me

7 Cara Mencegah Stretch Mark Saat Hamil, Tampil Percaya Diri!

Mar 26, 2024.By Ruth
Bagikan

freepik.com/author/frolopiaton-palm
Bagaimana, sih cara mencegah stretch mark saat hamil?

Bingung gimana cara mencegah stretch mark saat hamil? Yuk kenali dulu apa cirinya. Garis-garis berwarna putih, kemerahan atau pink yang umumnya muncul di sekitar area perut, pinggul, pantat, paha dan payudara umum terjadi pada masa kehamilan. Sebetulnya munculnya garis-garis tersebut atau sering disebut stretch mark ini nggak sakit, sih. Cuma jadi kurang oke dilihat dan bikin kurang percaya diri setelah masa kehamilan dan melahirkan.

Stretch mark sebetulnya nggak hanya terjadi pada ibu hamil tapi bisa juga muncul pada orang yang obesitas atau tengah menjalani pengobatan tertentu. Penyebab munculnya stretch mark bisa karena suka mager, genetik, cairan ketuban berlebih dan hamil di usia muda. Nah, buat ibu hamil stretch mark bisa dicegah, kok langsung cek cara mencegah stretch mark saat hamil berikut ini.

Baca juga : 


Tetap Aktif Bergerak

Tetap Aktif Bergerak
freepik.com/author/freepik

Walaupun sudah tidur dengan cukup tapi sebagian ibu hamil ada yang bawaannya ngantuk melulu dan ingin tidur atau sekedar leyeh-leyeh. Nggak masalah, sih tidur, tapi usahakan jangan berlebihan. Tetap beraktivitas seperti biasa asalkan lebih berhati-hati. 

Sempatkan untuk rutin beraktivitas fisik. Nggak hanya lebih baik untuk kesehatan tapi dengan tetap aktif bergerak bisa membantu mencegah timbulnya stretch mark atau setidaknya walaupun muncul kondisinya nggak sampai parah.

Melakukan olahraga seperti senam hamil, jalan kaki, berenang dan yoga juga oke dilakukan supaya kulit tetap elastis. Durasinya nggak perlu lama, cukup 20-30 menit per hari. Namun bila ragu, bisa konsultasikan dulu pada dokter jenis olahraga apa yang cocok dengan kondisi kamu.

Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi

Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi
freepik.com/author/freepik

Untuk membantu lebih meningkatkan kesehatan dan kelembapan kulit, ibu hamil perlu menjalani diet sehat sesuai yang dianjurkan oleh dokter. Biasanya dokter akan menyarankan diet yang sudah disesuaikan dengan kondisi kehamilan dan kesehatan kamu serta janin. 

Bisa mengkonsumsi makanan bergizi tinggi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Makanan yang tinggi protein (telur, dada ayam, tahu, tempe, ikan), zinc (bayam, daging sapi, ikan) dan makanan yang mengandung vitamin C, D dan E.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi biji-bijian (oatmeal, roti gandum) dan kalsium (susu). Disarankan untuk menghindari atau mengurangi makanan yang tinggi lemak, gula dan garam. Dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi selama masa kehamilan, selain kesehatan ibu dan janin tetap terjaga maka kondisi kulit pun tetap oke dan stretch mark enggan muncul.

Terhidrasi dengan Baik

Terhidrasi dengan Baik
freepik.com/author/tonefotografia

Dalam masa kehamilan sangat dianjurkan untuk memperhatikan kebutuhan akan cairan yakni mengkonsumsi air sebanyak 2 liter per hari atau sekitar 8 gelas. Dengan kebutuhan air yang tercukupi maka akan membuat kulit terhidrasi dengan baik, nggak kering, elastis dan sehat. Kondisi kulit seperti itu bisa membantu mencegah timbulnya stretch mark pada masa kehamilan.

Buat yang nggak bisa lepas dari kafein, selama masa kehamilan lebih baik stop dulu, deh. Minuman seperti kopi bisa bikin dehidrasi dan bisa lebih meningkatkan risiko munculnya stretch mark. Selama masa kehamilan kebiasan ngopi sebisa mungkin diganti dengan minum jus buah atau air lemon hangat yang bisa membantu membuat kulit terhidrasi dengan baik. 

Kontrol Berat Badan

Kontrol Berat Badan
freepik.com/author/bearfotos

Saat hamil, nafsu makan bisa meningkat yang membuat makanan apa saja yang terlihat mata tampak lezat dan ingin menikmatinya. Nggak hanya makanan berat, acara ngemil pun ikut-ikutan bertambah. Nafsu makan meningkat memang hal yang wajar tapi perlu diketahui, kalau selama masa kehamilan kebutuhan kalori memang sedikit bertambah jadi berat badan perlu dikontrol.

Mengelola berat badan saat hamil nggak hanya oke buat kesehatan dan membuat tubuh tetap fit tapi juga bisa membantu mengurangi risiko munculnya stretch mark yang parah. Coba, deh konsultasikan dengan dokter tentang diet sehat selama masa kehamilan. Nantinya dokter akan memberi saran yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kandungan kamu.

Penuhi Kebutuhan Vitamin C dan D

Penuhi Kebutuhan Vitamin C dan D - cara mencegah stretch mark saat hamil
freepik.com/author/gpointstudio

Untuk memproduksi kolagen yang bermanfaat menjaga elastisitas kulit, membutuhkan asupan vitamin C yang cukup. Jadi saat dalam masa kehamilan pastikan untuk memenuhi asupan akan vitamin ini karena bisa mencegah stretch mark. Selain dari buah jeruk, mangga dan tomat, vitamin C juga bisa didapat dari sayuran seperti brokoli dan kangkung. 

Nggak hanya vitamin C, perhatikan juga asupan vitamin D yang bisa kamu temukan dalam produk susu, yogurt dan sereal. Jangan lupa sempatkan untuk berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi. Dengan asupan vitamin D yang tercukupi, risiko munculnya stretch mark juga bisa lebih kecil.

Penuhi Kebutuhan Vitamin E

Penuhi Kebutuhan Vitamin E - cara mencegah stretch mark saat hamil
freepik.com/author/gpointstudio

Selain vitamin C dan D, yang nggak kalah penting diperhatikan adalah asupan akan vitamin E. Vitamin ini dikenal punya kandungan antioksidan yang bisa melindungi jaringan tubuh dari zat yang membahayakan. Nggak hanya itu, vitamin E juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit supaya kondisi kulit tetap elastis, lembap dan mengurangi risiko stretch mark.

Nah, sumber vitamin E bisa didapat dari alpukat, kiwi, tomat, pepaya, bayam, brokoli, kacang almond, salmon, labu dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengkombinasikan makanan sumber vitamin E tersebut dengan makanan lainnya sehingga kebutuhan nutrisi harian kamu tercukupi.

Rajin Melembapkan Kulit

Rajin Melembapkan Kulit - cara mencegah stretch mark saat hamil
freepik.com/author/freepik

Stretch mark bisa dicegah dan dikurangi dengan rajin melembapkan kulit setiap hari untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit. Melembapkan kulit ini juga bisa mencegah munculnya stretch mark akibat peregangan kulit yang sudah melebihi batas elastisitas kulit karena kenaikan berat badan yang cepat.

Selain itu dengan rajin melembapkan kulit juga bisa membantu mengurangi rasa gatal atau kulit menjadi kering saat hamil. Kamu bisa melembapkan kulit di area perut, pantat, payudara, pinggang dan paha dengan cream khusus, serum stretch mark, minyak zaitun dan lainnya sebanyak 2 kali sehari setelah mandi.

Namun pastikan memilih produk pelembap kulit yang kualitasnya terpercaya, kandungannya aman untuk ibu hamil dan nggak bikin iritasi.


Baca juga : 

Itulah beberapa cara mencegah stretch mark saat hamil yang bisa kamu lakukan. Jadi nggak perlu galau lagi, ya. Nah, jika Blibli Friends ingin beli serum stretch mark, cream stretch dan produk lainnya  bisa banget, lho mampir ke toko online terpercaya Blibli. Pilihan produk ada banyak dari berbagai merek terpercaya dengan kualitas yang nggak perlu diragukan.

Harganya juga oke punya dan belanja bisa lebih hemat karena banyak penawaran promo buat pelanggan setia Blibli. Cukup pilih produk yang kamu mau, selesaikan pembayaran dan nggak pakai menunggu lama produk pilihanmu akan dikirim sesuai alamat tujuan. jadi mulai sekarang pastikan belanja serum stretch mark dan kebutuhan lainnya hanya di Blibli.

Tag: