me

6 Menu MPASI 7 Bulan, Dijamin Sehat dan Bayi Jadi Lahap!

Jun 06, 2023.By Ruth
Bagikan

pediatricsofflorence.com

Ini dia menu MPASI 7 bulan yang bisa kamu coba!

Menu MPASI 7 Bulan — Ketika sudah memenuhi usia tertentu bayi nggak hanya membutuhkan ASI saja untuk memenuhi kalori dan gizi hariannya. Sehingga dibutuhkannya pemberian MPASI atau makanan pendamping ASI yang harus disesuaikan juga dengan kemampuan mencerna di usianya. Untuk itu kamu bisa cek dulu beberapa rekomendasi menu MPASI 7 bulan di bawah ini!

Baca juga: Apa Itu GTM pada Bayi? Blibli Friends Wajib Tahu!


Kebutuhan Kalori dan Nutrisi Bayi 7 Bulan

Kebutuhan Kalori dan Nutrisi Bayi 7 Bulan
edamama.ph

Kamu harus tahu kalau nggak semua bayi bakalan membutuhkan nilai kalori dan nutrisi yang sama melainkan harus disesuaikan dengan usianya. Untuk bayi berusia 7 bulan membutuhkan sekitar 725 kalori dengan persentase nutrisi yang berbeda di dalamnya untuk menunjang tumbuh kembang yang lancar tanpa adanya hambatan.

Mereka membutuhkan protein sekitar 18 gr, lemak sekitar 36 gr, karbohidrat sekitar 82 gr, serat sekitar 10 gr dan air sekitar 800 mililiter (ml). Nutrisi ini masih sebagian kecil dari semua kebutuhan nutrisi harian yang harus masuk ke dalam tubuh bayi sehingga ASI saja memang nggak cukup dan harus diimbangi dari makanan murni yang cocok dengan kemampuan sistem pencernaannya.

Rekomendasi Menu MPASI 7 Bulan

Bingung untuk menyediakan menu MPASI untuk bayi berusia 7 bulan? Jangan khawatir karena kamu bisa langsung cek beberapa rekomendasi menu enak di bawah ini!

Pir Panggang

parenting.com

Rekomendasi menu MPASI pertama yang bisa kamu coba adalah pir panggang. Meskipun kedengarannya sangat simpel dan sederhana namun kamu harus tahu kalau pir panggang ini menjadi salah satu jenis finger food Mpasi 7 bulan yang bagus banget kandungan gizinya. Bentuk pir yang kencang meskipun sudah dipanggang bakalan tetap mudah dipegang oleh bayi.

Pir ini bisa langsung dihancurkan ataupun ditambah dengan yougurt plain untuk komposisi gizi yang lebih oke. Cara membuatnya juga mudah banget, pertama kamu perlu menyiapkan oven dengan panas sekitar 350 F. Kemudian potong pir dan buang bagian tengah isinya kemudian panggang dengan bantuan loyang yang sudah diberikan air di bawahnya.

Cara memanggang yang tepat adalah bagian kulit pir haru berada di bawah sehingga bagian buahnya nggak bakalan gosong. Lama memanggang cukup 25 menit saja sampai dagingnya sedikit lunak sehingga lebih mudah dikonsumsi oleh bayi.

Puree Telur

Puree Telur
egginfo.co.uk

Menu MPASI bayi 7 bulan yang keduanya adalah puree telur. Kamu tentunya tahu kalau di dalam telur mengandung gizi yang sangat lemak dan bagus untuk pertumbuhan bayi. Sehingga menu telur ayam bisa menjadi pilihan terbaik biar bayi nggak bosan. Apalagi telur juga memiliki rasa gurih yang enak sehingga bayi bakalan langsung menerimanya dengan mudah.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya adalah telur ayam, nasi merah, wortel dan kacang polong secukupnya. Cara membuatnya, pertama rebus dulu telur ayam sampai benar-benar matang kemudian sisihkan. Bersihkan wortel dan kacang polong kemudian rebus juga sampai lunak. Lanjut masak nasi merah kemudian sisihkan.

Hancurkan semua bahan sampai lunak dan menjadi bubur. Menu ini bakalan menjadi menu makanan berat bayi yang padat dengan nutrisi.

Bubur Brokoli dan Bunga Kol

Bubur Brokoli dan Bunga Kol
nutribullet.com

Rekomendasi MPASI bayi 7 bulan yang ketiganya adalah bubuk brokoli dan bunga kol. Kamu harus tahu kalau kedua bahan sayuran hijau ini memang bagus banget untuk kesehatan nggak hanya bagi bayi namun juga orang dewasa. Ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan seperti brokoli, bunga kol, keju, susu, tepung terigu dan mentega (ambil yang bebas garam).

Setelah semua bahan siap kamu bisa langsung membuatnya dengan menyiapkan panci kemudian lelehkan mentega dan campurkan tepung terigu ke dalamnya. Jika berubah menjadi bentuk gumpalan kamu bisa mengecilkan kompornya. Setelah itu masukkan susu cair secukupnya sampai membentuk saus kental yang nikmat.

Jika sudah parut keju secukupnya dan masukkan ke dalam panci lalu tutup kembali sampai mengental. Langkah berikutnya adalah kamu bisa membersihkan brokoli dan bunga kol kemudian merebusnya sampai lunak. Barulah kamu bisa menghaluskannya dan mencampurkan dengan saus yang telah dibuat sebelumnya.

Bubur Apel dan Aroma Kayu Manis

Bubur Apel dan Aroma Kayu Manis
wholesomebabyfoodguide.com

Menu MPASI bayi 7 bulan keempatnya adalah bubur apel dengan aroma kayu manis yang enak banget. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur ini adalah apel yang sudah matang, bubuk kayu manis secukupnya dan air. Kemudian untuk cara membuatnya dimulai dengan cuci dan kupas dulu apel yang bakalan kamu gunakan.

Selanjutnya, siapkan kukusan dan kukus apel sampai lunak (matang). Berikutnya, setelah agak dingin kamu bisa menghaluskan apelnya menggunakan blender dan berikan sedikit air biar nggak terlalu kental dan bisa hancur merata. Jika sudah halus bubur apel siap disajikan dengan tambahan bubuk kayu manis di dalamnya. Bakalan jadi menu MPASI yang disukai oleh bayi.

Terong Kari

menu mpasi 7 bulan Terong Kari
babyment.com

Bosan dengan menu yang manis? Nggak masalah karena kamu juga bisa berkreasi menggunakan menu terong kari yang satu ini. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 sdm minyak zaitun, ½ sdt bubuk bawang putih, ½ sdt bubuk kari siap pakai, 1 buah kentang ukuran sedang, 75 gram terong ungu, 250 gram tomat merah segar, ½ paprika merah dan ½ bawang bombay ukuran sedang.

Setelah semua bahan siap kamu bisa lanjut ke cara pembuatannya. Pertama, siapkan wajan untuk menumis bawang bombay yang sudah dihaluskan. Kemudian masukkan bawang putih dan bubuk kari ke dalamnya. Masukkan semua bahan kecuali tomat ke dalam tumisanmu sambil diaduk dengan perlahan biar nggak gosong.

Jika sudah lunak barulah kamu bisa menambahkan tomat ke dalam tumisanmu. Masak lagi dan berikan sedikit air biar nggak terlalu kering. Terong kari siap untuk menjadi menu kesukaan bayi.

Pasta Wortel dan Labu

menu mpasi 7 bulan Pasta Wortel dan Labu
theconsciousplantkitchen.com

Menu MPASI bayi 7 bulan selanjutnya adalah pasta wortel dan labu. Bahan yang dibutuhkan adalah minyak zaitun secukupnya, 25 gram parutan keju, ½ bawang bombay ukuran sedang, 1 kentang berukuran kecil, 2 buah wortel dan 125 gram labu kupas. Setelah semua bahan sudah siap kamu bisa lanjut untuk proses pembuatannya.

Pertama, kupas semua sayuran dengan ambil bagian dagingnya saja kemudian sisihkan. Jangan lupa untuk potong kecil-kecil kemudian kukus di atas kukusan sampai beneran lunak. Jika sudah lunak kamu bisa blender semua bahan dengan menambahkan minyak zaitun dan keju ke dalamnya biar rasanya makin oke.

Ingat untuk benar-benar memperhatikan teksturnya jangan sampai masih ada sayuran yang masih kasar karena bisa membuat bayi tersedak.


Baca juga: Membentuk Kebiasaan Makan yang Baik Saat MPASI

Itulah beberapa rekomendasi menu MPASI 7 bulan yang bisa kamu coba. Masak MPASI tentunya lebih praktis menggunakan slow cooker yang bisa kamu dapatkan di Blibli saja. Pilihan produknya lengkap dengan harga yang terjangkau banget. Kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan diskon sampai potongan harga dengan syarat ketentuan yang berlaku.