me

Teknik Dasar Lompat Jauh dengan Penjelasan Lengkap

Oct 14, 2020.By Blibli Friends
Bagikan

pex

Teknik dasar lompat jauh terdiri 3, yaitu: approach, take off dan landing. Mari kita simak teknik dasar lompat jauh. Simak sampai akhir, ya.

____________________

Teknik Dasar Lompat Jauh — Lompat jauh merupakan olahraga yang memerlukan kecepatan sekaligus lompatan yang kuat. Kamu bisa mempelajari lompat jauh meski mungkin latihannya terasa cukup tricky. Akan tetapi, kalau kamu mempelajari satu per satu teknik dasar lompat jauh, biasanya caranya tidak sulit, kok.

Kalau kamu menerapkan teknik yang tepat, maka kamu bisa memaksimalkan lompatanmu dengan membuat jarak lompatannya jadi semakin jauh. Ada tiga tahap dalam lompat jauh, yaitu: approach, take off dan landing. Mari kita simak tekniknya.

BACA JUGA: Olahraga Singkat Tanpa Ribet yang Efektif Meningkatkan Imun!

_________________________

Teknik Dasar Lompat Jauh yang Perlu di Ketahui

Teknik Dasar Lompat Jauh
pexels.com

1. Persiapkan Starting Point

Pertama, kamu bisa memutuskan kaki mana yang akan kamu gunakan untuk take off. Ini adalah kaki yang dijadikan tumpuan ketika kamu melompat. Biasanya, pelompat jauh yang terbiasa menggunakan tangan kanan atau tidak kidal, akan memakai kaki kiri untuk tumpuan saat melompat. Namun, kalau kamu masih baru belajar, cobalah dua-duanya dan rasakan mana kaki yang pas kamu jadikan tumpuan.

Selanjutnya, tentukan jumlah stride yang mau kamu jangkau. Kemudian, pastikan posisi starting point kamu. Lalu, tempatkan marker di starting point. Kamu bisa menggambar garis atau menggunakan pembatas agar terlihat jelas.

2. Persiapkan Approach

Mulailah dengan membuka kedua kaki. Lalu, tempatkan satu kaki yang akan kamu gunakan untuk take off di depan. Setelah itu, berlarilah di sepanjang track. Mulai dengan berlari pelan kemudian semakin cepat. Lihat ke depan saat berlari, dan jangan melihat ke bawah. Lalu, sedikit turunkan badan di langkah terakhirmu, dekatkan lututmu ke tanah. Melangkahlah lebih pendek di langkah berlari yang terakhir, saat kamu sudah siap untuk melompat.

3. Melakukan Take Off

Persiapkan kaki yang kamu gunakan untuk take off dengan memijakkannya di tanah. Pastikan seluruh kakimu menapak dan bukan hanya ujung kaki atau tumitnya saja. Kalau kamu melompat dengan bertumpu pada tumit, maka kecepatannya akan berkurang. Sementara, kalau melompat dengan jari-jari kaki, maka lompatanmu nggak hanya tidak stabil tapi juga berisiko cedera buatmu.

Selanjutnya, ayunkan lututmu bersamaan dengan lengan yang berlawanan ke atas dua-duanya. Misalnya, ayunkan lutut kiri dengan tangan kanan. Posisikan badan membungkuk. Kemudian, melompatlah dengan fokus mencapai jarak sejauh-jauhnya, bukan melompat setinggi-tingginya. Konsentrasilah untuk tujuan tersebut.

4. Melakukan Landing

Ini adalah bagian pendaratan dalam lompat jauh. Sebagai pemula, cobalah beberapa teknik yang tepat dan menurutmu paling nyaman. Untuk mendarat, dorong kakimu yang bukan kaki untuk take off ke depan sejauh mungkin. Saat kakimu di udara, ayunkan juga kaki untuk take off bersamaan.

Jika kamu sudah lebih berpengalaman, maka kamu bisa mencoba teknik hitch-kick. Angkat kedua tangan ke atas sambil menekuk lutut kaki ke atas. Saat berada di posisi menggantung, regangkan badanmu sehingga lenganmu berada di atas kepala dan paha tertekuk ke atas dengan betis menggantung ke bawah. Lalu, saat akan mendarat, ayunkan kedua tangan turun dan angkat kaki sebelum menyentuh tanah.

Posisikan badan membungkuk ke depan, ingat bahwa jarak lompatan diukur dari bagian tubuhmu yang mendarat paling jauh di belakang. Jadi, jangan sampai kamu terjatuh ke belakang atau tanganmu menyentuh pit di belakang tubuhmu. Kemudian, tekuk lututmu perlahan untuk memperhalus benturan saat kamu mendarat. Ayunkan lengan ke depan untuk membantu menjaga keseimbangan dan kamu tidak terjatuh.

Manfaat Melalukan Lompat Jauh

Teknik Dasar Lompat Jauh
pexels.com

Lompat jauh ternyata memiliki banyak manfaat loh. Selain melatuh otot kaki, ada banyak manfaat lainnya yang baik untuk postur tubuh dan kesehatan kamu. Simak manfaat melakukan lompat jauh berikut ini.

  1. Melatih Fungsi Kognitif

Keterlibatan tangan dan kaki dalam olahraga ini ternyata melatih fungsi kognitif kamu loh. Hal ini dikarenakan koordinasi antara tangan untuk memberikan tenaga saat melompat dan kaki saat memberikan tolakan akan menentukan keberhasilan lompatan kamu. Dalam jangka waktu pendek, mungkin fungsi ini akan sulit di sadari, namun, untuk jangka panjang saat sudah memasuki usia senja manfaat ini akan terasa loh.

2. Melatih Otot Kaki

Manfaat ini tentunya akan kamu dapatkan karena kaki kamu akan terbiasa menahan bobot tubuhmu selama kamu melakukan olahraga ini. Kekuatan kaki menjadi hal yang krusial ya dalam permainan ini. Tapi, efek yang diberikan akan sebanding karena otot kakimu akan terlatih dan pada usia tua nanti dan bermanfaat karena kaki kamu akan tetap kuat digunakan dibanding orang yang jarang melatih otot kakinya.

3. Melatih Kecepatan

Manfaat ini akan kamu dapatkan karena dalam olahraga ini kamu harus selalu melakukan lari sprint untuk mendapatkan jarak lompat yang jauh. Hal ini membuat durasi lari kita akan semakin cepat seiring dengan intensitas olahraga yang rutin.

4. Melatih Keseimbangan

Manfaat keempat ini dapat kamu dapatkan saat sedang melayang di udara setelah melakukan tolakan kaki. Untuk mempertahankan posisi tubuh tersebut, keseimbangan memegang peran penting agar kamu bisa lebih lama melayang dan mencpaai target maksimum sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Hal ini juga melatih otot tungkai kita menjadi lebih kuat.

5. Melatih Fokus

Tingkat fokus dalam permainan ini terus diasah loh, mulai dari persiapan lompat hingga pendaratan. Hal ini dikarenakan kita harus menghasilkan lompatan di titik target sehingga harus selalu fokus agar kita tidak kehilangan keseimbangan, salah posisi kaki, ataupun kurang cepat berlari.

Latihan Melakukan Lompat Jauh

Teknik Dasar Lompat Jauh
pexels.com

Nah, untuk kamu yang tertarik dengan olahraga lompat jauh perlu banget loh untuk melatih teknik melompat terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan saat melompat kedua kaki kita akan menahan bobot tubuh kita dan bakal fatal banget akibatnya kalo kamu ngelakuinnya secara asal. Untuk itu, simak teknik melompat berikut ini.

  1. Melompat Tanpa Awalan dengan Tolakan Dua Kaki Mendatar

  • Berdiri pada sikap jongkok dengan kaki jinjit
  • Ayunkan tangan ke depan diikuti tolakan kedua kaki
  • Posisikan gerakan mendatar dengan kedua kaki bersamaan
  • Pastikan saat mendarat lututmu mengeper.

2. Melompat Tanpa Awalan dengan Tolakan Satu Kaki Mendatar

  • Berdiri dengan satu ujung kaki berjinjit
  • Ayunkan tangan ke depan diikuti tolakan kaki
  • Lakukan lompatan dengan jarak mendatar dan dengan salah satu tumit kaki kiri atau kanan
  • Pastikan saat mendarat lututmu mengeper

3. Melompat Tinggi

  • Berdiri tegak dengan posisi kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang
  • Lakukan gerakan jongkok sambil mengayunkan tangan ke atas diikuti tolakan kaki
  • Fokuskan pikiran pada benda di atas dan raihlah sembari melakukan tolakan kaki ke atas
  • Pastikan kedua lututmu mengeper

4. Melompat jauh dengan awalan berlari

  • Berdiri dengan posisi kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang
  • Ambil lah jarak lari sejauh 5-7 meter lalu larilah
  • Saat hendak sampai di titik finish lari, beli gerakan tolakan pada kedua kakimu
  • Gunakan kedua tanganmu dengan cara mengayunkannya untuk memberikan kekuatan pada jarak lari
  • Pastikan kedua lututmu mengeper saat mendarat
  • Pastikan terdapat pasir dalam terget lompatan untuk mengurangi cedera

_________________________

BACA JUGA: Olahraga untuk Penyakit Asam Lambung yang Aman Dilakukan

Itu tadi teknik dasar lompat jauh yang bisa kamu coba sambil latihan. Sebagai pemula, jangan takut untuk mencoba asalkan kamu memang sudah mengetahui tekniknya, ya. Pastikan juga kamu mengenakan baju dan sepatu olahraga yang paling nyaman, dengan produk dari sport brand original di Blibli. Rajin latihan akan membuat Blibli Friends makin jago melakukan lompat jauh. Semangat!

Tag: