me

Spesifikasi DJI Spark, Kepoin Kecanggihan Si Drone Mungil yang Perkasa

May 24, 2024.By Jarvis
Bagikan

dronedj.com
Kepoin spesifikasi DJI Spark, drone berbalut bodi mungil yang dipersenjatai fitur canggih

Cicilan 0% Gadget

Hai, Blibli Friends, para traveler yang cinta banget sama pemandangan alam dan ingin merekam setiap momen di depan mata, tapi budget terbatas, kenalin, nih, DJI Official Store punya produk kece wajib dimiliki! Namanya Spark. Eits, di balik bodi mungil, drone ini punya barisan fitur canggih yang didesain user friendly, lho. Cuss, langsung aja kepoin spesifikasi DJI Spark berikut!

Baca juga:


Waktu Rilis DJI Spark

Waktu Rilis DJI Spark
macworld.com

Tahu nggak, sih, DJI Spark keluaran tahun berapa? Well, emang, sih, Spark tergolong produk besutan pabrikan drone premium rilisan yang terbilang lawas. Pasalnya, drone berukuran kecil ini diluncurkan secara resmi di tahun 2017 lalu, tepatnya pada bulan Juni. Meski bukan koleksi paling anyar, tapi tenang, bisa dipastikan spek pesawat nirawak ini masih cukup worth it, kok.

Tabel Spesifikasi DJI Spark

Tabel Spesifikasi DJI Spark
macworld.com

Lebih dikenal sebagai pelopor drone kualitas wahid khusus untuk para profesional, DJI, melalui slogan ‘Seize the Moment’, memperkenalkan perangkat dengan desain lebih ramah pengguna. Terutama buat yang nggak pernah punya pengalaman nerbangin drone sebelumnya, sehingga bisa mengabadikan waktu spesial dengan mudah dan nggak perlu khawatir kantong jebol.

Di bawah ini adalah rincian spesifikasi umum yang dimiliki Spark untuk newbie sepertimu:

Dimensi143x143x55mm
Berat300 gram
SensorCMOS 1/2,3″
Resolusi12 MP
Lensa25mm F2.6
FOV Lensa81.9º
Resolusi Foto Maksimal3968×2976
Format Gambarjpeg
Resolusi Video Maksimal1080/30p
Bit Rate24 Mbps (H.264)
Tipe Gimbal2-axis mechanical
Waktu Penerbangan Maksimum16 menit
Kecepatan Maksimum50km/jam (31mph) [dengan pengontrol]
Jangkauan Operasi Maksimum100m [2km dengan pengontrol]
PengendaliOpsional

Fitur Menarik/Unggulan DJI Spark

Fitur Menarik-Unggulan DJI Spark
macworld.com

Eits, jangan salah, Blibli Friends. Meski dari bodinya terlihat kecil, tapi nggak berarti DJI merancangnya secara sembarangan, lho. Asal kamu tahu, di balik Spark tersemat sejumlah fitur unggulan yang dijamin bakal memberikan pengalaman yang ciamik banget buat pemula. Nah, berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa kamu jajal dari produk satu ini:

  • Hand Gesture sebagai Pengganti Remote Control

Yang keren dari DJI Spark adalah fitur Hand Gesture dan kamu nggak butuh lagi remote control untuk mengendalikannya. Cukup dengan gerakan tangan, drone akan menjauh untuk mengambil foto selfie dan kembali mendekat. Wah, kalau seperti ini, emang benar siapapun bisa mengoperasikannya. Termasuk kamu yang pemula dan nggak pernah pegang kendali drone.

Ada beberapa kode gerakan tangan untuk bisa memerintahkan drone. Seperti melambai untuk membuat pesawat terbang menjauh, gerakan jari membentuk kotak untuk merekam gambar dan lambaikan tanganmu, lalu tahan dalam posisi terbuka agar Spark landing. Selain pakai mode Gesture, kamu juga bisa menggunakan ponsel sebagai controller, kok.

  • Quickhot untuk Manuver Video yang Ciamik

Nggak kalah keren dengan fitur sebelumnya, ada Quickhot yang memungkinkanmu melakukan manuver video dalam gerakan ciamik, meskipun sebelumnya nggak punya pengalaman pegang kendali drone. Ada 4 mode yang bisa kamu gunakan, seperti Rocket, di mana drone melesat ke atas dengan kamera di bawah. Hingga Helix, terbang spiral ke atas menjauhi objek.

Mode Dronie, yakni Spark akan terbang ke atas menjauh dari objek. Dan terakhir mode Circle atau terbang dengan arah melingkari objek. Lebih kerennya lagi, jika mengaktifkan fitur ini, maka kamera DJI Spark akan otomatis merekam dalam durasi 10 detik, kemudian saat itu juga langsung di-share ke akun media sosial milikmu. Bahkan bisa diedit atau ditambah musik, lho.

  • Mode Shooting Anyar Cuma di DJI Spark

Spark adalah drone dengan bodi mungil yang perdana diluncurkan DJI. Dan agar menarik, sang vendor menyematkan hal-hal baru dalam perangkat canggihnya. Kamu bisa nemuin mode milik drone DJI sebelumnya, yakni Shooting. Dan masih ditambahkan 2 mode baru yang pertama kali kamu temukan di pesawat nirawak satu ini. Ada Pano dan Shallow Focus.

Pano merupakan mode yang memungkinkan pengguna menangkap foto panorama a la lensa wide-angle. Hasilnya pasti keren abis. Sedangkan mode Shallow Focus, fungsinya untuk menciptakan efek bokeh atau DOF sempit yang biasa kamu jumpai di foto selfie, sehingga hasilnya jadi tampak lebih unik dan menarik.

Review Kelebihan dan Kekurangan DJI Spark

macworld.com

Selain spesifikasi dan fitur, kamu juga wajib banget, lho, mencari tahu kelebihan dan kekurangan DJI Spark agar makin yakin dalam memilih drone terbaik serta sesuai dengan apa yang kamu cari, Blibli Friends. Kamu juga jadi bisa tahu, berapa lama DJI Spark terbang? Maupun pertanyaan-pertanyaan penting lainnya seputar pesawat tanpa awak satu ini.

Kelebihan DJI Spark

Walaupun dari bentuk terlihat kurang meyakinkan, siapa sangka Spark menawarkan pengalaman yang cukup menjanjikan, sampai dikatakan produk jadi salah satu rekomendasi yang oke. Langsung aja kulik keunggulan drone satu ini dalam review DJI Spark di bawah:

  • Desain Fleksibel Hanya Sebesar Genggaman

Berkat bodi yang kecil sebesar genggaman dan bisa dilipat, kamu jadi nggak perlu repot-repot mencari tempat khusus untuk menyimpannya saat dibawa-bawa bepergian. Selain bentuknya yang fleksibel, DJI Spark hadir dalam varian warna ceria, Alpine White, Lava Red, Meadow Green, Sky Blue dan Sunrise Yellow. Ini belum pernah ada di model drone sebelumnya.

  • Kamera 12 MP yang Cukup Bisa Diandalkan

Tersemat lensa dengan kapasitas 12 MP dan video FullHD, sehingga hasil jepretan DJI Spark cukup memanjakan mata dan oke untuk membuat konten dengan tampilan yang bagus. Pengambilan gambar maupun video dalam kondisi cuaca nggak terlalu terang masih lumayan tajam, sehingga kamu bisa melihat objek secara keseluruhan.

  • Harga Perangkat Tergolong Ramah di Kantong

Berbeda dengan kebanyakan drone DJI yang dibanderol di atas 15 jutaan, kamu bisa meminang aneka rekomendasi DJI Spark, mulai dari generasi pertama hingga yang paling anyar, dengan harga mulai dari 7 jutaan. Dengan harga yang terjangkau dan dibekali berbagai fitur keren seperti drone DJI lainnya, siapa nggak tertarik memiliki Spark?

  • Bisa Dikendalikan dengan Smartphone hingga 100 Meter

Selain bisa memindai wajah dan gestur tangan, Spark juga bisa dikendalikan pakai remote control yang disediakan di aplikasi, kok. Cukup download dan instal DJI Go 4 di smartphone dan kendalikan pakai ponsel. Berbekal koneksi WiFI, pesawar bisa terbang hingga ketinggian 50 meter dan sejauh 100 meter. Tapi kalau pakai remot, drone bisa terbang sejauh 2 km.

Kekurangan DJI Spark

Pastikan untuk mengupas kekurangan yang dimiliki suatu produk sebelum kamu membelinya, supaya nggak menyesal di kemudian hari. Inilah beberapa kekurangan drone Spark dari koleksi DJI yang harus diketahui:

  • Jangkauan Terbang Nggak Terlalu Jauh

Kelemahan pertama dari Spark terletak pada daya jangkaunya yang terbilang sangat pendek, yaitu cuma bisa menjangkau jarak antara 1 hingga 1,5 km doang dengan durasi penerbangan sekitar 14-16 menit dalam sekali pengisian baterai. Tapi itu wajar, sih, karena Spark cuma dibekali baterai berkapasitas 1.480 mAh.

  • Bodi Terkesan Rapuh Saat Mendarat

Ukurannya mungil, so, tentu saja kaki-kaki Spark juga kecil. Hal ini menyebabkan drone terkesan ringkih ketika melakukan pendaratan. Apalagi kalau nggak mendarat di telapak tanganmu. Karena letak kamera lebih condong ke bawah. Kalau sedikit saja salah mendarat, Spark bisa cepat rusak, mengingat bodinya dari plastik. Kameranya pun nggak dilapisi case.

  • Sulit Membaca Sinyal Gerakan Tangan

Nggak jarang sensor pembacaan gestur kurang berfungsi secara optimal, sehingga drone miss memahami sinyal yang kamu tunjukkan. Selain itu, proses untuk membaca gerakan tanganmu juga membutuhkan sedikit waktu, sehingga kamu perlu menunggu. Jadi jangan harap begitu kamu berikan kode, drone akan segera merespon, ya.


Baca juga

Gimana, Blibli Friends, setelah baca review dan spesifikasi DJI Spark, makin tertarik memilikinya, kan? Kamu bisa dapatkan harga promo kalau beli di aplikasi atau website Blibli, lho. Selain drone dari DJI, masih banyak juga koleksi Kamera berkualitas unggulan dari merk ternama yang bisa kamu pinang untuk menunjang hobi fotografi maupun videografi profesional. Buktikan saja!