Olahraga untuk Penyakit Asam Lambung yang Aman Dilakukan

olahraga untuk asam lambung

Cara mudah untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah dengan rajin berolahraga. Nggak cuma baik bagi kamu yang dalam kondisi sehat, olahraga sangat dianjurkan bagi kamu yang sedang mengalami gejala suatu penyakit. Salah satunya penyakit asam lambung. Terlebih jika kamu mengalami gejala asam lambung di saat berat badan sedang naik. Olahraga menjadi salah satu aktivitas yang bisa mengurangi gejalanya.

Namun, perlu kamu ingat bahwa melakukan olahraga juga nggak boleh sembarangan. Jusru gerakan olahraga yang salah hanya akan memunculkan tekanan pada perut dan membuat gejala asam lambung semakin parah. Kamu ngak ingin hal itu terjadi, kan Blibli Friends?

Supaya aktivitas olahraga yang kamu lakukan tetap aman dan nggak memperburuk gejala, berikut beberapa olahraga yang bisa dilakukan bagi kamu yang memiliki penyakit asam lambung.

BACA JUGA: TIPS MEMILIH BAJU OLAHRAGA YANG NYAMAN

  1. Jalan Santai

olahraga untuk asam lambung
image source: pexels

Meski terdengar sepele, jalan kaki menjadi salah satu jenis olahraga yang baik bagi penderita asam lambung, lho. Olahraga ini akan membuat posisi tubuh kamu dalam kondisi yang tetap dan nggak melawan gravitasi. Pasalnya, gerakan olahraga dalam posisi terbalik bisa menimbulkan tekanan berlebihan di area perut. Jalan santai sendiri bisa kamu lakukan kapan pun tanpa perlu bingung memikirkan lokasi dan alat olahraga yang akan digunakan. Pilih lokasi jalan santai dengan udara yang sejuk agar aktivitas olahraga kamu lebih menyenangkan.

  1. Berenang

berenang untuk asam lambung
image source: pixabay

Selain jalan santai, olahraga lainnya yang dianjurkan yakni berenang. Kamu bisa melakukan olahraga renang secara rutin dengan intensitas yang cukup sedang. Berenang yang dilakukan secara intens mampu membuat otot sfingter esofagus semakin kendur dan berdampak pada naiknya asam lambung ke kerongkongan. Gejala asam lambung yang kamu alami bisa lebih terminimalisir.

  1. Angkat Beban

angkat beban untuk asam lambung
image source: unsplash

Olahraga satu ini juga baik bagi kamu yang memiliki penyakit asam lambung. Namun, bagaimana posisi kamu dalam melakukan angkat beban wajib diperhatikan dengan baik. Hindari melakukan angkat dengan posisi berbaring. Sebaliknya, kamu harus melakukan angkat beban dengan posisi berdiri dan nggak melawan gravitasi. Dengan begitu, gejala asam lambung kamu nggak memburuk meski sedang melakukan olahraga angkat beban.

BACA JUGA: 6 MANFAAT BERENANG YANG WAJIB KAMU TAU

Itulah olahraga untuk asam lambung yang aman dilakuakn. Untuk sementara, hindari olahraga berlari, memanjat, lompat tali, bersepeda, hingga senam gerakan cepat sebab olahraga karena olahraga tersebut dapat memperburuk gejala asam lambung. Selain itu, pastikan sebelum olahraga kamu sudah mengonsumsi makanan yang baik untuk pencernaan kamu, ya. Hindari makanan dan minuman yang dapat memicu produksi asam lambung seperti pedas, asam, cokelat, makanan berminyak, kafein dan soda. Dan ingat, beri jeda sekiranya 2 jam setelah makan 2 jam sebelum berolahraga.

Yunita Dwi

Loves to run, sing, eat, and joget Korea.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY