Selain Tteokpokki, Ini Daftar Street Food Korea Enak yang Wajib Kamu Coba

Korean Wave atau Hallyu nggak hanya bawa nama-nama bintang Korea jadi dikenal oleh semua insan di dunia. Kamu juga jadi tahu banyak banget keunikan kebudayaan dan kuliner khas Negeri Ginseng ini. Salah satu street food Korea yang paling Blibli Friends tahu pastilah tteokpokki. Jajanan street food khas Korea ini terbuat dari bahan dasar tepung beras yang diuleni dan dipotong panjang-panjang. Tteokpokki itu selanjutnya disiram dengan saus pedas manis yang segar banget. Belum lagi ditambahi dengan taburan sayuran hijau dan biji wijen. Pokoknya, enak banget deh! Nggak heran kalau jajanan satu ini diminati banget oleh generasi muda Indonesia.

Eits, tapi tahukah kamu kalau street food Korea nggak cuma tteokpokki aja. Ada banyak banget lho jajanan Korea yang nggak kalah lezat dan wajib banget kamu coba. Yuk, simak ulasan kuliner street food Korea terbaik berikut ini.

BACA JUGA: Bumbu Instan Masakan Korea yang Patut Kamu Coba

___________________

1. Twikim

twikim
Image Source: instagram/travelwithkarla

Nggak hanya di Indonesia saja yang kenal gorengan, orang Korea juga punya snack gorengan kebanggaan mereka. Nama jajanan street food itu adalah Twikim. Twikim ini macam-macam jenisnya. Kamu bisa temukan twikim yang terbuat dari tempe yang digoreng tempung. Ya, kurang lebih mirip-miriplah dengan tempe mendoan. Nggak hanya itu, banyak juga lho twikim yang berasal dari sayuran yang digoreng tepung. Kenikmatan makan twikim bakal makin terasa kalau kamu mencocolkannya pada saus dengan citarasa khas. Bikin nagih, deh!

2. Hotteok

hotteok
Image Source: devour.asia

Hotteok atau pancake manis ini adalah jajanan street food Korea yang mulai booming di Indonesia. Kue ini berbentuk bulat dan pipih menyerupai pancake pada umumnya. Tapi yang bikin beda adalah, hotteok mempunyai filling yang terbuat dari blood sausage atau sog, dan akan keluar begitu kamu menggigit atau membelah di bagian tengah. Isian itu bisa macam-macam, mulai dari isian pasta kacang merah, keju, hingga coklat yang lumer banget. Hotteok ini biasanya disajikan hangat-hangat kuku, sehingga cocok banget dinikmati saat udara dingin. Masyarakat Korea juga hobi banget makan hotteok selama musim dingin.

3. Sundae

sundae
Image Source: lucasartor.com

Eits, Sundae di sini bukan jenis es krim sundae yang lembut itu, ya. Di Korea Selatan, sundae adalah jajanan yang terbuat dari blood sausage. Wah, namanya memang seram banget, ya? Blood sausage atau sosis darah adalah sosis yang dibuat dari daging sapi atau babi yang dicincang dan dibungkus di dalam usus hewan tersebut. Warna sosis yang merah darah adalah karena bahan daging cincang itu dicampur dengan darah sapi atau babi. Jadi, sudah jelas ya kalau sundae ini hukumnya haram buat Blibli Friends yang beragama Islam. Di Korea, jajanan sundae ini memang populer banget. Katanya sih, karena rasanya memang lezat banget. Jajanan ini juga tergolong makanan khas Korea yang paling tua. Konon, sundae sudah ada sejak era dinasti Joseon, lho.

4. Odeng

odeng
Image Source: koreatimes.co.kr

Kenalan sama kebudayaan masyarakat Korea pastilah belum terasa lengkap kalau belum kenal odeng. Walaupun sekarang populer, tahu nggak kalau ternyata odeng dulu dibuat dari bahan makanan sisa. Jaman dulu, petani Korea pada kebingungan dengan jumlah panen ikan laut berukuran kecil yang nggak laku. Daripada dibuang sia-sia, muncullah ide buat mengolah daging ikan itu menjadi jajanan yang ditusuk dengan tusuk sate. Setelah dicoba, eh, ternyata rasa makanan itu terasa sangat lezat. Jadilah masyarakat menyebut makanan itu dengan nama odeng. Odeng biasanya disajikan dengan kuah rebusan ikan yang gurih banget. Apalagi dengan ditambahkannya bumbu-bumbu rempah. Jadilah odeng cocok banget disantap di malam hari atau saat cuaca dingin.

BACA JUGA: Jangan Ngaku Pecinta Mie Kalau Kamu Belum Kenal Tirta Lie!

___________________

Itulah beberapa camilan street food Korea yang rasanya nggak kalah lezat dari tteokpokki. Buat menikmati camilan-camilan itu, kamu nggak perlu pergi jauh ke Korea. Soalnya, Blibli juga jual berbagai produk camilan Korea yang gampang banget dibuat. Beberapa datang dalam kemasan frozen, jadi memudahkanmu buat membuatnya kapanpun. Street food mana nih yang ingin kamu coba?

BELI TTEOKPOKKI SEKARANG DI SINI!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY