me

Syarat Masuk Singapore Tahun 2024, Apa Saja Sih?

Apr 03, 2024.By
Bagikan

freepik.com/tawatchai07
Sudah tau belum syarat masuk singapore terbaru 2023? Kalau belum, intip dulu informasi lengkapnya di bawah ini!

Syarat Masuk Siingapore — Setiap negara di dunia, pasti menetapkan persyaratan izin imigrasi yang harus dipenuhi oleh para traveler jika ingin berkunjung atau berwisata ke negara tersebut, nggak terkecuali Singapore. Jika Blibli Friends berencana untuk melancong ke Singapore, maka kamu pun harus mematuhi persyaratan izin masuk yang ditentukan oleh Pemerintah Singapore, sebab hal ini bertujuan untuk memastikan perjalananmu lancar.

Selain diharuskan untuk melengkapi dokumen perjalanan dan menyiapkan paspor, para traveler juga wajib menyertakan beberapa dokumen pendukung lainnya sesuai dengan kebijakan Pemerintah Singapore. Kira-kira apa saja sih syarat masuk Singapore terbaru 2024 yang harus disiapkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan? Simak terus penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Baca Juga:


Syarat Masuk Singapore

Syarat Masuk Singapore
freepik.com/abderrahmen

Berlibur ke negara tetangga seperti Singapore akan lebih asyik dan menyenangkan kalau kamu tahu apa saja syarat-syarat yang dibutuhkan *ssst…supaya nggak disuruh balik pulang! Meskipun negara Singapore lokasinya berdekatan dengan Indonesia, tapi bukan berarti kamu bebas keluar masuk. Hal ini dikarenakan negara Singapore juga memiliki kewenangan untuk menolak atau memberi izin masuk kepada siapa saja yang tiba di negara tersebut.

Oleh karena itu, untuk memudahkan perjalananmu ke Singapore guna kepentingan berbisnis, berwisata, atau bahkan berencana melanjutkan studi di sana, maka sebagai Warga Negara Asing yang patuh, kamu harus melengkapi berbagai persyaratan yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Singapore. Namun, kalau kamu kesulitan mendapat informasi terkait apa saja syarat-syarat yang dibutuhkan, sebaiknya simak panduannya di bawah ini ya! 

Untuk memasuki Singapore, kamu harus memenuhi persyaratan imigrasi berikut:

1. Validitas Paspor 

Dikarenakan Indonesia merupakan salah satu negara yang letak geografisnya berada dalam kawasan yang sama dengan Singpore, maka negara Macan Asia tersebut membebaskan para traveler Indonesia supaya nggak  perlu membuat visa, tetapi wajib membawa paspor atas nama pribadi yang memiliki masa berlaku minimal 6 bulan sejak masa keberangkatan. 

2. Mengisi Identitas Kartu Kedatangan SGAC 

Semua traveler Indonesia harus melengkapi data diri secara online melalui layanan website resmi Immigration & Checkpoints Authority (ICA) untuk bukti cetak kartu SGAC dalam kurun waktu maksimal 3 hari sebelum jadwal kedatangan di Singapore. Kalau kamu sudah memenuhi semua kelengkapan syarat masuk Singapore, maka setibanya di sana, kamu akan diperbolehkan langsung masuk melewati jalur otomatis untuk izin imigrasi di pos pemeriksaan. 

Perlu diingat juga, bahwa pengisian SG Arrival Card atau SGAC ini berlaku untuk kamu yang memiliki tujuan ke Singapore maupun melakukan transit atau pindah melalui bandara Singapore tanpa meminta izin oleh pihak imigrasi. Adanya syarat SGAC untuk masuk Singapore berguna agar kamu nggak mengalami masalah perjalanan saat tiba di bandara Singapore.

Selain itu, setiap wisatawan berstatus WNA (Warga Negara Asing) inipun wajib untuk memberikan SG Arrival Card sebelum memasuki negara tersebut. Tapi, perlu kamu tahu juga bahwa SG Arrival Card ini berbeda dengan visa. Maka dari itu, untuk negara yang nggak memiliki akses bebas visa, tetap wajib menggunakan visa dan mengisi kartu pernyataan kesehatan untuk masuk ke Singappore.

Sementara itu, untuk cara mengirimkan SG Arrival Card ini , kamu perlu mempersiapkan paspor yang dikeluarkan oleh kewarganegaraan kamu. Masukkan juga kode transportasi yang tepat sesuai dengan moda yang kamu pilih dan informasi lengkap mengenai pemesanan akomodasi atau tempat kamu tinggal selama di Singapore, agar lebih mudah lagi kamu bisa gunakan paket tour Singapore.

3. Melewati Cek Keamanan dan Imigrasi

Setibanya di Singapore, pastikan kalau kamu nggak membawa barang-barang yag dilarang seperti benda tajam, miras, obat-obatan terlarang, bom, hingga hewan unggas. Biasakan diri untuk disiplin dan patuh mengikuti setiap prosedur izin imigrasi atau pabean dari Singapore, termasuk mempersiapkan keperluan jauh-jauh hari, supaya kamu masuk ke dalam kategori memenuhi syarat untuk izin otomatis. 

Sementara, kalau kamu merupakan traveler jangka pendek yang artinya hanya berlibur beberapa hari saja di Singapore, maka kamu harus memiliki uang saku yang cukup untuk membeli tiket kepulangan. Setelah kedatangan di Bandara Internasional Singapore, kamu bisa langsung mengambil  e-Pass milikmu menggunakan Portal Permintaan e-Pass dan pastikan juga kalau kamu nggak menginap melebihi validitas kartu kunjunganmu. 

4. Melampirkan Sertifikat Vaksinasi Covid-19 untuk Izin Tinggal Jangka Panjang

Bagi para traveler yang berencana menginap lebih lama di Singapore, maka harus melampirkan sertifikat vaksinasi Covid-19 minimal dosis kedua. Vaksinasi Covid-19 tersebut diperlukan untuk izin tinggal atau izin kerja dalam jangka waktu yang cukup lama, serta pembaruan pemegang izin kerja bagi yang sedang bertugas di sektor konstruksi, kelautan, atau yang tinggal di asrama. 

Selanjutnya, pemegang izin kerja harus menuju ke situs web MOM untuk memperhatikan terkait persyaratan vaksinasi, dan disarankan untuk membawa surat rapid test Covid-19 sebelum memasuki Singapore untuk menghindari penundaan penerbitan izin tinggal. Sementara mulai 1 April 2024, seseorang yang baru dinyatakan sembuh dari Covid-19, maka beberapa minggu setelah penyembuhan harus segera divaksin dan melakukan tes PCR kembali untuk pengurusan izin tinggal. 

Ketentuan Tambahan Syarat Masuk Singapore

Ketentuan Tambahan Syarat Masuk Singapore
freepik.com/lifeforstock

Sejak diberlakukannya aturan baru, Singapore sudah lebih dahulu memberikan kebebasan akses keluar masuk negaranya bagi para traveler luar negeri, termasuk dari Indonesia. Ini tentu menjadi kabar baik yang ditunggu-tunggu, buat traveler yang sudah kangen banget ingin melakukan perjalanan ke Singapore. Namun, menurut info terbaru, per tanggal 13 Februari 2024, Singapore nggak lagi memberlakukan tindakan pencegahan Covid-19 untuk para traveler. 

Eits.. jangan senang dulu, meski demikian Singapore memberlakukan aturan tambahan bagi para traveler yang ingin berkunjung ke sana. Aturan tersebut yaitu setiap para traveler diwajibkan untuk melampirkan surat deklarasi sehat elektronik dan sertifikat vaksin dari rumah sakit, yang di dalamnya berisikan informasi tentang kondisi kesehatan tubuhmu sebelum kedatangan di Singapore. 

Pasalnya, kalau kamu nggak mau memenuhi persyaratan kesehatan, maka kehadiranmu bisa ditolak dari Singapore. Tujuan utama dibuatnya ketentuan tambahan ini adalah sebagai upaya pencegahan penyakit menular yang disebabkan oleh virus mematikan yang berasal dari perjalanan wisata luar negeri seperti demam kuning, meningitis, hingga mers. Penyakit berbahaya tersebut sangat mudah menular jika saling berkontak langsung dengan pengunjung lainnya. 

Oleh karena itu, kalau kamu sudah melakukan vaksin, maka kamu akan mendapat Sertifikat Vaksinasi Internasional sebagai bukti untuk syarat masuk ke Singapore. Biasanya, seseorang yang terjangkit virus baru akan terdeteksi setelah memasuki fase 6 hari terakhir sebelum kedatangan di Singapore. Traveler yang mengalami gejala penyakit harus menjalani pengobatan medis dan dikarantina terlebih dahulu hingga 6 hari pada saat kedatangan. 

Karantina ini juga berlaku bagi mereka yang nggak memenuhi syarat untuk menerima vaksinasi, misalnya seperti anak-anak berusia 1 tahun ke bawah dan individu dengan kontraindikasi lain. 

Prosedur Saat Tiba di Singapore

rosedur Saat Tiba di Singapore
freepik.com/ultramansk

Bagi semua pengunjung yang tiba di Changi Airport, baik itu warga domestik Singapura, pemegang paspor jangka panjang, dan wisatawan mancanegara yang ingin memasuki Singapore harus melewati prosedur dengan menyerahkan Kartu Deklarasi Kesehatan elektronik (eHDC) melalui e-Layanan Kartu Kedatangan SGAC sebelum melewati pos imigrasi untuk dilakukan pengecekan ulang dan pencocokan identitas pengunjung. 

Wisatawan mancanegara akan memberikan informasi kedatangan mereka melalui Layanan elektronik SGAC. Selain penyerahan eHDC, pemegang paspor jangka panjang dan wisatawan mancanegara juga diharuskan menyiapkan paspor dan Izin/ Visa (jika ada) sebelum melanjutkan ke izin imigrasi. Kalau kamu tiba dalam waktu 6 hari setelah melewati daerah endemik Demam Kuning, mungkin kamu perlu menunjukkan Sertifikat Vaksinasi Internasional.

Untuk kamu yang baru pertama kali berkunjung ke Singapore, kamu bisa mengikuti tips berikut ini: Pertama, lewati Green Channel kalau kamu nggak membawa barang untuk dilaporkan. Sedangkan, kalau kamu membawa barang yang harus dilaporkan maka berjalanlah ke Red Channel. Jika menggunakan bagasi massal, ambil lah di area pengambilan bagasi biasa. Namun, kalau bagasi kamu hilang atau rusak, segera hubungi agen penanganan yang mewakili maskapai penerbanganmu. 

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan ke Singapore

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan ke Singapore
freepik.com/ultramansk

Semua orang pasti menginginkan perjalanan yang aman dan menyenangkan saat mereka berwisata atau berkunjung ke luar negeri seperti Singapore, apalagi kalau perjalanan yang akan ditempuh merupakan yang pertama kalinya. Tentu saja dibutuhkan persiapan yang matang supaya perjalanan menjadi lancar dan selamat sampai tujuan. Lantas, apa saja hal-hal yang perlu disiapkan sebelum berangkat ke Singapore? Berikut tipsnya:

1. Kelengkapan Dokumen Perjalanan

Secara umum, salah satu persiapan yang selalu dilakukan ketika akan berpergian ke luar negeri melengkapi semua dokumen perjalanan. Pasalnya, dokumen perjalanan ini berfungsi sebagai tanda pengenal kalau kamu merupakan wisatawan asing yang hanya ingin berkunjung atau liburan di Singapore. Ada pun berbagai dokumen perjalanan yang dibutuhkan yaitu meliputi pengisian kartu SCAC, paspor, itinerary, hingga tiket pesawat. 

Semua kelengkapan dokumen perjalanan ini harus kamu siapkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, karena biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pembuatan visa atau paspor, apalagi kalau kamu baru pertama kali membuatnya. Sementara, untuk booking tiket pesawat juga harus dilakukan H-1 bulan atau H-14 hari sebelum keberangkatan untuk menghindari lonjakan harga tiket. 

2. Gunakan Paket Tour Wisata

Rencanakan perjalananmu dengan menggunakan paket tour wisata ke Singapore karena akan memudahkan perjalananmu lebih cepat dan terorganisir dengan baik. Selain perjalananmu lebih aman karena sudah diurus oleh pihak travel, menggunakan paket tour wisata juga bisa mencegah dari pengeluaran yang nggak terduga. Pasalnya, kalau kamu menggunakan paket tour wisata, semua rincian pengeluaran liburanmu akan terstruktur dengan baik, sehingga nggak sampai over budget. 

Pilihlah paket tour wisata yang terpercaya, salah satunya melalui Blibli, karena di Blibli kamu bisa bebas pilih paket perjalanan ke Singapore sesuai keinginanmu, tinggal booking, selesaikan pembayaran, terima tanda bukti, dan beres deh. Mudah banget kan?

3. Siapkan Asuransi Perjalanan

Kelihatannya mungkin seperti pengeluaran yang nggak penting bagi sebagian orang, tapi asuransi perjalanan juga menjadi bagian dari kebutuhan saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Pasalnya, kita nggak pernah tahu kejadian apa yang akan dialami selama di Singapore, meskipun kamu juga pasti berharap nggak bakal ada kejadian buruk, tapi nggak ada salahnya juga kalau kamu menyiapkan asuransi untuk berjaga-jaga.

4. Sewa Perangkat Pocket Wi-Fi

Meskipun kelihatannya nggak seberapa dibutuhkan, tapi hal menyewa perangkat pocket wi-Fi bisa untuk berjaga-jaga kalau koneksi internetmu sedang trouble di Singapore sehingga kamu nggak perlu bingung kalau ingin mengabari keluarga di rumah karena kamu bisa tetap terhubung dengan keluarga di rumah. Untuk harga sewa pocket Wi-Fi juga bervariasi tergantung jumlah kuotanya, paling murah biasanya Rp350 ribuan untuk 50GB. 

5. Uang Cash Secukupnya

Kemana pun kamu pergi, sudah pasti harus membawa perbekalan yang lengkap salah satunya yaitu uang cash secukupnya. Meskipun di era modern ini segala sesuatunya sudah bisa dibayar melalui debit atau credit card, tapi kamu juga harus membawa uang cash lho. Sebelum berangkat ke Singapore, ada baiknya kalau kamu menukarkan beberapa uangmu dengan mata uang dollar Singapura ke Bank terdekat agar lebih efisien. 


Baca Juga:

Itulah panduan terkait syarat masuk Singapore yang harus Blibli Friends ketahui sebelum melakukan perjalanan ke negara tersebut. Jika kamu tertarik berwisata ke Singapore dalam waktu dekat ini, kamu bisa banget booking Paket Tour Singapore melalui Blibli. Temukan banyak pilihan paket wisata lokal maupun luar negeri yang menarik banget. Yuk, rencanakan liburanmu ke Singapore bersama Blibli sekarang juga!

Tag: