me

Syarat Masuk Korea Terbaru 2024, Cek Dulu Yuk!

Apr 04, 2024.By Nadine
Bagikan

freepik.com/tawatchai07
Rencanakan liburan ke Korea Selatan dengan mengetahui terlebih dahulu syarat masuk ke negara tersebut.

Syarat Masuk KoreaSiapa sih yang nggak mau liburan ke Korea Selatan? Negara satu ini memiliki banyak daya tarik yang membuat para wisatawan ingin liburan disana. Daya tarik dari negara ini pun beragam mulai dari budaya, musik, drama, kosmetik, dan lain-lain. Nggak heran kalau banyak anak-anak muda yang selalu ingin berlibur ke negara yang berada di Asia Timur ini.

Apakah Blibli Friends termasuk salah satu orang yang ingin liburan ke Korea? Nah, sebelum berangkat ke negara tersebut, kamu harus tahu apa saja syarat masuk Korea terbaru yang harus dipenuhi. Pasalnya, Korea Selatan memiliki beberapa persyaratan yang harus Blibli Friends penuhi terlebih dahulu sebelum melancong pergi berlibur ke negara ini.

Baca Juga:


Syarat Masuk Ke Korea

freepik.com/bangkokclickstudio

Korea Selatan memang menjadi salah satu tempat liburan yang tepat karena memiliki banyak sekali destinasi wisata. Negara ini sudah berkembang pesat dan mampu menarik banyak wisatawan asing untuk berkunjung ke negaranya. Selain itu, negara ini juga memiliki berbagai sarana dan prasarana yang akan memudahkan para wisatawan ketika berkunjung ke Korea Selatan.

Sebelum pergi ke negara ini, Blibli Friends harus tahu apa saja syarat masuk Korea terbaru 2024 terlebih dahulu, ya! Hal ini dilakukan agar perjalanan Blibli Friends ke Korea Selatan bisa dilakukan dengan lancar dan tanpa kendala. Penasaran  dengan apa saja syarat masuk ke Korea? Yuk, simak informasinya berikut ini.

1. Mengurus Visa

Hampir semua negara memerlukan pengurusan visa sebagai syarat masuk untuk para turis mancanegara. Visa merupakan dokumen yang dikeluarkan sebagai bukti bahwa orang tersebut dapat masuk ke dalam suatu negara. Masing-masing negara memiliki bentuk dokumen visa yang berbeda-beda lho. Jika kamu ingin berkunjung ke Korea Selatan, maka kamu juga memerlukan visa.

Setiap negara memiliki syarat dan ketentuan tertentu untuk pengurusan visa. Adapun hal pertama yang harus Blibli Friends lakukan jika ingin mengurus visa untuk pergi ke Korea Selatan adalah dengan mendatangi Korea Visa Application Center atau KVAC yang ada di lantai 5 Lotte Shopping Avenue di Jakarta Selatan.

Blibli Friends bisa mengurus permohonan visa ini ke KVAC pada hari-hari kerja yaitu setiap Senin-Jumat pukul 08.00-15.00. Sebelum datang ke tempat ini, Blibli Friends harus mempersiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti formulir permohonan visa, foto, paspor, surat keterangan bekerja, SIUP untuk wirausahawan, dan formulir-formulir lainnya.

Ada beberapa jenis visa Korea Selatan yang bisa kamu pilih yaitu Single Entry Visa, Double Entry Visa, Multiple Entry Visa, dan Group Visa. Sesuaikan kebutuhanmu datang ke Korea dengan visa yang akan kamu pilih. Masing-masing visa memiliki harga yang berbeda-beda. Jika kamu sedang mengajukan visa ke Korea, maka dibutuhkan beberapa waktu sampai akhirnya visa Blibli Friends bisa disetujui.

2. Wajib Sudah Vaksin dan Booster

Persyaratan selanjutnya berhubungan dengan pencegahan virus corona yang sempat menjadi pandemi di seluruh dunia. Bagi para turis mancanegara yang ingin melancong ke Korea Selatan wajib sudah mendapatkan vaksin ketiga atau booster. Syarat ini hampir sama dengan peraturan negara lain mengenai turis mancanegara yang akan masuk ke dalam wilayah mereka.

Oleh karena itu, Blibli Friends harus sudah mendapatkan vaksin ketiga sebelum memutuskan untuk pergi ke Korea Selatan. Saat ini sangat mudah kok untuk Blibli Friends bisa mendapatkan vaksin booster tanpa dipungut biaya di Indonesia. Nah, bagi Anda yang belum melaksanakan vaksin ketiga, maka segeralah mendaftar untuk mendapatkan vaksin dosen ketiga.

Syarat vaksin ketiga ini justru memudahkan turis mancanegara lho. Pasalnya, dengan menunjukkan bukti bahwa sudah vaksin dosis ketiga, maka Blibli Friends nggak perlu melakukan karantina lagi ketika datang di Korea Selatan. Tentunya hal tersebut memudahkan Blibli Friends untuk bisa berwisata di Korea Selatan tanpa perlu melakukan karantina terlebih dahulu.

Namun, syarat ini nggak berlaku untuk semua negara. Beberapa turis mancanegara dari beberapa negara seperti Pakistan,Ukraina, Uzbekistan, dan Myanmar harus tetap karantina selama 7 hari. Nah, Blibli Friends bisa berwisata di Korea Selatan dengan lebih mudah yaitu hanya dengan membuktikan bahwa sudah pernah mendapatkan vaksin ketiga, maka kamu nggak perlu dikarantina.

3. Isi Q-Code

Syarat selanjutnya yang dibutuhkan ketika kamu ingin liburan ke Korea selatan adalah mengisi Q-Code. Pengisian Q-Code sangat penting untuk dilakukan karena di formulir ini Blibli Friends akan mengisi mengenai informasi kesehatan dan vaksinasi yang sudah kamu lakukan. Formulir ini akan diperlihatkan ketika hendak check-in pesawat di bandara.

Selain itu, Q-Code juga diperlihatkan ketika Blibli Friends mau ke bagian imigrasi. Beberapa informasi yang harus kamu isi adalah nama, email, nomor paspor, nomor kontak, tanggal keberangkatan & tiba, tempat tinggal selama di Korea Selatan, serta informasi-informasi lainnya. Pastikan Blibli Friends mengisi data apa saja yang dibutuhkan di formulir ini dengan benar, ya!

Hal lain yang harus Blibli Friends ketahui selanjutnya mengenai Q-Code ini adalah dokumen ini harus ditunjukkan bersama-sama dengan travel declaration form, arrival card, dan health declaration form yang akan diberikan saat Blibli Friends sedang berada di pesawat menuju ke Korea Selatan. Istilah dokumen-dokumen yang dibutuhkan tersebut dengan benar dan jujur, ya!

Ketentuan Tambahan

Ketentuan Tambahan
freepik.com/bangkokclickstudio

Beberapa syarat-syarat di atas harus Blibli Friends lakukan sebelum datang ke Korea Selatan. Selain syarat-syarat tersebut, ada beberapa ketentuan tambahan yang harus Blibli Friends perhatikan. Yuk, intip apa saja ketetapan tambahan yang diperlukan ketika Blibli Friends ingin pergi ke Korea.

1. Tidak Perlu Tes PCR

Dahulu, beberapa negara mewajibkan bagi siapa saja yang ingin pergi ke wilayahnya untuk melakukan tes PCR terlebih dahulu. Korea Selatan sendiri juga pernah memberlakukan hal ini sebagai salah satu persyaratan masuk ke negara ini. Namun, dengan kian menyusutnya kasus-kasus corona membuat peraturan tersebut nggak berlaku.

Blibli Friends nggak perlu melakukan tes PCR untuk membuktikan bahwa kamu nggak terkena corona. Cukup bawa sertifikat vaksin saja untuk membuktikan bahwa kamu sudah mendapatkan vaksin ketiga, maka kamu sudah bisa pergi ke Korea Selatan.

2. Karantina untuk yang Belum Vaksin Lengkap

Ketentuan lain yang perlu Blibli Friends ketahui lainnya adalah jika kamu belum mendapatkan vaksin, maka kamu harus melaksanakan karantina selama 7 hari di fasilitas yang disediakan oleh Korea Selatan. Hal tersebut juga berlaku untuk Blibli Friends yang belum mengisi Q-Code. Oleh karena itu, penting bagi Blibli Friends untuk melengkapi vaksin dan Q-Code sebelum ke Korea Selatan.

Karantina selama 7 hari tentu bikin perjalanan liburanmu menjadi terdampak. Jadi, pastikan Blibli Friends sudah memenuhi persyaratan masuk ke Korea Selatan agar bisa berlibur dengan tenang dan aman di negara tersebut.

3. Ke Korea Selatan Tanpa Visa

Seperti yang diketahui sebelumnya, pergi ke Korea Selatan wajib mengurus visa keberangkatan. Namun, tahukah Blibli Friends bahwa kamu bisa ke Korea Selatan tanpa perlu menggunakan visa? Hal tersebut bisa kamu dapatkan jika kamu berwisata ke Pulau Jeju dan Pulau Yang Yang di Korea Selatan. Pasalnya, Indonesia masuk ke dalam negara yang bisa masuk tanpa visa ke pulau itu lho.

Hal ini bisa jadi alternatif liburan yang lebih hemat untuk Blibli Friends lho. Pasalnya, kamu nggak perlu biaya tambahan lagi untuk mengurus visa karena kedua pulau di Korea tersebut bisa didatangi turis Indonesia tanpa menggunakan visa.

Prosedur Saat Tiba di Korea

Prosedur Saat Tiba di Korea
freepik.com/glaushkina1

Saat sampai di Korea Selatan, ada beberapa prosedur yang mungkin akan Blibli Friends jalani saat berada di bandara. Prosedur ini biasanya dilakukan saat penumpang turun dari pesawat. Beberapa prosedur yang dijalankan saat berada di bandara Korea Selatan adalah :

  • Pengunjung harus sudah mengisi Formulir Pernyataan Kesehatan dan Pernyataan Catatan Perjalanan.
  • Kedua dokumen tersebut harus sudah didaftarkan terlebih dahulu di Q-Code
  • Terdapat pemeriksaan kesehatan untuk para pengunjung yang baru saja sampai di Korea Selatan
  • Terdapat pemeriksaan bea cukai
  • Pemeriksaan di bagian imigrasi

Itulah beberapa prosedur yang mungkin akan Blibli Friends lakukan saat sampai di bandara. Blibli Fiends harus menyiapkan semua hal yang dibutuhkan agar perjalanan ke Korea Selatan bisa dilakukan dengan lancar.

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan ke Korea

freepik.com/benzoix

Sebelum memutuskan untuk pergi ke Korea Selatan, tentu terdapat beberapa hal yang perlu Blibli Friends persiapkan agar perjalanan kamu bisa berlangsung dengan lancar. Apa saja hal yang perlu kamu siapkan? Ini dia informasinya untuk Blibli Friends.

1. Paspor

Persiapan paling utama ketika kamu sedang berlibur ke Korea Selatan adalah menyiapkan paspor. Dokumen imigrasi ini berfungsi sebagai identitas yang kamu miliki selama berada di luar negeri. Jika kamu ingin pergi ke Korea Selatan, maka pastikan kamu sudah memiliki paspor. Jika belum memiliki paspor, maka kamu harus mengurusnya jauh-jauh hari dan nggak boleh mendadak.

2. Tukar Uang

Sebelum keluar negeri, Blibli Friends harus menyiapkan uang tunai dalam bentuk mata uang negara tersebut. Hal ini untuk memudahkan Blibli Friends ketika sedang berada di negara tersebut. Kamu bisa menukar uang dengan mudah di berbagai tempat seperti money changer, bank, dan tempat lainnya.

Namun, jika kamu kehabisan uang dalam bentuk Won di Korea, kamu bisa mengambil uang ddi ATM yang ada logo mastercard, visa, atau cirrus. Tentu hal tersebut akan memudahkan Blibli Friends ketika sedang kehabisan uang.

3. Pelajari Musim di Korea

Sebelum pergi ke Korea penting bagi kamu untuk mempelajari musim-musim apa saja di Korea Selatan. Hal ini untuk memudahkan kamu ketika memilih jenis pakaian yang digunakan saat pergi ke Korea Selatan.

4. Pelajari Transportasi di Korea

Transportasi di Korea tentu sangat berbeda dengan di Indonesia. Agar Blibli Friends nggak bingung selama berada di Korea Selatan, maka kamu harus mempelajari bagaimana sistem transportasi yang ada di Korea.

5. Informasi mengenai Makanan Halal

Bagi turis yang beragama muslim, penting bagi Blibli Friends untuk mengetahui tempat mana saja di Korea Selatan yang menyediakan makanan halal. Informasi mengenai hal ini akan memudahkan Blibli Friends ketika sedang mencari tempat yang menjual makanan halal di Korea.


Baca Juga:

Itulah beberapa syarat masuk ke Korea yang harus Blibli Friends ketahui. Ingin liburan ke Korea dengan harga yang terjangkau? Yuk, pilih saja paket tour Korea di Blibli. Terdapat berbagai pilihan paket wisata yang dapat kamu pilih dan tentunya bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau lho. Yuk, liburan ke Korea Selatan tanpa ribet dengan paket tour korea di Blibli!

Tag: