me

Syarat Masuk Qatar Terbaru 2024, Wajib Cek!

Apr 04, 2024.By
Bagikan

larazon.es
Ini dia penjelasan lengkap tentang syarat masuk Qatar 2023 untukmu!

Syarat Masuk Qatar — Negara yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 ini memang banyak digunakan sebagai destinasi kunjungan yang menarik banget. Qatar memang negaranya kecil namun jangan salah karena Qatar merupakan negara terkaya di dunia bahkan berhasil mengungguli Luksemburg. Ada banyak destinasi menarik yang bisa kamu kunjungi saat berada di Qatar. Yuk simak syarat masuk Qatar berikut.

Punya rencana untuk pergi ke Qatar sebagai tujuan liburan namun bingung? Jangan khawatir karena kamu bisa menggunakan panduan syarat masuk Qatar 2024 ini!

Baca Juga:


Syarat Masuk Qatar Terbaru 2024

Apa saja sih aturan atau syarat yang harus disiapkan untuk bisa liburan dengan tenang saat berkunjung ke Qatar? Kamu bisa cek semuanya secara mendetail sesuai kategorinya di bawah ini!

Syarat Masuk Umum

Syarat Masuk Umum
freepik.com

Adapun beberapa syarat umum yang harus kamu siapkan ketika berkunjung ke Qatar bisa cek semuanya sebagai berikut!

1. Siapkan Semua Dokumen yang Dibutuhkan 

Ketika pergi ke negeri orang yang jaraknya cukup jauh tentu kamu nggak boleh meninggalkan dokumen penting seperti identitas diri, tiket pesawat, bukti pesan penginapan dan semua dokumen penting untuk kepentingan tinggal di sana selama beberapa hari. Dokumen ini bakalan mempermudah hidupmu ketika sudah sampai ke Qatar. 

Jika ada yang ketinggalan terlebih jika sudah sampai ke bandara maka sulit banget untuk kembali mengambil ke rumah karena bakalan buang-buang waktu dan ketinggalan jadwal pesawat. 

2. Paspor 

Untuk bisa berkunjung ke Qatar kamu perlu banget untuk memiliki paspor, kamu bisa menggunakan paspor yang lama atau buat baru (bagi yang belum punya). Untukmu yang sudah memiliki paspor coba cek dulu masa berlakunya jangan sampai kurang dari 6 bulan karena nggak bisa digunakan. Paspor yang bisa digunakan haruslah yang memiliki masa berlaku lebih dari 6 bulanan. 

Untukmu yang belum punya paspor atau memerlukan perpanjangan bisa langsung mengurusnya jauh-jauh hari karena prosesnya memakan waktu sekitar semingguan sampai jadi. Berita baiknya untukmu yang hanya ingin liburan dan waktunya nggak sampai 30 hari ke Qatar nggak perlu mengurus Visa, kamu hanya perlu paspor aktif sebagai wisatawan saja. 

3. Miliki Tujuan yang Jelas 

Berkunjung ke Qatar memang membutuhkan cukup banyak biaya sehingga kamu nggak boleh ngasal untuk memutuskan kunjungannya. Buatlah rincian yang benar mengenai agenda apa saja yang bakalan kamu lakukan di sana terkait berapa lama harus tinggal, di mana akan menginap, tanggal berapa berangkat dan juga kepulangan.

Semua data ini bakalan membantumu untuk menjelaskan tujuan kedatanganmu (terutama untuk yang bertujuan hanya liburan). Selain itu, perencanaan yang jelas ini juga bakalan membuatmu lebih mudah dalam memesan semua kebutuhan tiket dan penginapan. Jadi, nantinya kamu juga bakalan lebih terjadwal saat sampai ke Qatar nggak asal datang saja. 

4. Unduh Aplikasi Ehteraz Jika Sudah di Qatar 

Syarat selanjutnya yang wajib kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Ehteraz. Kamu harus tahu kalau aplikasi ini resmi milik Qatar yang memiliki tujuan untuk mendata para pendatang atau wisatawan yang memasuki area Qatar. Selain itu, fungsi dari aplikasi ini adalah untuk melacak pergerakan PPLN dan juga memeriksa kesehatan dari pengunjung yang datang ke Qatar. 

Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya pengunjung yang sakit atau terjangkit Covid 19 sehingga proses penanganannya bakalan lebih mudah nantinya. 

Syarat Masuk Terkait Covid

Syarat Masuk Terkait Covid
freepik.com/lifestylememory

Setelah memahami syarat untuk masuk secara umum ke Qatar selanjutnya kamu juga harus tahu terkait syarat masuk mengenai Covid 19. Meskipun saat ini wabah Covid 19 sudah mereda namun tetap harus waspada untuk mencegah penyebaran yang baru. Adapun beberapa syarat yang perlu kamu pahami bisa langsung cek semuanya di bawah ini!

1. Urus Asuransi Kesehatan dan Perjalanan 

Syarat pertama yang perlu kamu lakukan terkait Covid 19 ini adalah mengurus asuransi kesehatan dan perjalanan untuk menjaminmu ketika berada di Qatar. Asuransi ini haruslah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Kesehatan Masyarakat (MOPH) sesuai dengan lama atau masa tinggal yang disepakati saat kamu berada di Qatar. 

Polis atau asuransi ini nantinya bakalan digunakan untuk mencakup semua kebutuhan terkait karantina Covid 19, bantuan medis secara darurat dan repratisasi kebutuhan pengurusan meninggal ketika berada di Qatar. 

2. Syarat untuk Penggunan Masker 

Aturan selanjutnya yang perlu kamu pahami adalah mengenai penggunaan masker setelah Covid 19 mereda tahun 2024 ini. Kamu bisa melepas masker di tempat-tempat tertentu namun ada ketika berada di transportasi umum dan fasilitas kesehatan kamu memang wajib untuk menggunakannya. Aturan ini wajib banget untuk ditaati karena langsung terdeteksi dalam aplikasi Ehteraz milikmu. 

Nantinya orang yang terkena Covid atau menunjukkan gejala selama berada di Qatar harus melakukan karantina baik di rumah maupun menggunakan fasilitas medis selama tujuh hari. 

3. Pembatasan Kunjungan Internasional 

Ada pembatasan khusus untuk pengunjung Internasional terutama yang berasal dari Tiongkok termasuk Hongkong di mana mereka nantinya bakalan mendapatkan pemeriksaan suhu atau termal ketika datang. Selain itu, untuk kedatangan dari negara ini juga harus membawa surat resmi hasil negatif dari tes PCR dalam waktu paling nggak 48 jaman. 

Pembatasan baru yang lebih ketat bisa saja dilakukan jika terjadi kelonjakan angka kenaikan Covid 19 atau kondisi lainnya yang membutuhkan penanganan khusus biar nggak sampai parah. 

4. Pengunjung Luar Tiongkok 

Ada perubahan lain untuk aturan tahun 2024 ini di mana kamu nggak harus lagi membawa tes PCR atau Antigen ketika tiba di Qatar ketika bukan berasal dari Tiongkok. Selain itu, proses pendaftaran untuk aplikasi Ehteraz juga dilakukan sewaktu tiba di Qatar. Kalau aturan lama kamu sudah harus daftar bahkan belum sampai ke Qatar. 

6. Aturan Vaksin 

Untuk semua pengunjung yang berencana ke Qatar wajib banget melakukan vaksinasi lengkap 3 dosis. Adapun jenis vaksin yang diakui oleh Qatar adalah AstraZeneca (Vaxzevria), Covishield, Janssen, Moderna (Spikevax), Pfizer-BioNTech (Comirnaty), Sinopharm, Sinovac atau Sputnik V. Vaksin ini harus sudah didapatkan paling nggak sekitar 14 hari atau dua mingguan sebelum berangkat. 

7. Kebijakan Karantina 

Untuk kebijakan karantina pada tahun 2024 ini adalah nggak semua wisatawan wajib melakukan karantina ketika tiba ke Qatar namun hanya untuk pengunjung yang membutuhkan saja. Orang yang wajib isolasi mandiri atau karantina adalah pengunjung yang dinyatakan positif COVID-19 setelah tiba di Qatar dengan mengikuti semua petunjuk atau prosedur yang ada di Qatar. 

Semua aturan ini dibuat untuk kenyamanan bersama agar Covid 19 juga tidak kembali menyebar dan memberikan keamanan untuk penduduk lokal dan pendatang. 


Baca Juga:

Itulah semua aturan penting mengenai kunjungan ke Qatar. Kamu sudah siap untuk berkunjung ke Qatar? Jangan lupa untuk langsung beli paket tour Qatar dengan harga terjangkau hanya di Blibli saja. Ada banyak diskon menarik dan harga yang terjangkau hanya untukmu. Cek dan beli semuanya sekarang juga!

Tag: