me

6 Cara Membuat Quilt Cover Sendiri di Rumah untuk Pemula

Oct 20, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

blibli.com
6 Cara membuat quilt cover sendiri

Cicilan 0% KAM

Di Indonesia mungkin nggak terlalu banyak jenis selimut yang dipakai. Di antaranya yang sering dipakai ada selimut yang polos atau bermotif maupun dengan kain yang tebal atau tipis. Tetapi, tahukah kamu kalau juga ada istilah quilt cover? Nah kali ini bakal dibahas cara membuat quilt cover sendiri. Yuk intip detailnya di bawah dan perbedaannya dengan selimut yang kita tahu!

Baca Juga : 


Cara Membuat Quilt Cover

Quilt cover itu apa? Di Indonesia sendiri quilt cover adalah sarung dari duvet sebagai isian. Beberapa orang seringkali tertukar menyebut quilt dengan duvet. Semua jenis kain seperti tencel dan katun bisa dijadikan quilt cover, sama seperti bed cover. 

Nah pertanyaan lain yang biasanya ditanyakan, apakah bedcover bisa dijadikan selimut? Bed cover punya fungsi untuk melindungi tempat tidur kamu dari kotoran dan debu, serta bisa juga dipakai menjadi selimut. 

TRUU Quilt Soft Pink Summer

Selimut quilt ini termasuk karya seni yang memakai teknik quilting dalam pembuatannya. Quilting biasanya dijadikan hobi untuk menyatukan potongan kain dan dijadikan selimut atau barang home & living lain. Cara membuatnya nggak susah kok. Yuk intip langkah-langkahnya di bawah ini!

Persiapan

indo.amuslima.com

Pertama-tama, kamu bisa mulai dengan mengumpulkan bahan untuk membuat quilt cover. Beberapa alat yang perlu kamu persiapkan yaitu gunting, penggaris, pemotong berputar, jarum pentul, benang, alat dedel dan alas potong. 

Beberapa jenis kain bisa kamu pakai, tapi usahakan memakai yang sama ya. Bahan katun pilihan paling baik untuk membuat quilt cover. Selain masalah bahan, kamu juga sebaiknya pilih motif yang sama baik itu semua kecil atau besar. Soal warna, kamu bisa memakai yang cerah dan gelap dengan menggabungkannya. Hasil gabungan itu bakal membuat quilt cover jadi lebih menarik. 

TRUU Quilt Grey Winter

Lebih baik kamu punya perangkat quilting supaya lebih mudah membuatnya. Perangkat ini biasanya terdiri dari kain yang telah dipotong, buku panduan dan pola. Beberapa bahkan punya tingkat kemampuan yang berbeda lho, jadi kamu bisa pilih yang sesuai dengan kondisimu saat ini. 

Persiapkan Kain

blibli.com

Di awal, kamu harus tau nih seberapa besar atau berapa ukuran quilt cover yang ingin kamu buat. Selain itu kamu juga perlu menyiapkan penyusunan potongan kainnya. Kamu bisa memakai kotak besar atau kecil yang disusun jadi ukuran yang besar. 

Kalau kamu sudah menentukan ukuran kotaknya, mulai potong kainnya. Pakai pemotong berputar untuk memotong. Pastikan ukuran setiap potongan sama ya. Kamu bisa memotong dengan jarak 0,6 cm di setiap sisi potongan kainnya. 

Setelah itu, kamu bisa mulai menyusun potongan-potongan itu. Lebih baik kamu menyusunnya sebelum dijahit, karena kamu bisa melihat bagaimana tampilannya dan bisa merubahnya saat itu juga sebelum terlanjur tertempel. 

Jahit Quilt

berita.99.co

Pertama, kamu bisa mulai dengan menjahit barisannya. Ambil kain yang tadi sudah kamu susun serta tumpukan dari beberapa kain per barisan. Kamu bisa mengambilnya dari baris kiri ke kanan. Sebaiknya kamu siapkan perekat untuk memudahkan perbedaan antar baris dengan tumpukannya. 

TRUU Quilt Peach Spring

Kamu bisa menjahit kotak-kotak itu dengan jarak keliman sekitar 0,6 cm, jangan sampai lebih ya. Setelah itu tekan kain tersebut alih-alih menyetrikanya. Ini dilakukan agar kain lebih menyatu dengan baik. Setelah itu, supaya kotak-kotak terpasang dengan baik kamu bisa memberi jarum pentul. 

Kemudian jahit barisan-barisan tadi. Keliman sebaiknya disejajarkan supaya lebih mudah menjahitnya. Ikuti garis yang sudah kamu buat. Jangan takut salah atau tampilan kurang sempurna, karena kemampuan seni ini bakal semakin tinggi seiring berjalannya waktu. 

Membuat Tepian

blogpictures.99.co

Ambil empat lembar kain, nggak harus yang kamu pakai kok, kamu bisa memakai yang punya warna berlawanan. Tiap lembarnya harus punya ukuran sekitar 7,5 cm yang hampir sama seperti salah satu tepi quilt cover. 

AKEMI Tencel Quilt Cover Set

Potong bagian tepi kain, lalu letakkan secara melintang 2 lembar kain tepian panjang di selimut, di mana salah satu ujungnya sejajar dengan tepi quilt cover. Nantinya ujung yang lain bakal menggantung di sisi lain. 

Kain tepian yang melewati bagian tepi quilt cover diberi jarum pentul lalu potong dengan hati-hati memakai alat pemotong. Lipat kainnya jadi dua dari ujung ke ujung lalu beri jarum pentul di bagian tengah quilt cover. Kemudian jahit bagian tepi kain. 

Melandasi, Menjelujur dan Mengisi Quilt

berempat.com

Selanjutnya kamu bisa memilih bahan isian quilt cover. Isian ini bakal diselipkan di antara bagian-bagian di quilt cover. Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangin nih dalam memilih isian quilt, yaitu soal ketebalan dan serat. Isian yang tipis bakal lebih mudah dibuat. Sayangnya, ini menghasilkan quilt cover yang tipis juga.

Bahan yang paling sering dipakai sebagai isian yaitu katun 100%, polyester dan campuran antara keduanya. Kalau kamu punya budget lebih, kamu bisa juga memakai sutra atau wol. Isian juga sebaiknya punya ukuran lebih kecil dibandingkan landasannya ya, tetapi lebih besar dari bagian quilt. 

Kamu bisa mulai memotong bahan landasnya. Setelah itu pasang lapisan-lapisannya dengan teknik jahit jelujur. Teknik jahitan ini bakal menahan 3 lapisan sementara kamu menjahitnya. Nah, supaya tiap lapisan ini nggak terlepas, kamu bisa memberi jarum pentul di tiap lapisan quilt dengan jarak 5 sampai 10 cm. 

Quilt Cover Serene Grey

Setelah itu kamu bisa mulai menjelujur dengan mesin jahit. Lebih baik kamu mulai menjahit quilt dari tengan ke luar. Jahit sejajar dengan kain atau kelimanya dengan pola atau garis ke arah berlawanan untuk tampilan visual yang lebih baik.

Ikat Quilt

rukita.co

Pertama-tama, kamu bisa mulai dengan merapikan isian serta kain landas quilt kamu. Setelah itu kamu bisa memotong kain-kain yang memanjang untuk ikatan selimut. Jahit kain-kain yang memanjang dan dijadikan satu helaian. Tekan bagian keliman sampai terbuka lalu lipat jadi dua dan memanjang. 

Selanjutnya, beri jarum pentul di bagian ikatan dengan dimulai dari sudut. Di tepian yang kasar, beri jarum pentul. Setelah kain memanjang ini sudah mengelilingi selimut, kamu bisa kembali ke titik awal dan lipat ujungnya supaya bisa tersambung. 

Jahit pengikat yang ada di bagian belakang dengan jarak kurang lebih 0,6 cm. Saat kamu sudah menjahit sampai ujung, kamu bisa berhenti di jarak 0,6 cm dari tepian. Setelah keempat tepian terjahit ke belakang selimut, lipat bagian ujung ke depan lalu beri jarum. Jahit bagian pengikat dari sisi depan selimut memakai benang transparan atau yang berwarna sama dengan quilt cover. 


Baca Juga : 

Nah, itu dia beberapa cara dalam membuat quilt cover sendiri. Kalau kamu kebingungan, kamu bisa juga minta saran nih dengan teman atau saudara yang sudah terbiasa membuat quilt cover. Lebih simple lagi kalau kamu beli aja di truu. Truu official store punya banyak pilihan quilt cover berkualitas lho. Yuk kunjungi Blibli dan dapatkan banyak pilihan untuk quilt cover incaranmu!

Tag: