me

Syarat Masuk Jepang Terbaru 2024, Cek Di Sini!

Apr 04, 2024.By Nadine
Bagikan

freepik.com/tawatchai07
Berencana liburan ke Jepang? Simak dulu informasinya pada artikel di bawah ini.

Syarat Masuk Jepang — Jepang adalah salah satu negara yang paling banyak dikunjungi oleh para turis yang hendak liburan atau sedang ada urusan bisnis. Negara ini dikenal dengan keindahan alam dan daya tarik wisata yang membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung. Sebelum kamu pergi ke Jepang, tentu Blibli Friends harus memenuhi semua syarat-syarat untuk menuju ke negeri sakura ini.

Oleh karena itu, Blibli Friends harus tahu apa saja syarat masuk Jepang terbaru tahun 2024. Pasalnya, setiap tahun peraturan masuk ke negara ini bisa saja berbeda. Nah, untuk Blibli Friends yang berencana pergi ke Jepang wajib tahu apa saja persyaratan agar kamu bisa pergi ke Jepang. Berikut ini informasi mengenai syarat masuk Jepang terbaru 2024 untuk Blibli Friends.

Baca Juga:


Syarat Masuk ke Jepang

Syarat Masuk ke Jepang
freepik.com/coffeekai

Setiap negara tentunya memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh turis mancanegara sebelum berhasil masuk ke wilayahnya. Jepang juga mempunya beberapa peraturan dan persyaratan yang penting untuk diketahui oleh orang yang ingin pergi ke negara ini. Jangan sampai Blibli Friends gagal berangkat ke Jepang karena belum memenuhi syarat-syarat ke Jepang, ya!

Syarat-syarat untuk masuk ke Jepang bisa kamu penuhi dengan mudah, kok. Penasaran apa saja syarat-syaratnya? Inilah informasinya untuk Blibli Friends

1. Wajib Vaksin Dosis Ketiga

Sama halnya seperti negara lain, vaksin Covid-19 diperlukan sebagai salah satu syarat untuk masuk ke negara Jepang. Seperti yang diketahui, beberapa negara sempat menutup akses untuk masuk karena adanya virus Corona ini. Namun, seiring dengan menurunnya jumlah kasus Corona, sebagian besar negara membuka lagi akses masuk untuk turis mancanegara.

Jepang adalah salah satu negara yang sudah membuka akses untuk masuk bagi turis luar negeri. Namun, terdapat syarat yang harus dipenuhi berkaitan dengan pencegahan virus Corona yaitu para turis wajib memiliki vaksin dosis ketiga ketika masuk ke Jepang. Hal ini menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi jika Blibli Friends ingin pergi ke negara tersebut.

Syarat ini merupakan perubahan dari peraturan yang diterapkan Jepang sebelumnya. Pada awalnya, Jepang mewajibkan bagi siapa saja yang masuk ke dalam wilayah negara ini untuk melakukan tes covid dalam kurun waktu 72 jam dan harus menunjukkan hasil negatif. Namun, hal tersebut sudah tidak diperlukan lagi dan diganti dengan bukti bahwa kamu sudah melakukan vaksin dosis ketiga.

Hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah dengan menunjukkan sertifikat yang menjadi bukti vaksin ketiga. Bukti tersebut harus sudah ditranslasikan ke Bahasa Jepang atau Bahasa Inggris, ya!

2. Jenis Vaksin untuk Ke Jepang

Selain harus sudah melakukan vaksin ketiga, hal lain yang menjadi salah satu syarat masuk ke Jepang adalah jenis vaksin. Setiap negara memiliki jenis vaksin berbeda tergantung dengan kebijakan masing-masing. Di Indonesia sendiri juga terdapat beberapa vaksin yang bisa dipilih oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

Jenis vaksin ini ternyata cukup penting untuk Anda perhatikan ketika ingin masuk ke Jepang. Pasalnya, terdapat peraturan dan syarat yang mengatur mengenai orang dengan jenis vaksin apa yang bisa masuk ke negara tersebut tanpa tes dan hanya menunjukkan bukti vaksin dosis ketiga. Pastikan Blibli Friends sudah disuntik dengan beberapa jenis vaksin berikut ini sebelum ke Jepang:

  • Pfizer
  • Moderna
  • AstraZeneca
  • Janssen
  • Bharat Biotech
  • Covovax
  • Covishield
  • Novavax
  • Sinopharm
  • Sinovac
  • Convidecia

Jika Anda sudah divaksin dengan menggunakan jenis-jenis di atas, maka Blibli Friends cukup menunjukkan bukti vaksin dosis ketiga saja untuk bisa masuk ke Jepang.

3. Wajib Tes Jika Belum Vaksin Dosis Ketiga

Syarat lain yang perlu Blibli Friends ketahui adalah wajib untuk melakukan tes Covid jika Blibli Friends belum melakukan vaksin dosis ketiga. Tes tersebut harus dilakukan dalam kurun waktu 72 jam sebelum waktu keberangkatan ke Jepang. Hal ini perlu diperhatikan bagi Blibli Friends yang masih belum melaksanakan vaksin dosis ketiga.

4. Registrasi di Visit Japan Web

Hal lain yang perlu diperhatikan sebagai syarat untuk pergi ke Jepang adalah melakukan registrasi terlebih dahulu di Visit Japan Web. Registrasi ini bisa dilakukan sebelum jadwal keberangkatan Blibli Friends menuju ke Jepang. Kamu harus melengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk masuk ke Jepang seperti paspor, hasil tes covid, sertifikat vaksin, dan dokumen lainnya.

5. Syarat Pemakaian Masker

Masker menjadi salah satu perlengkapan yang digunakan saat pandemic corona. Namun, saat pandemi ini berakhir, bagaimana dengan penggunaan masker di Jepang? Ternyata aturan mengenai pemakaian masker di Jepang sudah mulai dilonggarkan. Anda tidak perlu memakai masker di tempat yang tidak ramai dan tidak bergerombol.

Namun, hingga saat ini masyarakat Jepang tetap memakai masker terutama di keramaian. Jadi, Blibli Friends bisa membawa masker ketika hendak ke Jepang meskipun peraturan pemakaian masker sudah dilonggarkan.

Ketentuan Tambahan untuk Syarat Vaksin

tentuan Tambahan
freepik.com/EyeEm

Ada beberapa ketentuan tambahan yang perlu Blibli Friends perhatikan selain persyaratan masuk ke negara ini. Ketentuan tambahan ini adalah kondisi yang memungkinkan tidak berlakunya persyaratan vaksin masuk ke Jepang yang sudah dibahas sebelumnya. Ada beberapa kondisi yang membuat seseorang nggak wajib untuk memenuhi persyaratan vaksin di atas.

Salah satu hal yang membuat persyaratan masuk ke Jepang itu nggak berlaku adalah ketika pengunjung berusia kurang dari 6 atau 7 tahun yang tergantung terhadap berapa usia sekolah di negara tersebut. Selain itu, pengunjung berusia kurang dari 18 tahun yang pergi bersama orang tua atau wali yang sudah vaksin dosisi ketiga juga tidak wajib memenuhi persyaratan vaksin dosis ketiga.

Kondisi lain yang membuat pengunjung boleh tidak memenuhi syarat vaksin saat ingin ke Jepang adalah orang yang memiliki visa diplomatik resmi yang dikeluarkan oleh Jepang. Selain itu, pengunjung yang memiliki surat konsiler berisi penjelasan mengapa tes tidak dapat dilakukan juga diperbolehkan untuk tidak memenuhi syarat vaksin untuk masuk ke Jepang.

Prosedur Saat Tiba di Jepang

freepik.com

Setelah melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan, Blibli Friends bisa berangkat ke Jepang dengan tenang. Sesampainya disana, biasanya terdapat beberapa prosedur yang harus dilalui di bandara. Prosedur ini merupakan hal wajib yang harus Blibli Friends lakukan jika sudah sampai di Bandara Jepang.

Sesaat setelah sampai di Bandara, biasanya Blibli Friends akan disambut oleh para petugas yang biasanya memakai rompi warna merah mudah. Kamu bisa menunjukkan tangkapan layar dari Quarantine procedures (Fast Track) kepada petugas tersebut. Kemudian, Blibli Friends akan mendapatkan semacam kertas merah yang menunjukkan bahwa kamu sudah dicek kesehatannya.

Langkah selanjutnya adalah Blibli Friends bisa melalui bagian bea cukai untuk diperiksa. Setelah berhasil diperiksa di bagian bea cukai, selanjutnya kamu lanjut ke bagian imigrasi untuk pengecekan. Selanjutnya adalah pemindaian kode QR Disembarkation Card For Foreigner oleh petugas verifikasi terakhir. Namun, apabila menggunakan e-paspor kamu bisa langsung melewati gerbang otomatis.

Sebenarnya di bandara Jepang sudah menerapkan hal-hal yang bersifat sistematis. Namun, Blibli Friends nggak perlu bingung kalau mengalami kesulitan terhadap sesuatu karena terdapat petugas bandara yang siap membantu Blibli Friends dalam mengurus hal-hal ketika sampai di Jepang.

Hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan perjalanan ke Jepang

freepik.com/benzoix

Selain mengetahui persyaratan-persyaratan untuk masuk ke Jepang, tentunya ada beberapa hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu sebelum pergi ke negara tersebut. Mempersiapkan semua perlengkapan dengan baik akan memudahkan perjalanan Blibli Friends ke Jepang lho. Apa saja hal yang perlu disiapkan ke Jepang? Yuk, simak informasinya berikut ini.

1. Paspor dengan Masa Expired Setidaknya 6 Bulan Sebelumnya

Paspor adalah salah satu perlengkapan yang harus Blibli Friends persiapkan sebelum berangkat ke luar negeri. Benda ini menjadi kartu identitas yang berlaku selama Blibli Friends berada di luar negeri. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan pasport ini dengan baik, nggak terkecuali saat Blibli Friends ingin pergi ke Jepang.

Hal yang perlu diperhatikan mengenai paspor ini adalah masa berlaku yang dimiliki. Perhatikan tanggal kadaluarsa paspor sebelum Blibli Friends berangkat ke Jepang, ya! Tentunya hal tersebut dilakukan untuk mencegah berbagai kemungkinan buruk yang bisa terjadi seperti nggak diperbolehkannya kamu keluar negeri hanya karena paspor yang sudah kadaluarsa.

2. Persiapkan Visa ke Jepang

Visa menjadi salah satu hal yang perlu dipersiapkan sebelum Blibli Friends berangkat ke Jepang. Pasalnya, pengurusan visa ke negara ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Blibli Friends harus mengurus visa ini dengan baik agar kamu bisa melakukan perjalanan ke Jepang, Tersedia dua jenis visa yang bisa kamu gunakan yaitu single entry maupun multiple entry.

Namun, jika Blibli Friends memiliki e-paspor, maka kamu tidak perlu lagi mengurus visa ke negeri ini. Sebaliknya, jika paspor yang kamu miliki masih biasa, maka kamu harus melakukan pengurusan visa terlebih dahulu sebelum berkunjung ke Jepang.

3. Buatlah Itinerary

Hal yang perlu kamu buat ketika hendak mengajukan visa ke Jepang adalah membuat itinerary yang akan menjelaskan akan kemana saja kamu selama berada di negara tersebut. Buatlah itinerary dengan detail mulai dari destinasi wisata yang hendak kamu kunjungi, jadwal kereta, jadwal makan, dan berbagai aktivitas lain yang bisa kamu tulis.

4. Siapkan Akomodasi

Salah satu hal yang perlu kamu persiapkan sebelum pergi ke Jepang adalah akomodasi yang diperlukan. Pilihlah tempat akomodasi yang nyaman dengan harga terjangkau selama kamu berada di Jepang. Pemesanan akomodasi selama di Jepang sebaiknya dilakukan secara online agar lebih praktis untuk dilakukan.

Apalagi saat ini proses pemesanan tempat akomodasi secara online bisa dilakukan dengan mudah. Siapkan tempat akomodasi dengan sebaik-baiknya untuk membuat perjalanan Blibli Friends menjadi lebih nyaman dan aman.

5. Siapkan Makanan dari Indonesia

Harga makanan di Jepang memang terbilang cukup mahal. Blibli Friends bisa mengatasi hal tersebut dengan menyiapkan dan membawa beberapa jenis makanan dari Indonesia sebagai persediaan selama berada di Jepang. Beberapa makanan yang mungkin bisa kamu bawa pergi ke Jepang adalah mie instan, camilan, dan berbagai jenis makanan lainnya.


Baca Juga:

Itulah beberapa syarat masuk Jepang yang harus Blibli Friends ketahui ketika hendak pergi ke negara tersebut. Ingin liburan ke Jepang dengan lebih praktis? Pesan paket tour Jepang di Blibli saja. Ada banyak pilihan paket wisata menarik yang bisa kamu pilih dengan harga terjangkau lho. Wujudkan impianmu untuk liburan ke luar negeri dengan Blibli sekarang juga!

Tag: