me

Cara Membuat Visa Amerika, Cek Dulu Yuk!

Mar 14, 2023.By Nadine
Bagikan

Ini dia cara membuat Visa Amerika untukmu! / prideimmigration.com

Amerika merupakan negara tujuan yang banyak didatangi untuk berbagai keperluan seperti bisnis maupun liburan. Sehingga untuk datang ke sana selain punya paspor kamu harus punya Visa Amerika. Bagaimana cara membuat Visa Amerika? Biar nggak salah langkah kamu bisa cek semua penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Syarat Masuk Amerika Serikat Sebelum Melakukan Perjalanan


Cara Membuat Visa Amerika

Apa saja sih yang dibutuhkan untuk membuat Visa Amerika? Biar lebih jelas kamu bisa cek syarat dan cara membuat Visa Amerika di bawah ini!

1. Pilih Jenisnya

Kamu harus tahu kalau Visa Amerika dibagi menjadi dua jenis yakni Visa untuk Imigran dan non Imigran. Kamu bisa cek perbedaannya di bawah ini!

  • Visa Imigran 

Visa yang satu ini digunakan untuk orang yang bakalan menetap lama di Amerika, bisanya dipakai untuk belajar maupun bekerja. Visa yang satu ini juga menjadi salah satu gerbang untuk bisa mendapatkan kewarganegaraan Amerika. 

  • Visa Non Imigran 

Jenis keduanya adalah Visa non Imigran, Visa yang satu ini cocok untukmu yang pengen berkunjung sebentar atau liburan ke Amerika bukan untuk waktu lama. 

2. Siapkan Dokumen

Setelah menentukan tipe Visa yang bakalan dibuat selanjutnya kamu perlu menyiapkan dokumen untuk pembuatan Visa Amerika. Adapun beberapa dokumen yang dibutuhkan bisa langsung cek di bawah ini!

  • Paspor

Dokumen pertama yang perlu kamu siapkan adalah paspor dengan masa minimal berlaku 6 bulan sebelum keberangkatan tiba. 

  • Pas Foto

Dokumen keduanya adalah berupa pas foto berukuran 5×5 dengan latar belakang warna putih. 

  • Rekening Koran

Dokumen ketiganya adalah berupa rekening koran atau tabungan dengan nama pribadi. Sebenarnya nggak ada jumlah minimal ketentuan dari tabungan untuk bisa dapat Visa Amerika namun memang menjadi syarat penting untuk layak dapat Visa atau nggak. 

  • Surat Keterangan Pegawai

Jika kamu adalah pegawai perusahaan maka perlu banget melampirkan surat keterangan pegawai sebagai syarat pembuatan Visa. 

  • Dokumen Perjalanan

Syarat penting berikutnya yang perlu kamu siapkan adalah dokumen rincian perjalanan. Dokumen ini berisikan tiket pesawat untuk ke Amerika lengkap dengan bukti pesan penginapan dan lainnya sebagai pendukung. 

  • Uang Pembayaran

Syarat berikutnya yang harus dipenuhi adalah membayar biaya penerbitan Visa. 

  • Isi Formulir

Syarat berikutnya yang perlu kamu penuhi adalah mengisi formulir DS-160 untuk pengajuan pembuatan Visa Amerika. Sebelum mengisi formulir ini kamu juga harus mengunggah foto dengan latar belakang putih. Semua isian di formulir ini menggunakan Bahasa Inggris sehingga pastikan semua ejaannya benar. 

Jangan lupa cek dulu kebenaran datanya sebelum dikirim karena nggak bisa diubah jika sudah tersubmit. Kemudian simpan 10 digit nomor formulir tersebut untuk kebutuhan mendaftar Visa online

3. Pengajuan Online

Tahapan berikutnya adalah kamu perlu membuat jadwal wawancara di akun https://cgifederal.secure.force.com/. Jangan lupa untuk membuat akun baru agar bisa mengakses lamannya. Untuk bisa membuat akun kamu perlu beberapa data penting seperti nomor paspor, bukti bayar Visa dan 10 digit nomor dari formulir DS-160.

Setelah berhasil membuat paspor langkah selanjutnya adalah kamu bisa mengatur jadwal wawancara di kantor Kedutaan Besar Amerika. Biasanya lokasinya ada di Jakarta, Surabaya, atau Bali dan harus sama seperti yang kamu pilih pada formulirnya. 

4. Melakukan Wawancara

Tahapan selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah wawancara sesuai jadwal. Kamu harus datang sesuai jadwal yang dibuat paling nggak 15 menit sebelum jamnya. Ketika datang jangan lupa bawa semua dokumen yang dibutuhkan sebagai pendukung. 

5. Mendapatkan Visa

Untuk Visa Amerika ini nyatanya kamu nggak perlu menunggu lama biar tahu diterima atau nggak pengajuannya. Hasilnya bakalan langsung keluar setelah 30 menit proses wawancara. Ada 5 buah penanda warna yang bisa dijadikan acuan permohonanmu diterima atau ditolak untuk dapat Visa. 

Jika warnanya biru maka ada dokumen yang belum lengkap sehingga kamu perlu melengkapinya. Jika warnanya merah artinya permohonan ditolak (biasanya karena ada catatan kriminal atau penyakit menular). Jika warnanya kuning maka proses pembuatannya butuh tambahan waktu sampai 60 harian. 

Jika warnanya hijau kamu diminta untuk memberikan keterangan tambahan sebelum keputusan akhir. Jika warnanya putih artinya permohonan Visa Amerika milikmu disetujui. Berikutnya kamu bakalan diberikan arahan ke mana harus mengambil Visa milikmu. 

10.10 DTS Jasa Pembuatan Visa Amerika Turis & Bisnis Pembuatan Visa (Proses 3 - 5 Hari Kerja)

Berapa Biaya Membuat Visa Amerika? 

Salah satu syarat yang perlu dipenuhi untuk bisa mendapatkan Visa Amerika adalah membayar biaya penerbitan Visanya. Berapa sih biaya yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan Visa Amerika ini? harga Visa ini beragam sesuai dengan jenisnya. Hal ini disesuaikan juga dengan krus dollar Amerika yang sedang berlaku. 

Untuk tipe Visa non Imigran harga pembuatannya adalah sekitar US$160 atau Rp 2,3 jutan. Kemudian untuk tipe Visa Imigran harganya adalah US$190 atau Rp 2,8 jutaan. Jenis Visa lain seperti Visa Tungangan harganya sekitar US$265 atau Rp 3,9 jutaan. Kamu diharapankan untuk membayar sesuai ketentuan yang ada. 

Pertama, kamu bisa bayar dengan transfer EFT atau Electronic Fund Transfer. Kedua, kamu juga bisa bayar secara tunai melalui CIMB Niaga, pembayaran ini bisa dilakukan maksimal untuk lima orang. Ketentuan lain yang perlu kamu tahu adalah semua biaya untuk pembuatan Visa ini nggak bakalan balik meskipun permohonannya ditolak. 

Ketentuan Tambahan/Syarat Lain Saat Membuat Visa Amerika

Selain beberapa dokumen di atas kamu juga perlu menyiapkan slip gaji untuk pegawai sebagai penunjang tabungan rekening koran terkait finansial. Kemudian jika dibutuhkan kamu juga bisa menyiapkan travel insurance untuk melindungi perjalananmu selama berada di Amerika. Sehingga lebih terjamin nantinya. 

Hal terpenting selain kelengkapan dokumen adalah kelancaranmu dalam menjawab wawancara pembuatan Visa. Pertanyaan yang diajukan ini lebih ke pancingan mengenai tujuanmu buat apa pergi ke Amerika apakah sebagai turis atau punya tujuan lainnya. Tujuannya adalah menghindari adanya pekerja gelap atau ilegal yang menyusup.

Berikutnya kamu bakalan mendapatkan tanda berupa warna terkait diterima nggaknya pengajuan Visa Amerikamu. Pastikan kamu tahu artian setiap warna biar nggak kebingungan nantinya. Ketika ada sesuatu yang perlu ditambahkan baik keterangan atau dokumen maka kamu harus cepat-cepat untuk melengkapinya biar prosesnya bisa cepat. 

Syarat Masuk ke Negara Amerika

Semua dokumen sudah siap? Kamu nggak boleh ketinggalan untuk tahu syarat masuk ke negara Amerika biar nggak ketahan nantinya. Adapun beberapa syarat yang dimaksud adalah sebagai berikut!

1. Informasi Kontak

Untuk bisa masuk ke Amerika kamu harus mengisi informasi kontak penting untuk kebutuhan pelacakan. Data ini bakalan dipakai Federal Amerika Serikat dan Departemen Kesehatan untuk cek siapa saja yang sudah kontak denganmu ketika terjadi COVID 19.

2. Tes Covid

Syarat selanjutnya kamu perlu melampirkan tes bebas COVID atau surat keterangan telah sembuh dari COVID. Untuk tes RT-PCR dan/atau antigen ini diambil maksimal 24 jam sebelum keberangkatan pesawat. Kamu bisa bawa surat keterangan bebas COVID setelah sembuh dari rumah sakit yang terpercaya. 

3. Bukti Vaksin

Syarat berikutnya yang perlu kamu bawa adalah bukti sudah vaksin. Beberapa dokumennya adalah vaksin dalam bentuk kode QR, sertifikat dalam bentuk digital (Satu Sehat) dan hasil cetakan dari sertifikat asli dan valid. 

Setelah sampai ke Amerika kamu juga harus memenuhi beberapa syarat seperti tes COVID setelah hari kelima di Amerika. Kemudian juga harus menjalani karantina mandiri serta ikut program vaksin jika memungkinkan. Selain itu, kamu juga harus ikut ketentuan yang berlaku di Amerika ketika sedang berkunjung di negaranya. 

Jangan lupa untuk memilih tempat tinggal atau penginapan yang aman dan nyaman selama di Amerika biar kehidupanmu terjamin. Apalagi jika kamu memang punya tujuan belajar atau bekerja dalam jangka panjang saat di Amerika. Pilih harga yang pas dan fasilitas yang mendukung kehidupanmu selama di Amerika. 

Harga Tiket Pesawat Ke Negara Amerika

Selain berguna sebagai sarana transportasi untuk pergi ke Amerika, tiket pesawat ternyata penting banget untuk pengajuan Visa sehingga harus dicek dulu harganya. Harga dari tiket pesawat ke Amerika dengan kelas ekonomi adalah mulai dari Rp13 jutaan tergantung tipe maskapai yang kamu pilih. 

Beberapa maskapai yang bisa kamu gunakan untuk pergi ke Amerika dari Indonesia adalah China Southern Airlines, Xiamen Airlines, Sichuan Airlines, China Eastern Airlines, Hainan Airlines dan masih banyak lainnya. Dikarenakan harganya yang mahal ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan biar nggak rugi sebagai berikut!

  • Pahami Ketentuan Platform Pemesanan

Harga tiket pesawat ke Amerika ini sangat mahal apalagi jika kamu belum tentu bisa pergi ke sana karena tertahan Visa tentunya merugikan banget. Untuk menghindari kerugian kamu harus cek ketentuan platform pemesanan tiketmu dulu. Pilih platform yang ketika dibatalkan nggak bakalan rugi atau setidaknya uang kembali separuh dari harga tiketnya. 

Jadi, paling nggak kamu bakalan dapat kompensasi dari pembatalan yang dilakukan dan nggak sepenuhnya hangus ketika Visa memang nggak disetujui. 

  • Pesan Jauh-Jauh Hari

Untuk mendapatkan harga lebih murah dari tiket pesawat kamu harus pesan jauh-jauh hari bahkan sebulan sebelum keberangkatan. Keuntungannya nggak hanya bakalan dapat harga yang murah melainkan juga bisa segera mengurus Visa Amerika. Biasanya harga yang diberikan memang selisih lumayan banyak dibandingkan pesan dadakan. 

  • Pesan Paket Promo

Biasanya banyak banget diskon menarik yang diberikan maskapai untuk penerbangan luar negeri. Mereka akan memberikan paket promo langsung berangkat dan pulang dengan harga yang murah banget. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk menghemat uang yang dikeluarkan selama liburan nantinya. 

  • Pilih Kelas Ekonomi

Kamu harus tahu ketika naik pesawat luar negeri lebih baik pakai kelas ekonomi saja karena sama nyamannya. Kamu tetap dapat tempat duduk dan bisa tiduran kok dengan kelas ekonomi ini bahkan selisih harga yang dihemat juga lebih banyak. 


Baca juga: Tips Liburan ke Amerika, West Coast vs East Coast!

Blibli Friends sudah siap untuk membuat Visa Amerika? Biar lebih mudah kamu bisa menggunakan bantuan pembuatan Visa Amerika terpercaya hanya di Blibli saja. Prosesnya cepat dan dijamin pasti dapat dokumennya. Hal ini bakalan membantu banget terutama untukmu yang super sibuk dan masih kebingungan mengenai proses pembuatan Visa Amerika terkait.

Tag: