me

10 Manfaat Mengkonsumsi Makanan Halal, Simak Yuk

Nov 17, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: afamilyfeast.com

Setiap manusia di seluruh muka bumi pasti memerlukan makanan sebagai kebutuhan pokok dan sumber tenaga untuk aktivitas sehari-hari. Mengkonsumsi makanan halal adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh umat muslim sesuai dengan perintah Allah SWT. Di Indonesia sendiri, Blibli Friends bisa dengan mudah menemukan makanan halal karena mayoritas penduduknya muslim

Tentu ada banyak manfaat mengkonsumsi makanan halal yang bisa kamu dapatkan ketika mematuhi perintah Allah SWT itu. Manfaat dari makanan halal tersebut juga baik untuk kesehatan maupun dari sudut pandang agama. Nah, kira-kira apa saja manfaat dari mengkonsumsi makanan halal? Yuk, simak infonya berikut ini.

Baca juga:


Syarat Makanan Halal

image source: www.nyshuk.com/herby-harissa-chicken

Sebelum mengetahui apa saja manfaat dari mengkonsumsi makanan halal, Blibli Friends harus tahu terlebih dahulu mengenai syarat makanan halal itu sendiri. Untuk dikategorikan sebagai makanan halal, tentu Anda harus tahu apa saja syarat dari makanan halal. Ini dia syarat-syarat dari makanan halal yang harus kamu ketahui.

Halal

Syarat pertama dari makanan yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat muslim adalah makanan yang sudah memenuhi semua ketentuan dan syarikat islam. Hal ini berarti, makanan yang bisa dikonsumsi adalah semua jenis makanan yang nggak dilarang oleh Allah SWT. Selain itu, makanan haruslah halal mulai dari cara mendapatkannya, cara mengolahnya, dan zat atau kandungan yang ada di dalamnya.

Tayyib

Syarat yang kedua adalah tayyib. Syarat ini mengandung arti bahwa semua makanan yang dikonsumsi haruslah memiliki kandungan dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini bisa didapatkan pada makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi.

10 Manfaat Mengkonsumsi Makanan Halal 

image source: sugarspiceslife.com

Ada banyak manfaat yang bisa Blibli Friends peroleh saat memilih untuk mengkonsumsi makanan halal. Apa saja manfaat-manfaat yang bisa kamu peroleh? Inilah informasi 10 manfaat makanan halal untuk Blibli Friends.

Memperoleh Ridha Allah SWT

Mengkonsumsi makanan halal adalah perintah dari Allah SWT. Jika Blibli Friends patuh oleh perintah dan segala ketentuan dari-Nya, maka Blibli Friends bisa memperoleh ridha dari Allah SWT. Insya Allah, dengan ridha Allah, maka makanan halal tersebut akan memberikan banyak manfaat bagi Blibli Friends yang mengkonsumsinya karena taat terhadap perintah Allah SWT.

Terhindar dari Sumber Penyakit

Mengkonsumsi makanan halal juga bisa membuat tubuh menjadi terhindari dari sumber penyakit. Hal ini karena, makanan halal diperhatikan dari berbagai aspek, mulai dari cara mendapatkannya, pengolahan, hingga kandungan yang ada di makanan tersebut. Insya Allah makanan halal akan memberikan nutrisi yang tepat untuk tubuh Blibli Friends.

Dengan kandungan dan nutrisi yang baik bagi tubuh, tentu Blibli Friends bisa terhindari dari berbagai sumber penyakit. Hal ini membuat Blibli Friends bisa tetap sehat dan bugar dalam menjalani semua aktivitas sehari-hari.

Memberikan Sumber Tenaga

Seperti yang sudah diketahui, makanan dibutuhkan sebagai sumber tenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, untuk bisa beraktivitas secara lancar dalam kegiatan sehari-hari, Blibli Friends tentunya perlu makanan halal yang bisa menjadi sumber tenaga.

Senantiasa Menjaga Hati dan Akal

Makanan halal bukan hanya memberikan manfaat yang bagus untuk kesehatan dan kebugaran tubuh saja. Tentu makanan halal juga memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan rohani dengan menjaga hati dan akal umat muslim. Dengan mengkonsumsi makanan halal, maka akan berpengaruh baik terhadap hati dan akal Blibli Friends.

Memperoleh Pahala

Blibli Friends pasti tahu kalau bahwa mengkonsumsi makanan halal merupakan perintah yang wajib ditaati oleh umat muslim di seluruh muka bumi. Dengan mengkonsumsi makanan halal, maka kamu bisa mendapatkan pahala dari perbuatan tersebut.Oleh karena itu, konsumsilah makanan halal agar kamu mendapat pahala dan berkah dari Allah SWT.

Lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan halal berarti kamu benar-benar menghindari larangan dari Allah SWT yaitu mengkonsumsi makanan haram. Tentu hal tersebut juga memberikan kebaikan dan pahala untuk Blibli Friends yang bisa menjadi tabungan akhirat nanti. Hal tersebut bisa menuntun kamu agar bisa masuk ke surga di akhirat kelak.

Memperbaiki Keturunan

Salah satu manfaat dari mengkonsumsi makanan halal adalah bisa memperbaiki keturunan Blibli Friends di masa depan. Hal ini karena makanan halal memiliki ridha dari Allah, sehingga akan memberikan kebaikan kepada siapapun yang memakannya. Jika kamu memberikan makanan hala kepada anak, tentu hal tersebut bisa memberikan banyak kebaikan kepada anak-anak.

Memberikan Rezeki yang Baik

Makanan halal juga dinilai dari bagaimana cara mendapatkan makanan tersebut. Jika makanan itu diperoleh dengan pekerjaan yang halal, tentu hal tersebut akan memberikan manfaat dan kebaikan untuk Blibli Friends dan keluarga. Dengan tekad untuk selalu memberikan makanan yang baik, tentu kamu akan berjuang agar selalu mendapatkan rezeki yang baik dengan cara yang benar.

Memperkuat Iman

Allah SWT akan menyayangi umatnya yang menjauhi larangannya dan melakukan semua perintahnya dengan baik. Mengkonsumsi makanan halal adalah bentuk dari taqwa kepada Allah SWT. Tentu hal tersebut akan memperkuat iman Blibli Friends dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Menjaga Sholat

Mengkonsumsi makanan halal bisa membuat kamu untuk menjaga sholat. Mengapa bisa demikian? Karena jika kamu mengkonsumsi minuman haram seperti alkohol, maka sholatmu nggak akan diterima selama 40 hari. Untuk itu, Blibli Friends harus senantiasa menjaga sholat dengan menjauhi untuk melakukan perbuatan yang bisa menimbulkan dosa.

Memperoleh Ketenangan

Jika kamu mengkonsumsi makanan yang didapatkan dengan cara yang halal, maka kamu bisa merasakan ketenangan dalam menjalani hidup. Berbeda dengan seseorang yang mengkonsumsi makanan yang memperolehnya dengan cara yang nggak halal.

Apa Akibat Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Haram?

image source: id.pinterest.com

Mengkonsumsi makanan halal merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh semua umat muslim. Namun, beberapa orang tetap saja mengkonsumsi makanan dan minuman yang haram. Padahal dengan melakukan hal tersebut, bisa saja menimbulkan akibat atau permasalahan lainnya. Berikut ini akibat mengkonsumsi makanan dan minuman haram yang harus kamu tahu.

Hati dan Akal Menjadi Rusak

Mengkonsumsi makanan dan minuman haram akan merusak hati dan akal manusia. Hal ini karena makanan yang haram diperoleh dengan cara yang nggak baik, sehingga bukan kebaikan yang didapatkan, justru malah keburukan yang bisa merusak hati dan akal manusia.

Doa yang Nggak Dikabulkan

Akibat lain dari mengkonsumsi makanan dan minuman halal adalah nggak dikabulnya doa yang dipanjatkan. Tentu hal ini sangat merugikan bagi umat muslim.

Ibadah yang Nggak Diterima

Seperti yang sudah diketahui, jika kamu mengkonsumsi alkohol atau minuman keras lainnya, maka hal itu bisa berdampak pada amalan dan ibadah yang kamu lakukan. Pasalnya, amalan dan ibadahmu nggak akan diterima sampai 40 hari sejak minum minuman keras itu.

Mengurangi Iman

Mengkonsumsi makanan dan minuman haram akan mengurangi tingkat keimanan. Tentu Blibli Friends harus menghindari untuk nggak memakan makanan haram agar selalu terjaga keimanannya.


Baca juga: 5 Kriteria Makanan dan Minuman Halal, Apa Aja Ya?

Nah, itulah beberapa manfaat mengkonsumsi makanan halal bagi umat muslim.