisian saldo. Adapun petunjuk pembayaran melalui Alfagroup sebagai berikut:
      • Datang ke kasir Alfamart
      • Sebutkan nomor HP yang Anda gunakan di Blibli Mitra
      • Sebutkan jumlah isi ulang yang ingin Anda tambahkan ke Saldo Mitra dan tunjukkan kode pembayaran
      • Lakukan pembayaran ke kasir Alfamart sesuai cara pembayaran yang tersedia
      • Transaksi selesai, saldo Anda akan otomatis terisi
      • Simpan tanda terima sebagai bukti pembayaran yang sah

Cashback akan diberikan dalam bentuk penambahan Saldo Mitra maksimal 3 (tiga) hari kerja. Anda bisa mengecek penambahan Saldo Mitra di menu “Riwayat saldo”.

Proses penambahan Saldo Mitra akan diproses dalam waktu 1×24 jam. Jika saldo belum bertambah dalam jangka waktu 1×24 jam maka Anda dapat menghubungi Blibli Mitra Care. Pastikan bukti pembayaran disimpan.

Anda dapat melihat status pemesanan dengan cara:

  • Buka halaman Pesanan
  • Pilih pesanan yang ingin Anda lihat
  • Pilih “Lacak” untuk mengetahui status pengiriman Anda.

Pulsa:

  1. Pilih ikon “Pulsa” di beranda
  2. Masukkan nomor HP pelanggan dan pilih nominal pulsa yang ingin dibeli
  3. Klik “Bayar sekarang” dan masukkan PIN Anda
  4. Transaksi selesai. Anda akan mendapatkan bukti dan detail transaksi.

Paket Data:

  1. Pilih ikon “Paket Data” di beranda
  2. Masukkan nomor HP pelanggan dan pilih paket data yang ingin dibeli
  3. Klik “Bayar sekarang” dan masukkan PIN Anda
  4. Transaksi selesai. Anda akan mendapatkan bukti dan detail transaksi.

Voucher Game:

  1. Pilih ikon “Voucher Game” di beranda
  2. Masukkan nomor HP pelanggan untuk mengirim bukti pembayaran
  3. Pilih jenis dan nominal voucher yang ingin dibeli, lalu klik “Lanjutkan”
  4. Masukkan PIN Anda
  5. Transaksi selesai. Anda akan mendapatkan bukti dan detail transaksi. Pembeli Anda akan mendapatkan SMS berisi kode voucher.

 

Token Listrik:

  1. Pilih ikon “Listrik” di beranda
  2. Masukkan nomor HP pelanggan untuk mengirim bukti pembayaran
  3. Pilih “Token Listrik” dan nominal pulsa listrik.
  4. Pilih “Bayar sekarang” dan masukkan PIN Anda
  5. Transaksi selesai. Anda akan mendapatkan bukti dan detail transaksi. Pembeli Anda akan mendapatkan SMS berisi detail transaksi.

Tagihan Listrik

  1. Pilih ikon “Listrik” di beranda
  2. Masukkan nomor HP pelanggan untuk mengirim bukti pembayaran
  3. Pilih “Tagihan Listrik”
  4. Masukkan “Nomor meter atau ID pelanggan”. Jika nomor meter atau ID pelanggan benar maka akan muncul nama pelanggan dan total tagihan secara otomatis
  5. Pilih “Bayar sekarang” dan masukkan PIN Anda
  6. Transaksi selesai. Anda akan mendapatkan bukti dan detail transaksi. Pembeli Anda akan mendapatkan SMS berisi detail transaksi.

 

Tagihan Air:

  1. Pilih ikon “Tagihan Air” di beranda
  2. Masukkan nomor HP pelanggan untuk mengirim bukti pembayaran
  3. Pilih nama perusahaan & wilayah, lalu masukkan nomor pelanggan.
  4. Untuk membayar, klik “Bayar sekarang” dan masukkan PIN Anda
  5. Transaksi selesai. Anda akan mendapatkan bukti dan detail transaksi. Pembeli Anda akan mendapatkan SMS berisi detail transaksi.

BPJS:

  1. Pilih ikon “BPJS” di beranda
  2. Masukkan nomor HP pelanggan untuk mengirim bukti pembayaran
  3. Masukkan nomor peserta BPJS Kesehatan dan periode pembayaran
  4. Pilih “Bayar sekarang” dan masukkan PIN Anda
  5. Transaksi selesai. Anda akan mendapatkan bukti dan detail transaksi. Pembeli Anda akan mendapatkan SMS berisi detail transaksi.

Transaksi Anda akan diproses dalam waktu 1x24jam. Jika transaksi tersebut gagal otomatis, dana akan dikembalikan (refund) ke Saldo Mitra Anda. Jika dalam 1×24 jam transaksi Anda belum berhasil silakan hubungi Blibli Mitra Care melalui pesan (chat) di aplikasi Blibli Mitra dan telepon (021-57977700) yang siap melayani Anda selama 24 jam setiap harinya.

  1. Pilih ikon “Grosir” di beranda
  2. Pilih barang yang Anda inginkan, lalu masukkan jumlah pembelian
  3. Setelah Anda selesai memilih barang, pilih “Lihat keranjang”, lalu tentukan alamat pengiriman. Jika alamat dan barang sudah sesuai, pilih “Bayar sekarang”
  4. Masukkan PIN Anda. Transaksi berhasil.

Pesanan barang grosir Anda akan sampai maksimal 2 (dua) hari kerja tidak termasuk hari libur dan tanggal merah sejak pembayaran terkonfirmasi. Jika barang belum sampai lebih dari 2 (dua) hari kerja segera hubungi Blibli Mitra Care (021-57977700) yang siap melayani Anda selama 24 jam setiap hari.

Ketentuan pengembalian barang atau dana:

  1. Mitra dapat mengajukan pengembalian barang atas transaksi yang telah dilakukan di aplikasi Blibli Mitra dalam jangka waktu selambatnya 3 (tiga) hari kerja sejak barang diterima oleh Mitra, dengan alasan yang terbatas pada barang yang dikirimkan telah melewati masa kedaluwarsa atau rusak/cacat atau tidak sesuai yang dikarenakan kesalahan/kelalaian Blibli Mitra.
  2. Atas permintaan pengembalian barang dari Mitra, Blibli Mitra akan melakukan pengambilan barang tersebut dari Mitra dalam jangka waktu 3 (tiga) hari kerja sejak tanggal permintaan diterima Blibli Mitra.
  3. Atas setiap permintaan pengembalian barang, Blibli Mitra berhak dan akan melakukan proses pengecekan atau quality control dalam jangka waktu 3 (tiga) hari kerja sejak tanggal pengambilan barang. Berdasarkan hasil pengecekan, pihak Blibli Mitra berhak untuk menerima atau menolak permintaan pengembalian barang tersebut. Apabila pihak Blibli Mitra menolak permintaan pengembalian barang maka pihak Blibli Mitra akan memberi alasan serta konfirmasi melalui SMS atau telepon kepada Mitra.
  4. Mitra menyadari dan menyetujui bahwa pengembalian barang akan diberikan dalam bentuk pengembalian dana transaksi atau refund kepada Mitra dalam bentuk Saldo Mitra.
  5. Mitra menyadari dan menyetujui bahwa dalam hal permintaan pengembalian barang disetujui oleh Blibli Mitra maka pengembalian dana/refund diberikan melalui Saldo Mitra.

Saat ini, Blibli Mitra menyediakan layanan isi ulang dan bayar tagihan serta penjualan produk grosir.

  • Layanan isi ulang dan bayar tagihan: Pulsa, paket data, tagihan listrik, token listrik, tagihan BPJS, tagihan air, dan voucher game.
  • Produk grosir: Aneka produk rokok, makanan, minuman, dan aneka kebutuhan rumah tangga lainnya.
  1. Instal dan buka aplikasi Blibli Mitra di Google Playstore (tidak tersedia untuk iOS) atau akses https://mitra.blibli.com.
  2. Masukkan nomor HP.
  3. Anda akan menerima kode rahasia yang dikirimkan ke nomor HP, masukkan kode tersebut saat diminta.
  4. Upload foto KTP dan foto selfie Anda.
  5. Isi lengkap data diri Anda.
  6. Isi lengkap data usaha Anda seperti nama toko, foto toko Anda, jenis usaha, dan titik alamat.
  7. Setelah berhasil, akun Anda akan segera diproses maksimal 2 (dua) hari kerja oleh tim Blibli Mitra untuk dapat mulai bertransaksi.

Untuk bisa mendaftar dan menggunakan aplikasi Blibli Mitra, berikut syaratannya:

  • Anda sudah aktif terdaftar sebagai DRP
  • Anda memiliki HP Android
  • Anda merupakan pemilik toko/warung fisik

Setelah Anda mendaftarkan diri sebagai Mitra, Anda bisa melakukan pengecekan status akun dengan cara klik icon “Akun” di pojok kanan bawah. Status dapat dilihat di sebelah nama Anda.

Anda akan diminta membuat PIN yang diperlukan untuk menjaga keamanan setiap kali bertransaksi. Pastikan PIN mudah Anda ingat namun tidak mudah ditebak.

  1. Di halaman beranda akan muncul kotak biru dengan pesan yang meminta Anda membuat PIN. Klik kotak biru tersebut.
  2. Masukkan 4 angka kode PIN untuk menjaga keamanan akun dan Saldo Mitra Anda.
  3. Masukkan PIN yang sama sekali lagi untuk konfirmasi.
  4. PIN Anda berhasil dibuat.
  5. Selalu ingat PIN Anda untuk memastikan akun Anda tidak dinonaktifkan.