me

Cek Syarat Masuk Amerika Serikat Sebelum Melakukan Perjalanan

Apr 08, 2024.By Nadine
Bagikan

freepik.com/vichie81
Pastikan tahu dulu syarat masuk Amerika sebelum berangkat ke sana!

Syarat Masuk Amerika Serikat — Amerika Serikat atau United States of America (U.S.A) adalah negara adidaya yang punya sumber daya alam melimpah, infrastruktur maju, teknologinya canggih dan produktivitas yang tinggi. Punya luas wilayah 9.834 juta kilometer persegi dan punya 50 negara bagian. U.S.A nggak hanya menarik jadi tujuan wisata tapi juga oke untuk bekerja, menempuh pendidikan atau mengejar mimpi jadi artis terkenal. Oleh karena daya tarik yang ditawarkan tersebut bikin negara ini selalu menjadi magnet untuk dikunjungi. Namun masuk ke negara yang identik dengan Patung Liberty ini tentu nggak bisa sembarangan alias nggak semua orang bisa masuk. Baik itu untuk berlibur, menempuh pendidikan maupun untuk bisnis karena ada beberapa syarat yang kudu dipenuhi. 

Baca Juga:


Syarat Masuk Amerika Serikat

Syarat Masuk Amerika Serikat
freepik.com

Buat yang dalam waktu dekat berencana mau mengunjungi California, New York, Washington DC atau kota dan negara bagian lainnya di U.S.A maka berikut syarat masuk Amerika terbaru 2023 yang perlu kamu ketahui. Simak terus, ya.

1. Mengurus Paspor

Dokumen pertama yang harus diurus jika berencana melancong ke Amerika Serikat adalah paspor. Paspor adalah dokumen yang mutlak kamu punya jika hendak melihat negara luar selain Indonesia. Adapun syarat, dokumen yang disiapkan dan cara bikin paspor adalah:

  • KTP yang masih berlaku.
  • Akta kelahiran, ijasah, akta nikah atau surat nikah.

Pada dokumen tersebut harus tertera nama (pastikan ejaan benar), alamat, tempat tanggal lahir dan nama orang tua. Jika ada yang nggak tercantum kamu bisa melampirkan surat keterangan dari instansi yang berwenang.

  • Surat pewarganegaraan (buat warga negara asing).
  • Surat ganti nama jika ada perubahan nama.

Kamu bisa datang langsung ke kantor imigrasi atau bisa juga secara online dengan mengunduh aplikasi. Setelah dokumen siap dan biaya pembuatan paspor dibayar, kamu akan diambil sidik jari, difoto kemudian wawancara. Jika semua data nggak ada yang salah maka paspor bisa diambil kurang lebih dalam waktu 3-4 hari.

2. Mengurus Visa

Banyak yang bilang mengurus visa Amerika Serikat adalah yang paling susah. Padahal nggak seperti itu, asalkan semua persyaratan komplit maka mendapatkan visa U.S.A bisa lancar jaya, kok. Nah, syarat mengurus visa Amerika adalah:

  • Memilih Visa yang Akan Dibuat

Ada 2 jenis visa Amerika yang bisa kamu pilih yakni visa non imigran untuk yang nggak ada rencana menetap, contohnya untuk berlibur. Syaratnya diantaranya kudu punya beberapa dokumen, rencana perjalanan dan tiket pulang pergi.

Selanjutnya visa imigran yakni buat yang berencana menetap dalam waktu lama, contohnya untuk sekolah atau bekerja.

  • Menyiapkan Dokumen

Mulai dari pas foto (background putih), paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan, rekening koran tabungan (atas nama pribadi), bukti kepemilikan properti atau aset, bukti pembayaran pajak, surat keterangan dari perusahaan untuk karyawan (status jabatan, jumlah gaji, tujuan bisnis), surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian sampai tiket pesawat pulang pergi.

  • Melakukan Pembayaran

Biaya pembuatan visa bervariasi. Contohnya untuk pelajar, turis, pebisnis kurang lebih sekitar Rp 2.3 juta (tergantung kurs Dollar). Pembayaran bisa dengan cara transfer bank atau dengan kartu kredit. Namun sebelumnya kamu kudu tahu, kalau visamu ditolak maka biaya ini nggak bisa kembali.

  • Mengisi Formulir

Langlah berikutnya adalah mengisi formulir DS-160 yang bisa diisi secara online. Pastikan mengisi dengan benar dan sesuai dengan data pada paspor. Oleh karena pengisian formulir pakai bahasa Inggris maka pastikan ejaannya nggak keliru dan catat 10 digit nomor formulir.

  • Bikin Akun Visa

Bikin akun visa secara online syaratnya yaitu nomor paspor, 10 digit nomor formulir dan bukti pembayaran. Nantinya akun ini untuk membuat jadwal wawancara. 

  • Wawancara

Tempat yang bisa kamu pilih untuk melakukan wawancara yakni Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta, Surabaya dan Bali. Wawancara adalah tahapan penting dalam proses bikin visa jadi pastikan datang sesuai waktu yang ditetapkan atau lebih baik datang lebih awal 15 menit dari waktu yang ditentukan. Jangan lupa bawa semua dokumen yang asli.

3. Mendapat Visa

Setelah wawancara usai kamu bisa langsung tahu apalah pengajuan visamu diterima atau ditolak. Ada 5 warna penanda visa yakni:

  • Putih yang artinya visa kamu diterima.
  • Hijau artinya kamu diharuskan memberi informasi tambahan sebelum keputusan final.
  • Kuning artinya perlu ada waktu tambahan dalam proses pembuatan visa (maksimal 60 hari).
  • Biru artinya dokumen belum lengkap.
  • Merah artinya permohonan visa ditolak.

4. Syarat Penerbangan

Semua penumpang wajib mempunyai sertifikat vaksin lengkap maksimal 15 hari sebelum terbang dan nggak ada karantina. Adapun vaksin yang diterima adalah:

  • Moderna (Spikevax)
  • AstraZeneca (SK Bioscience)
  • AstraZeneca (Vaxzevria)
  • Pfizer-BioNTech (Comirnaty)
  • Sinopharm (BIBP)
  • Sinovac
  • CanSinoBIO (Convidecia)
  • Covexin
  • Covishield
  • Covovax
  • Janssen
  • Nuvaxovid (Novavax)

Prosedur Saat Tiba di Amerika Serikat

Prosedur Saat Tiba di Amerika Serikat
freepik.com

Setelah tiba di bandara tujuan di Amerika Serikat, kamu kudu antre untuk pemeriksaan imigrasi. Waktunya nggak bisa ditentukan karena masing-masing pelancong akan diperiksa dengan detail oleh petugas. Biar lancar penting banget sebelumnya memeriksa data-data yang tercetak pada visa dan paspor baik itu nama, alamat, jenis kelamin dan foto.

Petugas Custom and Border Protection (CBP) akan memotret kamu dan melakukan pengambilan sidik jari ulang. Siapkan semua dokumen seperti visa, paspor, tiket pulang, sertifikat vaksin, bukti pemesanan hotel dan lainnya di tempat yang mudah diambil. Jadi saat petugas memintanya kamu nggak bingung atau panik. Jawab pertanyaan petugas dengan tenang, sopan dan nggak perlu panik.

Pertanyaan yang diajukan biasanya tujuan dan lama perjalanan, tempat menginap, uang yang dibawa, itinerary dan lainnya. Ikuti saja semua prosedur yang diminta biar kamu nggak dicurigai. Jika nggak ada masalah maka petugas akan menyetujui perjalananmu dan paspor akan langsung distempel dan kamu bisa langsung mengurus bagasi dengan bukti nomor bagasi yang diberi saat check-in bagasi.

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Melakukan Perjalanan ke Amerika Serikat

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Melakukan Perjalanan ke Amerika Serikat
freepik.com

Melakukan perjalanan ke Amerika Serikat memang perlu biaya yang nggak sedikit. Namun bila bujet kamu nggak banyak-banyak banget, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan perjalanan ke Amerika Serikat.

1. Beli Tiket Pesawat di Waktu yang Tepat

Sudah rahasia umum jika maskapai penerbangan akan menetapkan harga tiket yang beda antara bulan yang satu dengan lainnya. Alasannya karena dipengaruhi tingkat pelancong yang akan berkunjung. Nah, biar hemat bisa beli tiket antara bulan Februari sampai April. Biasanya, sih antara bulan tersebut penjualan tiket pesawat ke U.S.A ada pada titik terendah.

Jadi pastikan hindari terbang ke negeri Paman Sam saat musim liburan contohnya saat menjelang Natal karena bisa dipastikan harga tiket pesawat akan melambung tinggi.

2. Menyiapkan Asuransi Perjalanan

Perlu kamu tahu kalau biaya perawatan kesehatan di Amerika Serikat itu mahal banget. Jadi penting, nih kamu menyiapkan asuransi perjalanan lebih dulu. Hal ini sebagai antisipasi jika terjadi hal yang nggak terduga selama perjalanan dan biar bujet liburan nggak membengkak.

3. Memilih Kartu Kredit yang Oke

Pakai kartu kredit yang oke bisa membantumu menekan biaya pengeluaran selama perjalanan, lho. Dengan kartu kredit ini kamu akan mendapatkan diskon khusus saat beli tiket pesawat, booking hotel, masuk ke tempat wisata dan saat makan di restoran.

4. Mengetahui Informasi tentang Musim

Seperti kamu ketahui di Amerika Serikat ini ada 4 musim, jadi sebelum berangkat kamu kudu tahu dulu di sana lagi musim apa biar nggak salah kostum. Nah, jika kamu berkunjung antara Februari-April maka di sana saat musim semi. Jadi nggak perlu repot bawa banyak baju-baju tebal. Kemeja, kaus, celana jeans, cardigan dan dress cocok untuk dibawa.

Berkunjung saat musim semi juga ada keuntungan lain karena bisa menikmati pemandangan cantik dengan suasana yang menyenangkan. Namun jika penasaran ingin melihat salju, maka bisa memilih berangkat saat musim dingin.

5. Memilih Destinasi Wisata

Cerdik memilih destinasi wisata bisa membantumu lebih hemat bujet saat berkunjung ke U.S.A. Banyak, kok tempat wisata yang tiketnya nggak mahal bahkan banyak yang gratis. Contohnya Montgomery Museum of Fine Arts, pantai di Florida, United States Air Force Academy, Santa de Frail, Detroit Riverfront Conservancy, Crater Lake. Masuk ke semua tempat tersebut nggak dipungut biaya, lho.

6. Menyediakan Uang Tip

Budaya atau kebiasan masyarakat di setiap negara itu nggak sama. Di Amerika Serikat jika makan di restoran ada kebiasaan untuk memberi tip. Memang, sih nggak ada aturan resmi tentang hal ini tapi umumnya tip yang diberi sebesar 15-20% dari harga makanan yang kamu pesan. Namun sebelum memberi tip, bisa dicek dulu apa tarifnya sudah termasuk tip atau belum. 

Selain di restoran, kamu juga perlu memberi tip pada bartender (1-2 USD/minuman), sopir taxi (10-15% dari tarif), layanan di hotel untuk tata graha (3-4 USD/malam) dan bellman (1-2 USD/kantong).

7. Pilih-Memilih Barang Bawaan

Pihak imigrasi U.S.A punya aturan yang ketat banget sebagai syarat masuk Amerika Serikat, jadi pastikan kopermu nggak berisi barang yang bisa menimbulkan masalah. Barang yang sebaiknya nggak dibawa adalah:

  • Buah-buahan dan sayuran
  • Produk daging
  • Kacang yang masih ada kulitnya
  • Keju jenis tertentu
  • Piring keramik
  • Minuman beralkohol merek tertentu

Baca Juga:

Itulah Blibli Friends syarat masuk Amerika, prosedur jika sudah sampai tujuan dan hal lain yang kudu kamu siapkan. Nah, jika berencana berlibur ke negara Paman Sam bisa pilih cara yang lebih simpel dan praktis yakni dengan ikut tour Amerika Serikat bersama toko online terpercaya Blibli. 

Soal harga nggak perlu pusing karena bersama Blibli dijamin bisa mendapat harga terbaik. Apalagi Blibli juga banyak memberikan penawaran promo dan diskon yang bikin liburan lebih hemat bujet. Proses cepat, nggak pakai ribet dengan metode pembayaran yang banyak pilihan, salah satunya bisa pakai kartu kredit. Nggak perlu menunda ayo, ikut tour Amerika Serikat bersama Blibli!

Tag: