Teknik Dasar Lompat Jauh yang Tepat

Sumber: Medcom.id

Teknik Dasar Lompat Jauh — Lompat jauh merupakan olahraga yang memerlukan kecepatan sekaligus lompatan yang kuat. Kamu bisa mempelajari lompat jauh meski mungkin latihannya terasa cukup tricky. Akan tetapi, kalau kamu mempelajari satu per satu teknik dasar lompat jauh, biasanya caranya tidak sulit, kok.

Kalau kamu menerapkan teknik yang tepat, maka kamu bisa memaksimalkan lompatanmu dengan membuat jarak lompatannya jadi semakin jauh. Ada tiga tahap dalam lompat jauh, yaitu: approach, take off dan landing. Mari kita simak tekniknya.

BACA JUGA: Olahraga Singkat Tanpa Ribet yang Efektif Meningkatkan Imun!

_________________________

1. Persiapkan Starting Point

Pertama, kamu bisa memutuskan kaki mana yang akan kamu gunakan untuk take off. Ini adalah kaki yang dijadikan tumpuan ketika kamu melompat. Biasanya, pelompat jauh yang terbiasa menggunakan tangan kanan atau tidak kidal, akan memakai kaki kiri untuk tumpuan saat melompat. Namun, kalau kamu masih baru belajar, cobalah dua-duanya dan rasakan mana kaki yang pas kamu jadikan tumpuan.

Selanjutnya, tentukan jumlah stride yang mau kamu jangkau. Kemudian, pastikan posisi starting point kamu. Lalu, tempatkan marker di starting point. Kamu bisa menggambar garis atau menggunakan pembatas agar terlihat jelas.

2. Persiapkan Approach

Mulailah dengan membuka kedua kaki. Lalu, tempatkan satu kaki yang akan kamu gunakan untuk take off di depan. Setelah itu, berlarilah di sepanjang track. Mulai dengan berlari pelan kemudian semakin cepat. Lihat ke depan saat berlari, dan jangan melihat ke bawah. Lalu, sedikit turunkan badan di langkah terakhirmu, dekatkan lututmu ke tanah. Melangkahlah lebih pendek di langkah berlari yang terakhir, saat kamu sudah siap untuk melompat.

3. Melakukan Take Off

Persiapkan kaki yang kamu gunakan untuk take off dengan memijakkannya di tanah. Pastikan seluruh kakimu menapak dan bukan hanya ujung kaki atau tumitnya saja. Kalau kamu melompat dengan bertumpu pada tumit, maka kecepatannya akan berkurang. Sementara, kalau melompat dengan jari-jari kaki, maka lompatanmu nggak hanya tidak stabil tapi juga berisiko cedera buatmu.

Selanjutnya, ayunkan lututmu bersamaan dengan lengan yang berlawanan ke atas dua-duanya. Misalnya, ayunkan lutut kiri dengan tangan kanan. Posisikan badan membungkuk. Kemudian, melompatlah dengan fokus mencapai jarak sejauh-jauhnya, bukan melompat setinggi-tingginya. Konsentrasilah untuk tujuan tersebut.

4. Melakukan Landing

Ini adalah bagian pendaratan dalam lompat jauh. Sebagai pemula, cobalah beberapa teknik yang tepat dan menurutmu paling nyaman. Untuk mendarat, dorong kakimu yang bukan kaki untuk take off ke depan sejauh mungkin. Saat kakimu di udara, ayunkan juga kaki untuk take off bersamaan.

Jika kamu sudah lebih berpengalaman, maka kamu bisa mencoba teknik hitch-kick. Angkat kedua tangan ke atas sambil menekuk lutut kaki ke atas. Saat berada di posisi menggantung, regangkan badanmu sehingga lenganmu berada di atas kepala dan paha tertekuk ke atas dengan betis menggantung ke bawah. Lalu, saat akan mendarat, ayunkan kedua tangan turun dan angkat kaki sebelum menyentuh tanah.

Posisikan badan membungkuk ke depan, ingat bahwa jarak lompatan diukur dari bagian tubuhmu yang mendarat paling jauh di belakang. Jadi, jangan sampai kamu terjatuh ke belakang atau tanganmu menyentuh pit di belakang tubuhmu. Kemudian, tekuk lututmu perlahan untuk memperhalus benturan saat kamu mendarat. Ayunkan lengan ke depan untuk membantu menjaga keseimbangan dan kamu tidak terjatuh.

_________________________

BACA JUGA: Olahraga untuk Penyakit Asam Lambung yang Aman Dilakukan

Itu tadi teknik dasar lompat jauh yang bisa kamu coba sambil latihan. Sebagai pemula, jangan takut untuk mencoba asalkan kamu memang sudah mengetahui tekniknya, ya. Pastikan juga kamu mengenakan baju dan sepatu olahraga yang paling nyaman, dengan produk dari sport brand original di Blibli. Rajin latihan akan membuat Blibli Friends makin jago melakukan lompat jauh. Semangat!

BELI PERLENGKAPAN OLAHRAGA ORIGINAL DI SINI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY