me

Cara Mencegah dan Mengatasi Stretch Mark Pada Saat Hamil

Aug 22, 2023.By
Bagikan

thebump.com
rutin pakai krim dan korset untuk mengatasi stretch mark berlebih!

Cara Mencegah dan Mengatasi Stretch Mark Pada Saat Hamil — Selama kehamilan, tubuh mengalami pertumbuhan yang cepat untuk menampung perkembangan janin. Peregangan kulit yang tiba-tiba ini dapat menyebabkan peregangan elastisitas kulit dan timbulnya stretch mark. Perubahan hormon, terutama peningkatan hormon kortisol, dapat memengaruhi elastisitas kulit dan menyebabkan stretch mark.

Meskipun stretch mark adalah hal umum selama kehamilan dan nggak berbahaya secara medis, banyak ibu hamil merasa nggak nyaman atau khawatir dengan penampilannya. Meskipun nggak mungkin sepenuhnya mencegah stretch mark, ada beberapa tindakan yang dapat kamu lakukan untuk membantu mengurangi risiko atau penampilan stretch mark di kulitmu.

Baca juga: Resep MPASI 6 Bulan Pertama Homemade


Cara Mencegah dan Mengatasi Stretch Mark Pada Saat Hamil

Cara Mencegah dan Mengatasi Stretch Mark Pada Saat Hamil
momsintofitness.com

Mencegah dan mengatasi stretch mark selama kehamilan adalah hal yang diinginkan oleh banyak ibu hamil. Meskipun nggak mungkin untuk sepenuhnya mencegah stretch mark, ada langkah-langkah yang dapat kamu ambil untuk mengurangi risiko dan mengelola penampilan stretch mark selama kehamilan.

Cara Mencegah Stretch Mark

Kalau belum, kamu juga bisa mencegahnya dengan cara-cara di bawah ini:

Perawatan Kulit

Cara Mencegah dan Mengatasi Stretch Mark Pada Saat Hamil
verywellfamily.com

Rajinlah mengoleskan pelembap atau minyak khusus untuk kehamilan pada area-area yang rentan terhadap stretch mark, seperti perut, pinggul, payudara, dan paha. Ini membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi risiko timbulnya stretch mark.

Gaya Hidup Sehat

Cara Mencegah dan Mengatasi Stretch Mark Pada Saat Hamil

Pertahankan berat badan yang sehat dan stabil selama kehamilan dengan menjaga pola makan yang seimbang dan berolahraga secara teratur.

Minum Air Putih

Cara Mencegah dan Mengatasi Stretch Mark Pada Saat Hamil
intermountainhealthcare.org

Pastikan kamu cukup terhidrasi dengan minum banyak air putih setiap hari. Kulit yang terhidrasi lebih elastis.

Nutrisi yang Baik untuk Kulit

Cara Mencegah dan Mengatasi Stretch Mark Pada Saat Hamil
thesun.co.uk

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi penting untuk kesehatan kulit, seperti vitamin C, vitamin E, zinc, dan asam lemak omega-3.

Suplemen

Cara Mencegah dan Mengatasi Stretch Mark Pada Saat Hamil
thebump.com

Bicarakan dengan doktermu mengenai penggunaan suplemen seperti vitamin E atau kolagen, yang dapat membantu menjaga elastisitas kulit.

Hindari Kenaikan Berat Badan yang Drastis

Cara Mencegah dan Mengatasi Stretch Mark Pada Saat Hamil
neevababy.com

Kenaikan berat badan yang terlalu cepat dapat meningkatkan risiko stretch mark. Cobalah untuk menyesuaikan kenaikan berat badan dengan panduan dari dokter.

Cara Mengatasi Stretch Mark

Kalau kamu sudah mempunyai stretch mark saat kehamilanmu, kamu bisa menggunakan cara-cara ini untuk mengatasi stretch mark tersebut.

Krim atau Minyak yang Mengandung Retinoid

dwhmedspa.com

Beberapa krim atau minyak yang mengandung retinoid (vitamin A turunan) dapat membantu merangsang produksi kolagen dan memperbaiki penampilan stretch mark. Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan doktermu sebelum menggunakannya, terutama selama kehamilan.

Pijatan

verywellfamily.com

Pijatan ringan pada area stretch mark dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mempromosikan regenerasi sel kulit.

Laser atau Terapi Cahaya

sdbotox.com

Beberapa prosedur medis seperti terapi laser atau terapi cahaya tertentu dapat membantu memudarkan stretch mark. Namun, ini sebaiknya dilakukan setelah kehamilan dan setelah berkonsultasi dengan dokter.

Konsultasi dengan Dokter Kulit

parenting.firstcry.ae

Jika kamu merasa perlu mengatasi stretch mark secara lebih intensif, konsultasikan dengan dokter kulit atau profesional medis. Mereka dapat memberikan saran dan tindakan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Rekomendasi Produk untuk Mencegah dan Mengatasi Stretch Mark pada Saat Hamil

Kamu membutuhkan daftar produk di bawah ini kalau kamu sedang ingin mencegah dan mengatasi stretch mark di saat kehamilanmu:

MOOIMOM Korset

Korset yang dirancang dengan material elastis dan memberikan dukungan pada area yang rentan terhadap stretch mark, seperti perut, pinggul, dan payudara, dapat membantu menjaga elastisitas kulit. Dukungan ini dapat membantu mengurangi tegangan pada kulit yang dapat menyebabkan peregangan berlebihan.

MOOIMOM Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan - White

Nggak seperti korset lainnya yang umumnya tersedia, Long Breathable Boned Corset dari MOOIMOM memiliki desain ergonomis yang mengikuti kontur tubuh. Dibuat dengan elastis yang mengelilingi, korset ini mampu memberikan pengetatan pada area perut dan pinggang. Maka dari itu, ini adalah pilihan yang cocok bagi individu yang mengalami kendala pada pinggang.

Eve Maternity Stagen

Stagen yang tepat dapat membantu mengurangi gesekan kulit yang dapat memperburuk kondisi stretch mark. Dengan mengurangi gesekan, stagen dapat membantu mencegah iritasi dan merusak lebih lanjut pada kulit yang rentan.

Eve Maternity LSE025 Stagen Korset Melahirkan Semua Ukuran - Cream

Salah satu fitur unggulan dari stagen Eve Maternity ini adalah desain bintik lubang yang strategis. Bintik lubang ini memberikan sirkulasi udara yang optimal pada area perut dan pinggul, membantu menjaga kulit tetap kering dan mengurangi rasa nggak nyaman. Hal ini sangat penting untuk kenyamanan dalam periode pasca melahirkan, di mana tubuh kamu masih beradaptasi dengan perubahan fisik yang terjadi.

Mama’s Choice Stretch Mark Cream

Mama’s Choice Stretch Mark Cream adalah sebuah krim yang telah dirancang secara khusus untuk ibu hamil dan menyusui. Selain berfungsi dalam mencegah dan mereduksi tampilan stretch mark, krim ini juga memiliki kemampuan untuk mengatasi rasa gatal pada kulit yang sering muncul selama kehamilan atau setelahnya. 

Mama's Choice Stretch Mark Cream

Kandungan Lipobelle Soyaglicone dalam krim ini membantu mengencangkan kulit dengan efektif, membantu mengurangi tampilan stretch mark dan menjaga elastisitas kulit. Sedangkan, Aloe Vera dikenal dengan sifat penyembuhannya. Aloe Vera membantu mengurangi rasa gatal dan memberikan efek menenangkan pada kulit yang tegang.

Mustela Stretch Mark Cream

Krim ini juga memiliki peran penting dalam perawatan stretch marks yang baru terbentuk pada ibu hamil dan setelah melahirkan. Keamanan penggunaan krim ini telah dijamin bagi ibu hamil, dan formulanya bebas dari aroma yang berpotensi menyebabkan sensitivitas pada kondisi ibu hamil. 

Mustela Stretch Marks Cream (150 mL)

Salah satu bahan penting yang terkandung dalam krim ini adalah Avocado peptides, yang berkontribusi dalam memperkuat elastisitas kulit. Bahan alami ini membantu menjaga kulit tetap fleksibel dan elastis, mengurangi kemungkinan peregangan berlebihan yang dapat menyebabkan stretch marks.

Buds Organic Stretch Mark Cream

Dengan perpaduan kandungan ekstrak Jojoba, Shea butter, Minyak bunga Matahari, dan Inca Inchi, formula ini telah dirancang dengan cermat untuk memberikan perawatan yang efektif dan penyembuhan bagi bekas stretch mark setelah melahirkan.

Buds Organics Beautiful Blooming Belly Stretch Mark Cream - Lotion atau Krim Pellindung dan Perawatan Kulit Ibu Hamil

Dengan menggunakan krim yang mengandung ekstrak Jojoba, Shea butter, Minyak bunga Matahari, dan Inca Inchi, kamu memberikan perawatan intensif untuk bekas stretch mark pasca melahirkan.

Oleca Slimming Oil

Slimming oil dari Oleca ini bisa mengurangi tampilan stretch mark dan selulit dengan signifikan. Mendorong proses detoksifikasi tubuh dengan merangsang keluarnya racun melalui proses berkeringat. 

Zivva Paket Korset + Oleca Slimming Oil

Selain itu, manfaat tambahan dari program ini adalah efek yang terlihat pada perubahan ukuran lingkar perut, lengan, pinggang, dan paha, memberikan bentuk tubuh yang lebih proporsional.


Baca juga: 6 Menu MPASI 7 Bulan, Dijamin Sehat dan Bayi Jadi Lahap!

Demikian rekomendasi produk yang bisa membantumu mencegah dan mengatasi stretch mark saat hamil dan melahirkan. Dapatkan semua produk tersebut hanya di Blibli dengan jaminan keaslian dan mutu yang tinggi. Soal keperluan ibu & anak, Blibli adalah solusinya!

Tag: