me

Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap, Yuk Cari Tahu!

Nov 23, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Tata Cara Sholat Tahajud — Siapa sih yang nggak mau kualitas dirinya semakin meningkat dengan kekayaan lahir bathin yang penuh berkah? Setiap orang tentu akan berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas diri dan membentuk kekayaan lahir bathin yang berkah demi dunia dan akhirat. Selain melaksanakan amalan wajib, kaum muslim juga dianjurkan untuk membangun kualitas ketakwaannya dengan mengerjakan amalan sunnah, lho.

Salah satu amalan sunnah adalah Salat Tahajud yang memiliki keutamaan sangat besar untuk membentuk hamba yang kuat secara spiritual. Kalau Blibli Friends juga ingin meningkatkan kualitas diri dan membentuk kekayaan lahir bathin, simak ulasan berikut yuk!

Baca juga: Perbanyak Pahala dengan Melaksanakan Macam Macam Sholat Sunnah Rawatib!


Tentang Sholat Tahajud

Biasanya ketika malam hari memang paling nikmat kalau tidur sambil selimutan nggak sih, Blibli Friends? Tapi tahukah Blibli Friends, kalau sholat tahajud dapat mengantarkan kita untuk selalu mengingat kepada sang pencipta pada malam hari ketika waktunya orang-orang tertidur lelap. Hamba yang sering mengerjakan amalan sholat tahajud ini lah yang akan mendapatkan kekayaan jiwa maupun kekayaan lahir yang penuh berkah.

Hamba yang selalu mengingat Allah juga akan membantu meningkatkan kualitas ketakwaannya, sesuai dengan salah satu hadits dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang keutamaan sholat tahajud yang menjadi salah satu amalan sunnah yang terbaik:

فْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

Artinya: “Sebaik-baiknya puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah -Muharram-. Sebaik-baiknya sholat setelah sholat wajib adalah sholat malam.” (HR Muslim).

Dengan penjelasan dan hadits terkait keutamaan sholat tahajud, maka tidak mengherankan jika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sering mendorong kaum muslim untuk mengerjakan amalan sunnah sholat tahajud. Kualitas ketakwaan yang meningkat akan meningkatkan kekayaan jiwa dan lahir pula.

Pantas saja jika seorang ‘Umar Bin Khathab beserta kaumnya memiliki penghasilan pasif yang sangat besar. Hal ini dikarenakan mereka selalu merasa berkecukupan. Namun jangan lupa juga untuk memperhatikan waktu sholat tahajud, tata cara sholat tahajud, doa sholat tahajud, serta keutamaan dan manfaat sholat tahajud supaya mustajab.

Yuk, segera cek tata cara sholat tahajud secara lengkap di bawah ini.

Waktu yang Paling Utama untuk Mengerjakan Sholat Tahajud

Allah memberikan kemudahan bagi hamba-Nya yang ingin meningkatkan kualitas ketakwaannya. Sesungguhnya, setiap waktu malam diperbolehkan untuk mengerjakan sholat tahajud. Namun jika Blibli Friends ingin mengerjakan sholat tahajud yang lebih afdol, maka waktu yang paling utama untuk mengerjakan sholat tahajud yaitu ketika sepertiga malam yang terakhir nih, Blibli Friends.

Hal ini dikarenakan waktu sepertiga malam yang terakhir merupakan waktu di mana seorang hamba sangat dekat dengan Allah, sesuai dengan salah satu hadist yaitu:

وَعَنْ جَابِرٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، يَقُوْلُ : (( إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَةً، لاَ يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ يَسْألُ اللهَ تَعَالَى خَيْراً مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، إِلاَّ أعْطَاهُ إيَّاهُ ، وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ )) رَوَاهُ مُسْلِمٌ .

Artinya: “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Sesungguhnya pada malam hari itu terdapat satu waktu yang tidaklah seorang muslim tepat pada waktu itu meminta kepada Allah kebaikan perkara dunia dan akhirat, melainkan Allah pasti memberikannnya kepadanya. Dan waktu itu ada pada setiap malam.” (HR. Muslim)

Seluruh waktu malam memiliki peluang untuk terkabulnya berdoa kepada Allah. Namun, keutamaan waktu sepertiga malam bagi seorang hamba yang mengerjakan sholat tahajud dan berdoa kepada Allah Subhanallahu wa ta’ala sungguh luar biasa, lho.

Hamba yang berdoa ketika waktu sepertiga malam, maka Allah akan mengabulkan seluruh doa tersebut. Hamba yang memohon ampun ketika waktu sepertiga malam, maka Allah akan mengampuni hamba tersebut.

Tentu doa yang diminta bukan doa yang bersifat negatif dan mengandung dosa, ya. Lalu setelah memahami waktu yang tepat untuk mengerjakan sholat tahajud, bagaimana tata cara sholat tahajud yang benar? Pahami tata cara sholat tahajud yang benar di bawah ini, yuk!

Medina Sajadah Imam - Maroon (60 x 120cm)


Baca juga: Jadwal Sholat Wajib 5 Waktu, Keutamaan, Niat, & Tata Cara


Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaan Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Nabi

1. Niat sholat tahajud

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jika hendak melaksanakan sholat maka beliau mengucapkan : ‘Allahu Akbar’. Dan beliau tidak mengucapkan satu lafadz pun sebelum takbir dan tidak pula melafadzkan niat sama sekali.” Dengan kata lain, niat sholat tidak harus diucapkan. Namun tentu Blibli Friends yang ingin mengerjakan sholat tahajud harus dengan niat yang ikhlas, ya.

2. Mengucapkan takbiratul ihram

Kedua tangan diangkat sambil mengucapkan Allahuakbar

3. Membaca doa iftitah

Terdapat dua versi doa iftitah yang dapat dibaca, yaitu sebagai berikut:

اللهُ اَكْبَرُ كَبِرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَشِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا . اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْااَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ . اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ . لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَ لِكَ اُمِرْتُ وَاَنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Allaahuakbarkabiirowalhamdulillaahikatsiro, wa Subhaanallaahi Bukratawn wa’ashiila, inniiwajjahtu wajhiya lilladzii fatharassamaawaati wal ardha haniifan musliman wamaa anaa minal musyrikiin. Innasholaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiin.”

اللَّحُمَّ بَا عِدْ بَيْنِى وَبَيْنَ خَطَا يَاىَ كَمَا بَاعَدْتْ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ

اللَّهُمَّ نَقِّنِى مِن الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوبُ الاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ

اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَاىَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ

“Allahummabaa’idbainii wabainakhathaayaaya kamaa baa’adta bainalmasyriqi wa maghribi. Allahummanaqinii min khathaayaayakamaa yunaqats tsaubul abyadhu minad danas. Allahummaghsilnii min khathaayaaya bil maa’i wats tsalji.”

4. Membaca doa Al-fatihah diikuti dengan membaca surah Alquran

5. Gerakan ruku’ sambil membaca:

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ

Subhanarabbiyal azimi” sebanyak 3x

6. Gerakan I’tidal sambil membaca bacaan:

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

Samiallahulimanhamidah

7. Gerakan sujud dua kali dengan membaca:

سُبْحَانَ رَبِّىَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

Subhanarabbiyal a’la wabihamdi” 3x

8. Duduk di antara dua sujud dengan membaca:

رب اغْفِرلي وَارْحَمْنِى واجبرني وَارْفَعْنِي وَارْزُقْنِى وَاهْدِنِى وَعَافِنِى وَاعْفُ عَنِّى

Rabbigfirli warhamni wajburni warfani warzuqni wahdini waafini wafuani

9. Duduk akhir dan membaca:

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ أَللهُمَّ صَلِّ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ ، وبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

10. Gerakan salam kanan dan kiri

11. Tertib

Adab Sholat Tahajud

  1. Sebelum tidur, niat untuk melakukan sholat malam
  2. Ketika bangun tidur, mengusap wajah, menggosok gigi, dan berdzikir
  3. Memulai sholat malam yang diawali dengan dua rakaat yang ringan
  4. Disunnahkan untuk melakukan sholat malam di rumah
  5. Tidak menghentikan, namun mendawamkan sholat malam
  6. Jika mengantuk, dianjurkan untuk tidur dahulu lalu bangun dan mengerjakan sholat malam
  7. Disunnahkan untuk membangunkan keluarganya
  8. Dalam mengerjakan sholat tahajud, membaca satu juz dari Al-Quran atau lebih. Namun boleh juga kurang dari itu, sesuai dengan kemampuan masing-masing. Alangkah baiknya jika membacanya sambil merenungkan.
  9. Dengan niat yang lurus untuk mendapatkan pahala dari Allah atas tidur dan sholat malamnya.
Sajadah Turki Kadifeteks Pastel

Keutamaan Sholat Tahajud, Amalan Besar untuk Akhirat

Waktu malam merupakan waktu di mana manusia menikmati nyenyaknya tidur yang dapat melalaikan diri dari kehidupan yang lebih baik di kamar surga. Namun jangan sampai kita lupa kalau kehidupan di kamar surga menjadi kehidupan abadi dibandingkan dengan kehidupan di dunia yang hanya sementara.

Nah, makanya setiap hamba Allah yang bangun dari tidurnya untuk beribadah dan mengingat Allah, maka akan diutamakan juga oleh Allah dengan memberikan banyak manfaat sholat tahajud. Kira-kira apa aja ya keutamaan dan manfaat sholat tahajud?

  1. Nabi sangat bersungguh-sungguh untuk melaksanakannya.
  2. Salah satu jalur terdepan untuk masuk surga
  3. Derajatnya akan ditingkatkan di surga
  4. Menjadi orang-orang yang selalu berbuat kebaikan dan memiliki hak untuk mendapatkan rahmat Allah di surga
  5. Mendapatkan pujian dari Allah Subhanallahu wa ta’ala
  6. Menjadi orang-orang yang memiliki keimanan yang sempurna
  7. Allah melihat perbedaan antara orang-orang yang mengerjakan sholat tahajud dan orang-orang yang tidak mengerjakannya
  8. Menjadi penghapus kesalahan dan mencegah perbuatan dosa
  9. Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu
  10. Menjadi salah satu tanda kemuliaan
  11. Pahala yang sangat besar karena sholat tahajud lebih baik dari dunia dan isinya
  12. Menjadi orang yang tidak lalai dan tunduk patuh

Baca Juga: Jenis-jenis Zakat dan Cara Hitung

Wah, banyak banget ya manfaat sholat tahajud di sepertiga malam. Bahkan Rasulullah mengumpamakan sholat tahajud sebagai hal yang lebih baik dari unta gemuk. Coba Blibli Friends bayangin, unta gemuk adalah bentuk kekayaan favorit bangsa Arab dan sangat berharga dibandingkan dengan unta-unta lainnya. Namun sholat tahajud itu lebih baik daripada tiga unta besar dan gemuk.

Dapat disimpulkan jika seorang hamba sering mengerjakan sholat tahajud dalam hidupnya, sungguh mendapatkan kekayaan yang tiada tara. Apalagi jika sholat tahajud dilakukan sesuai dengan tata cara sholat tahajud dan diakhiri dengan membaca doa setelah sholat tahajud.

Blibli Friends sedang mencari mukenah berkualitas dengan harga terbaik? Jangan khawatir karena Blibli Friends bisa mendapatkannya dan terjamin kualitasnya hanya di Blibli. Terlebih lagi, Blibli menyediakan banyak promo menarik yang menunggumu. Yuk, penuhi kebutuhanmu hanya di Blibli sekarang juga!

Tag: