Memasak Enak Nggak Perlu Ribet, Kok! Coba Resep Semur Ayam Bango Berikut Ini, Yuk!

Mar 27, 2018.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Kuliner Nusantara memang tersohor akan cita rasa yang kaya akan bumbu-bumbunya. Namun, seringkali hal ini menimbulkan stigma bahwa pembuatan makanan khas Nusantara seperti semur ayam itu sulit!

Bagi kamu yang ingin mematahkan stigma itu, coba deh salah satu hidangan khas Nusantara, yakni resep semur ayam Bango dari Blibli.com berikut! Resepnya mudah dan dapat kamu praktikkan di rumah untuk hidangan santapan sendiri ataupun keluarga. Pembuatannya sederhana, dan bumbunya nggak neko-neko! Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

LEBIH PRAKTIS LAGI, BELI VOUCHER KULINER INDONESIA DI SINI!

Manfaat Daging Ayam

Daging ayam ternyata punya banyak manfaat loh, yuk simak.

  1. Membantu tumbuh kembang anak

Kandungan fosfor dan kalsium pada daging ayam ternyata baik loh untuk tumbuh kembang anak. Hal ini dikarenakan kedua kandungan tersebut berperan besar dalam pembentukan tulang dan gigi.

2. Membuang racun dalam tubuh

Wah, ternyata kandungan protein dalam daging ayam berfungsi membuang racun dalam tubuh loh. Racun tersebut biasanya muncul dari makanan dan minuman sembarangan yang kamu konsumsi. Yuk, jaga pola makan agar terhindar dari racun menumpuk dalam tubuh.

3. Mengatur kadar kolesterol

Banyak yang menyangka daging ayam justru memiliki kadar kolesterol jahat padahal anggapan ini salah ya. Yang benar adalah justru daging ayam berfungsi mengatur kadar kolesterol dalam tubuh kamu. Hal ini dikarenakan daging ayam memiliki kandungan niacin yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat. Tapi, untuk memaksimalkan manfaat ini, konsumsi daging ayam dengan cara di rebus ya tanpa adanya campuran bahan lainnya.

4. Membantu pembentukan otot

Untuk kamu yang pengen meningkatkan masa otot, daging ayam adalah jawabannya. Kandungan protein daging ayam ternyata bagus loh untuk meningkatkan masa otot. Makanya, buat orang yang nge-gym untuk bikin otot di badan, mereka selalu mengonsumsi dada ayam. Bagian ayam yang cocok untuk menambah massa otot adalah bagian dada dan paha dengan jumlah protein 25 sampai 30 gram dalam satu potongnya.

5. Mengurangi gejala PMS

Sering mengalami mood swing selama mendekati tanggal haid? Coba deh konsumsi daging ayam. Daging ayam ternyata mengandung magnesium loh. Nah, magnesium ini mampu melawan beragam perubahan suasana hati yang umumnya dialami oleh wanita ketika masa menstruasi.

6. Mengurangi Stress

Vitamin B5 dan tryptophan yang ada pada daging ayam ternyata mampu mengurangi stres loh. Hal ini dikarenakan adanya efek tenang pada saraf manusia yang diberikan oleh kedua zat tersebut. Makanya, suasan hati dapat terasa diperbaiki dan produksi serotonin dalam otak pun melimpah.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam daging ayam baik loh untuk kulitmu. Kandungan ini membuat kulit lebih kenyal, lembut, dan tentunya terhindar dari keriput. Selain itu, daging ayam juga memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk kulit tubuh.

Apa saja yang harus dipersiapkan?

semur ayam
Via – ResepKoki

BAHAN:
½ ekor ayam, potong menjadi 6 bagian atau sesuai selera, goreng hingga setengah matang.
3 buah kentang, kupas dan potong menjadi 6 bagian atau sesuai selera, goreng hingga matang.
1 batang serai, memarkan.
100 ml kecap manis Bango.
1 bungkus Royco rasa ayam.
½ butir pala, parut atau haluskan.
½ sdt merica putih bubuk.
¼ sdt garam.
1 liter air.
3 sdm minyak untuk menumis.
2 sdm bawang merah goreng.

BAHAN UNTUK MEMBUAT BUMBU:
5 siung bawang merah.
5 siung bawang putih.
2 cm jahe.

CARA MEMASAK:
Untuk langkah pertama, haluskan bumbu-bumbu yang terdiri dari 5 siung bawang merah dan bawang putih, serta 2 cm jahe. Setelah bumbu halus, tumis menggunakan sedikit minyak dengan tambahan serai hingga baunya harum.

Kemudian, masukkan ayam dan aduk rata hingga bumbu-bumbu menyelimuti seluruh bagian ayam. Namun, jangan terlalu sering mengaduk karena dapat merusak tekstur makanan dan membuat pematangan memakan waktu lebih lama.

Tambahkan kentang, kecap manis Bango, Royco ayam, pala, merica bubuk, garam, dan air. Aduk sebentar dan diamkan hingga mendidih.  Agar daging ayam matang merata dan bumbu-bumbu meresap sempurna, gunakanlah api kecil saat memasak hingga kuah semur ayam mengental.
Terakhir, jika semur ayam sudah matang, tambahkan bawang merang goreng di atasnya untuk penyajian porsi 3 orang.


Setelah membaca resep di atas, masihkah kamu berpikir bahwa memasak kuliner nusantara itu sulit? Resep semur ayam Bango di atas memang jawaban untuk tips memasak sederhana namun enak yang bisa disajikan di rumah. Sekadar tambahan, jika kamu menyukai pedas, kamu bebas menambahkan cabe potong sebagai irisan ataupun dihaluskan bersama dengan bumbu-bumbu lainnya.

Resep semur ayam Bango sudah selesai diberikan, nih! Saatnya kamu mempraktikkannya di rumah. Bagi kamu yang belum memiliki bahan-bahan yang disebutkan di atas, langsung buruan belanja! Biar lebih gampang, langsung pesan online via Blibli Mart aja, yuk! Nikmati same day delivery, beragam cara pembayaran, dan gratis ongkirnya!

MAKIN HEMAT NIH DENGAN PAKET GROCERIES, KLIK DI SINI!

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel