me

Blibli Hasanah: Ketentuan dan Cara Daftar E Commerce Halal Indonesia Berkualitas

Nov 21, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Image Source : rawpixel.com

E Commerce Halal Indonesia – Saat ini makin banyak yang mencari E Commerce Halal Indonesia karena semakin banyak yang menyadari pentingnya mengonsumsi dan menggunakan produk halal. Karena itu, kemunculan e commerce halal dibutuhkan banget oleh banyak orang untuk memenuhi berbagai kebutuhan mereka sehari-hari.

Blibli menawarkan halaman khusus untuk memasarkan produk dan segala kebutuhan yang konsepnya “Muslim Friendly”. Dinamakan Blibli Hasanah, ini merupakan e commerce halal Indonesia yang mudah diakses oleh konsumen. Produk yang tersedia terjamin kualitasnya dan proses jual beli pun berlangsung dengan amanah.

Produk yang tersedia di Blibli Hasanah bisa digunakan maupun dikonsumsi sehari-hari. Jadi, seller yang saat ini sudah memiliki produk sesuai kriteria Blibli Hasanah bisa memasarkannya di halaman ini. Tertarik? Yuk, cari tahu info tentang Blibli Hasanah lebih dalam.

Baca Juga : Fashion, Kebutuhan Harian, Zakat Ada di Blibli Hasanah!


E Commerce Halal Indonesia

E commerce halal Indonesia adalah tempat di mana konsumen bisa membeli produk halal yang kualitasnya baik. Karena kebanyakan warga Indonesia beragama Islam, pastinya halal atau tidaknya sebuah produk jadi hal penting saat berbelanja. Terutama untuk makanan dan minuman, serta produk kecantikan, perawatan diri dan kesehatan.

Tak hanya itu saja, E commerce halal di Indonesia biasanya juga menyediakan pakaian muslim dan perlengkapan beribadah. Buku-buku Islami dan mainan anak edukatif yang mengandung ajaran Islami juga bisa didapatkan di sana.

Blibli Hasanah

Blibli Hasanah adalah salah satu E Commerce halal di Indonesia yang dihadirkan oleh toko online Blibli. Di sini, kamu bisa mendapatkan berbagai produk halal yang kualitasnya terjamin dan terpilih. kamu bisa mendapatkan harga terjangkau yang ramah di kantong. Dengan belanja di Blibli Hasanah kini kaum muslim jadi lebih mudah mendapatkan berbagai keperluan tanpa perlu keluar rumah.

Produk yang tersedia di Blibli Hasanah mulai dari makanan dan minuman. Mulai dari makanan instan seperti mi hingga topokki halal ala Korea ada di sini. Ada juga minuman kemasan seperti minuman manis, yoghurt dan susu. Ada juga kosmetik dan perlengkapan kesehatan yang halal dan aman digunakan.

Busana muslim untuk pria maupun wanita juga tersedia di sini. Misalnya ada tunik, gamis, hingga baju koko. Tentu saja aksesoris seperti hijab, ciput, pashmina, hingga kopiah dan kupluk juga mudah dicari. Perlengkapan shalat seperti sajadah, mukena, sarung, tasbih, dan lain sebagainya pun mudah didapat.

Menariknya lagi, tersedia juga produk untuk travel dan Umroh bagi kamu yang lagi berencana untuk melakukan perjalanan religi ini. Mau berzakat atau donasi pun bisa via Blibli Hasanah. Jadi tak masalah di mana pun kamu berada, beribadah bisa semakin mudah dengan bantuan Blibli Hasanah yang bisa kamu akses dari aplikasi Blibli.

Apa Saja Main Value atau Nilai Utama yang Dimiliki oleh Blibli Hasanah?

pexels.com

1. Produk Halal dan Muslim Friendly

Semua produk yang ditawarkan di Blibli Hasanah sudah mendapat sertifikat halal dan izin edar dari BPOM. Jadi pembeli lebih yakin dengan keamanannya. Blibli memastikan bahwa nggak ada produk yang nggak sesuai dengan syariat ditawarkan ke konsumen di halaman ini.

2. Seller Terpercaya

Hanya seller terpercaya saja yang produknya bisa masuk ke Blibli Hasanah. Tim Blibli akan mengecek dan melakukan kurasi secara internal pada berbagai produk yang ditawarkan. Sehingga konsumen sudah nggak perlu lagi repot mengecek satu-persatu produknya dan siapa seller produk tersebut. Waktu berbelanja pun jadi dipersingkat.

3. Memiliki Gudang atau Warehouse yang Mematuhi Sistem Jaminan Halal

Dipastikan bahwa toko memiliki gudang yang mematuhi Sistem Jaminan Halal yang sudah ditetapkan oleh Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Jadi tiap produk melalui proses produksi yang nggak mengandung berbagai hal yang dianggap haram. Peralatan juga dibersihkan secara berkala.

Nggak hanya proses produksinya saja yang terjamin, tapi juga gudang penyimpanannya yang terjaga dengan baik. Selalu dibersihkan secara teratur dan dipastikan nggak ada kerusakan yang berpotensi merusak produk yang tersimpan di dalamnya. Dengan begitu, produk yang sampai ke tangan pembeli selalu dalam keadaan baik dan halal.

4. Tim Manajemen Halal

Khusus untuk Blibli Hasanah, tersedia Tim Manajemen Halal yang bertugas mengecek semua yang ada di halaman ini. Mulai dari reputasi seller, kualitas produknya, pengecekan sertifikasi halal dan juga izin edar dari BPOM. Adanya tim khusus yang bertanggung jawab menjadikan pengelolaan Blibli Hasanah lebih teratur.

Kategori Produk Apa Saja yang Ada di Blibli Hasanah?

pexels.com

1. Makanan Halal

Produk makanan yang sudah dipastikan dan dijamin nggak mengandung berbagai bahan non halal. Di kategori ini, pembeli bisa menemukan makanan ringan seperti camilan manis dan asin, makanan instan, berbagai bumbu dapur, sampai makanan segar seperti buah-buahan dan sayur-mayur yang terjamin halal dan baik kualitasnya.

2. Minuman Halal

Begitu juga dengan minuman. Di kategori ini, bisa ditemukan berbagai macam minuman untuk bayi, anak-anak hingga dewasa. Mulai dari air mineral, susu, sirup, teh celup, kopi instan, kopi bubuk, hingga minuman ringan yang semuanya terjamin halal dan sudah dapat izin edar dari BPOM.

3. Kesehatan & Kecantikan

Di kategori kesehatan & kecantikan mencakup semua produk perawatan diri yang sudah mendapat sertifikat halal dari MUI dan izin edar dari BPOM. Temukan berbagai produk seperti pasta gigi, sabun muka, sabun badan, dan sampo. Selain itu, ada beragam produk make up dan perawatan kulit tubuh dan wajah yang berkualitas.

Berbagai produk obat-obatan untuk, bayi, anak-anak, dewasa hingga lansia juga ada di Blibli Hasanah. Tak perlu kuatir obat-obatan nggak aman atau dijual ilegal. Semua produk sudah dicek oleh Tim Manajemen Halal Blibli.

4. Pakaian Muslim

Blibli Hasanah hadir dengan pakaian muslim dan muslimah terlengkap. Temukan baju koko lengan pendek dan panjang untuk pria. Untuk wanita, pilihannya lebih variatif. Mulai dari blus muslimah, tunik, gamis, hingga hijab dan pernak-perniknya. Aksesoris seperti stoking, peci, kupluk, dan lain sebagainya juga mudah didapatkan di sini. Baju muslim untuk anak laki-laki dan perempuan pun tersedia lengkap.

5. Perlengkapan Shalat

Berbagai perlengkapan ibadah bagi muslim dan muslimah hadir komplit. Mulai dari peci shalat, sajadah dalam berbagai varian, tasbih, sarung, mukena anak dan mukena dewasa. Temukan juga hampers perlengkapan shalat yang bisa dijadikan hantaran atau bingkisan pada anggota keluarga, kerabat, teman atau kolega di hari spesial mereka.

6. Zakat & Donasi

Kategori ini menawarkan berbagai pilihan zakat dan donasi yang terjamin dan aman. Jadi pengguna Blibli Hasanah tak perlu lagi repot mencari platform lain untuk menyalurkan kewajiban dan donasi mereka. Mudah, membayar zakat pun dan berdonasi pun kini tanpa hambatan. Beribadah jadi jauh lebih mudah.

7. Travel & Umrah

Menawarkan berbagai paket tur halal, haji dan umrah yang terpercaya dan terjamin kualitasnya. Pengguna Blibli Hasanah bisa memilih sendiri perjalanan ibadah mereka sesuai kebutuhan tanpa ragu karena lebih terjamin.

8. Buku Muslim

Di kategori ini, ditawarkan berbagai buku bertema Islami dari berbagai genre. Ada yang berhubungan dengan edukasi, berkaitan dengan sejarah Islam, hingga biografi para tokoh. Temukan buku bernuansa muslim untuk anak-anak hingga dewasa lengkap, untuk memenuhi kebutuhan membaca dan menambah wawasan.

Dengan buku bertema muslim, keluarga bisa mendapatkan konsumsi bacaan yang positif. Biasakan anggota keluarga membaca sejak kecil. Buku-buku bertema muslim yang inspiratif dapat mengurangi atau mencegah kebiasaan tergantung pada gadget.

9. Investasi

Berbagai jenis investasi halal yang sesuai syariah bisa ditemukan di kategori ini. Mulai dari emas fisik hingga berbagai investasi yang aman dan halal. Semuanya dari seller yang terjamin. Produk emas pun bisa dipilih dalam bentuk emas batangan maupun perhiasan. Bahkan tersedia hampers logam mulia yang bisa dijadikan bingkisan di hari spesial. Kualitasnya terjamin dan ada sertifikatnya.

Keuntungan Bergabung di Blibli Hasanah

pexels.com

Seller yang memiliki produk “Muslim Friendly” bisa langsung mendaftar jadi bagian dari seller Blibli Hasanah. Tapi bagi yang belum dapat sertifikat halal tetap bisa bergabung, dengan ketentuan bersedia melalui proses kurasi secara internal yang dilakukan oleh Tim Manajemen Halal Blibli. Seller juga diwajibkan menandatangani adendum Blibli Hasanah.

Kenapa harus gabung jadi seller di Blibli Hasanah? Ini dia beberapa keuntungannya:

1. Mendapat Potensi Pasar Baru

Dengan ditawarkan di halaman Blibli Hasanah, produk seller berpotensi mendapat pasar baru, khususnya muslim dan muslimah. Pasar yang sebelumnya mungkin tidak tertarik dengan produk seller, tapi karena sudah terjamin halal dan aman, maka memungkinkan pasar yang baru menjadi target seller.

2. Mendapat Tambahan Exposure dari Blibli Hasanah & Partner Layanan Syariah di Blibli

Selain muncul di halaman Blibli yang umum, produk seller juga muncul di halaman khusus Blibli Hasanah. Secara otomatis, produk dan toko seller mendapat tambahan exposure. Kemungkinan produk dipilih pengguna Blibli pun semakin besar.

3. Mendapat Dukungan Tambahan Potongan Harga dengan Kuota Terbatas

Blibli hadir dengan potongan harga, tentunya dengan kuota terbatas. Adanya potongan harga sudah pasti lebih menarik konsumen untuk memilih produk seller. Harga yang lebih murah tentu lebih dipilih konsumen, apalagi dengan kualitas yang terjamin.

4. Menambah Value Produk Seller

Khusus untuk produk yang halal dan sudah mendapat sertifikasi dari MUI, tentunya akan bertambah value, khususnya bagi pengguna Blibli Hasanah. Kriteria produk jadi jelas, apalagi ditambah dengan izin edar dari BPOM. Produk jadi lebih menarik bagi konsumen.

Ketentuan yang Berlaku di Blibli Hasanah

pexels.com

1. Produk Sesuai dengan Ketentuan Blibli Hasanah

Produk seller harus memiliki sertifikat halal dan sudah mendapat izin edar dari BPOM. Ini berlaku untuk produk di kategori Makanan Halal, Minuman Halal, dan Kesehatan & Kecantikan Halal. Jadi termasuk apa pun yang bisa dikonsumsi seperti vitamin, suplemen, produk perawatan wajah dan tubuh, hingga kosmetik.

2. Produk yang Belum Halal Bersedia Dikurasi Secara Internal

Produk yang belum mendapat sertifikasi halal dari MUI karena satu dan lain hal tetap diperbolehkan didaftarkan ke Blibli Hasanah. Asalkan seller bersedia produknya dikurasi oleh Tim Manajemen Halal Blibli. Kurasi akan dilakukan secara internal. Produk nggak akan bisa ditawarkan di halaman Blibli Hasanah kalau seller nggak bersedia melewati tahap ini.

3. Produk Tidak Melanggar Ketentuan Syariat

Produk di kategori lainnya diperbolehkan untuk ditawarkan, selama nggak melanggar ketentuan syariat, proses produksinya aman dan higienis, serta nggak mengandung berbagai bahan yang termasuk haram dalam syariat. Ini berlaku untuk kategori Perlengkapan Ibadah, Pakaian Muslim, Buku Islami, Zakat & Donasi, dan Investasi.

4. Seller Bersedia Menandatangani Adendum Blibli Hasanah

Setiap seller bersedia menandatangani adendum kontrak, yang berkaitan dengan Blibli Hasanah. Ini diperlukan agar aktivitas jual dan beli produk dan jasa halal bisa berlangsung dengan lebih aman dan lancar. Seller mendapat peluang lebih, konsumen pun puas karena produk dan jasa yang didapat sesuai dengan harapan.

Cara Bergabung di Blibli Hasanah

pexels.com

Cara bergabung di Blibli Hasanah sangat mudah. Yuk, ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Klik link yang akan terhubung langsung ke formulir registrasi Blibli Hasanah.
  • Isi formulir sesuai kolom yang tersedia, mulai dari Nama, Nama Merchant, Kode Merchant, Nomor Telepon, dan Alamat e-mail yang Terdaftar.
  • Isi Kategori Produk sesuai apa yang ditawarkan toko kamu. Klik salah satu dari (Galeri Indonesia, Bliblimart, Handphone & Tablet, Olahraga & Aktivitas Luar Ruang, Komputer & Laptop, Camera, Mainan & Video Games, Peralatan Elektronik, Fashion Pria, Fashion Wanita, Fashion Muslim, Home Living, Ibu & Anak, Tiket & Voucher, Kesehatan & Kecantikan, Otomotif, Tour & Travel, Logam Mulia & Perhiasan.
  • Klik tombol warna hijau ‘SUBMIT’
  • Tunggu respons dari Tim Blibli Hasanah.
  • Blibli akan mengirimkan adendum Blibli Hasanah.
  • Berikan list produk seller dan kirimkan kembali ke Seller Care.

Menunggu respons dari Tim Blibli Hasanah untuk langkah selanjutnya seharusnya nggak makan waktu terlalu lama. Kamu juga bisa menanyakan perkembangannya ke customer service Blibli dengan menghubungi 0804-1-871-871.

Sedangkan bagi seller yang ingin mengajukan kerja sama program promo dengan Blibli Hasanah, bisa langsung menghubungi blibli.hasanah@gdn-commerce.com. Selamat berjualan di Blibli Hasanah! 

Rekomendasi Produk Blibli Hasanah

Ini dia 6 produk yang bisa kamu dapatkan di Blibli Hasanah dari kategori yang berbeda:

  1. Biscoff Cinnamon Rolls (Mini Size) – 6 pcs

Biscoff Cinnamon Rolls (Mini Size) - 6pcs

Dari kategori makanan halal, kamu bisa mendapatkan bahan makanan utama hingga camilan. Nah kalau lagi kepingin ngemil yang manis-manis, kamu bisa pilih mini Cinnamon Rolls dengan topping Biscoff yang legitnya pas! Begitu sampai, cinnamon rolls bisa disimpan di dalam kulkas. Begitu mau disantap, tinggal hangatkan saja di microwave selama 20 – 30 detik saja.

Cinnamon rolls ini dilengkapi dengan topping yang terpisah. Jadi bisa dituangkan sesuai selera. Kamu bisa mendapatkan Biscoff Cinnamon Rolls (Mini Size) dari Kayu Manis Baked Goods dengan ukuran 19 x 14 x 7 cm seharga Rp 70 ribuan.

  1. Paket Sehat Seminggu Susu Steril Tujuh Kurma 7 Pcs

Paket Sehat Seminggu Susu Steril Tujuh Kurma 7 Pcs

Kurma adalah penganan yang menyehatkan dan dianjurkan untuk menyantapnya demi kesehatan. Sekarang, kurma nggak hanya berbentuk buah kering saja, lho. Tapi juga bisa jadi campuran susu seperti yang ada di Susu Steril Tujuh Kurma.

Kalau nggak mau ribet, kamu bisa beli paket susu untuk 1 minggu, Paket Sehat Seminggu Susu Steril Tujuh Kurma 7 Pcs yang dibanderol dengan harga Rp 58 ribuan. Susu yang mengandung kurma banyak banget manfaatnya. Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan jantung dan mata. Susu kurma juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, susu kurma juga mampu menurunkan stres dan menambah stamina di saat energi sedang turun. Buat ibu hamil pun tetap aman dikonsumsi, bahkan bisa berfungsi untuk meningkatkan produksi ASI saat si kecil lahir nantinya.

  1. Rhea Health Tone 30ml Minyak Esensial Imunitas

Rhea Health Tone 30ml Minyak Esensial Imunitas

Dari kategori kesehatan, kamu bisa menemukan berbagai macam obat-obatan halal. Salah satunya adalah Rhea Health Tone 30ml Minyak Esensial Imunitas yang dipasarkan seharga Rp 185 ribuan. Ini adalah minyak esensial yang bagus banget digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Penting banget untuk kondisi sekarang di mana banyak virus berkembang dan mudah menular.

Cara pakainya hanya diteteskan 1 ml ke dalam mulut lewat pipet yang tersedia. Gampang banget, lakukan sekali atau dua kali saja setiap hari. Untuk hasil yang optimal, pastikan kamu nggak makan atau minum apa pun selama 15 menit sebelum dan sesudah penggunaan.

  1. Smart Hafiz Versi 3

Gramedia Trade - Smart Hafiz Versi 3

Lagi cari mainan edukatif? Langsung klik saja ikon Mainan Anak dan ada banyak pilihannya di sana. Salah satunya adalah Smart Hafuz Versi 3 yang harganya Rp 1.37 jutaan. Mainan ini hadir dengan banyak game edukatif untuk anak-anak Islami yang menyenangkan buat dipelajari.

Beberapa fiturnya adalah 7 Jenis lagu Adzan, Belajar Mengaji dengan Contoh Murrotal Juz 30 oleh 2 Qori Cilik, Asmaul Husna, dan materi Da’i Cilik. Untuk aktivitas yang fun ada Film Animasi Anak, Fabel, Dongeng dan Cerita Rakyat, sampai Projector Lamp Mode dan layar sentuh. Dijamin si kecil nggak akan bosan!

  1. Heart Troops Aurora Prayer Mat – Mint

Heart Troops Aurora Prayer Mat - Mint

Dari kategori perlengkapan ibadah, kamu bisa mencari berbagai macam alat shalat. Salah satunya adalah  Heart Troops Aurora Prayer Mat – Mint yang dibanderol dengan harga Rp 175 ribuan. Ini adalah sajadah berukuran 45 x 93 cm yang pas banget untuk ibadah shalat 5 waktu setiap hari.

Kamu juga bisa jadikan sajadah ini sebagai bingkisan. Bahannya istimewa karena terbuat dari kain kanvas premium yang tahan air dan paduan bahan beludru. Oh ya, sudah dapat pouch juga yang memudahkan sajadah ini dibawa ke mana saja.

  1. Al Quran Lansia Madinah Super Besar Mushaf Usmani A3

AL QURAN LANSIA MADINAH SUPER BESAR MUSHAF USMANI A3

Bagi yang lagi cari bingkisan untuk orang tua yang sudah berusia lanjut, ada Al-Qur’an khusus untuk lansia yaitu AL QURAN LANSIA MADINAH SUPER BESAR MUSHAF USMANI A3 seharga Rp 326 ribuan. Kitab suci ini berukuran besar dengan kertas A3, tepatnya 30 x 42 cm.

Al-Qur’an ini nggak mudah terkoyak karena bagian luarnya terbuat dari bahan hard cover. Di dalamnya ada beberapa fitur seperti lafaz Allah yang berwarna, teks berukuran besar dan jelas dibaca, serta doa khatam Al-Qur’an.


Baca juga: Jenis-jenis Makanan Halal, Yuk Cobain!

Mulai sekarang, dapatkan berbagai kebutuhan harianmu di E Commerce Halal Indonesia Blibli Hasanah! Aksesnya gampang banget karena ada di dalam aplikasi Blibli. Dapatkan berbagai kebutuhan yang halal, berkualitas dan harganya terjangkau dengan tambahan voucher potongan harga, gratis ongkir, dan cashback. Yuk, intip produk incaranmu sekarang juga!

Tag: