me

5 Kriteria Makanan dan Minuman Halal, Apa Aja Ya?

Nov 10, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Image Source : genpi.co

Kriteria Makanan dan Minuman Halal – Kriteria makanan dan minuman halal jadi penting banget seiring dengan meningkatnya kesadaran umat muslim di tanah air akan segala sesuatu yang kita konsumsi. Supaya tetap sesuai dengan syariat Islam, mengonsumsi yang serba halal itu wajib. Masalahnya nggak semua orang tahu kriteria makanan dan minuman halal yang tepat. Penasaran? Simak infonya di bawah ini, yuk!

Baca Juga :


Pengertian Makanan dan Minuman Halal

Apa sih yang dimaksud dengan makanan dan minuman halal? Buatmu yang bingung dan masih bimbang nggak perlu khawatir karena bisa cek penjelasan di bawah ini!

Makanan Halal

Makanan halal adalah semua jenis makanan yang boleh dikonsumsi sesuai dengan ketentuan syari’at Islam. Bentuknya bisa beragam mulai dari binatang, buah-buahan, sayuran dan tumbuhan lain, kecuali jika ada hadist atau penjelasan Al-Quran yang menjelaskan larangannya. Ketika suatu makanan itu haram biasanya karena ada keburukan atau mudharat jika dimakan.

Minuman Halal

Hampir sama dengan makanan halal, minuman halal adalah sejumlah jenis minuman atau bisa juga cairan yang biasa dikonsumi yang diperbolehkan dalam syariat Islam. Bentuknya bisa berupa air bening, berwarna dan dari asalnya juga menyesuaikan. Kamu boleh mengkonsumsinya kecuali jika ada hadist atau penjelasan Al-Quran yang melarangmu untuk meminumnya.

Kriteria Makanan dan Minuman Halal

Makanan dan minuman itu termasuk halal kalau sudah memenuhi lima kriteria. Jangan sampai salah, ini dia lima kriteria yang harus dipenuhi:

1. Wujud dan Kandungannya Halal

Pada dasarnya semua makanan dan minuman itu halal. Kecuali yang disebut di dalam Al-Qur’an dan sunnah dari Rasul. Daging hewan yang sudah berupa bangkai (sudah ditemukan dalam keadaan mati), masih ada darah, daging babi, tercekik, terpukul, jatuh, ditanduk, bekas terkaman binatang buas, dan yang disembelih atas nama selain Allah termasuk haram.

Kondisi makanan juga harus bersih dan tidak dalam keadaan menjijikkan. Bukan tanpa alasan, karena jelas ini bakal membahayakan kesehatan kita. Jadi meskipun makanan itu adalah tahu goreng yang diproses dengan halal, tapi sudah dalam keadaan kotor dan basi, maka tahu tersebut sudah menjadi haram.

2. Cara Mendapatkannya Halal

Makanan dan minuman dari ketentuan syariat Islam akan dianggap hala kalau cara mendapatkannya juga halal. Maksudnya adalah makanan jadi atau bahan makanan yang dibelai dengan uang hasil jerih payah bekerja di jalan yang benar.

Misalnya saja seseorang mendapatkan uang dari hasil menipu, riba, mencuri, sampai korupsi, jelas ini adalah pekerjaan yang diharamkan oleh Allah. Meskipun makanan yang dibeli adalah telur ayam yang diolah dengan cara yang higienis dan halal, tapi jadinya sudah tidak halal lagi.

3. Cara Memproses dan Memasaknya Halal

Syariat Islam punya aturan tersendiri untuk menyembelih hewan. Karena itu keberadaan peternakan dan pemasok daging sapi, ayam, dan unggas yang halal itu penting banget. Jadi kita tahu apa yang masuk ke dalam perut kita itu halal dari proses awalnya.

Selain cara menyembelih yang harus tepat, cara memasaknya pun harus sesuai ketentuan Islam. Daging ikan gurami itu halal, tapi kalau diperciki dengan minyak babi ya sudah tentu jadi haram. Atau sayur-sayuran yang aman dikonsumsi dan menyehatkan itu jelas halal. Tapi ditumis dengan minyak babi, tentu hasil akhirnya jadi sajian haram.

4. Cara Penyajiannya Halal

Bagaimana cara menyajikan makanan dan minuman yang halal? Tentu saja dengan cara yang bersih dan rapi. Makanan harus ditutup apabila belum akan disantap. Kalau terbuka, bisa saja ada kotoran yang menempel dan kualitas makanan sudah jadi nggak sehat seperti semula. Penyimpanan bahan makanan dan makanan matang juga penting untuk menjaga kualitas halalnya.

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga melarang penggunaan alat makan yang dilapis dengan emas. Jadi makanan yang disajikan di atas piring dan mangkok emas, serta sendok dan garpu emas itu diharamkan. Begitu juga dengan minuman yang dituangkan ke dalam gelas emas.

Lalu bagaimana dengan makanan yang dilapis dengan emas? Saat ini ada banyak inovasi dari koko dunia yang menggunakan emas pada makanan mereka. Misalnya saja coklat. Tentu saja ini juga dianggap haram, sesuai dengan apa yang disampaikan Rasul.

5. Jadi Baik dan Bermanfaat untuk Tubuh

Makanan dan minuman yang halal punya kriteria yakni bisa membuat konsumennya menjadi lebih baik dan sehat tubuhnya. Hal ini maksudnya adalah makanan yang dikonsumsi nantinya nggak bakalan memberikan mudharat atau penyakit bagi para konsumennya. Itulah mengapa makanan itu bagus dan dilabeli halal untuk dikonsumsi.

Jenis-jenis Makanan dan Minuman Halal

Kamu ragu untuk mengkonsumsi makanan dan minuman mana yang halal? Jangan khawatir karena kamu bisa langsung cek jenis dan penjelasannya di bawah ini:

Makanan Halal

Makanan disebut halal jika berasal dari bahan-bahan alami dan tidak melalui proses pengolahan yang dilarang agama. Selain itu, makanan juga harus terbebas dari campuran bahan haram seperti alkohol. Makanan halal juga ada yang harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu dan sebaiknya tidak dikonsumsi mentah, seperti binatang yang disembelih, makanan kemasan, serta makanan beku.

Babi merupakan bahan makanan yang jelas diharamkan, termasuk segala jenis kandungannya selain daging, lemak, serta jeroan. Bulu babi misalnya, juga diharamkan. Jika ada penjual makanan menggunakan kuas untuk mengoles yang berbahan dasar bulu dari hewan babi, maka makanan yang diolah menjadi haram.

Kulit babi yang dijadikan kerupuk rambak maupun selongsong sosis juga diharamkan. Begitu juga dengan tulang babi meski sudah diekstrasi dan hanya diambil kandungan kalsiumnya saja. Selain babi, ternyata masih ada beberapa jenis makanan yang dikategorikan haram, seperti hewan yang disembelih tanpa menyebut nama Allah dan mati tanpa disembelih atau mati dalam kondisi mengenaskan.

Selain itu ada juga darah hewan, meski berasal dari hewan yang halal seperti sapi, kambing atau ayam. Hewan-hewan buas juga diharamkan dikonsumsi, sekali pun disembelih dengan tata cara Islam. Ciri hewan buas adalah yang memiliki taring dan cakar serta makan daging, seperti serigala, harimau, singa, dan lain-lain.

Rekomendasi Produk Makanan Halal

1. Nasi/Beras

Makanan halal pertama yang perlu kamu tahu adalah nasi atau beras. Semua jenis beras mulai dari putih, merah dan hitam semuanya halal untuk dikonsumsi. Bahkan nasi merupakan suatu sumber karbohidrat yang bagus untuk tubuh. Di indonesia sendiri beras atau nasi menjadi makanan pokok atau wajib terutama untuk yang beras putih.

Beras berasal dari tanaman padi yang kemudian diambil bijinya (beras) dan dimasak menjadi nasi yang siap makan. Beras mengandung banyak banget gizi dan vitamin yang berguna untuk kesehatan dan pertumbuhan tubuh menjadi lebih baik. Itulah mengapa beras termasuk dalam makanan halal.

2. Ayam

Makanan halal kedua yang perlu kamu tahu adalah ayam. Ayam merupakan binatang unggas yang diternakkan dan menjadi sumber protein bagus untuk tubuh. Ayam mengandung omega 3 dan lemak yang bagus untuk menunjang pertumbuhan dan daya pikir anak. Asalkan proses penyembelihannya sesuai syariat Islam maka ayam ini halal.

Ayam menjadi haram jika proses penyembelihannya ngasal atau ayamnya sudah tiren sehingga nggak layak dikonsumsi tubuh. Kamu juga harus memperhatikan kebersihan pengolahannya biar gizi yang terkandung di dalamnya nggak berkurang.

3. Sayuran Hijau

Makanan halal ketiganya adalah sayuran hijau. Sayuran berdaun hijau ini banyak banget jenisnya seperti bayam, kangkung dan sawi. Sayuran ini secara umum tumbuh karena ditanam dan dirawat sehingga perawatannya bakalan terjamin dari adanya zat yang memberikan dampak kurang baik untuk tubuh.

Di dalam sayuran hijau mengandung banyak serat dan vitamin untuk membuat tubuh lebih sehat dalam melengkapi gizi hariannya. Sayuran hijau juga punya rasa yang enak dan bisa diolah menjadi banyak jenis makanan untukmu.

4. Telur

Sama halnya dengan ayam, telur merupakan bagian dari ayam dan sengaja diternakkan sehingga kebersihan dan perawatannya juga terjamin. Telur merupakan bayi ayam yang sengaja nggak ditetaskan untuk dikonsumsi sebagai nilai gizi yang lain. Telur aman dikonsumsi dengan cara pengolahan dan penyimpanan yang menunjang.

Di dalam satu butir terlur mengandung Omega 3, protein dan banyak kandungan gizi lain untuk membantu mencukupi gizimu.

5. Ikan Laut

Sumber protein lain yang bisa kamu dapatkan dengan aman dan halal adalah ikan laut. Ikan laut bagus banget dikonsumsi terutama untuk masa pertumbuhan karena di dalamnya mengandung minyak alami untuk merangsang perkembangan otak anak. Ikan laut juga enak banget rasanya bahkan bisa diolah menjadi banyak jenis lauk yang sehat untuk keluarga.

Minuman Halal

Sedangkan untuk minuman halal, merupakan minuman yang dibuat dari bahan alami dan tidak mengandung campuran yang diharamkan. Salah satu campuran yang haram dan sering digunakan dalam minuman adalah khamar. 

Yang termasuk di dalam khamar adalah minuman beralkohol, baik itu hasil fermentasi atau buatan. Contohnya, tape singkong merupakan makanan halal, namun jika difermentasikan hingga keluar sari yang mengandung alkohol dan memabukkan, maka menjadi haram. Selain itu bahan lain yang bersifat memabukkan dan menyebabkan kecanduan juga termasuk diharamkan, misalnya saja ganja dan jenis narkoba lainnya.

Rekomendasi Produk Minuman Halal

Nah, ternyata ada banyak banget ya makanan dan minuman yang masuk kategori halal. Jadi nggak perlu kuatir lagi deh kalau ingin bersantap. Supaya makin yakin, ini dia 7 produk minuman halal yang bisa kamu coba:

1. Kopi Luwak Plus Gula Sachet 25 Gram

Kopi merupakan minuman halal dengan kandungan kafein yang bagus untuk membuat tubuh tetap bugar dan mampu berkonsentrasi dengan baik. Kopi juga mengandung banyak senyawa baik untuk membantu metabolisme dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Asalkan dikonsumsi dengan batas wajar kopi bakalan tetap menyehatkan.

Bangga banget Indonesia punya kopi luwak yang termasuk kopi paling mahal sedunia! Kopi kuwak yang satu ini terbuat dari biji kopi jenis arabica. Tepatnya dari perpaduan biji kopi luwak dan arabica. Bahannya merupakan kualitas pilihan, sehingga menghasilkan cita rasa yang istimewa banget!

Harga Kopi Luwak Plus Gula Sachet 25 gram pun ramah banget di kantong, yaitu Rp 900 saja per sachet. Cara menyajikannya pun gampang. Untuk 1 sachet, tinggal seduh dengan sekitar 180 cc air mendidih, aduk rata dan sajikan. Kopi ini aromanya kuat dan ampasnya sedikit lho!

2. Sariwangi Teh Asli Celup

Nggak suka kopi? Tenang saja minuman halal berikutnya adalah teh. Teh banyak banget jenisnya seperi teh hitam, teh melati dan teh hijau bahkan ada yang terbuat dari bunga rosmery. Semua bentuk teh halal untuk dikonsumsi. Teh punya banyak manfaat untuk rileksasi tubuh dan antioksidan dalam menangkal radikal bebas.

Banyak juga produk teh halal yang bisa dicoba. Salah satunya adalah Sariwangi Teh Asli Celup 1.85 g/ 4 pcs yang harganya nggak bikin kantong bolong, yaitu Rp 1.000 saja.

Teh celup ini dibuat dari daun teh hitam pilihan. Prosesnya dibuat secara alami dengan fermentasi yang nggak menggunakan pewarna maupun pengawet. Teh Sariwangi kaya akan kandungan falvonoid yang bagus banget buat kesehatan jantung. Kandungan kafein dan theanine di dalamnya juga bikin kita relaks!

3. Frisian Flag Susu Kental Manis 40 gram

Minuman halal yang bisa kamu konsumsi selanjutnya  susu. Susu ini banyak banget sumbernya enak dari hewani seperti kambing dan sapi maupun dari tumbuh-tumbuhan seperti kedelai dan almond. Susu mengandung zat kalsium dan protein yang mampu menunjang kesehatan tulang dengan rasa yang enak banget.

Membiasakan minum susu sejak kecil itu bagus banget lho untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Susu bukan cuma buat anak-anak saja, orang dewasa juga butuh susu supaya tulang dan gigi nggak mudah rapuh. Jadi nggak ada salahnya kalau kamu minum susu setiap hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Ada Frisian Flag Susu Kental Manis 40 gram yang harganya hanya Rp 1.500 saja per sachet. Gampang banget disajikan, kamu cukup menyeduhnya dengan air panas. Susu kental manis juga bisa dijadikan campuran berbagai sajian lho. Misalnya es campur, teh, kopi, sampai topping roti tawar.

4. Sirup

Minuman sirup atau minuman dengan sari buah (rasa buah) halal untuk dikonsumsi. Bahan utama dari sirup adalah gula dan sari buah sehingga nggak ada alasan apapun untuk membuat minuman ini menjadi haram. Sirup punya banyak manfaat untuk menambah energi dan memberikan rasa lebih segar pada makanan maupun minuman.

5. Madu

Minuman halal selanjutnya adalah madu. Madu merupakan minuman yang dibuat dari rumah lebah yang diolah dengan cara lebih baik. Madu banyak banget jenisnya ada yang sudah siap dikonsumsi namun ada juga yang masih dalam bentuk utuh. Madu punya manfaat yang luar biasa untuk kesehatan seperti anti kanker dan pengobatan banyak jenis penyakit. 

6. Pop Ice Flavour Es Doger Milk Shake Powder 25 g

Mau buat milk shake sekarang nggak harus mahal, lho. Ada Pop Ice yang halal dan cara penyajiannya gampang banget. Harganya juga terjangkau. Salah satu varian rasanya yang unik adalah Pop Ice Flavour Es Doger Milk Shake Powder 25 g yang bisa didapat dengan Rp 1.200 saja per sachet. Nikmat disajikan dingin, cocok diminum bersama teman dan keluarga saat santai.

7. Segar Dingin Jeruk Nipis Suplemen Makanan Sachet

Pas cuaca lagi panas-panasnya, paling nikmat kalau menikmati minuman dingin yang menyegarkan! Lebih baik lagi kalau minumannya mengandung vitamin C yang menyehatkan dan dibutuhkan untuk menambah daya tahan tubuh.

Ada Segar Dingin Jeruk Nipis Suplemen Makanan Sachet – 7 gr yang harganya Rp 1.000 per sachet. Penyajiannya gampang banget, tinggal dimasukkan ke dalam segelas air dingin dan kamu sudah dapat segelas minuman segar yang paling sejuk diminum di siang hari!


Baca Juga : Oleh Oleh Khas Jakarta Terbaik untuk Keluarga di Kampung Halaman

Jadi makanan dan minuman mana yang kamu suka? Dapatkan pilihan minuman halal di atas.