Ketahui Jenis-jenis Zakat dan Cara Mudah Menghitungnya

Salah satu Rukun Islam yang wajib dilakukan adalah membayar zakat. Setiap tahunnya, seluruh umat muslim yang sudah memenuhi nisab harus membayar zakat dengan nominal yang dianjurkan. Buat Blibli Friends yang ingin membayar zakat di Blibli.com, langsung aja manfaatkan kalkulator zakat berikut supaya nominal yang dibayarkan sesuai dengan anjuran agama Islam. Selamat mencoba, ya!

Tentang Zakat

Hukum berzakat adalah wajib bagi umat muslim yang sudah mampu secara pendapatan atau dalam kata lain telah memenuhi nisab. Zakat sendiri berasal dari kata “zaka” yang berarti suci, baik, dan berkembang. Sesuai dengan asal muasal namanya, zakat ditujukan untuk membersihkan jiwa kita melalui berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudara kita di luar sana yang serba kekurangan. Dengan begitu, kita dapat meringankan beban hidup mereka.

Ada pula jenis-jenis zakat yang wajib dibayarkan setiap tahunnya. Apa saja jenisnya? Langsung aja yuk simak di bawah ini!

Zakat Profesi

Jika Kamu sudah bekerja dan punya penghasilan tetap, wajib hukumnya untuk membayar zakat profesi atau penghasilan. Besar kecilnya jumlah zakat ini, tergantung pada penghasilan Blibli Friends per bulannya. Zakat ini dibayarkan wajib dalam bentuk uang dan ada perhitungannya sendiri, berikut rumus perhitungannya:

Zakat yang dikeluarkan = (pendapatan bruto PER BULAN  X 2.5%) X 12 BULAN

Ada pun jumlah pendapatan bruto yang dimaksud harus memenuhi nisab. Jika tidak bisa sampai nisab, maka Kamu tidak diwajibkan membayar zakat. Nisab sendiri didapatkan dari perhitungan berikut:

nisab = harga beras per kg SAAT INI x 653

Sebagai contoh, anggap Blibli Friends memiliki penghasilan kotor Rp 10.000.000 per bulan. Lalu, harga beras saat ini mencapai Rp 11.000 per kilogram-nya. Dari data tersebut didapat nisab sebesar Rp 7.183.000. Karena penghasilan yang didapat melebih jumlah nisab, maka wajib hukumnya untuk membayar zakat profesi.

SUCIKAN KEMBALI HARTA KITA DENGAN BERZAKAT DI SINI

Zakat Maal

Berbeda dengan zakat profesi, zakat maal lebih mengacu pada jumlah harta atau aset yang kita miliki selama satu tahun terakhir. Jenis-jenis harta yang dihitung meliputi tabungan, deposito, emas, rumah, saham, mobil. Ada pun harta-harta yang dimiliki tersebut harus bebas dari biaya hutang, alias sudah lunas. Berikut cara perhitungannya:

Zakat yang dikeluarkan = (total harta kekayaan x 2.5%)

Wajib hukumnya untuk membayar zakat maal apabila total harta kekayaan yang dimiliki melebih nisab. Cara menghitung nisab sendiri sebagai berikut:

nisab = 85 X HARGA EMAS PER GRAM

BAYAR ZAKAT MAAL SEKARANG SEBELUM TERLAMBAT

Zakat Fitrah

Zakat ini adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim setiap tahunnya di bulan Ramadan. Batas terakhir pengeluaran zakat ini hingga salat hari raya Idul Fitri. Ada pun berikut cara perhitungannya:

zakat yang dikeluarkan = 3,5 liter harga beras per liter saat ini

Zakat yang Blibli Friends keluarkan untuk zakat fitrah ini dapat berupa uang atau pun beras. Apa pun bentuknya, zakat yang diberikan pasti akan berguna untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan.

JANGAN LUPA BAYAR ZAKAT FITRAH DI BLIBLI.COM


Berbagi #KebaikanRamadhan bisa jadi salah satu cara buat menabung pahala. Selain bisa membahagiakan orang lain, kewajiban sebagai umat muslim juga bisa terpenuhi. Supaya Blibli Friends tetap bisa bersyukur dan gak lupa berbagi dengan teman-teman yang membutuhkan. Karena di setiap harta yang kita miliki, sebagian kecil juga harga mereka.

Selain berzakat, Blibli Friends juga bisa membantu adik-adik penyandang kanker dan disabilitas ganda yang juga butuh uluran tangan kita. Bekerja sama dengan Kitabisa.com, Blibli.com membantu tiga yayasan seperti Yayasan Sayap Ibu, Pita Kuning, dan Precious One. Apabila donasi yang terkumpul mencapai Rp 1 Miliar, Blibli.com akan menggandakannya menjadi Rp 2 Miliar. Jadi, yuk sama-sama kita berbagi #KebaikanRamadhan di bulan yang penuh berkah ini.

YUK BERDONASI UNTUK PENYANDANG KANKER DAN DISABILITAS GANDA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY