me

Jadwal Sholat Wajib 5 Waktu, Keutamaan, Niat, & Tata Cara

Dec 29, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

calislamic.com

Bagi umat muslim mungkin sudah diajari sedak dini bahwa sholat 5 waktu merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan. Jadi bagi kamu para umat muslim sangat diharamkan untuk menunda ibadah sholat 5 waktu ini. Selain itu, sholat juga termasuk ke dalam rukun Islam kedua, sekaligus menjadi rukun Islam yang banyak ditekankan. Sayangnya, masih banyak umat muslim yang belum mengetahui jadwal sholat.

Jadwal Sholat Hari Ini

Khususnya di Indonesia yang waktu negaranya terbagi menjadi tiga yaitu, WIB, WITA, dan juga. Inilah yang membuat penduduk di Indonesia, khususnya bagi para perantau banyak yang masih susah beradaptasi  terkait jadwal sholat ini. Kali ini bukan hanya membahas jadwal sholat saja, namun juga membahas keutamaan, niat, hingga tata caranya. Sebelum penjelasan ke penjelasan lebih lanjut berikut adalah jadwal sholat hari ini di berbagai kota di Indonesia:

Baca juga:


Jadwal Sholat 5 Waktu di Berbagai Daerah

dawaahgateway.com

Waktu di Indonesia terbagi menjadi tiga bagian yaitu, WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah), dan WIT (Waktu Indonesia Timur). Inilah yang membuat banyak orang khususnya bagi para perantau terbiasa dengan pembagian waktu tersebut. Lalu apa saja jadwal sholat dari ketiga bagian waktu di Indonesia tersebut, berikut penjelasannya:

Jadwal Sholat Daerah WIB

Salah satu daerah yang memiliki bagian waktu WIB adalah Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Semarang yang nantinya bisa kamu jadikan patokan ketika akan melaksanakan ibadah sholat 5 waktu. Karena kemungkinan jadwal sholat pada waktu WIB sesuai dengan daerah atau wilayah kamu.

Jakarta

Berikut jadwal sholat untuk kota Jakarta hari ini:

Bandung

Berikut jadwal sholat untuk kota Bandung

Surabaya

Berikut jadwal sholat untuk kota Surabaya hari ini:

Yogyakarta

Berikut jadwal sholat untuk kota Yogyakarta hari ini:

Semarang

Berikut jadwal sholat untuk kota Semarang hari ini:

Jadwal Sholat Daerah WIT

Salah satu daerah yang memiliki bagian waktu WIB adalah Papua Kabupaten Merauke, yang nantinya bisa kamu jadikan patokan ketika akan melaksanakan ibadah sholat 5 waktu. Karena kemungkinan jadwal sholat pada waktu WIT sesuai dengan daerah atau wilayah kamu. Berikut jadwal sholat untuk Papua Kabupaten Merauke hari ini:

Jadwal Sholat Daerah WITA

Salah satu daerah yang memiliki bagian waktu WITA adalah Kota Gorontalo, yang nantinya bisa kamu jadikan patokan ketika akan melaksanakan ibadah sholat 5 waktu. Karena kemungkinan jadwal sholat pada waktu WITA sesuai dengan daerah atau wilayah kamu. Berikut jadwal sholat untuk Kota Gorontalo hari ini:

Syarat Sholat 5 Waktu

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya kalau sholat 5 waktu merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam. Tentu ada alasan mengapa sholat disebut sebagai ibadah yang wajib, karena ibadah yang satu ini sudah mencakup bebeberapa ibadah lainnya.Ibadah-ibadah yang sudah ada di dalam sholat adalah zikir, tilawah, dan berdiri menghadap Allah SWT.

Bukan hanya itu saja, sholat juga mencakup ibadah sujud, tasbih, ruku’, takbir, dan juga doa kepada Allah SWT. Namun terlepas dari itu semua, apakah kamu tahu kalau sebenarnya masih banyak orang yang masih belum mengetahui tentang syarat sholat 5 waktu. Syarat pertama untuk bisa menunaikan ibadah sholat adalah beragama Islam.

Hal inilah yang kemudian membedakan umat Islam dengan agama lainnya. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya kalau ibadah sholat Islam hukumnya wajib bagi para muslim. Kemudian syarat selanjutnya dari sholat adalah balig atau sudah mencapai usia pubertas, karena sudah dianggap mencapai usia dewasa.

Maka dari itu bagi anak-anak yang belum mencapai usia balig masih belum diwajibkan untuk sholat, karena dianggap masih belum dewasa. Syarat selanjutnya dari sholat adalah memiliki akal, syarat yang satu ini memang memiliki hubungan dengan syarat sebelumnya. Karena seorang muslim yang sudah balig tentu saja berakal, dan bisa membedakan mana yang baik dan buruk.

Niat Sholat 5 Waktu

dailyherald.com

Setelah mengetahui apa saja syarat utama dari sholat 5 waktu, maka selanjutnya kamu harus mengetahui tentang niat untuk menjalankan ibadah sholat 5 waktu. Ibadah sholat 5 waktu sendiri bisa kamu lakukan 5 kali dalam sehari semua itu mencangkup ibadah, sholat subuh, sholat zuhur, sholat ashar, sholat maghrib, dan sholat isya.

Namun sebelum kamu bisa menjalankan ibadah wajib satu ini, kamu harus mengetahui terlebih dahulu niat-niat sholat 5 waktu. Karena jika kamu sudah mengetahui niat-niat tersebut, maka kamu tidak kebingungan lagi. Terlepas dari itu semua, kamu juga harus tahu berapa rakaat hingga apa keutamaan dari sholat 5 waktu. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini:

Sholat Subuh

Mungkin bagi umat Islam sudah mengetahui kalau ibadah sholat subuh dilakukan saat terbitnya fajar hingga munculnya matahari. Berbeda dengan ibadah sholat yang lainnya, ibadah sholat subuh ini dilakukan sebanyak 2 rakaat. Ibadah yang dilakukan sebelum memulai aktifitas ini tentu saja memiliki berbagai keutamaan yang tidak boleh dilewatkan oleh umat Muslim.

Keutamaan-keutamaan yang didapatkan dari ibadah sholat subuh adalah bisa mendapatkan banyak rezeki, bisa jadi penghalang masuk ke neraka, bisa masuk surga, jadi sumber cahaya ketika kiamat, dilindungi dari keburukan oleh Allah SWT, hingga terhindar dari golongan manusia yang munafik. Lalu bagaimana niat sholat subuh? Berikut ini niat sholat subuh beserta artinya:

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Artinya: Aku berniat untuk melakukan sholat fardu subuh 2 rakaat, sambil menghadap kearah qiblat, saat ini, karena Allah ta’ala

Sholat Zuhur

Ibadah sholat zuhur bagi umat Muslim ini dilakukan ketika matahari tergelincir dari posisi tengah-tengah langit, hingga membentuk bayangan yang panjangnya hampir sama. Berbeda dengan ibadah sholat subuh, untuk ibadah sholat zuhur ini dilakukan sebanyak 4 rakaat. Selain itu, ibadah sholat yang dilakukan saat tengah hari ini juga memiliki banyak keutamaan yang baik bagi umat Muslim.

Ada beberapa keutamaan sholat zuhur yang bisa kamu dapatkan seperti mendapatkan pahala sekaligus bisa terhindar dari dosa, derajatnya bisa diangkat oleh Allah SWT, menghapuskan dosa-dosa sebelumnya, hingga menjadi cahaya ketika berada di alam akhirat dan juga saat di hari kiamat. Lalu bagaimana niat sholat zuhur? Berikut ini niat sholat zuhur beserta artinya:

اُصَلِّيْ فَرْضَ الظُّهْرِ أَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Artinya: Aku berniat untuk melakukan sholat fardu dhuhur sebanyak 4 rakaat, sambil menghadap kearah qiblat, saat ini, karena Allah ta’ala

Sholat Ashar

Ibadah sholat selanjutnya adalah sholat Ashar, yang biasanya dilakukan oleh umat Muslim ketika matahari terlihat hampir terbenam atau ketika cahaya matahari belum menunjukkan warna kuningnya. Sama seperti ibadah sholat Zuhur, ibadah sholat Ashar ini dilakukan sebanyak 4 rakaat. Selain itu, ada beberapa keutamaan yang bisa didapatkan oleh umat Muslim ketika melaksanakan sholat ashar.

Beberapa keutamaan tersebut seperti, amalan akan terhapus bagi siapa yang meninggalkan sholat ashar, bida dapat pahala dua kali lipat, terhindar dari pintu api neraka, ibadah sholat ashar disaksikan secara langsung oleh malaikat, hingga menjadi pembeda dengan orang munafik. Lalu bagaimana niat sholat ashar? Berikut ini niat sholat ashar beserta artinya:

أُصَلِّى فَرْضَ العَصْرِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Artinya: Aku berniat untuk melakukan ibadah sholat fardu ashar 4 rakaat, sambil menghadap kearah qiblat, saat ini, karena Allah ta’ala

Sholat Maghrib

Selanjutnya ibadah sholat magrib yang biasanya dilakukan oleh umat Muslim ketika matahari mulai terbenam sampai fenomena mega merah sedikit demi sedikit menghilang. Berbeda dengan ibadah sholat yang sebelumnya, untuk ibadah sholat maghrib dilakukan sebanyak 3 rakaat. Selain itu, ada beberapa keutamaan dari ibadah sholat maghrib yang bisa didapatkan bagi para umat Muslim.

Beberapa keutamaan tersebut seperti umat Muslim harus menunaikan ibadah sholat maghrib tepat waktu agar selalu berada di kebaikan, menjaga diri dari godaaan setan dan juga jin, dapat menolong manusia ketika menghadapi ujian yang berat, hingga bisa mencegah dari adanya perbuatan keji. Lalu bagaimana niat ibadah sholat maghrib? Berikut ini niat sholat maghrib beserta artinya:

أُصَلِّى فَرْضَ المَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَ

Artinya: Aku berniat untuk melakukan ibadah sholat fardu maghrib 3 rakaat, sambil menghadap kearah qiblat, saat ini, karena Allah ta’ala

Sholat Isya

Selanjutnya, ibadah sholat isya yang biasanya dilakukan oleh para umat Muslim ketika sudah menghilang fenomena mega merah hingga munculnya fajar shadiq yang hampir saja terbit. Sama seperti ibadah sholat zuhur dan sholat ashar, ibadah sholat isya ini dilakukan sebanyak 4 rakaat. Selain itu, ibadah sholat isya ini juga memiliki berbagai keutamaan yang bisa didapatkan oleh para umat Muslim.

Beberapa keutamaan tersebut seperti, terhindar dari golongan orang yang munafik, dapat cahaya di hari kiamat nanti, dapat pahal yang setara dengan sholat semalam suntuk, hingga mendapatkan jaminan dari Allah SWT. Lalu bagaimana niat ibadah sholat isya? Berikut niat sholat isya beserta dengan artinya:

أُصَلِّى فَرْضَ العِشَاء ِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Artinya: Aku berniat untuk melakukan ibadah sholat fardu isya 4 rakaat, sambil menghadap kearah qiblat, saat ini, karena Allah ta’ala

Tata Cara Sholat 5 Waktu dan Doanya

onepathnetwork.com

Jika kamu sudah mengetahui niat dari ibadah sholat 5 waktu, selanjutnya adalah mengetahui tata cara untuk melaksanakan sholat 5 waktu. Karena jika kamu sudah mengetahui niat untuk melaksanakannya, rasanya belum lengkap jika kamu belum mengetahui bagaimana cara melaksanakan ibadah sholat 5 waktu yang disebut sebagai ibadah wajib untuk umat Muslim ini.

Langkah wajib yang perlu dilakukan setiap muslim sebelum melaksanakan ibadah sholat adalah berwudhu terlebih dahulu. Tindakan ini dilkukan agar kamu sudah dalam keadaan bersih dan suci ketika akan melaksanakan sholat 5 waktu. Selanjutnya adalah menghadap kearah kiblat umat Muslim yaitu Kota Makkah.

Lalu setelah melakukan langkah-langkah tersebut ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk melaksanakan ibadah sholat 5 waktu. Berikut ini tata cara sholat 5 waktu:

Takbiratul Ihram

Gerakan pertama yang perlu dilakukan oleh umat Muslim ketika sholat adalah takbiratul ihram. Adanya gerakan ini pun sebagai gerakan pertama untuk memulai sholat. Saat melakukan gerakan takbiratul ihram kamu harus mengucapkan kalimat Allahu Akbar. Pada posisi ini mata kamu harus menghadap ke arah sajadah atau tempat sujud.

Kemudian kamu harus mengangkat dua tangan kamu sampai bisa sejajar dengan telinga atau bahu, dengan posisi jari-jari kamu sudah dirapatkan. Selanjutnya, letakkan kedua tangan di dada kamu, dengan posisi tangan kanan kamu berada di atas punggung tangan kiri, atau juga bisa berada di atas lengan tangan kiri kamu.

Baca Doa Iftitah, Surah Al-Fatihah, dan juga Surah dari Al-Qur’an

Saat posisi tubuh kamu sudah di takbiratul ihram, maka setelah takbir kamu bisa melafalkan doa iftitah, yang kemudian dilanjutkan dengan melafalkan surah Al-Fatihah. Setelah selesai kamu bisa melafalkan salah satu surah yang ada di dalam Al-Qur’an. Pada bagian ini kamu dibebaskan untuk memilih surah apa yang ingin kamu lafalkan. Tapi kamu bisa melafalkan surah yang mudah dibaca.

Lakukan Gerakan Rukuk dan I’tidal

Ketika kamu sudah selesai membaca doa iftitah, surah Al-Fatihah, dan surah dari Al-Qur’an, maka kamu bisa melakukan gerakan selanjutnya yaitu rukuk dan I’tidal. Gerakan rukuk bisa kamu lakukan dengan mengangkat kedua tangan kamu sama seperti gerakan takbiratul ihram, kemudian lakukan gerakan rukuk.

Pada posisi ini kedua telapak kamu harus berada di kedua lutut kamu, dan kemudian kamu juga harus meluruskan punggung. Saat posisi ini kamu harus melafalkan bacaan lafadz rukuk yaitu, Subhaana rabbiya Al-‘adzimi sebanyak 3 kali. Jika sudah maka kamu harus melakukan gerakan I’tidal yang dilakukan dengan mengangkat kedua tangan kamu, mirip seperti gerakan takbiratul ihram.

Saat berada di posisi ini kamu bisa melafalkan doa I’tidal yaitu, Sami’a Allahu liman hamidah, lalu menurunkan kedua tangan kamu.

Sujud

Jika sudah melakukan gerakan di atas maka kamu harus melakukan gerakan selanjutnya yaitu, sujud. Pada gerakan ini dilakukan dengan menempelkan dahi, kedua telapak tangan, kedua lutut, hingga kedua ujung kaki kamu ke sajadah atau tempat sujud.

Saat berada di posisi ini pastikan pantat kamu ada di posisi yang lebih tinggi dibandingkan posisi kepala dan juga tangan kamu.

Duduk di antara Dua Sujud

Jika kamu sudah melakukan gerakan sujud, gerakan selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah duduk di antara dua sujud diikuti dengan melafalkan takbir namun tidak diikuti dengan mengangkat kedua tangan kamu. Saat berada di posisi ini kamu bisa meletakkan kedua telapak tangan kamu di paha atau lutut kamu.

Kemudian jika kamu sudah berada di posisi ini kamu harus melafalkan bacaan duduk di antara dua sujud yaitu: Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’aafinii wa’fu ‘annii. Jika sudah selesai maka lakukan kembali gerakan sujud seperti yang sudah kamu lakukan sebelumnya.

Bangkit dari Sujud

Jika kamu sudah melakukan gerakan sebelumnya, gerakan berikut yang bisa kamu lakukan adalah bangkit dari sujud. Apabila sudah maka kamu harus mengulang gerakan yang sama seperti sebelumnya yaitu, takbiratul ihram hingga sujud. Tentu saja gerakan tersebut harus kamu sesuaikan dengan berapa banyak rakaat sholat yang kamu lakukan.

Duduk Tasyahud Awal

Gerakan ini bisa kamu lakukan untuk sholat yang memiliki jumlah tiga dan empat rakaat. Duduk tasyahud awal ini dilakukan saat rakaat kedua dan juga setelah dua sujud. Saat kamu melakukan duduk tasyahud awal maka kamu harus duduk di atas mata kaki kiri kamu, dengan menegakkan kaki kanan kamu. Kemudian meletakkan ujung jari pada kaki kanan kamu seperti menghadap kearah kiblat.

Jika kamu sedang melakukan posisi ini, maka kamu harus melafalkan bacaan shalawat Nabi SAW yaitu, At-tahiyyaatul mubaarakatush shalawaatuth thayyibaatulillaahi. Assalaamu ‘alaika ayyuhan-nabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuhu. Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish-shaalihiina. Asyhadu an laa ilaaha illallaahu wa asyhadu anna Muhammadar Rasuulullaahi.

Duduk Tasyahud Akhir

Saat kamu sudah melakukan semua gerakan di atas maka kamu harus melakukan gerakan duduk tasyahud akhir yang ada di akhir rakaat. Pada posisi ini kamu harus meletakkan tangan kiri kamu diantara paha dan lutut kaki kiri kamu. Lakukan hal yang serupa untuk tangan kanan kamu. Lalu saat posisi ini renggangkan jari kamu, dan telunjuk kamu diacungkan.

Jika kamu melakukan posisi ini maka kamu harus melafalkan shalawat Nabi SAW yang memang untuk tasyahud akhir yaitu:

At-tahiyyaatul mubaarakatush shalawaatuth thayyibaatulillaahi. Assalaamu ‘alaika ayyuhan-nabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuhu. Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish-shaalihiina. Asyhadu an laa ilaaha illallaahu wa asyhadu anna Muhammadar Rasuulullaahi

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kamaa shallaita ‘ala Ibraahim wa ‘ala aali Ibrahim, innaka hamidun majiid. Allahumma baarik ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kamaa baarakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahimm innaka hamidun majiid.

Salam

Gerakan terakhir yang harus dilakukan untuk menutup sholat 5 waktu kamu adalah salam. Kamu bisa melakukan salam dengan menoleh ke kanan sampai kamu bisa melihat ke arah belakang, kemudian menoleh ke kiri sampai kamu bisa melihat ke arah belakang. Jika sudah melakukannya, maka kamu harus melafalkan bacaan salam yaitu:

Assalaamu ‘alaykum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Tips dan Keutamaan Menjaga Sholat Wajib 5 Waktu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya kalau kamu melaksanakan ibadah sholat 5 waktu, maka kamu akan mendapatkan berbagai keutamaan yang baik untuk kamu para umat Muslim. Namun ada beberapa keutamaan lain yang bisa kamu rasakan ketika menjaga sholat wajib 5 waktu. Bahkan, keutamaan ini tertulis pada Surah Adz Dzariyat ayat 56, yang berbunyi:

لِيَعْبُدُون إِلا وَالإنْسَ الْجِنَّ خَلَقْتُ وَمَا

Artinya: Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka semua menyembah-Ku

Keutamaan Menjaga Sholat Wajib 5 Waktu

Tentu keutamaan tersebut, bisa kamu dapatkan jika bisa menjaga sholat wajib 5 waktu kamu dengan baik. Namun sebelum itu, kamu harus mengetahui tentang apa saja keutamaan dan juga tips untuk menjaga sholat wajib 5 waktu. Lalu apa saja keutamaan dan juga tips-nya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini:

1. Dicintai Oleh Allah

Sholat tepat waktu lebih disukai Allah melebihi perbuatan baik lain seperti berbakti kepada orang tua atau berjihad. Hal ini tertulis langsung pada Hadist Riwayat Bukhari Muslim yang menyebutkan, Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah sholat pada waktunya, berbakti kepada orang tua dan jihad di jalan Allah.

2. Ditempatkan di Surganya Allah

Bisa dapat tempat di surga. Hal ini diriwayatkan langsung oleh Abu Daud dari Abu Qatadah bin Rib’iy yang mengabarkan kalau Rasulullah bersabda:

Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu sholat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barangsiapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan barangsiapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan.

3. Berguguran Dosanya

Dosanya berguguran seperti daun. Hal ini tertulis langsung pada Hadits Riwayat Ahmad yang berbunyi, Sesungguhnya seorang hamba yang muslim, jika menunaikan sholat dengan ikhlas karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran seperti gugurnya daun-daun ini dari pohonnya.

4. Mendapatkan pahala kebaikan yang besar

Akan mendapatkan pahala kebaikan yang lebih besar. Hal ini tertulis langsung pada Hadist Bukhari yang berbunyi:

Seandainya orang-orang mengetahui pahala adzan dan barisan sholat (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan berundi. Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan sholat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya.

Dan seandainya mereka mengetahui pahala sholat Isyak dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan jalan merangkak.

5. Mendapatkan 9 Kemuliaan dari Allah

Bisa dapat 9 macam kemuliaan. Hal ini tertulis langsung pada Hadits Riwayat Utsman bin ‘Affan RA yang berbunyi seperti ini:

Barang siapa selalu mengerjakan sholat lima waktu tepat pada waktu utamanya, maka Allah akan memuliakannya dengan sembilan macam kemuliaan, yaitu dicintai Allah, badannya selalu sehat, keberadaannya selalu dijaga malaikat, rumahnya diberkahi, wajahnya menampakkan jati diri orang shalih, hatinya dilunakkan oleh Allah.

6. Dimudahkan saat Akan Menyebrang Jembatan Shirath

Dipermudah saat akan menyeberang Shirath (jembatan di atas neraka) seperti kilat, dia akan diselamatkan Allah dari api neraka dan Allah Akan menempatkannya di surga kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih hati.

Menjadi sumber cahaya yang abadi. Hal ini tertulis langsung pada Hadits Riwayat Ahmad yang berbunyi, Siapa yang menjaga salat lima waktu, baginya cahaya, bukti dan keselamatan pada hari kiamat.

Siapa yang tidak menjaganya, maka ia tidak mendapatkan cahaya, bukti, dan juga tidak mendapat keselamatan. Pada hari kiamat, ia akan bersama Qorun, Fir’aun, Haman, dan Ubay bin Khalaf.

7. Terhindar dari Api Neraka

Bisa terhindar dari api neraka. Hal ini tertulis langsung pada Hadits Riwayat Muslim yang menyebutkan kalau Rasulullah pernah bersabda seperti ini, Tidak akan masuk neraka seseorang yang menjalankan salat sebelum terbit dan sebelum terbenamnya matahari.

5 Tips Menjaga Sholat Wajib 5 Waktu

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga sholat wajib 5 waktu kamu, agar tidak telat, diantaranya:

  1. Memasang aplikasi untuk pengingat sholat. Aplikasi jenis ini bisa langsung kamu unduh melalui handphone atau smartphone kamu.
  2. Membuat memo kecil jadwal sholat di meja kerja. Bagi kamu yang sedang bekerja, maka kamu bisa menulis memo kecil untuk mengingatkan sholat atau pun yang berisikan jadwal sholat.
  3. Membuat alarm pengingat sholat. Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memasang alarm pada handphone kamu untuk mengingatkan kapan waktu melaksanakan sholat.
  4. Bergaul dengan teman yang tidak pernah meninggalkan sholat. Tips yang satu ini biasanya sangat ampuh, karena nantinya kamu bisa tertular untuk rajin sholat dan tidak pernah telat menjalankannya.
  5. Istirahat jika mendengar adzan. Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan berhenti bekerja sebentar atau istirahat ketika mendengar adzan dan langsung bergegas sholat.

Azab Meninggalkan Sholat 5 Waktu

english.alarabiya.net

Tentu saja, jika kamu sudah melanggar atau meninggalkan sholat 5 waktu yang aturannya wajib dilakukan bagi para umat Muslim, maka kamu akan mendapatkan azab atau hukuman dari Allah SWT. Ada beberapa hukuman yang bisa kamu terima jika meninggalkan sholat yaitu:

Meninggalkan Sholat Subuh

Sholat subuh merupakan salah satu sholat wajib yang harus dilakukan oleh umat Muslim, karena jika tidak melakukan atau malah meninggalkannya maka akan mendapatkan azab berupa ditenggelamkan ke Neraka Jahanam oleh Allah SWT selama 60 tahun waktu akhirat, yang sama dengan 60 ribu tahun di dunia.

Meninggalkan Sholat Zuhur

Ada juga azab yang bisa kamu dapatkan jika kamu meninggalkan atau malah tidak melaksanakan ibadah sholat zuhur berupa, mendapatkan dosa yang setara dengan orang yang sudah membunuh 1000 muslim.

Meninggalkan Sholat Ashar

Sementara itu, untuk azab yang bisa kamu dapatkan kalau meninggalkan atau malah tidak melaksanakan sholat ashar adalah, mendapatkan dosa yang setara dengan orang yang sudah menghancurkan Ka’bah.

Meninggalkan Sholat Maghrib

Jika kamu meninggalkan atau tidak melaksanakan ibadah sholat maghrib maka kamu akan mendapatkan azab berupa, dapat dosa yang setara dengan orang yang sudah berzina dengan orang tua mereka sendiri.

Meninggalkan Sholat Isya

Kalau kamu tidak melaksanakan atau pun meninggalkan ibadah sholat isya maka kamu akan mendapatkan azab yang sangat berat yaitu, tidak mendapatkan ridho dari Allah SWT sekaligus mendapatkan dosa.

Namun, hanya ada empat golongan orang yang diperbolehkan untuk meninggalkan sholat 5 waktu yaitu, wanita haid atau nifas, orang gila, anak belum baligh, hingga orang yang tidak memeluk agama Islam.  Lalu jika seseorang tersebut lupa mengerjakan sholat, maka Rasulullah SAW berpesan agar mengerjakannya ketika ingat.


Baca juga: Cara Mengajarkan Anak Sholat 

Nah, itu dia tata cara sholat serta jadwal sholat yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk menjalankan ibadah wajib umat Muslim ini. Berbicara tentang sholat, kamu harus tahu kalau kamu sekarang bisa membeli peralatan sholat seperti, mukenah, sarung, dan sajadah di Blibli. Bahkan, kamu bisa mendapatkan mukenah dan sarung berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera download dan beli perlengkapan sholat yang kamu inginkan dengan kualitas yang oke banget di Blibli Hasanah sekarang juga!