me

Syarat Masuk Malaysia Terbaru 2024 Ini, Yuk Cek!

Apr 04, 2024.By
Bagikan

freepik.com/jamesteoh1976
Ini dia syarat masuk Malaysia 2023 untukmu!

Syarat Masuk Malaysia — Covid 19 sudah benar-benar di tahap yang aman sehingga nggak heran kalau kunjungan ke luar negeri juga kembali meningkat. Sudah banyak orang yang kembali pergi ke luar negeri baik untuk kebutuhan bisnis, sekolah sampai liburan biasa. Kamu ada niatan untuk pergi ke Malaysia dalam waktu dekat? Cek dulu syarat masuk Malaysia terbaru ini!

Baca Juga:


Syarat Masuk Malaysia Terbaru 2024

Apa saja sih syarat yang perlu dipenuhi untuk bisa masuk ke Malaysia? Biar nggak salah langkah kamu bisa langsung cek semua penjelasannya di bawah ini!

Syarat Masuk Umum

Syarat Masuk Umum
freepik.com/EyeEm

Adapun beberapa syarat umum yang wajib banget dipenuhi ketika hendak berkunjung ke Malaysia bisa langsung cek di bawah ini!

1. Paspor atau Dokumen yang Sah

Syarat wajib dan termasuk umum pertama yang perlu kamu siapkan adalah paspor. Paspor merupakan sebuah dokumen yang fungsinya penting banget sebagai bentuk identitas kita ketika berada di negara asing, termasuk Malaysia. Untuk pembuatannya kita bisa langsung mengunjungi kantor Imigrasi terdekat dan melakukan serangkaian proses pembuatannya. 

Untukmu yang baru pertama kali membuat paspor perlu menunggu paling lama sekitar semingguan sampai bisa jadi dan siap untuk digunakan. Paspor menjadi dokumen yang sah untuk bisa memasuki kawasan Malaysia. 

2. Visa yang Sah 

Syarat masuk kedua ke Malaysia adalah memiliki Visa (disesuaikan dengan negara yang diharuskan ada Visa dan juga tujuan untuk ke Malaysianya dalam rangka apa). Bagi setiap orang Indonesia, dpat berlibur ke Malaysia selama 30 hari tanpa memerlukan visa. Namun,jika ingin tinggal dalam waktu lama atau urusan bisnis dan pekerjaan lainnya kamu tetap membutuhkan visa.

3. Harus Ada Tujuan yang Jelas 

Syarat umum ketiganya adalah ketika kamu hendak pergi ke Malaysia harus memiliki tujuan yang jelas. Jangan sampai pergi ke Malaysia hanya karena keperluan impulsif saja tanpa ada keterangan yang jelas karena keberadaanmu nanti bakalan dianggap sebagai Imigran gelap. Lebih baik tentukan dengan jelas apa tujuanmu untuk pergi ke Malaysia dan bakalan berapa lama. 

Contohnya semisal kamu mau liburan, bakalan berapa lama untuk liburan ke sana. Kalaupun untuk tujuan kuliah dan bisnis kamu juga harus menentukan durasi tinggalnya. 

4. Nggak Termasuk dalam Daftar Imigran Hitam 

Syarat untuk bisa masuk ke Malaysia yang keempatnya adalah kamu bukanlah orang yang masuk ke dalam daftar hitam. Maksud dari daftar ini adalah teroris, buronan dan orang-orang yang bermasalah untuk Malaysia maupun dalam negerimu. Sehingga bakalan mengancam atau membahayakan ketika berkunjung ke Malaysia. 

5. Miliki Tempat Tinggal dan Tiket Perjalanan yang Jelas 

Syarat selanjutnya yang bakalan membuatmu aman banget untuk berkunjung ke Malaysia adalah persiapkan semua kebutuhan kunjunganmu jauh-jauh hari. Beberapa keperluan yang dimaksud adalah hotel, motel, apartemen atau penginapan lain untuk tempat tidurmu selama berada di Malaysia. Begitu juga dengan tiket pulang dan pergi yang jelas sesuai yang kamu beli. 

Dengan begitu, pendataan dan proses verifikasi datamu ketika sampai ke Malaysia bakalan lebih mudah nantinya. 

6. Harus Punya MDCA

Ada satu syarat baru yang perlu kamu pahami ketika hendak pergi ke Malaysia yakni warga negara asing yang masuk untuk tujuan tertentu termasuk liburan harus punya yang namanya Malaysia Digital Arrival Card (MDCA) terhitung 3 hari sebelum kedatangan turis ke Malaysia. Peraturan ini baru saja rilis di tanggal 1 Januari tahun 2024 ini. 

Apa itu MDAC? MDAC atau Malaysia Digital Arrival Card adalah formulir yang harus diisi langsung oleh pengunjung atau turis asing yang masuk ke Malaysia. Tujuan dari adanya formulir ini untuk memproses masuk ke Malaysia menjadi lebih sederhana dan hanya butuh waktu singkat karena data-data yang dibutuhkan memang lebih simple. 

Dengan adanya MDAC ini pengunjung dari berbagai macam negara bisa langsung menggunakan layanan autogate atau pntu masuk yang sifatnya otomatis saat berada di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA). Bagaimana Cara Mendapatkan MDAC? Kamu bisa langsung cek semua penjelasannya di bawah ini!

  • Masuk ke website https://imigresen-online.imi.gov.my/mdac/main untuk melakukan registrasi sesuai petunjuk yang tertera. 
  • Lanjut kamu bisa mengisi data diri dan kebutuhan perjalananmu. Data yang dibutuhkan adalah akomodasi selama di Malaysia, keberangkatan, tanggal kedatangan, asal negara, nomor paspor dan biodata diri lebih lengkap. 
  • Jika sudah jangan lupa cek kembali kemudian submit data. Lanjut cek email yang kamu gunakan dan PIN yang sudah diberikan. 
  • Langkah keempatnya kamu bisa kembali ke https://imigresen-online.imi.gov.my/mdac/main kemudian klik bagian Tab “Check Registration Info.” 
  • Kamu bisa memasukkan nomor paspor, kewarganegaraan dan PIN yang sudah amu dapatkan sebelumnya. 
  • Submit dan unduh file MDAC yang bentuknya berupa file PDF. 

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah mengenai pengecualian dari MDAC ini karena kewajiban pengisiannya nggak berlaku untuk beberapa kategori seperti di bawah ini!

  • Pemegang dokumen Perjalanan Lintas Batas Negara (PLB) Indonesia. 
  • Pemegang isin perbatasan Thailand. 
  • Pemegang fasilitas Brunei Malaysia Frequent Traveller. 
  • Pemegang General Certificate of Identity (GIC) Brunei Darussalam. 
  • Pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas yang resmi. 
  • Pemegang Malaysia Automated Clearance System (MACS). 
  • Warga Negara Singapura. 
  • Warga Negara Malaysia atau penduduk tetap. 

7. Kebijakan Transit Malaysia 2024 

Penting dipahami hal selanjutnya saat memasuki Malaysia adalah mengenai kebijakan transitnya. Penumpang nggak memerlukan izin imigrasi untuk transit melalui Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) hanya saja dengan batasan durasi nggak boleh lebih dari 24 jaman. Untuk memastikan tersebut syarat yang perlu dipenuhi langsung cek di bawah ini!

  • Nggak diizinkan untuk pindah terminal jika penerbangan lanjutan berada di terminal lainnya. 
  • Untuk transit Internasional nggak ada persyaratan mengenai tes COVID-19. 
  • Diharapkan tetap berada di dalam KLIA atau bangunan terminal karena kalau keluar nggak diizinkan. 
  • Harus memiliki tiket yang valid dan adanya persetujuan masuk untuk menuju destinasi berikutnya dalam periode transit selama 24 jaman. 
  • Melakukan proses check-in untuk semua jenis penerbangan di titik keberangkatan asli dan memastikan bagasi dengan dicheck-through.

8. Gunakan Asuransi Perjalanan 

Saat pergi ke Malaysia kamu dianjurkan untuk memiliki asuransi perjalanan sehingga bisa lebih merasa aman saat menghabiskan waktu liburan di sana. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk asuransi ini sebagai berikut!

  • Masuk ke tautan https://www.cermati.com/app/asuransi-perjalanan kemudian jangan lupa untuk isi data diri dan perjalanan. 
  • Beberapa daya yang dibutuhkan seperti lama perjalanan (hari), tanggal keberangkatan, jenis polis, umur (tahun), jenis perlindungan, tujuan dan jenis perjalanan. 
  • Klik “Cari Sekarang” kemudian isikan data berupa Nama, Email dan Nomor Handphone. 
  • Jika sudah kamu bisa klik “Cari Harga Premi.” 
  • Pilih asuransi sesuai dengan kebutuhanmu.

Syarat Masuk Terkait Covid

freepik.com

Meskipun saat ini kasus Covid 19 sudah menurun namun kamu harus tahu kalau kita harus tetap waspada sehingga kunjungan ke setiap negara, termasuk Malaysia juga ada aturannya. Adapun beberapa aturan terkait Covid bisa langsung kamu cek semuanya di bawah ini!

Syarat untuk yang Sudah Vaksin Lengkap 

Aturan pertama yang perlu kamu pahami adalah untuk yang sudah mendapatkan vaksin Covid lengkap 1-3 tanpa perlu membawa hasil tes Covid. Jenis vaksinasi yang diakui oleh negara Malaysia adalah inovac, Sinopharm, Pfizer, Moderna, AstraZeneca, Covaxin, Covishield, Novavax, Sputnik V, CanSino, Johnson & Johnson dan Sputnik Light.

Untuk pengunjung yang sudah mendapatkan vaksin lengkap nggak perlu lagi menjalani proses karantina namun hanya perlu untuk mengurus asuransi mengenai kesehatan dan perjalanan. Bukti vaksinasi ini bakalan langsung masuk ke dalam data secara otomatis sehingga kamu nggak perlu menunjukkan lagi sertifikat vaksin milikmu untuk kunjungan ke Malaysia. 

Syarat untuk yang Belum Vaksin 

Apakah pengunjung yang belum mendapatkan vaksin atau vaksinnya belum lengkap nggak boleh berkunjung ke Malaysia? Ada berita baik untukmu yang belum mendapatkan vaksin lengkap atau belum vaksin sama sekali karena nggak perlu lagi membawa tes rapid 3 x 24 jam sehingga lebih praktis dan minim biaya. 

Hanya saja kamu harus melakukan vaksin minimal dosis 1 untuk beberapa jenis vaksin yang diakui seperti Sinovac, Sinopharm, Pfizer, Moderna, AstraZeneca, Covaxin, Covishield, Novavax, Sputnik V, CanSino, Johnson & Johnson dan Sputnik Light ini. Paling nggak lakukan vaksin sebelum seminggu keberangkatan sehingga data vaksinasimu sudah terinput dengan baik. 

Syarat Pemakaian Masker di Malaysia 

Syarat selanjutnya yang perlu kamu pahami adalah mengenai syarat pemakaian masker di Malaysia untuk tahun 2024 ini. Saat ini untuk penggunaannya sudah nggak seketat pada saat Covid 19 sedang meninggi tahun lalu melainkan masker sudah nggak wajib untuk masyarakat umum yang sedang dalam kondisi sehat. 

Masker hanya wajib digunakan untuk orang yang sedang sakit, orang yang terjangkit Covid 19 dan juga tenaga medis yang menangani pasien Covid 19. Hanya saja meskipun sudah nggak seketat tahun lalu namun kamu harus memperhatikan kondisi kesehatan dan kebutuhan tubuhmu mengenai debu dan polusi yang mungkin bisa masuk ke saluran pernafasan. 

Sehingga, menurut Menteri Kesehatan Malaysia (Zaliha Mustafa) orang-orang dengan resiko tinggi seperti lansia, pemilik penyakit kronis dan sedang dalam kerumunan memang dianjurkan menggunakan masker. Jadi, nggak hanya untuk menghindari Covid 19 namun juga bagus menghindari penyakit lain yang mengganggu perjalanan. 

Masker sangat disarankan terutama ketika sedang menaiki transportasi umum, berada di tempat wisata keramaian dan lokasi lain yang padat. Sehingga kamu juga bakalan lebih nyaman dan nggak gampang sakit nantinya. 

Jika Terkena Covid 19 

Syarat berikutnya yang perlu kamu tahu adalah mengenai penyakit Covid 19 terutama untuk yang sedang terjangkit ketika sampai ke Malaysia. Aturan pertamanya adalah, untukmu yang sedang berada di Malaysia namun ternyata terjangkir Covid 19 maka harus banget menjalani isolasi melalui Home Surveillance Order (HSO) sekitar tujuh harian. 

Kedua, proses perkembangan kondisi pasien bakalan dipantau secara mendalam jika pada hari keempat, kelima dan keenam sudah nggak menunjukkan tanda yang parah dan hasilnya negatif maka pasien dinyatakan sembuh. Selanjutnya pada masa terakhir isolasi yakni hasi ketujuh pasien sudah nggak memerlukan tes Covid 19 dalam bentuk apapun lagi. 


Baca Juga:

Itulah semua syarat penting yang harus kamu penuhi ketika ingin pergi ke Malaysia. Sudah siap untuk jalan-jalan? Lebih mudah dan praktis langsung gunakan paket tour Malaysia karena lebih murah dan kamu nggak perlu menyiapkan segala kebutuhannya sendirian. Harganya murah dan pastinya transaksi terjamin aman. 

Tag: