Uang elektronik

Sub Topik

Kamu dapat menyesuaikan nomor HP di akun Blibli agar dapat terhubung dengan akun OVO. Pelajari cara mengganti nomor HP

Kamu bisa membeli semua produk yang ditawarkan Blibli kecuali emas, pulsa dan top-up e-money.

Ya, kamu akan memerlukan aplikasi OVO dan Blibli untuk menghubungkan akun. Jika belum membuat PIN, kamu juga bisa membuatnya melalui aplikasi OVO.

Pengembalian dana dapat terjadi ketika transaksi gagal atau dibatalkan, dan tergantung pada metode pembayaran OVO yang terpotong. Dana akan dikembalikan ke saldo Blipay.

Dana yang terpotong akan dikembalikan ke saldo Blipay kamu dalam 1-3 hari kerja (tidak termasuk Sabtu, Minggu, dan hari libur).

Kamu dapat menghubungi CS OVO untuk bantuan lebih lanjut di 1 500 696 atau email ke cs@ovo.id.

Seluruh riwayat transaksi baik menggunakan OVO Cash maupun OVO Points dapat dilihat di menu daftar pesanan Blibli maupun di aplikasi OVO kamu.

Syarat dan Ketentuan Penggunaan OVO merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Blibli.com. Penggunaan OVO tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis di bawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.blibli.com, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini dan Syarat Ketentuan OVO. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara pengguna dengan PT Global Digital Niaga (“Blibli”). Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka pengguna tidak dperkenankan menggunakan layanan OVO di Blibli.

 

Definisi

  1. Blibli.com adalah PT Global Digital Niaga dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.blibli.com, yakni situs perdagangan barang dan jasa.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.blibli.com milik Blibli.com yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Blibli.com, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli yang telah terdaftar pada Situs/Aplikasi, maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs/Aplikasi.
  4. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan pembelian atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs/Aplikasi.
  5. Merchant adalah Merchant terdaftar yang melakukan tindakan buka toko serta melakukan penawaran dan/atau penjualan atas suatu Barang atau Jasa kepada para Pengguna melalui Situs/Aplikasi.
  6. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik Barang yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
  7. Jasa adalah kegiatan, proses, atau interaksi yang disediakan oleh Merchant kepada Pengguna.
  8. Partner adalah PT Visionet Internasional, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.
  9. OVO adalah sistem elektronik (platform) yang dibuat oleh PT Visionet Internasional.
  10. OVO Cash adalah uang elektronik yang dapat diakses melalui aplikasi OVO dan Situs/Aplikasi sebagai metode pembayaran yang dapat digunakan oleh Pengguna dalam melakukan transaksi pada Situs/Aplikasi.
  11. OVO Points adalah program loyalitas pelanggan yang ditujukan bagi pengguna OVO dan juga pelanggan merchant rekanan atau mitra OVO yang bisa diperoleh dan digunakan pada Situs/Aplikasi.
  12. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap syarat dan ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  13. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk penggunaan OVO.

Umum

  1. Pengguna yang dapat menggunakan OVO di Blibli.com adalah Pengguna yang telah melakukan aktivasi OVO dengan nomor handphone yang sama dengan pada Akun Blibli,com dan telah terverifikasi.
  2. Dengan menggunakan OVO, maka Pengguna dianggap telah memahami dan akan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini serta Ketentuan Situs.
  3. Blibli.com berwenang untuk melakukan (i) pembatalan transaksi; serta (ii) penutupan akun Pengguna tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk sementara atau untuk selamanya, dalam hal diduga dan/atau terdapat kegiatan Pengguna yang melanggar ketentuan hukum dan/atau Ketentuan Situs.
  4. Blibli.com berhak untuk meminta Partner untuk melakukan (i)  penahanan dan/atau penarikan dana OVO Cash; serta (ii) penahanan, pembatalan, dan penarikan benefit OVO Points.
  5. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap kerugian yang timbul akibat dari tindakan tersebut diatas, termasuk namun tidak terbatas pada kehilangan saldo OVO, atau klaim, somasi, gugatan, tuntutan dan/atau upaya lainnya yang diajukan oleh pihak ketiga, bukan merupakan tanggung jawab Blibli.com.
  6. Blibli.com berwenang untuk melakukan perubahan pada seluruh atau sebagian daripada Syarat dan Ketentuan ini.

Penggunaan OVO

  1. 1 (satu) nomor handphone yang telah terverifikasi pada akun OVO hanya dapat digunakan oleh satu akun Pengguna.
  2. Pengguna  akan bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan akun OVO Pengguna untuk setiap transaksi pada Situs/Aplikasi.
  3. Pengguna yang menggunakan akun OVO bertanggung jawab penuh secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password atas semua aktivitas yang terjadi dalam akun OVO, dengan tetap merujuk kepada ketentuan huruf A angka 12 dan angka 13.
  4. Apabila Pengguna melakukan perubahan nomor handphone pada sistem/aplikasi OVO namun tidak melakukan perubahan pada nomor handphone yang terverifikasi pada Situs/Aplikasi, maka akun OVO tersebut tidak dapat digunakan hingga dilakukan perubahan/penyamaan nomor handphone.
  5. Pengguna memahami bahwa ketentuan lebih lanjut mengenai penggunaan layanan OVO diatur tersendiri melalui syarat dan ketentuan sistem/aplikasi OVO. Pengguna diharapkan untuk membaca ketentuan yang terdapat pada syarat dan ketentuan sistem/aplikasi OVO.

OVO Cash

  1. OVO Cash dapat digunakan untuk pembayaran transaksi pada Situs/Aplikasi.
  2. Apabila Pengguna ingin melakukan pencairan/withdraw saldo OVO Cash, maka hanya dapat dilakukan melalui sistem/aplikasi OVO.
  3. Pengguna tidak dapat memindahkan saldo OVO Cash kepada saldo OVO Cash Pengguna lainnya melalui Situs/Aplikasi.
  4. Apabila terjadi kendala dan/atau pembatalan transaksi, dimana Pengguna menggunakan OVO Cash dan OVO Point sebagai metode pembayaran untuk transaksi tersebut, maka pengembalian saldo atas transaksi tersebut akan dikembalikan ke saldo OVO sesuai dengan ketentuan OVO.

OVO Points

  1. Apabila Pengguna mendapatkan cashback atas transaksi pada Situs/Aplikasi, maka cashback akan diberikan dalam bentuk OVO Points yang akan diterima oleh Pengguna dalam jangka waktu 1×24 (satu kali dua puluh empat) jam setelah Transaksi Selesai.
  2. OVO Points tidak dapat digunakan untuk pembayaran transaksi pembelian, termasuk namun tidak terbatas pada:
    1. Logam Mulia
    2. Pulsa
  3. Seluruh transaksi wajib diverifikasi menggunakan Personal Identification Number (PIN).

Penggunaan Data Pengguna

  1. Dengan terus menggunakan OVO, Pengguna memberi wewenang kepada Blibli.com untuk menyimpan informasi miliknya dan/atau data terkait penggunaan OVO dalam Situs/Aplikasi.
  2. Blibli.com tidak akan memberikan, menyebarluaskan, atau membuat dapat diakses secara publik data Pengguna tanpa adanya persetujuan terlebih dahulu, kecuali dalam keadaan yang diharuskan secara hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Pengguna memberi wewenang kepada Partner untuk menyimpan informasi miliknya dan/atau data terkait penggunaan OVO secara keseluruhan. Pengguna diharapkan untuk membaca kebijakan privasi OVO yang terdapat pada syarat dan ketentuan OVO.

 

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah pembayaran dengan menggunakan standar QR Code yang dapat diakses menggunakan aplikasi uang elektronik, dompet elektronik, atau mobile banking.

Minimum transaksi sebesar Rp10.000 dan maksimum sebesar Rp10.000.000.

Kamu diberikan waktu maksimal 1 jam untuk menyelesaikan pembayaran, terhitung setelah pesananmu terkonfirmasi dan nomor pesanan terbentuk.

 

Saat ini pembayaran menggunakan QRIS hanya dapat dilakukan untuk transaksi yang dilakukan melalui website www.blibli.com, tidak dapat dilakukan melalui mobile web atau aplikasi Blibli.

Tidak, kamu tidak dikenakan biaya apapun.

  • Pilih metode pembayaran di halaman proses pembayaran, lalu pilih “Uang elektronik” kemudian “QRIS” dan klik “Bayar sekarang”.
  • Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman konfirmasi nominal transaksi.
  • Cek kembali nominal transaksi kamu, lalu scan QR Code menggunakan aplikasi uang elektronik, dompet elektronik, atau mobile banking yang mendukung QRIS.
  • Masukan PIN untuk melanjutkan transaksi.
  • Pembayaran berhasil.

Aplikasi uang elektronik, dompet elektronik, atau mobile banking seperti BCA mobile, Sakuku, OVO, GoPay, DANA, Go Mobile, dan lainnya.

Sebelum memulai transaksi menggunakan LinkAja, pastikan kamu telah mendownload aplikasi LinkAja di Playstore (Android) dan AppStore (iOS) dan mendaftarkan akun LinkAja.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan pembayaran dengan LinkAja:

  1. Klik “Uang Elektronik pada kolom Pilih Metode Pembayaran di laman proses Pembayaran, lalu pilih “LinkAja
  2. Klik “Bayar Sekarang
  3. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman LinkAja.
  4. Pada halaman LinkAja, Masukkan No. Ponsel serta PIN LinkAja kamu.
  5. Pastikan jumlah pembayaran kamu sudah benar. Jika sudah sesuai, masukkan kode “Kode Verifikasi” yang kamu terima melalui SMS di ponsel kamu.
  6. Klik tombol “PROSES” untuk mengkonfirmasi pembayaran kamu.
  7. Transaksi Berhasil

 

 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan pembayaran dengan GO-PAY :

1. Pilih Metode Pembayaran di laman proses Pembayaran, lalu pilih “Uang Elektronik” kemudian “GO-PAY” dan Klik “Bayar Sekarang”

 

 

2. Kamu akan diminta untuk melanjutkan pembayaran dengan aplikasi GO-JEK kamu. Klik “Bayar dengan GO-PAY“, lalu buka aplikasi GO-JEK dan masuk ke menu PAY/BAYAR

 

 

3. Scan QR yang tertera di layar lalu konfirmasi pembelian kamu dengan memasukkan 6 digit PIN kamu

 

 

1. Pilih Metode Pembayaran di laman proses Pembayaran, lalu pilih “Uang Elektronik” kemudian “GO-PAY” dan Klik “Bayar Sekarang”.

 

2. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman ringkasan pesanan, klik Lanjut jika detail pesanan sudah sesuai.

 

3. Periksa kembali detail pembayaran kamu dan baca keterangan cara pembayaran, lalu klik “Bayar dengan GO-PAY” untuk melanjutkan

 

 

4. Kamu akan diarahkan ke aplikasi GO-JEK. Periksa kembali total pembayaran kamu, jika sudah sesuai lanjutkan dengan klik Pay/Bayar

 

 

5. Kamu akan diminta memasukkan 6 digit PIN kamu, jika PIN sesuai maka pembayaran selesai

 

 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan pembayaran dengan Sakuku:

1. Klik “Uang Elektronik pada kolom Pilih Metode Pembayaran di laman proses Pembayaran, lalu pilih “Sakuku

 

 

2. Klik “Bayar Sekarang

 

Blibli.com-FAQ-Pembayaran-Cicilan

 

3. Secara otomatis kamu akan diarahkan ke halaman Sakuku

 

 

4. Login terlebih dahulu menggunakan nomor handphone kamu. Jika sudah, kamu akan diberikan QR Code untuk melakukan proses scan

5. Akses Sakuku melalui smartphone, lalu pilih BAYAR BELANJA

6. Scan QR Code menggunakan smartphone kamu

7. Jika scanning berhasil, kamu akan masuk ke laman Konfirmasi Transaksi

8. Periksa kembali pesanan dan nominal total pembayaran kamu

9. Klik tombol LANJUT untuk membayar transaksi kamu

10. Proses transaksi selesai, berikutnya kamu diarahkan kembali ke laman TERIMA KASIH Blibli.

Saat ini nominal minimum pembayaran Sakuku adalah Rp 10.000 dan maksimum pembayaran adalah Rp 10.000.000.