Uang elektronik

Sub Topik

GoPay merupakan salah satu metode pembayaran uang elektronik yang dapat kamu gunakan untuk bertransaksi di Blibli dengan lebih cepat, mudah, dan aman. Metode pembayaran ini hanya dapat digunakan jika akun Blibli dan GoPay kamu sudah terhubung menggunakan nomor HP yang sama.

Kamu hanya bisa menghubungkan 1 akun Blibli dengan 1 akun GoPay untuk nomor HP yang sama.

Kamu dapat menyesuaikan nomor HP di akun Blibli agar dapat terhubung dengan akun GoPay. Pelajari cara mengganti nomor HP di sini.

Link di sini: https://www.blibli.com/faq/registrasi-info/ganti-nomor-handphone-yang-sudah-diverifikasi/

Tidak. Seluruh Blipay kamu aman dan terpisah dengan GoPay.

GoPay terdiri dari dua sumber dana, yaitu Saldo GoPay dan GoPay Paylater.

  • Saldo GoPay adalah uang elektronik yang dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi di Blibli. Saldo GoPay tidak memiliki masa berlaku dan dapat ditransfer ke akun GoPay lain atau akun rekening bank.
  • GoPay Paylater adalah layanan pembiayaan tanpa kartu yang dapat digunakan oleh pengguna yang sudah terdaftar di aplikasi Gojek. Pengguna akan mendapatkan limit bulanan yang dapat digunakan untuk transaksi di aplikasi Gojek dan merchant yang bekerjasama dengan GoPay.

Terdapat 2 cara untuk menghubungkan akun Blibli dengan akun GoPay:

  1. Masuk ke menu akun, lalu pilih Blipay, kemudian pilih hubungkan dengan akun GoPay. Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi (OTP) dan PIN yang dikirimkan ke nomor HP yang terdaftar. Jika berhasil, akun GoPay akan terhubung dengan Blibli.
  2. Melalui laman Checkout, pilih metode pembayaran dengan GoPay. Kamu akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi (OTP) dan PIN yang dikirimkan ke nomor HP yang terdaftar. Jika berhasil, akun GoPay akan terhubung dengan Blibli.

Blibli dan GoPay tidak pernah meminta kode verifikasi OTP untuk alasan apa pun. Jangan berikan kode verifikasi OTP-mu ke siapa pun.

Jika kamu belum mendapatkan kode verifikasi atau OTP (One-Time Password) lewat SMS, coba lakukan hal-hal berikut:

  • Pastikan nomor HP sama dengan nomor yang terdaftar, karena kode verifikasi OTP akan dikirim ke nomor tersebut
  • Pastikan HP-mu memiliki sinyal operator yang baik dan dapat menerima SMS
  • Tunggu setidaknya 30 detik. Setelah itu, kamu bisa minta kode verifikasi OTP baru dengan klik tombol ‘Kirim ulang kode’
  • Jika masih belum berhasil, perbarui aplikasi kamu ke versi terbaru atau lakukan clear cache (hapus cache).

Ya, kamu dapat memutuskan akun GoPay yang terhubung dengan akun Blibli melalui laman Blipay, pilih akun GoPay yang terhubung, lalu pilih Nonaktifkan GoPay.

Apabila kamu belum pernah menghubungkan akun GoPay sebelumnya:

  • Verifikasi nomor HP di akun Blibli, dan pastikan nomor HP sama dengan akun GoPay
  • Pilih metode pembayaran pada saat checkout, lalu pilih “Uang Elektronik” kemudian pilih “GoPay”. Klik “Bayar sekarang”.
  • Selanjutnya kamu akan diarahkan ke laman untuk menghubungkan akun Blibli dengan GoPay.
  • Masukkan OTP dan PIN untuk menghubungkan akun dan melanjutkan transaksi.
  • Jika pembayaran berhasil, akun GoPay kamu akan langsung terhubung ke akun Blibli.

 

Apabila kamu sudah menghubungkan akun GoPay:

  • Pilih metode pembayaran pada saat checkout, lalu pilih “Uang Elektronik”, pilih “GoPay”, kemudian klik “Bayar sekarang”.
  • Selanjutnya kamu akan diarahkan ke laman konfirmasi nominal transaksi dengan GoPay.
  • Cek kembali nominal transaksi kamu, lalu pilih salah satu, Saldo GoPay atau GoPay Paylater untuk membayar.
  • Klik “Bayar” lalu masukkan PIN GoPay kamu.
  • Pembayaran berhasil.

Tidak, kamu harus memilih salah satu antara Saldo GoPay atau GoPay Paylater selama saldo atau limit kamu mencukupi.

Seluruh riwayat transaksi baik menggunakan Saldo GoPay maupun GoPay Paylater dapat dilihat di menu daftar pesanan Blibli maupun di aplikasi GoPay kamu.

Pengembalian dana dapat terjadi ketika transaksi gagal atau dibatalkan. Pengembalian dana untuk pembayaran dengan GoPay akan dikembalikan ke saldo Blipay kamu.

Ya, kamu akan memerlukan aplikasi GoPay dan Blibli untuk menghubungkan akun. Jika belum membuat PIN, kamu juga bisa membuatnya melalui aplikasi GoPay.

Kamu bisa membeli semua produk yang ditawarkan Blibli.

Kamu dapat menghubungi CS GoPay untuk bantuan lebih lanjut di 1 500 171 atau email ke cs@go-pay.co.id.

Saat ini nominal minimum pembayaran Gopay adalah Rp10.000 dan maksimum pembayaran adalah Rp10.000.000.

KETENTUAN PENGGUNAAN GOPAY

Ketika Anda menggunakan GoPay, Anda mempercayakan uang dan informasi yang anda miliki kepada kami, PT Dompet Anak Bangsa (“GoPay” atau “Kami”). Penting bagi Kami untuk menjaga kepercayaan Anda. Untuk itu, Kami perlu Anda membaca dan menyetujui langkah-langkah yang Kami terapkan, untuk menjaga kepercayaan Anda, yang Kami jabarkan dalam ketentuan ini.

 

    1. LingkupKetentuan ini berlaku terhadap seluruh pengguna yang mengakses dan/atau menggunakan salah satu atau seluruh layanan yang tersedia di GoPay, uang elektronik yang Kami terbitkan beserta layanan-layanan yang terkait dengannya, yang disediakan melalui aplikasi Gojek atau platform resmi lainnya dari beberapa mitra kami dimana melalui platform tersebut beberapa atau seluruh bagian dari fitur GoPay dapat diakses (“Mitra Platform Resmi”), dan terhadap setiap orang yang menyampaikan permintaan atau memberikan informasi kepada Kami atau kepada Mitra Platform Resmi terkait dengan setiap atau seluruh layanan GoPay.

 

    1. Registrasi Akun
        1. Anda dapat membuat akun GoPay: i) secara otomatis, dengan mendaftar diri anda pada akun Gojek; dan/atau ii) dengan menyampaikan permintaan registrasi kepada Kami melalui Mitra Platform Resmi mana pun. Anda perlu memberikan informasi yang valid, akurat, dan terbaru tentang diri Anda saat membuat akun GoPay.
        1. Anda perlu memahami bahwa detil informasi log-in Anda, termasuk termasuk detail log-in ke aplikasi Gojek Anda dan/atau Mitra Platform Resmi adalah rahasia dan karenanya Anda tidak akan mengungkapkan detil informasi log-in Anda kepada pihak ketiga manapun, termasuk password rahasia dan/atau kode verifikasi berupa Kode Sandi Sekali Pakai (One Time Password/OTP) yang dikirimkan melalui Layanan Pesan Singkat (Short Messaging Service/SMS) ke nomor telepon terdaftar Anda setiap kali ada percobaan log-in ke akun Anda Password rahasia dan/atau kode verifikasi (termasuk OTP) hanya akan secara resmi diminta melalui dan hanya akan Anda kirim ke aplikasi Gojek Anda atau aplikasi dari Mitra Platform Resmi terkait, Kami atau petugas Kami tidak pernah menanyakan password dan/atau kode verifikasi (termasuk OTP) rahasia dengan cara apapun. Anda setuju untuk menanggung setiap risiko terkait pengungkapan informasi log-in Anda kepada pihak ketiga manapun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan hal tersebut. Setiap penyampaian OTP yang diverifikasi dari akun Anda saat log-in melalui aplikasi Gojek atau Mitra Platform Resmi manapun akan dianggap sebagai log-in resmi.
        1. Registrasi akun GoPay hanya dapat dilakukan oleh Anda sendiri sebagai subjek hukum. Anda menyatakan dan menjamin bahwa registrasi akun GoPay Anda dilakukan oleh Anda untuk kepentingan Anda sendiri, bukan untuk kepentingan pihak lainnya manapun, termasuk badan hukum dan/atau badan usaha manapun. Kami berhak menolak registasi yang Anda lakukan atas akun GoPay untuk kepentingan pihak manapun selain Anda, termasuk badan hukum dan/atau badan usaha manapun.
        1. Setiap data yang dikirimkan Anda kepada Kami untuk pendaftaran akun adalah data Anda sendiri. Setiap pendaftaran dari akun tersebut akan dianggap sebagai pendaftaran yang sah dari akun tersebut.
        1. Kami dapat menyediakan bagi Anda layanan untuk mengakses akun GoPay Anda melalui Mitra Platform Resmi. Dalam hal Anda bermaksud untuk mengakses akun GoPay Anda melalui Mitra Platform Resmi, Anda dapat diminta menyampaikan kode verifikasi melalui aplikasi sebagai bukti penguasaan atas akun GoPay Anda, dimana penyampaian kode verifikasi tersebut dianggap sebagai persetujuan Anda atas tindakan Kami untuk menyampaikan informasi yang diperlukan kepada Mitra Platform Resmi agar Anda dapat mengakses akun GoPay Anda melalui Mitra Platform Resmi.

 

    1. Verifikasi Akun
        1. Anda dapat diminta untuk menyampaikan dokumen atau informasi tambahan, baik secara elektronik atau secara langsung ke kantor Kami, atau menemui agen Kami, sebagaimana Kami instruksikan, jika Anda ingin menggunakan layanan tertentu yang disediakan bagi pengguna GoPay terverifikasi atau sebagaimana diperlukan.
        1. Kami akan melakukan verifikasi atas informasi dan dokumen yang Anda sampaikan melalui aplikasi Gojek atau Mitra Platform Resmi dan menentukan apakah Anda telah memenuhi persyaratan sebagai pengguna GoPay terverifikasi.
        1. Persetujuan dan/atau penolakan atas permohonan verifikasi Anda merupakan kewenangan kami sepenuhnya dengan memperhatikan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami dapat, sewaktu-waktu, menarik persetujuan atas permohonan verifikasi Anda dan mengembalikan status akun Anda menjadi tidak terverifikasi, termasuk apabila terdapat keragu-raguan atas ketepatan dan/atau keabsahan serta kelengkapan dokumen dan/atau informasi yang Anda sampaikan.
        1. Untuk menghindari penyalahgunaan apapun atas akun GoPay Anda, Kami dapat menghentikan layanan GoPay apapun jika dokumen atau informasi yang Kami minta dari Anda tidak akurat, tidak sah dan/atau tidak lengkap.

 

    1. Informasi Pribadi
        1. Anda setuju bahwa pengumpulan, pemanfaatan, dan penyerahan data yang Anda sampaikan kepada Kami, termasuk melalui aplikasi Gojek dan/atau Mitra Platform Resmi, dan data yang Kami kumpulkan sehubungan dengan penyediaan layanan Kami kepada Anda, termasuk namun tidak terbatas pada informasi pribadi Anda, harus tunduk pada kebijakan privasi yang berlaku dalam aplikasi Gojek (https://www.gojek.com/privacy-policy/) (“Kebijakan Privasi Kami”).
        1. Anda memahami bahwa ketika Anda melakukan pendaftaran akun GoPay Anda, mengakses dan/atau menggunakan fitur GoPay, melalui aplikasi Gojek dan/atau Mitra Platform Resmi, Anda mengungkapkan data dan informasi pribadi Anda kepada Kami, afiliasi Kami, Gojek dan/atau Mitra Platform Resmi tersebut, sebagaimana yang terkait. Anda juga setuju bahwa akan ada pengungkapan data atau informasi pribadi Anda antara GoPay dan pihak-pihak tersebut untuk mendukung layanan kami kepada Anda. Anda memahami bahwa berbagi data ini diperlukan untuk mendukung dan meningkatkan pengalaman Anda dalam menggunakan fitur GoPay dan dengan ini Anda menyetujui pembagian data tersebut. Anda juga memahami bahwa kebijakan privasi dari Mitra Platform Resmi tersebut dapat berlaku terkait dengan pengumpulan, pemanfaatan, dan penyerahan data Anda melalui Mitra Platform Resmi tersebut. Kami mendorong Anda untuk membaca dan meninjau kebijakan privasi yang relevan secara menyeluruh.
        1. Tanpa mengurangi ketentuan dalam kebijakan privasi yang berlaku, sebagai bagian dari upaya untuk menjaga informasi di akun GoPay Anda selalu aktual, Anda perlu untuk segera menyampaikan kepada Kami perubahan atas informasi pribadi yang telah Anda sampaikan sebelumnya beserta bukti pendukungnya, termasuk namun tidak terbatas pada alamat surat elektronik, nomor telepon seluler yang Anda daftarkan pada saat pembukaan akun Gojek dan/atau akun GoPay dan/atau dokumen lainnya yang Anda sampaikan dalam proses pengajuan sebagai pengguna GoPay terverifikasi.
        1. Penyampaian dokumen atau informasi kepada Kami, termasuk namun tidak terbatas pada dokumen atau informasi saat registrasi atau saat memberikan komentar pada layanan Kami di halaman ulasan, merupakan persetujuan Anda atas pengumpulan, penggunaan dan/atau pengungkapan oleh Kami atas informasi pribadi yang Anda sampaikan, sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
        1. GoPay berhak untuk meminta informasi tambahan dari Anda, selain dari apa yang dimaksud dalam Ketentuan ini, untuk memungkinkan Kami mematuhi kewajiban kami terhadap anti-pencucian uang. Anda setuju untuk mematuhi setiap permintaan Kami dalam bentuk apapun sesuai kebijaksanaan Kami, atas biaya Anda sendiri, untuk informasi lebih lanjut karena kami dengan secara wajar wajib mematuhi kewajiban kami terhadap anti-pencucian uang. Tanpa mengabaikan klausul lain dari Ketentuan ini, setiap informasi tambahan yang diberikan oleh Anda atas permintaan kami akan dianggap sebagai informasi yang sepenuhnya disediakan oleh Anda dan Kami tidak bertanggung jawab untuk memverifikasi keakuratannya.
        1. Kami tidak akan mengungkapkan informasi pribadi Anda kepada pihak manapun, kecuali sebagaimana yang diizinkan berdasarkan Ketentuan ini dan/atau Kebijakan Privasi Kami.

 

    1. Persetujuan
        1. Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda adalah individu yang sah secara hukum untuk terikat dalam perjanjian berdasarkan hukum Republik Indonesia, secara khusus terikat dalam Ketentuan ini, untuk menggunakan GoPay dan bahwa Anda berusia minimal 21 tahun atau telah menikah dan tidak sedang berada dalam pengampuan.
        1. Jika Anda tidak memenuhi syarat tersebut, Anda menyatakan dan menjamin bahwa pembukaan akun Anda dan aktivitas lain yang Anda lakukan menggunakan GoPay telah disetujui oleh orang tua atau pengampu Anda.
        1. Anda mengesampingkan setiap hak berdasarkan hukum untuk membatalkan atau mencabut setiap dan seluruh persetujuan yang Anda berikan berdasarkan Ketentuan ini pada waktu Anda dianggap oleh hukum telah dewasa.

 

    1. Pengisian (Top-up), Penarikan (Withdraw) dan Transfer
        1. Pengisian (top-up) dan penarikan (withdraw) saldo akun GoPay Anda dapat dilakukan melalui kanal yang Kami dan/atau mitra kami sediakan, termasuk melalui kanal bank-bank tertentu atau saluran pihak ketiga lain yang Kami informasikan. Layanan ini dapat dikenakan biaya tertentu yang mana dapat berbeda tergantung dari setiap kanal.
        1. Anda memahami bahwa pengisian (top-up) yang dilakukan melalui Mitra Platform Resmi atau kanal pihak ketiga dapat mengalami gangguan sistem dan/atau jaringan dari waktu ke waktu dari sisi Mitra Platform Resmi dan/atau pihak ketiga lainnya. Kami tidak bertanggung jawab atas gangguan tersebut.
        1. Jika suatu pihak ketiga mengizinkan fitur debit langsung (direct debit) dan/atau pengisian otomatis (auto top-up) dari sumber dana Anda yang terdapat di pihak ketiga, maka Anda memahami bahwa registrasi atas fitur tersebut akan Anda lakukan langsung dengan pihak ketiga terkait. Tanggung jawab Kami terbatas pada meneruskan instruksi yang Anda berikan kepada Kami terkait aktivitas debit langsung (direct debit) dan/atau pengisian otomatis (auto top-up) tersebut kepada pihak ketiga terkait. Keluhan yang timbul terkait registrasi fitur debit langsung (direct debit) dan/atau pengisian otomatis (auto top-up), autentikasi instruksi dan/atau sistem pihak ketiga bukan merupakan tanggung jawab Kami.
        1. Anda memahami bahwa dalam hal fitur debit langsung (direct debit) dan/atau pengisian otomatis (auto top-up) disediakan oleh pihak ketiga di GoPay, maka informasi fitur debit langsung (direct debit) dan/atau pengisian otomatis (auto top-up) dapat melekat dengan akun GoPay Anda. Dalam hal demikian, maka risiko yang mungkin timbul terhadap akun GoPay Anda dapat mempengaruhi fitur debit langsung (direct debit) dan/atau pengisian otomatis (auto top-up) Anda. Untuk menghindari keragu-raguan, segala risiko yang muncul akibat dari kesalahan Anda, kelalaian Anda dan/atau faktor-faktor lain yang tidak ditimbulkan oleh kesalahan Kami, tidak akan menjadi tanggung jawab Kami.
        1. Penarikan (withdraw) dan transfer saldo akun GoPay hanya dapat Anda lakukan  sebagai pengguna terverifikasi maksimal senilai saldo akun GoPay Anda pada saat akan melakukan penarikan (withdraw) dan transfer, dikurangi biaya jasa yang berlaku. Kami akan menginformasikan biaya jasa yang berlaku tersebut dari waktu ke waktu.
        1. Kami dapat menetapkan nilai minimal penarikan (withdraw) yang dapat Anda otorisasi untuk setiap penarikan (withdraw). Kami akan menginformasikan dari waktu ke waktu nilai minimal penarikan (withdraw) tersebut yang berlaku.
        1. Penarikan (withdraw) dan transfer saldo dalam akun GoPay hanya dapat dilakukan jika akun GoPay Anda telah terverifikasi. Penarikan (withdraw) ditujukan untuk penarikan ke rekening tabungan di suatu bank, atas nama Anda, atau penarikan tunai yang diterima secara langsung oleh Anda (ketika tersedia). Penarikan (withdraw) yang tidak sesuai dengan tujuan yang diperbolehkan adalah sepenuhnya tanggung jawab Anda.
        1. Jika Anda menyampaikan instruksi transfer saldo GoPay, baik melalui aplikasi Gojek atau Mitra Platform Resmi, yang ditujukan untuk diterima oleh seseorang dengan identifikasi digital tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada nomor telepon dan/atau surat elektronik tertentu, yang tidak terhubung dengan atau belum membuka akun GoPay maka Kami dapat memilih untuk memproses atau tidak memproses instruksi tersebut. Kami dapat menyimpan saldo tersebut terlebih dahulu dan mensyaratkan penerima tujuan untuk melakukan registrasi akun GoPay dalam jangka waktu tertentu untuk dapat menerima saldo GoPay yang Anda transfer. Dalam hal mana jika penerima tujuan tidak melakukan registrasi GoPay dalam jangka waktu yang Kami tentukan, maka saldo GoPay tersebut akan dikembalikan ke akun GoPay Anda.
        1. Dalam hal penarikan (withdraw) ditujukan untuk diterima secara tunai fisik langsung oleh Anda, Anda bertanggung jawab untuk menjaga keamanan setiap detil informasi penarikan tunai tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada setiap kode verifikasi yang mungkin diperlukan untuk penarikan tunai.
        1. Setiap kendala dan/atau kerugian yang timbul terkait dengan pengisian (top-up) dan/atau penarikan (withdraw) karena kegagalan sistem Mitra Platform Resmi atau sistem pihak ketiga lainnya tidak akan menjadi tanggung jawab Kami. Namun, jika kami menerima keluhan dari Anda tentang masalah tersebut, maka kami dapat, berdasarkan kebijaksanaan kami, meneruskan keluhan Anda kepada Mitra Platform Resmi tersebut atau kepada pihak ketiga terkait untuk tindak lanjutnya.
        1. Saldo GoPay Anda hanya akan kami gunakan untuk memenuhi kewajiban kepada Anda dan pedagang (merchant). Saldo GoPay Anda tidak akan digunakan untuk membiayai kegiatan yang bukan merupakan kewajiban kami kepada Anda dan pedagang (merchant).

 

    1. Batasan Saldo dan Transaksi
        1. Jumlah saldo akun GoPay Anda dibatasi sebesar: (a) Rp. 2.000.000,- (dua juta Rupiah) jika akun Anda tidak terverifikasi; atau (b) Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta Rupiah) jika akun Anda terverifikasi; atau (c) jumlah lain yang lebih kecil sebagaimana yang Kami tentukan.
        1. Transaksi bulanan akun GoPay Anda yang bersifat incoming (masuk) tidak dapat melebihi Rp 20.000.000,- (dua puluh juta Rupiah) per bulan kalender.
        1. Jika saldo atau transaksi bulanan akun GoPay Anda melebihi batas tersebut, maka Kami berhak melakukan verifikasi sebelum melakukan tindakan lebih lanjut, termasuk namun tidak terbatas pada tidak menjalankan perintah transaksi yang Anda sampaikan.
        1. Kami perlu Anda memahami bahwa Kami bukan bank. Saldo akun GoPay Anda bukan merupakan tabungan berdasarkan pengertian hukum yang berkaitan dengan perbankan, tidak tunduk pada program perlindungan oleh Lembaga Penjamin Simpanan dan tidak berhak atas setiap fitur yang umumnya melekat pada suatu rekening bank (seperti bunga, dsb).

 

    1. Penggunaan
        1. Anda dapat mengakses akun GoPay Anda melalui aplikasi Gojek dan/atau melalui Mitra Platform Resmi. Jika Anda mengakses akun GoPay Anda melalui Mitra Platform Resmi, maka Anda perlu membaca syarat dan ketentuan dari Mitra Platform Resmi yang terkait dan memastikan keamanan dan keandalan sistem Mitra Platform Resmi tersebut. Anda mengakui dan menyetujui bahwa Kami tidak bertanggung jawab mengenai keamanan dan keandalan sistem Mitra Platform Resmi.
        1. Saldo GoPay Anda dapat digunakan seluruhnya sampai bersaldo nihil tunduk pada Ketentuan ini.
        1. Cara penggunaan dan/atau pembayaran dapat berubah dan/atau bertambah dari waktu ke waktu, sebagaimana Kami informasikan. Perubahan dan/atau penambahan tersebut dapat menyebabkan suatu kebutuhan untuk dilakukannya update atas aplikasi Gojek Anda dan/atau aplikasi Mitra Platform Resmi.
        1. Saldo akun GoPay Anda akan dikurangi secara otomatis dengan jumlah yang dimasukkan atau dikonfirmasi oleh Anda untuk pembayaran terkait, selama saldo akun GoPay Anda mencukupi. Jika saldo akun GoPay Anda tidak mencukupi pembayaran terkait, Kami dapat menolak memproses pembayaran Anda atau jika layanan Kami memungkinkan pembayaran sebagian (partial payment), maka Anda akan diwajibkan membayar selisihnya menggunakan uang tunai atau cara lainnya yang kami tentukan.
        1. Transaksi yang telah Anda konfirmasi dan Kami proses, tidak dapat dibatalkan. Kami memiliki hak sepenuhnya untuk menguji dan memutuskan permintaan pembatalan berdasarkan tinjauan kasus per kasus.
        1. Jika Anda meminta pengembalian uang, maka klaim pengembalian uang tersebut dapat disampaikan langsung kepada pedagang (merchant) yang bersangkutan atau kepada Mitra Platform Resmi. Kami akan memproses pengembalian uang berdasarkan permintaan dari pedagang (merchant) atau Mitra Platform Resmi. Selain itu Anda dapat menyampaikan klaim pengembalian uang kepada Kami selambat-lambatnya dalam waktu 7 (tujuh) hari kalender sejak tanggal transaksi dengan menyampaikan bukti pendukung yang cukup. Dalam hal demikian Kami akan memproses pengembalian uang berdasarkan hasil tinjauan kami atas klaim tersebut.
        1. Anda memahami bahwa Kami merupakan penyelenggara jasa sistem pembayaran. GoPay tidak memiliki kontrol atau memikul tanggung jawab ataupun legalitas atas barang atau jasa yang dibayar dengan layanan kami. Setiap keluhan dan/atau klaim terkait barang dan/atau jasa yang disediakan oleh Mitra Platform Resmi atau pihak ketiga lainnya wajib Anda sampaikan secara langsung kepada pihak ketiga atau Mitra Platform Resmi yang terkait.
        1. Kami perlu Anda mengerti bahwa penggunaan akun GoPay dan/atau layanan GoPay Anda merupakan tanggung jawab pribadi Anda. JANGAN MEMBERI AKSES ATAU MEMBIARKAN ORANG LAIN UNTUK MENGAKSES AKUN GOPAY Anda. Anda setuju bahwa setiap perintah transaksi yang dibuat melalui akun GoPay Anda dari Aplikasi Gojek atau Mitra Platform Resmi manapun akan dianggap telah diotorisasi oleh Anda dan oleh karenanya merupakan perintah transaksi dari Anda. Kami tidak bisa dan tidak akan bisa dimintakan pertanggungjawaban atas setiap kerugian atau klaim yang timbul karena penggunaan Anda atas akun GoPay dan/atau layanan GoPay yang dilakukan dengan melanggar Ketentuan ini.

 

    1. Otentikasi
        1. Sebagai bagian dari upaya Kami untuk menjaga keamanan akun GoPay Anda, Anda perlu untuk mendaftarkan enam urut angka sebagai kode Nomor Identifikasi Pribadi (Personal Identification Number/PIN) untuk otentikasi akun GoPay Anda.
        1. Kode Nomor Identifikasi Pribadi (PIN) Anda akan diperlukan untuk pembayaran dan/atau pemanfaatan fitur-fitur tertentu yang Kami tetapkan.
        1. Anda wajib untuk menjaga kerahasiaan kode Nomor Identifikasi Pribadi (PIN) Anda. Kerugian yang timbul akibat kegagalan Anda untuk menjaga kerahasiaan kode Nomor Identifikasi Pribadi (PIN) Anda merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya. Setiap pengiriman Nomor Identifikasi Pribadi (PIN) yang diverifikasi dari akun Anda akan dianggap sebagai transaksi dan/atau aktivitas yang sah.
        1. Untuk mengatur ulang Nomor Identifikasi Pribadi (PIN) atau metode otentikasi lain yang berlaku, Anda perlu melakukan verifikasi dengan memasukan Kode Sandi Sekali Pakai (One Time Password/OTP), yang dikirim melalui Layanan Pesan Singkat (SMS) ke nomor telepon Anda yang terdaftar, pada aplikasi Gojek atau Mitra Platform Resmi yang terkait. Kami dan Staf Kami tidak pernah menanyakan Kode Sandi Sekali Pakai (OTP) ini. Anda setuju untuk menanggung semua risiko yang terkait dengan pengungkapan Kode Sandi Sekali Pakai (OTP) ini kepada pihak ketiga mana pun dan untuk sepenuhnya bertanggung jawab atas setiap konsekuensi yang terkait dengan hal tersebut.
        1. Kami dapat menyediakan metode otentikasi lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada otorisasi sidik jari dan/atau pengenalan wajah yang dimungkinkan oleh perangkat Anda. Anda harus mengikuti alur pendaftaran atas faktor yang dapat dikenali, sebagaimana relevan (seperti sidik jari untuk otentikasi sidik jari dan/atau gambar wajah real-time untuk pengenalan wajah) sebagaimana ditentukan oleh Kami, jika Anda ingin mengaktifkan metode otentikasi tersebut. Metode otentikasi ini dapat memerlukan Nomor Identifikasi Pribadi (PIN) sebelum aktivasinya.
        1. Faktor otentikasi yang dapat dikenali dapat disimpan dan diverifikasi oleh Kami atau oleh pihak ketiga (seperti perangkat yang Anda gunakan, sesuai izin Anda). Setiap klaim yang terkait dengan penyimpanan dan/atau verifikasi faktor yang dapat dikenali oleh pihak ketiga (seperti perangkat yang Anda gunakan) bukan merupakan tanggung jawab kami. Namun demikian, Kami akan melakukan usaha yang wajar untuk meminimalisir risiko yang dapat kami identifikasi, yang mungkin timbul atas aktivasi dan/atau penggunaan faktor otentikasi.
        1. Jika Anda mengakses akun GoPay Anda melalui Mitra Platform Resmi, maka Mitra Platform Resmi tersebut dapat membuat metode otentikasi sendiri. Kami tidak bertanggung jawab terkait dengan metode otentikasi dari Mitra Platform Resmi tersebut.

 

    1. Pemblokiran Akun
        1. Atas permintaan Anda, Kami akan memblokir akun GoPay Anda dan penggunaan layanan GoPay dengan akun GoPay Anda. Selain itu, jika menurut pertimbangan Kami, terjadi hal-hal yang merugikan dan/atau dapat merugikan Kami atau Anda atau pihak ketiga lainnya, Kami juga akan melakukan pemblokiran tersebut. Namun demikian, Kami menyediakan jalur pengajuan keluhan bagi Anda untuk menghentikan pemblokiran tersebut.
        1. Pemblokiran akun dapat terjadi termasuk karena, namun tidak terbatas pada, kejadian-kejadian berikut ini:
          1. Laporan Anda bahwa telepon selular Anda hilang atau telah dicuri atau diretas;
          2. Perintah pemblokiran yang diterbitkan oleh institusi pemerintah atau moneter atau berdasarkan perintah pengadilan;
          3. Penggunaan akun GoPay dan/atau layanan GoPay Anda dengan cara yang bertentangan dengan Ketentuan ini, ketentuan penggunaan aplikasi Gojek, syarat dan ketentuan lain yang berlaku untuk fitur atau layanan lain dalam aplikasi Gojek, Kebijakan Privasi Kami dan setiap ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada penipuan, penggunaan dokumen palsu;
          4. Alasan lain yang merugikan Anda atau Kami, termasuk tindakan curang dan tindakan penipuan; atau
          5. ketika sistem Kami menangkap pola transaksi keuangan yang mencurigakan.
        1. Jika akun GoPay Anda diblokir dan Anda memiliki bukti yang kuat bahwa tidak ada hal mencurigakan yang terjadi, Anda dapat mengajukan keluhan Anda sesuai dengan yang tertera pada Ketentuan ini. Setelah memeriksa keluhan Anda, Kami dapat menentukan untuk mengakhiri atau melanjutkan pemblokiran akun Gopay Anda. Pemblokiran tidak akan diteruskan secara tidak wajar apabila Kami memutuskan bahwa hal-hal yang mengakibatkan terjadinya pemblokiran telah berakhir.
        1. Setiap saat Kami memiliki keleluasaan penuh untuk menonaktifkan sementara atau secara permanen akses Anda ke akun GoPay Anda pada Mitra Platform Resmi manapun dan/atau sebagian atau semua fitur dan layanan GoPay pada Mitra Platform Resmi manapun.
    2. Penutupan Akun
        1. Akun GoPay Anda dapat ditutup karena hal-hal sebagai berikut:
          1. Permintaan oleh Anda;
          2. Kebijakan Kami berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
          3. Keadaan kahar terjadi selama 3 (tiga) bulan atau lebih secara berturut-turut; dan/atau
          4. Alasan lain sehubungan dengan pemblokiran akun.
        1. Kami akan mengembalikan saldo akun GoPay Anda melalui metode yang Kami tentukan, setelah dikurangi dengan biaya yang terutang (jika ada), kecuali jika berdasarkan pertimbangan Kami diperlukan adanya penahanan bagian tertentu dari saldo GoPay Anda, misalnya karena keyakinan yang wajar bahwa bagian tersebut berhubungan dengan atau disebabkan oleh penipuan, penyalahgunaan dan/atau tindak pelanggaran hukum lainnya.
        1. Akun GoPay Anda dapat diakhiri secara otomatis atau dinonaktifkan sementara waktu ketika Anda mengakhiri atau menonaktifkan akun Gojek Anda.
    3. Akun Non Aktif
        1. Akun GoPay Anda akan dianggap non aktif (“Akun Non Aktif”) dalam hal tidak terdapat transaksi dalam waktu 169 (seratus enam puluh sembilan) hari kalender berturut-turut. Untuk kepentingan ketentuan ini, “transaksi” berarti penyelesaian transaksi atas setiap layanan di Aplikasi Gojek dan/atau transaksi debit atau kredit dari akun GoPay Anda, sebagaimana diinstruksikan oleh Anda.
        1. Kami dapat, tanpa kewajiban, mengenakan biaya administratif terhadap Akun Non Aktif sebesar Rp 2.000 (dua ribu Rupiah) per bulan setiap saat setelah akun GoPay Anda menjadi Akun Non Aktif dan seterusnya hingga saldo menjadi nihil. Anda dengan ini memberikan kuasa yang tidak dapat ditarik kembali kepada Kami untuk melakukan tindakan sebagaimana dinyatakan dalam ketentuan ini. Lebih lanjut, Kami mencadangkan hak Kami untuk secara sementara menghentikan dan/atau membatasi layanan GoPay tertentu di dan/atau akses Anda ke Akun Non Aktif, dan/atau secara permanen menutup Akun Non Aktif dalam hal tidak terdapat kewajiban terutang antara Anda dan Kami.

 

    1. Penolakan TransaksiKami dapat menolak transaksi yang dilakukan oleh Anda jika sistem Kami menangkap pola transaksi mencurigakan, jika Anda melanggar sebagian atau seluruh Ketentuan ini dan/atau melanggar ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

    1. BiayaDalam penggunaan akun GoPay dan/atau layanan GoPay di aplikasi Gojek atau di Mitra Platform Resmi, maka Anda dapat dikenakan biaya, termasuk namun tidak terbatas pada biaya pengisian (top-up), penarikan (withdrawal), transfer dan/atau biaya transaksi yang dilakukan melalui saluran Mitra Platform Resmi, pihak ketiga, sebagaimana yang dapat ditetapkan oleh kami, Mitra Platform Resmi dan/atau pihak ketiga tersebut lainnya yang terkait, atau biaya atas pengaktifan kembali akun GoPay yang telah dinonaktifkan. Jumlah biaya yang dikenakan oleh GoPay mungkin berbeda dan akan diinformasikan kepada Anda dari waktu ke waktu.

 

    1. Tanggung Jawab dan Kewajiban AndaSebagai tambahan dari tanggung jawab Anda yang diatur dalam bagian lain dari Ketentuan ini, Anda bertanggung jawab atas:
        1. Keamanan dan kepemilikan telepon seluler atau perangkat lainnya dari Anda yang digunakan untuk mengakses akun GoPay Anda termasuk dengan secara wajar menjaga dan menyediakan sumber penyimpanan yang cukup untuk mencegah kegagalan atau gangguan atas setiap proses layanan GoPay yang disebabkan oleh kegagalan fungsi telepon seluler atau perangkat lainnya dari Anda;
        1. Kemanan dan validitas nomor telepon seluler Anda yang Anda daftarkan untuk mengakses akun GoPay, karenanya Kami tidak bertanggung jawab atas setiap klaim yang timbul jika nomor telepon seluler yang Anda daftarkan dikuasai oleh pihak lain, menjadi tidak aktif berdasarkan kebijakan perusahaan telekomunikasi dan/atau menjadi dormant;
        1. Kerahasiaan Kode Sandi Sekali Pakai (OTP) yang dikirim kepada Anda, Nomor Identifikasi Pribadi (PIN) yang ditetapkan oleh Anda dan/atau setiap kode verifikasi lainnya yang sepatutnya dikuasai hanya oleh Anda;
        1. Setiap transaksi melalui akun GoPay Anda. Anda wajib berhati-hati ketika menggunakan akun GoPay Anda dan/atau layanan GoPay, termasuk namun tidak terbatas pada ketika memilih menu transaksi, tujuan pembayaran, memasukkan nilai pembayaran dan lain sebagainya. Anda akan memastikan bahwa Anda hanya akan mengikuti instruksi transaksi yang diterbitkan oleh GoPay sesuai transaksi yang Anda setujui; dan
        1. Setiap kerugian, klaim, tuntutan dan/atau biaya yang timbul, termasuk dari pihak lain kepada Kami, yang timbul karena pelanggaran terhadap Ketentuan ini, kelalaian Anda dalam menggunakan akun GoPay, layanan GoPay, fitur GoPay dalam aplikasi Gojek dan/atau Mitra Platform Resmi manapun, termasuk namun tidak terbatas pada yang dikarenakan oleh ketidakhati-hatian dalam bertindak, kecerobohan atau penyelahgunaan akun GoPay dan/atau layanan GoPay oleh Anda atau pihak lain yang menggunakan akun GoPay Anda.

 

    1. Tanggung Jawab Kami
        1. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian tidak langsung dan immateril, termasuk biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam bentuk atau jenis apapun (termasuk cidera pribadi, tekanan emosional dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, penggunaan atau keuntungan ekonomis lainnya) yang Anda atau pihak ketiga alami.
        1. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian, termasuk biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam bentuk atau jenis apapun (termasuk cidera pribadi, tekanan emosional dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, penggunaan atau keuntungan ekonomis lainnya) yang Anda atau pihak ketiga alami karena kesalahan Anda atau pihak ketiga selain Kami, termasuk pelaku usaha dan mitra yang menyediakan kanal pengisian (top-up) dan penarikan (withdraw).
        1. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian, termasuk biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam bentuk atau jenis apapun (termasuk cidera pribadi, tekanan emosional dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, penggunaan atau keuntungan ekonomis lainnya) yang terjadi karena kegagalan sistem dari Mitra Platform Resmi, legalitas barang dan/atau layanan yang disediakan dalam Mitra Platform Resmi, juga keselamatan dan keamanan transaksi Anda yang terjadi di Mitra Platform Resmi.
        1. Kami hanya bertanggung jawab atas kerugian langsung, yakni jumlah yang senyatanya dibayar, yang timbul atau sehubungan dengan penggunaan akun GoPay Anda, yang dapat dibuktikan terjadi karena kesalahan Kami atau pelanggaran Kami atas Ketentuan ini. Dalam setiap hal apapun, maksimal tanggung jawab Kami hanya terbatas pada jumlah saldo terakhir GoPay Anda yang ada di sistem Kami atau Rp. 10.000.000 (sepuluh juta Rupiah), mana yang lebih rendah.

 

    1. Ganti RugiDengan mendaftar dan menggunakan akun GoPay dan layanan GoPay, Anda setuju untuk membebaskan Kami, pihak yang memberi lisensi kepada Kami, afiliasi Kami dan setiap pegawai, direktur, komisaris, karyawan, wakil dan agen Kami, dari dan terhadap setiap dan seluruh klaim, biaya, kerusakan, kerugian, tanggung jawab dan pengeluaran (termasuk biaya advokat) yang timbul atau sehubungan dengan:
        1. Pelanggaran Anda atas Ketentuan ini atau ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik yang direferensikan atau yang tidak direferensikan dalam Ketentuan ini;
        1. Pelanggaran Anda atas hak pihak ketiga lainnya sehubungan dengan GoPay dan/atau layanan GoPay;
        1. Setiap penggunaan atau penyalahgunaan GoPay dan/atau layanan GoPay oleh Anda atau pihak lain menggunakan akun Anda;
        1. Setiap kesalahan yang dilakukan oleh pihak selain Kami, baik yang disengaja maupun berupa kelalaian; atau
        1. Pemblokiran akun GoPay Anda berdasarkan hal-hal yang diatur dalam Ketentuan ini.

      Ketentuan ganti rugi ini akan tetap berlaku walaupun akun GoPay Anda ditutup.

 

    1. Permasalahan dan Keluhan
        1. Kami melakukan usaha terbaik untuk menjaga keamanan sistem, termasuk sistem pencatatan transaksi Anda secara elektronik di server Kami. Data dan saldo dan/atau sejarah transaksi yang dicatat di sistem Kami merupakan data dan saldo dan/atau sejarah transaksi yang final dan mengikat Kami dan Anda.
        1. Kami memberlakukan standar keamanan yang wajar untuk melindungi data Anda yang sedang dalam proses pengiriman, ketika disimpan dan penggunaan Anda atas akun GoPay dan/atau layanan GoPay. Meskipun demikian, Kami hendak menekankan kepada Anda bahwa tidak ada sistem yang tidak dapat ditembus dan hal ini dapat berakibat pada meningkatnya resiko atas informasi Anda dan penggunaan Akun GoPay dan/atau Layanan GoPay. Oleh karenanya, sejauh dimungkinkan berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Anda setuju untuk melepaskan Kami dari klaim apapun yang timbul sehubungan dengan virus, kerusakan, gangguan, bentuk lain dari gangguan sistem yang diakibatkan oleh pihak selain kami atau akses tanpa otorisasi yang dilakukan oleh pihak ketiga dengan itikad tidak baik. Kami menganjurkan Anda untuk memberitahu Kami segera jika Anda mengalami gangguan sistem apapun sebagaimana disebutkan di atas sehingga Kami dapat berusaha memperbaiki gangguan tersebut.
        1. Anda setuju untuk tidak merusak, mengubah atau memodifikasi sistem GoPay atau mencoba merusak, mengubah atau memodifikasinya dengan cara apapun.
        1. Kami berhak untuk melarang Anda menggunakan layanan GoPay dalam aplikasi Gojek atau Mitra Platform Resmi manapun jika Anda menggunakan dengan perangkat yang tidak memadai atau perangkat yang tidak terotorisasi atau untuk tujuan lain sebagaimana layanan GoPay dimaksudkan untuk digunakan.
        1. Kami perlu Anda memahami bahwa dalam hal pengisian (top-up), penarikan (withdraw) dan/atau transfer melalui pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada Mitra Platform Resmi, bank tertentu dan/atau saluran lainnya apapun, terdapat kemungkinan kegagalan sistem dari pihak ketiga tersebut. Kami tidak bertanggung jawab atas masalah ini.
        1. Jika telepon seluler dan/atau perangat lainnya dari Anda hilang, dicuri dan/atau diretas, mohon segera memberitahu Kami melalui akun surat elektronik yang terdaftar di akun GoPay Anda atau melalui telepon ke Customer Service GoPay. Jika terjadi transaksi setelah telepon seluler dan/atau perangkat lainnya Anda hilang, dicuri dan/atau diretas, namun Anda belum memberitahukan kepada Kami dengan cara demikian, maka pembayaran yang terjadi dianggap sah.
        1. Jika Anda memiliki pertanyaan, permintaan, keluhan atau kepentingan penyampaian informasi apapun terkait fitur GoPay, Anda dapat menyampaikannya melalui kanal yang kami sediakan.

      Untuk merespon pertanyaan atau keluhan Anda, Kami akan terlebih dahulu melakukan verifikasi atas data Anda. Kami berhak untuk menolak pemrosesan pertanyaan atau keluhan, jika data Anda tidak sesuai dengan data yang tertera di sistem Kami.

      Kami akan memeriksa atau melakukan verifikasi keluhan Anda dan menyampaikan respon Kami sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di perusahaan Kami setelah memperoleh penyampaian keluhan yang lengkap dari Anda.

 

    1. Koreksi
        1. Dalam hal menurut catatan Kami terjadi kesalahan dalam transaksi, maka Kami dapat melakukan koreksi terhadap saldo GoPay Anda. Kami tidak akan melakukan koreksi terhadap saldo GoPay Anda tanpa bukti atau dasar yang kuat adanya kesalahan dalam transaksi. Anda dapat menyampaikan permintaan koreksi kepada Kami melalui jalur yang Kami sediakan. Kami akan melakukan tinjauan dan memutuskan berdasarkan kasus per kasus.
        1. Sehubungan dengan kepentingan koreksi sebagaimana disebutkan di atas, Anda dengan ini memberikan kuasa yang tidak dapat ditarik kembali kepada Kami untuk mendebet dan/atau mengkredit saldo GoPay Anda. Kuasa sebagaimana dimaksud akan terus berlaku dan tidak dapat berakhir karena alasan apapun juga termasuk karena alasan-alasan sebagaimana diatur dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, kecuali Anda menutup akun Anda.

 

    1. Keadaan Kahar (Force Majeure)Layanan Kami dapat diinterupsi oleh kejadian atau hal tertentu di luar kewenangan dan kontrol Kami (Keadaan Kahar), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, dan hal-hal lainnya yang di luar kewenangan dan kontrol Kami. Anda oleh karenanya setuju untuk melepaskan Kami dari setiap klaim, jika Kami tidak dapat memenuhi instruksi Anda melalui akun GoPay baik sebagian maupun seluruhnya karena Keadaan Kahar.

 

    1. Hak Kekayaan IntelektualGoPay, termasuk nama dan logonya, kode, desain, teknologi, model bisnis, dilindungi oleh hak cipta, merek dan hak kekayaan intelektual lainnya yang tersedia berdasarkan hukum Republik Indonesia. Kami (dan pihak yang memperoleh lisensi dari Kami, jika berlaku) memiliki seluruh hak dan kepentingan atas GoPay, termasuk seluruh hak kekayaan intelektual yang berhubungan dengannya. Ketentuan ini tidak dan dengan cara apapun tidak akan dianggap sebagai pemberian izin kepada Anda untuk menggunakan setiap hak kekayaan intelektual Kami sebagaimana disebutkan di atas. Anda tidak diperkenankan (i) menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, memberikan lisensi, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum, membuat ulang, mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan cara lain mengeksploitasi sistem GoPay (termasuk fitur-fitur Layanan di dalamnya) yang dilisensikan kepada Anda, kecuali sebagaimana diperbolehkan dalam Ketentuan ini, (ii) memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia kepada pihak ketiga dan / atau perangkat lunak dengan cara; (iii) menciptakan “link” internet atau “frame” atau “mirror” setiap perangkat lunak pada server lain atau perangkat nirkabel atau yang berbasis internet; (iv) merekayasa ulang atau mengakses perangkat lunak Kami untuk (a) membangun produk atau layanan tandingan, (b) membangun produk dengan menggunakan ide, fitur, fungsi atau grafis sejenis, atau (c) menyalin ide, fitur , fungsi atau grafis, (v) meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak terbatas pada, web spiders, web crawlers, web robots, web ants, web indexersbots, virus atau worm, atau segala program apapun yang mungkin membuat beberapa permintaan server per detik, atau menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja aplikasi, (vi) menggunakan robot, spider, pencarian situs/aplikasi pengambilan kembali, atau perangkat manual atau otomatis lainnya atau proses untuk mengambil, indeks, “tambang data” (data mine), atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari aplikasi atau isinya; (vii) menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi yang Kami miliki lainnya tanpa memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari Kami atau pemilik hak yang melisensikan hak-nya kepada Kami, (viii) menghapus setiap hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terkandung dalam sistem GoPay.

 

    1. Tidak ada PengesampinganPengesampingan Kami atau penundaan atau kegagalan Kami dalam mengajukan klaim atas pelanggaran ketentuan manapun dalam Ketentuan ini atau untuk melaksanakan setiap hak yang disediakan dalam Ketentuan ini tidak akan dianggap sebagai pengesampingan sehubungan dengan pelanggaran substansial atas setiap ketentuan dalam Ketentuan ini.

 

    1. BahasaKetentuan ini dibuat dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dalam hal terjadi ketidakkonsistenan antara versi Bahasa Inggris dan versi Bahasa Indonesia, maka versi Bahasa Indonesia yang berlaku.

 

    1. PengalihanAnda menjamin bahwa penggunaan akun GoPay hanya digunakan oleh Anda dan untuk kepentingan Anda sendiri sebagai pemegang akun sesuai dengan Ketentuan ini. Anda tidak boleh mengalihkan hak Anda berdasarkan Ketentuan ini tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami. Jika ada pihak lain yang menggunakan akun Anda dan/atau jika ada pihak lain yang bertindak sebagai penerima manfaat (Beneficial Owner) Akun Anda selain Anda, maka Anda wajib melaporkan kepada Kami. Jika tidak ada pelaporan dari Anda mengenai pihak lain sebagai penerima manfaat atau Beneficial Owner maka Anda memberikan jaminan bahwa Anda adalah satu – satunya penerima manfaat atau Beneficial Owner dari Akun Anda.Meskipun saldo GoPay Anda dapat ditransfer kepada pihak lain, akun GoPay Anda tidak dapat dialihkan kepada pihak lain. Kami dapat mengalihkan hak Kami berdasarkan Ketentuan ini kepada pihak ketiga lain manapun berdasarkan kewenangan Kami sepenuhnya.

 

    1. KeterpisahanJika ketentuan apapun dalam Ketentuan ini dinyatakan ditentukan sebagai ketentuan yang tidak sesuai dengan hukum, tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan, secara seluruh ataupun sebagian, berdasarkan peraturan atau prinsip hukum manapun, bahwa ketentuan atau sebagian daripadanya, sejauh hal tersebut tidak sesuai dengan hukum, tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan, akan dianggap bukan merupakan bagian dari Ketentuan ini namun demikian legalitas, validitas atau pelaksanaan dari ketentuan lainnya dari Ketentuan ini tidak akan terpengaruh.

 

    1. Hukum yang MengaturKetentuan ini diatur berdasarkan hukum Republik Indonesia. Setiap dan seluruh perselisihan yang timbul dari penggunaan layanan Kami akan tunduk pada yurisdiksi eksklusif di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

 

  1. Perubahan Ketentuan ini, sebagian atau seluruhnya, termasuk setiap fitur atau layanan yang ditawarkan dalam akun GoPay, dapat dimodifikasi, ditambahkan, atau diubah dari waktu ke waktu berdasarkan kebijakan Kami sendiri dengan atau tanpa pemberitahuan kepada Anda. Penggunaan Anda secara berkelanjutan atas GoPay setelah modifikasi, variasi dan/atau perubahan atas Ketentuan merupakan persetujuan dan penerimaan Anda atas modifikasi, variasi dan/atau perubahan tersebut. Jika Anda ingin menolak modifikasi, variasi dan/atau perubahan tersebut, maka Anda harus berhenti mengakses atau menggunakan GoPay dan/atau layanan kami.

DANA merupakan salah satu metode pembayaran uang elektronik yang dapat kamu gunakan untuk bertransaksi di Blibli dengan lebih cepat, mudah, dan aman. Metode pembayaran ini hanya dapat digunakan jika akun Blibli dan DANA kamu dihubungkan menggunakan nomor HP yang sama.

Kamu hanya bisa menghubungkan 1 akun Blibli dengan 1 akun DANA untuk nomor HP yang sama.