me

Sebelum Beli, Ketahui Yuk, Apa Bedanya Bed Cover dan Sprei

Oct 07, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

pexels.com

Supaya kasur lebih nyaman dipakai untuk beristirahat, ada beberapa komponen lain yang patut kamu ketahui. Dua di antaranya meliputi bed cover dan sprei. Nah, kamu pasti udah nggak asing lagi deh dengan dua istilah ini.

Kedua istilah ini punya arti yang berbeda, tetapi masih sering disalahartikan oleh masyarakat. Nah, biar nggak salah lagi, di artikel kali ini kita akan membahas beberapa perbedaan bed cover dan sprei yang harus kamu ketahui. Nah, apa aja sih sebenarnya? Yuk, langsung simak aja ya, Blibli Friends!

Baca juga:


Arti Bed Cover dan Sprei

Sebelum kita mempelajari perbedaannya dengan lebih detail, yuk kita bahas dulu artinya. Kedua benda ini memiliki arti yang berbeda. Bed cover, sesuai dengan namanya, adalah dua lapis kain yang di tengahnya diisi dakron kemudian dijahit. Di sisi lain, sprei cuma terdiri dari satu lapis atau lembar kain saja. Saat memegangnya, kamu akan merasakan perbedaan di antara keduanya.

Bahan yang digunakan untuk membuatnya pun berbeda-beda. Untuk sprei, bahan yang dipakai untuk membuatnya meliputi katun, linen, sutra, satin, rayon, fiber bambu, hingga campuran poliester. Sementara itu, bed cover biasanya terbuat dari serat bambu, sutra, flannel, katun, sampai dengan poliester.

Sprei biasanya dilengkapi dengan tali elastis di keempat ujungnya atau seluruh sisinya. Meski begitu, ada juga sprei yang nggak dilengkapi tali sama sekali. Sementara itu bed cover biasanya dijahit untuk menyimpan dakron di antara dua lapisan kainnya. Beberapa produk bed cover juga dilengkapi dengan resleting untuk menyimpan dakron.

TRUU Sprei Ekslusif Matcha Summer TR.P004

Perbedaan Bed Cover dan Sprei

Ketebalan Bed Cover dan Sprei

Nah, kamu udah tahu kan wujud dari bed cover dan sprei? Bed cover terdiri dari dua lapis, sementara sprei cuma satu aja. Dari sini, udah jelas ya bahwa bed cover dan sprei memiliki ketebalan yang berbeda. Tentu saja, bed cover jauh lebih tebal daripada sprei karena lapisannya lebih banyak. Di bagian tengahnya juga ada dakron yang membuatnya makin tebal dan empuk.

Dengan demikian, jika kamu mengangkat bed cover dan sprei, pasti perbedaannya akan terasa. Bed cover jauh lebih berat daripada sprei. Saat dilipat pun, bed cover tetapi membutuhkan tempat yang banyak untuk menyimpannya.

Fungsi Bed Cover dan Sprei

Nggak cuma dari sisi ketebalannya aja, bed cover dan sprei pun punya fungsi yang berbeda. Sprei dipakai sebagai lapisan pertama untuk menutupi kasur atau matras. Hal ini diperuntukan supaya tubuh pengguna nggak bersentuhan langsung dengan kasur. Nggak ketinggalan, sprei juga melindungi matras dari debu dan kotoran.

Sementara itu, bed cover memiliki fungsi yang berbeda, yaitu untuk menjaga tempat tidur agar tetap bersih. Nggak sampai di situ aja, bed cover pun bisa kamu manfaatkan untuk mendekorasi kamar supaya terlihat cantik. Jika ingin melakukan hal ini, pilihlah bed cover yang senada dengan sprei kasurmu.

Selain itu, bed cover juga bisa kamu manfaatkan sebagai selimut. Wujudnya jauh lebih tebal daripada sprei sehingga bisa melindungi tubuh kamu dari dinginnya AC saat malam hari. Dengan demikian, tidurmu pun akan jauh lebih nyenyak.

TRUU Sprei Polos Ash Blue TR.P002

Penempatan Bed Cover dan Sprei

Selanjutnya, kamu juga perlu bahas penempatannya. Sebagai dua barang yang berbeda, bed cover dan sprei tentu saja ditempatkan di tempat yang berbeda. Sprei dipasang langsung di atas kasur untuk melindungi matras dari debu dan kotoran. Sementara itu, bed cover diletakkan di atas kasur yang udah dipasang sprei.

Ukuran Bed Cover dan Sprei

Kedua barang ini, bed cover dan sprei, memiliki ukuran yang berbeda-beda di pasaran. Saat akan membelinya, kamu juga wajib memperhatikan ukurannya terlebih dahulu. Untuk sprei, pilihlah yang ukurannya pas dengan kasur kamu. Jangan membeli yang terlalu besar atau kecil karena akan mudah lepas dan berantakan.

Sementara itu, untuk bed cover kamu harus pilih yang ukurannya lebih besar daripada kasur. Hal ini perlu kamu lakukan untuk memberikan perlindungan yang maksimal buat kasurmu. Pilih bed cover yang nggak cuma melindungi bagian atas kasur aja, tetapi juga sampai ke bagian samping. Beberapa juga dilengkapi rumbai-rumbai untuk sisinya.

TRUU Bed Cover Eksklusif Dark Brown Chevron TR.BC05 240 x 200 cm

Perawatan Bed Cover dan Sprei

Supaya tetap bisa terlihat cantik dan bersih, tentunya bed cover dan sprei harus dirawat dengan baik. Kedua barang ini memiliki wujud yang cukup berbeda sehingga cara perawatannya juga berbeda. Bed cover memiliki tekstur dan wujud yang lebih tebal dan besar sehingga lebih rumit juga untuk dirawat daripada sprei.

Sprei bisa kamu cuci dengan bantuan mesin atau tangan langsung karena lebih ringan dan tipis. Sementara itu, untuk mencuci bed cover sebaiknya kamu pakai mesin cuci, baik milik sendiri ataupun jasa laundry dan dry cleaning. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah untuk membersihkan bed cover kesayangan.


Baca juga: 

Jadi, itulah beberapa perbedaan antara bed cover dan sprei yang harus kamu ketahui biar nggak salah paham lagi. Ternyata, cukup banyak ya perbedaannya, bahkan dari fungsinya pun berbeda. Jangan sampai salah lagi ya saat ingin membeli!

Nah, kamu tertarik buat beli bed cover dan sprei? Truu adalah salah satu merek yang wajib kamu pertimbangkan! Buat beli bed cover dan sprei dari Truu, silakan langsung ke situs resmi Blibli ya. Di sana, ada banyak pilihan promo menarik. Metode pembayaran yang bisa kamu pakai pun sangat bervariasi!

Tag: