me

Resep MPASI 6 Bulan Pertama Homemade

Jun 06, 2023.By
Bagikan

apollocradle.com

Selain bernutrisi, resep MPASI 6 bulan pertama homemade ini juga mudah dibuat.

Resep MPASI 6 Bulan Pertama Homemade — Senang rasanya melihat buah hati kini menginjak usia 6 bulan. Selain makin aktif, di waktu ini dia udah mulai boleh belajar mengenal tekstur makanan yang lain selain ASI. Walaupun di luar sana banyak bubur MPASI instan yang siap saji, namun akan lebih baik kalau kamu membuatnya sendiri di rumah agar bisa mengontrol nutrisi yang masuk ke dalam tubuh bayi.

Kabar baiknya adalah memasak MPASI homemade itu ternyata gampang banget, selama semua bahannya udah tersedia di rumah. Makanya, pastikan kamu punya koleksi resep MPASI 6 bulan pertama homemade yang memadai supaya tiap harinya bisa memberikan menu nikmat yang bikin si Kecil semangat belajar makan. Di bawah ini adalah beberapa resep yang bisa kamu coba.

Baca juga: Apa Itu GTM pada Bayi? Blibli Friends Wajib Tahu!


Bubur Oatmeal Salmon

Bubur Oatmeal Salmon
jennskitchendiary.com

Resep bubur MPASI pertama yang bisa kamu coba adalah bubur oatmeal salmon. Beberapa bahan yang perlu dipersiapkan adalah 2 sdm oat, 30 gram daging ikan salmon segar, 1 siung bawang putih, 15 gram kabocha atau labu kuning, seledri secukupnya, dan air. Cuci semua bahan tersebut sampai bersih sebelum mengolahnya.

Cara pembuatannya dimulai dari mencincang salmon hingga ukurannya kecil, kemudian kukus dengan tambahan bawang putih yang udah digeprek dan taburan daun seledri di atasnya. Kukus hingga matang dan berubah warna, lalu sisihkan. Setelahnya, kukus kabocha hingga lunak, sisihkan. Untuk oat, kamu bisa memasaknya dengan air hangat hingga menjadi bubur.

Setelah semua bahan matang dan empuk, masukkan ke dalam blender lalu haluskan. Keluarkan dari blender, lalu saring supaya teksturnya lebih lembut dan cocok dengan kemampuan mengunyah bayi berusia 6 bulan. Bubur oat salmon siap disajikan. Akan lebih nikmat jika bubur disantap dalam kondisi hangat, ya.

Bubur Kentang, Bayam, Ayam

pickyeaterblog.com

Bayam emang bahan makanan juara yang bukan hanya bermanfaat buat orang dewasa, namun juga bayi yang baru belajar makan. Selain teksturnya yang lembut dan mudah dicerna, bayam punya banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah, yaitu zat besi. Nah, kali ini coba deh, bikin bubur kentang, bayam, dan ayam yang lezat untuk buah hati.

Baby Safe LB009 Slow Cooker - Pink 0.8L

Bahan yang dibutuhkan adalah ½ potong dada ayam segar, 3 lembar daun bayam segar, 1 batang daun bawang, 1 lembar daun salam, ½ buah kentang sedang, dan air. Kalau udah siap semua, kamu bisa mulai langkah pertama yaitu merebus dada ayam. Rebus dada ayam hingga mengeluarkan lemak, lalu buang airnya. Rebus kembali dada ayam dengan air yang bersih hingga empuk, sisihkan.

Selanjutnya, kukus kentang dan daun bawang sampai lunak dan masukkan bayam. Jika semua bahan udah lunak, kamu bisa langsung memasukkannya ke dalam blender dan tambahkan sedikit air untuk menghaluskannya sampai benar-benar lembut. Saring bubur tersebut supaya nggak ada gumpalan kasar di dalamnya. Bubur kentang, bayam, ayam siap disajikan hangat.

Bubur Beras Merah Tahu

Bubur Beras Merah Tahu
food-safety.com

Siapa sih, yang nggak kenal dengan beras merah? Jenis beras ini diklaim lebih sehat dibandingkan beras putih karena memiliki kadar gula lebih rendah dan kandungan serat lebih tinggi. Kelebihan inilah yang juga bisa diberikan pada buah hati lewat bubur beras merah tahu. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 sdm tepung beras merah, 1 potong tahu putih yang udah dikukus dan kaldu ayam.

Cara memasaknya adalah sebagai berikut. Siapkan kaldu ayam, rebus hingga mendidih. Lalu masukkan tepung beras merah ke dalam kaldu dan aduk-aduk hingga mengental. Jika bubur beras merah udah meletup-letup, itu tandanya udah matang. Segera angkat dan dinginkan sebentar. Dalam kondisi hangat, masukkan bubur beras merah dan tahu kukus ke dalam blender, haluskan.

Eits, jangan langsung disajikan pada si Kecil! Setelah diblender, saring dulu bubur tersebut supaya nggak ada gumpalan kasar yang membuatnya tersedak. Setelah disaring dan tekstur buburnya benar-benar lembut, barulah kamu bisa menyajikannya sebagai menu MPASI sehat dan mengenyangkan dalam kondisi hangat supaya lebih nikmat.

Puree Alpukat Pisang

resep mpasi 6 bulan pertama homemade Puree Alpukat Pisang
mykidslickthebowl.com

MPASI bayi usia 6 bulan nggak harus selalu mengandung karbohidrat dari nasi atau kentang. Kamu juga boleh lho, memberikan bubur buah sebagai selingan yang biasa disebut dengan puree. Kali ini, kamu bisa membuatkan puree alpukat pisang untuknya. Bahan yang dibutuhkan hanya tiga, yaitu alpukat matang, pisang ambon, dan sedikit susu formula atau air.

Cara pembuatannya gampang banget. Pertama, ambil alpukat lalu belah jadi dua. Ambil daging buahnya menggunakan sendok kemudian masukkan dalam mangkok ukuran sedang. Haluskan buah alpukat tersebut menggunakan garpu atau sendok. Kedua, ambil buah pisang ambon kemudian kerok daging buahnya dan campurkan dalam mangkok alpukat tadi.

Hancurkan daging alpukat dan pisang sampai benar-benar lembut. Supaya lebih mudah, kamu bisa menambahkan sedikit susu formula yang biasa diminum buah hati. Haluskan sampai mendapatkan tekstur lembut yang diinginkan dan sajikan untuk menu MPASI buah hati hari ini. Mengingat alpukat dan pisang adalah buah yang mudah teroksidasi, ada baiknya untuk langsung menghabiskannya.

Puree Pisang Ubi Ungu

Puree Pisang Ubi Ungu
pickyeaterblog.com

Bosan dengan puree alpukat? Tenang, masih ada referensi resep MPASI puree buah lainnya yaitu puree pisang ubi ungu. Dari namanya, kamu pasti tahu bahwa bahan utama dari menu ini adalah pisang ambon dan ubi ungu yang manis. Selain itu, untuk menambah citarasa dan nutrisinya kamu bisa menambahkan 2 butir kurma matang.

Cara pembuatannya adalah kukus ubi ungu hingga matang, sisihkan. Di mangkok sedang, kerok pisang ambon untuk mengambil daging buahnya, tambahkan ubi ungu yang udah dikukus tadi dan daging buah kurma matang. Haluskan secara manual dan tambahkan susu formula hingga mendapatkan tekstur bubur puree yang diinginkan.

Jika kesulitan menghaluskan bubur karena tambahan buah kurma yang kadang agak berserat, kamu bisa memprosesnya dengan blender. Tapi ingat, proses dalam blender sebentar saja karena panas dari mesin bisa membuat daging buah teroksidasi. Jangan lupa tambahkan susu formula untuk membuat teksturnya sempurna. Puree pisang ubi ungu siap disajikan untuk menu makanan bayi 6 bulan hari ini.


Baca juga: Rekomendasi Slow cooker untuk MPASI Terbaik 

Memberikan menu MPASI yang berbeda setiap harinya dapat membantu bayi mengenali rasa makanan yang beragam. Supaya proses memasaknya jadi lebih mudah, kamu bisa menggunakan slow cooker yang ada di etalase Blibli. Dapatkan produk dari berbagai brand ternama yang terjamin mutunya dengan harga bersahabat. Jangan lupa pakai voucher gratis ongkirnya ya, supaya belanja jadi lebih hemat.

Tag: