me

9 Kota Teraman di Amerika, Tertarik Datang Kesana?

Jan 24, 2024.By
Bagikan

pixabay.com/id/users/thedigitalartist-202249
9 kota teraman di Amerika Serikat terbaru 2024!

Kota Teraman di Amerika — Amerika Serikat jadi negara adidaya yang banyak dikunjungi oleh orang Indonesia nih. Tujuannya beragam, ada yang untuk sekolah, kuliah atau sekedar jalan-jalan menikmati negara 4 musim. Mungkin kalau membahas tentang Negeri Paman Sam, kota yang paling terkenal adalah New York. Sebuah kota besar yang padat dan sangat maju.

Amerika Serikat sendiri saat ini berada di peringkat 129 dalam Negara Teraman di Dunia berdasarkan Indeks Perdamaian Global (GPI). Penilaian ini berdasarkan pada jumlah konflik kekerasan eksternal dan internal, ketidakstabilan politik, jumlah pembunuhan, tingkat ketidakpercayaan, potensi aksi teroris sampai pengeluaran militer.

Tapi tahukah kamu kalau ada banyak kota lain di beberapa negara bagian yang menarik selain New York? Di bawah ini ada pembahasan 9 kota teraman di Amerika Serikat yang wajib kamu cek, siapa tahu kamu tertarik kesana juga. Simak yuk!

Baca Juga:


1. Nashua, New Hampshire

moving.com

Nashua yang ada di Hillsborough, New Hampshire ini dinobatkan sebagai Kota Teraman di Amerika Serikat pada tahun 2023. Ini berdasarkan pada peringkat yang dikeluarkan oleh Wallethub, perusahaan swasta yang secara rutin membandingkan 182 kota yang ada di Amerika Serikat. 

Indikator yang dipakai adalah tingkat risiko kebakaran hutan, kematian lalu lintas per kapita, tingkat risiko banjir, keamanan kerja, serangan perkapita, tingkat pengangguran, rasio utang terhadap pendapatan, keamanan kerja, persentase penduduk yang nggak punya asuransi serta skor kredit median. Wah, banyak banget ya indikatornya.

Secara garis besar, Nashua berhasil mendapat skor tinggi dalam penilaian keamanan finansial, rumah dan komunitas serta risiko bencana alam. Hal itu menjadikan kota ini yang paling layak untuk ditinggali. Di dalam laporan ini juga dijelaskan kalau Nashua punya serangan per kapita yang paling sedikit serta satu dari lima kota di AS dengan tingkat pengangguran paling rendah. 

Kota Nashua berada di perbatasan Massachusetts. Kota ini seringkali dijuluki “pintu gerbang” lho, karena termasuk pusat dari transmisi budaya dan ekonomi antara Concord dan Boston serta tempat pariwisata di New Hampshire. Gimana, tertarik mengunjungi Nashua?

2. Columbia, Maryland

en.wikipedia.org

Kota teraman kedua di Amerika Serikat adalah Columbia yang berada di Maryland. Sebelumnya, Columbia sudah beberapa kali menempati posisi teratas sebelum akhirnya digeser oleh Nashua di New Hampshire. 

Kota yang terletak di Howard County ini punya populasi sebanyak lebih dari 104 ribu jiwa. Columbia ini termasuk kota dengan populasi tertinggi nomor dua di wilayah Maryland. Walaupun termasuk kota yang padat penduduk, Columbia punya prestasi cemerlang nih karena sejak tahun 2018 berhasil menurunkan angka kekerasan dan kejahatan properti.

Selain itu, tingkat perampokan juga turun sebanyak 46 persen selama tahun 2019 sampai dengan 2021 serta angka penyerangan juga menurun 13 persen. Wah, keren banget ya? Ini tentu nggak lepas dari peran kepolisian serta warga setempat yang saling bekerjasama. 

Columbia punya biaya hidup 38 persen lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional nih. Walaupun biaya hidup cenderung mahal, tapi kamu bakal dapat nuansa tempat tinggal ala pinggiran kota yang banyak kedai kopi dan taman yang cantik. Sebagian besar penduduknya cenderung liberal dan didominasi oleh keluarga serta profesional muda. 

3. Burlington Selatan

amtrakvacations.com

Kota Burlington Selatan menjadi nomor tiga teraman di Amerika Serikat. Kota ini terletak di Vermont dan termasuk wilayah yang ramah dengan perempuan di Amerika Serikat. Burlington Selatan termasuk kota teratas dalam faktor keamanan finansial lho, Blibli Friends. 

Hal yang cukup disayangkan dari Burlington Selatan adalah tingkat kejahatan rasial per kapitanya cenderung tinggi, sama seperti Salem, Oregon, Seattle, Washington, Cincinnati dan Cleveland. Walaupun tingkat kejahatan rasial perkapitanya cukup tinggi, Burlington Selatan dikenal punya kualitas sekolah, taman, layanan publik dan kesempatan berwisata yang sangat baik.

Nah, Burlington Selatan punya kembaran nih yaitu kota Burlington. Di mana keduanya punya kepribadian wilayah yang mirip. Banyak naturalis dan seniman yang senang berkumpul di tempat yang slow-paced dan nggak membosankan. 

4. Gilbert, Arizona

discovergilbert.com

Kota berikutnya yang termasuk kategori teraman di Amerika Serikat adalah Gilbert. Kota Gilbert masuk ke dalam wilayah Maricopa County, Arizona yang ada di bagian selatan. Kota ini memiliki jumlah penduduk sebesar lebih dari 208 ribu jiwa pada sensus di tahun 2010.

Tahukah kamu, kalau kota Gilbert itu berasal dari nama pemilik tanah? Jadi, kota ini sebenarnya adalah perluasan dari jalur kereta api yang melewati Arizona ke California. Nah, lintasan rel kereta ini melewati tanah milik William “Bobby” Gilbert. Akhirnya pemerintah membeli tanah tersebut dan sampai akhirnya disahkan sebagai kota dengan nama Gilbert. 

Bicara soal wisata, ada beberapa tempat yang jadi favorit wisatawan di Gilbert nih. Beberapa destinasi wisata yang bisa kamu coba yaitu Hale Centre Theatre, Riparian Preserve at Water Ranch, Gilbert Temple (Church of Jesus Christ of Latter-Day-Saints), Downtown Gilbert dan Right on Target. 

5. Warwick, Rhode Island

livability.com

Warwick yang terletak di Kent County, negara bagian Rhode Island ini dinobatkan sebagai kota teraman kelima di Amerika Serikat. Kota Warwick memiliki jumlah penduduk sebesar lebih dari 82 ribu jiwa. Bandara di Warwick adalah yang terbaik ketiga di Amerika Serikat lho, menurut Conde Nast Traveler.

Kota Warwick punya banyak banget daya tarik nih, mulai dari restoran, pusat perbelanjaan, keindahan pantai dan taman serta penginapan yang punya kualitas oke banget. Keindahan alamnya wajib banget kamu nikmati saat berkunjung ke Amerika Serikat. 

Beberapa destinasi yang bisa kamu kunjungi di Warwick yaitu The Caleb Greene House, Warwick City Hall dan Brush Neck Cove. Selain pemandangan alam yang indah, negara bagian ini juga punya sekolah seni dan desain yang sangat bergengsi di dunia lho. 

6. Portland, Maine

travelandleisure.com

Kota teraman keenam di Amerika Serikat yaitu Portland yang ada di wilayah negara bagian Maine. Portland sudah lama dikenal karena kesenian, arsitektur abad ke-19 yang khas dan industri kelautannya yang mumpuni. Baru-baru ini, kulinernya juga jadi favorit wisatawan lho, Blibli Friends. 

Beberapa daerah yang dekat dengan Portland di Maine yaitu Boston, Hampton, New Hampshire dan Portsmouth. Biaya hidup di Portland sedikit tinggi yaitu 25 persen lebih besar dibanding rata-rata nasional. Biaya untuk transportasi lebih tinggi 18 persen dari rata-rata nasional. 

Daya tarik dari Portland yang membuat banyak orang senang tinggal dan berkunjung ke sana adalah pemandangan pantai yang indah, kehidupan dan pesona kota kecil serta pelabuhan yang ada di timur laut punya sesuatu yang menarik orang dan membuat nyaman. 

7. Casper, Wyoming

5280.com

Kota teraman ketujuh di Amerika Serikat adalah Casper yang berada di Natrona County negara bagian Wyoming. Mungkin kamu sedikit familiar dengan nama ini ya karena mirip dengan tokoh hantu di film kartun dengan judul yang sama.

Kota Casper termasuk daerah terpadat kedua di Wyoming setelah Cheyenne. Julukan untuk daerah ini adalah “Kota Minyak” karena punya sejarah yang panjang tentang minyak dan budaya koboi. Sejarah panjang perminyakan ini dimulai sejak ada pengembangan dari ladang minyak Salt Creek. 

Kota Casper punya musim dingin yang cukup panjang tapi kering. Di musim panas suhunya cukup tinggi tetapi kering. Di sisi lain musim gugur di Kota Minyak ini justru berlangsung cukup singkat dan sejuk. Kota Casper punya landscape yang menakjubkan, indah dan bikin penasaran untuk dijelajahi di setiap sudutnya. 

8. Yonkers, New York

nytimes.com

Yonkers yang termasuk dalam bagian Westchester County, New York ini juga termasuk dalam kota teraman kedelapan di Amerika Serikat. Kota yang berada di pinggiran New York ini berada di sepanjang sungai Hudson dan termasuk nomor sembilan dalam kepadatan komunitas di negara bagian. 

Getty Square adalah alun-alun yang juga termasuk pusat kota, di mana di situ ada tempat pemerintahan. Pusat kota ini juga berisi berbagai macam organisasi nirlaba dan bisnis lokal setempat. Kamu wajib coba datang ke Getty Square nih, Blibli Friends. 

Ada banyak banget daya tarik dari kota Yonkers seperti taman (Tibbetts Brook dan Untermyer), sungai Sawmill, Sherwood House, Museum Sungai Hudson dan Science Barge. Yonkers juga mendapat julukan Kota dengan Tujuh Bukit nih. Alasannya karena ada 7 bukit terkenal di sana yaitu Church Hills, Park, Ridge, Locust, Nodine, Glen dan Cross. 

Di Kota Yonkers, mulai dari profesional muda, keluarga, manula bahkan siapapun yang sedang mampir kesana ditawarkan sebuah gaya hidup yang luar biasa menarik. Banyak banget jenis lingkungan yang berbeda di sini, campuran dari jalanan yang tenang, pemukiman pepohonan yang berderet hingga hingar bingar ala perkotaan yang semarak. 

9. Scottsdale, Arizona

scottsdaleplaza.com

Salah satu destinasi golf terbaik di dunia ini termasuk salah satu kota teraman di Amerika Serikat. Scottsdale sudah lama dikenal punya resort mewah dengan sinar matahari yang menerangi selama 330 hari setiap tahunnya. Lapangan golf berkaliber tinggi juga memenuhi kota Scottsdale, seperti Grayhawk, TPC Scottsdale dan Troon North. 

Kota ini lahir pada tahun 1951 dan saat ini jumlah penduduknya telah menyentuh angka lebih dari 240 ribu jiwa saat sensus dilakukan di 2020. Slogan dari Scottsdale adalah Kota Paling Barat. Kota ini termasuk salah satu dari beberapa daerah yang mengalami pertumbuhan paling cepat selama dua dekade di Amerika Serikat. 

Scottsdale Airpark, salah satu hotspot untuk berbagai macam bisnis mulai dari skala kecil sampai besar dan mengelilingi bandara kota. Airpark ini di tahun 2000-an jadi salah satu pusat pekerjaan yang populer dan terbaik di metro Phoenix. Beberapa pemandangan kota yang bisa kamu coba adalah Kota Tua Scottsdale yang punya banyak toko, bar, restoran, klub yang berjejeran. 


Baca Juga:

Nah, itu dia 9 kota teraman di Amerika Serikat yang bisa kamu jadikan referensi saat berkunjung ke negeri Paman Sam. Pengen banget liburan ke Amerika Serikat? Buka aja Blibli! Di Blibli ada banyak pilihan paket tour yang mungkin salah satunya bisa jadi sesuai dengan budget dan kebutuhan kamu. Tunggu apa lagi? Buka Blibli sekarang yuk!

Tag: