me

Cara Sholat Tasbih yang Benar, Jangan Sampai Salah, Ya

May 09, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.istockphoto.com

Blibli Friends pernah mendengar tentang sholat tasbih? Meskipun hukumnya sunnah, sholat ini sangat dianjurkan untuk dilaksanakan minimal seminggu sekali. Jadi, penting banget untuk tahu cara sholat tasbih biar kamu nggak ketinggalan melakukannya. Kenali dulu pengertian, cara dan syarat untuk melakukannya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Merk Mukena yang Bagus dan Nyaman Dipakai


Cara Sholat Tasbih yang Benar

Mengapa sholat ini diberikan nama sholat tasbih? Nyatanya, penamaan ini memang sesuai dengan salah satu ciri khas bacaan di dalam sholatnya, yakni mengucapkan tasbih sebanyak 300 tasbih sepanjang pengerjaan dari sholatnya. Sholat ini pernah diajarkan langsung oleh Rasulullah SAW pada bapa saudaranya, yakni Sayyidina Abbas bin Abdul Mutalib r.a.

Kamu juga bakalan dipermudah untuk melaksanakan sholat ini karena sekiranya nggak mampu cukup melakukannya sekali dalam seminggu di waktu malam hari. Bahkan jika masih merasa berat ibadah ini bisa dilakukan sebulan sekali. Masih merasa berat? Jangan khawatir karena sholat ini bisa dilakukan sekali saja dalam setahun untuk paling sedikitnya.

Setelah mengenal pengertian dan penjelasan tentang sholat tasbih, kamu juga perlu hal-hal penting apa saja yang perlu dipahami di dalamnya sebagai berikut:

  • Jumlah rakaat sholat

Dalam sebuah sholat pasti ada ketentuan jumlah rakaat yang perlu dipahami untuk membuat sholat tersebut sah. Kamu perlu tahu kalau sholat tasbih ini juga punya ketentuannya sendiri untuk diperhatikan. Ternyata jumlah rakaat yang bisa dikerjakan ditentukan oleh waktu pengerjaannya.

Jika kamu mengerjakan sholat ini pada waktu malam hari maka sebaiknya mengerjakan sholatnya sebanyak 4 rakaat dengan ketentuan dua kali salam. Kemudian jika kamu mengerjakan sholat tasbih ini di waktu siang hari maka kamu perlu melakukan 4 rakaat dengan ketentuan satu kali salam saja.

  • Niat sholatnya

Setelah paham tentang banyaknya jumlah rakaat yang perlu dilaksanakan dalam sholat ini maka kamu juga perlu tahu tentang niat yang harus dilafalkan. Kamu juga perlu tahu kalau niat ini bakalan berbeda juga isinya tergantung waktu pengerjaan sholatnya. Jadi, jangan asal-asalan dan lebih baik dipelajari keduanya.

Untukmu yang melaksanakan ibadah sholat tasbih di malam hari bisa menggunakan niat yang berbunyi “Usolli Sunnatal Tasbihi Rak’ataini Lillahi Taala”. Sementara untukmu yang melaksanakan sholat tasbih ini di siang hari bisa menggunakan niat yang berbunyi “Usolli Sunnatal Tasbihi Arba’a Raka’atin Lillahi Taala”.

  • Mengenal bacaan tasbih

Mungkin beberapa orang yang baru pertama kali ingin melaksanakan sholat ini masih bingung mana yang dimaksud bacaan tasbih? Biar nggak salah kamu perlu tahu kalau bacaan tasbih yang dimaksud adalah bacaan yang berbunyi “Subhanallah Walhamdulillah Wala ilaaHa illallaHu Wallahu Akbar Wala Haulawala Quwwata illa Billahil ‘Aliyyil ‘Adzim”.

Bacaan ini wajib dihafalkan karena bakalan dilafalkan secara berulang selama melaksanakan sholat tasbih tersebut.

  • Bacaan surat pendek yang direkomendasikan

Kamu perlu tahu kalau sholat tasbih ini bakalan maksimal banget ketika kamu juga nggak asal dalam memilih surat pendek yang dibacakan dalam setiap rakaatnya. Apa saja surat yang direkomendasikan tersebut? Yuks simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Rakaat pertama menggunakan surat At-Takatsur, rakaat kedua menggunakan Al-Ash, rakaat ketiga menggunakan surat Al-Kafirun kemudian rakaat keempat menggunakan surat Al-Ikhlas.
  2. Rakaat pertama menggunakan surat Az-Zalzaha, rakaat kedua menggunakan surat Al-Adiyat, rakaat ketiga menggunakan surat An-Nasr dan rakaat keempat menggunakan surat Al-Ikhlas.
  3. Rakaat pertama menggunakan surat Ad-Dhuha, rakaat kedua menggunakan surat Al-Insyirah, rakaat ketiga menggunakan Al-Kautshar dan rakaat keempat menggunakan surat An-Nashr.
  4. Rakaat pertama menggunakan surat Yasin, rakaat kedua menggunakan surat Al-Waqiah, rakaat ketiga menggunakan Ad-Dhuha dan rakaat keempat menggunakan surat Al-Mulk.
Serene Bundling Sajadah & Peci Perlengkapan Sholat - Cream Khaki


Baca juga: Jadwal Sholat Wajib 5 Waktu, Keutamaan, Niat, & Tata Cara


Cara pengerjaan sholat tasbih

Berikutnya setelah paham bacaan niat yang bakalan digunakan untuk pengerjaan sholat tasbih ini kamu tentunya juga harus mengenal cara pengerjaan yang benar dari sholatnya. Adapun urutan pengerjaan yang bisa dilakukan ada di bawah ini:

Rakaat pertama

  • Membaca niat

Untuk permulaan yang bisa dilakukan dalam rakaat pertama sholat ini adalah membaca niat sesuai dengan waktu pengerjaan sholatnya.

  • Membaca surat Al-Fatihah

Setelah membaca niat, bisa dilanjutkan dengan takbiratul ihram dan dilanjut pembacaan surat Al-fatihah.

  • Membaca surat pendek

Berikutnya, setelah membaca surat Al-Fatihah kamu bisa melanjutkannya untuk membaca surah pendek. Barulah diikuti dengan pembacaan bacaan tasbih yang diulangi sebanyak 15 kali.

  • Rukuk

Gerakan berikutnya adalah rukuk lengkap dengan bacaannya kemudian disusul dengan tasbih yang dibaca sebanyak 10 kali.

  • Iktidal

Gerakan kelima adalah iktidal dengan bacaan lengkap kemudian disambung dengan pembacaan tasbih sebanyak 10 kali.

  • Sujud

Gerakan keenam adalah melakukan sujud dengan bacaan lengkap disambung pembacaan tasbih yang diulangi sebanyak 10 kali.

  • Duduk di antara dua sujud

Berikutnya melakukan gerakan duduk di antara dua sujud yang dilanjut dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali.

  • Sujud kedua

Langkah selanjutnya adalah melaksanakan sujud kedua dan dilanjut dengan bacaan tasbih sebanyak 10 kali.

  • Duduk istirahat sebelum masuk ke rakaat kedua

Kamu bisa bersiap untuk melaksanakan rakaat kedua dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali.

MUKENA KATUN DEWASA YASMIN

Rakaat kedua

  • Membaca Al-Fatihah

Untuk masuk ke rakaat kedua ini setelah berdiri kamu bisa membaca surat Al-Fatihah.

  • Membaca surat pendek

Setelah membaca surat Al-Fatihah bisa dilanjut untuk membaca surat pendek dan disambung dengan pembacaan tasbih yang dilakukan sebanyak 15 kali.

  • Rukuk

Gerakan ketiga adalah rukuk dengan bacaan lengkap disambung membaca tasbih sebanyak 10 kali.

  • Iktidal

Gerakan keempat adalah iktidal dengan bacaan lengkap disambung membaca tasbih sebanyak 10 kali.

  • Sujud

Gerakan kelima adalah sujud dengan bacaan lengkap disambung membaca tasbih sebanyak 10 kali.

  • Duduk di antara dua sujud

Gerakan keenam yang adalah duduk di antara dua sujud dan bertasbih sebanyak 10 kali.

  • Sujud kedua

Setelah itu melaksanakan sujud kedua sambil bertasbih sebanyak 10 kali.

  • Duduk tasyahud akhir

Gerakan berikutnya adalah duduk tasyahud akhir membaca bacaan takhiyat akhir dan disambung bacaan tasbih sebanyak 10 kali.

  • Salam

Gerakan terakhir sekaligus sebagai penutup adalah melaksanakan salam.

  • Doa penutup

Setelah melaksanakan semua tata cara sholat tasbih kamu tentunya nggak boleh langsung beranjak begitu saja. Biar makin berkah kamu jangan lupa untuk membaca doa penutup dari sholatnya. Doa ini lumayan panjang jadi kamu bisa membaca dan perlahan menghafalkannya karena arti dari doanya sangat baik dan mencakup semua kebutuhan yang kamu panjatkan.


BACA JUGA: Merk Sajadah Turki Terbaik

Vee Batu Giok Kalung Tasbih - Putih (10mm/ 99 Butir)

Sudah siap untuk berlatih melaksanakan sholat tasbih ini? Biar lebih semangat jangan lupa membeli perlengkapan sholat baru tentunya hanya di Blibli saja. Ada banyak banget pilihan produk dengan harga yang terjangkau untuk digunakan. Kamu bakalan dapat banyak voucher menarik seperti cashback dan diskon produk setiap harinya.

Tag: