me

Cara Menggunakan DJI Osmo, Yakin Langsung Jago Deh

Jun 30, 2022.By Jarvis
Bagikan

image source: www.theverge.com

DJI Osmo merupakan peralatan untuk stabilizer yang khusus dipakai buat smartphone. Desainnya mudah digunakan dan punya tiga sumbu. Buat Blibli Friends yang baru kenal perangkat ini, kamu perlu tahu cara menggunakan DJI Osmo. Jadi, kamu bisa pakai untuk semua kebutuhan kamu.

Soalnya, penting buat memahami cara kerja DJI Osmo. Minimal, kamu tahu gimana cara pakainya, juga pengaturannya buat bikin foto dan video yang bagus. Dengan begitu, kamu bisa level up untuk dapetin hasil foto dan video yang lebih keren lagi. Baca terus ulasan selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Cara Membuat Mobil Remote Control dengan Mudah


Spesifikasi Produk DJI Osmo

DJI Osmo memiliki kamera 4K dengan 3-axis stabilizer yang berukuran ringkas. Kamu bisa pakai untuk foto sampai 12 MP dan video hingga 4K60. Kemudian, ada aplikasi Mimo buat Face Track, Active Track, Motionlapse, serta fungsi lainnya. Kamu pun bisa pakai adaptor Lightning serta USB Type-C buat dihubungkan ke smartphone Android dan iOS. Jadi, tampilannya lebih besar.

Spesifikasi lainnya yaitu ada sensor 1/2.3” dengan aperture f/2.0 buat gambar FOV 80 derajat yang semakin tajam. Selain itu, perangkat ini dilengkapi baterai Li-Po internal yang bisa kamu charge dan dapat digunakan sampai 140 menit. Sementara, perangkat ini punya bitrate sampai 100 Mb/s. DJI Osmo juga bisa dipasangi kartu microSD sampai 256 GB.

Cara Menggunakan Produk DJI Osmo

Cara menggunakan DJI Osmo nggak sulit kok, yang penting kamu sudah paham spesifikasinya. Selain itu, kalau sudah memahami cara menggunakannya, bakal lebih mudah buat mengutak-atiknya. Berikut caranya:

Kenali Isi Box DJI Osmo

Isi box produk DJI Osmo adalah sebagai berikut:

  • 1 Gimbal Smartphone (uni DJI Osmo tersebut)
  • 1 Strap Pergelangan Tangan
  • 1 Smart Battery atau Baterai Pintar
  • 1 Rosette Protection Cap atau Knop Penutup
  • 1 Power Cable atau Kabel Daya
  • 1 Kantong atau Tas Kecil

Umumnya, di dalam paket DJI Osmo nggak disertakan USB charger, jadi lebih baik kamu persiapkan dulu aja.

Mengisi Daya Baterai

Saat kamu dapetin DJI Osmo, besar kemungkinan baterai di dalamnya masih kosong. Jadi, kamu charge dulu aja selama sekitar 3 jam buat penggunaan maksimal sampai 3,5 jam. Cara charging adalah sebagai berikut:

  • Di bawah DJI Osmo ada pengunci, geser hingga katup penutupnya terbuka.
  • Masukkan baterai sisi berpita dengan menghadap penutup, dorong sampai masuk dan terdengar bunyi klik, berasal dari pengunci di dalam selongsong rumah baterai. Kemudian, tutup penutupnya, geser buat mengunci.
  • Colokkan kabel 3,5 mm ke depan DJI Osmo dan sambungkan USB charger dan USB.

Menghubungkan DJI Osmo dengan Smartphone

Cara menggunakan DJI Osmo berikutnya adalah menghubungkannya dengan smartphone. Siapkan smartphone kamu dalam kondisi daya penuh, dan spesifikasinya udah memenuhi buat DJI. Cukup diingat aja, kalau iPhone 5 dan 5s atau smartphone Android yang setara tipe tersebut, nggak bisa menjalankan fitur ActiveTrack. Untuk cara menghubungkan DJI Osmo ke smartphone yaitu:

  • Longgarkan kenop di belakang penjepit. Geser kenop kedua di belakang kenop pertama. Jepit smartphone dengan kenop.
  • Tarik sisi kanan DJI Osmo ke bawah, tahan satu detik buat menyalakannya. Lampu bakal menyala, gimbal juga bergerak dan tegak posisinya. Pastikan gimbal nggak tertahan biar nggak error.
  • Hubungkan smartphone kamu pakai Bluetooth, caranya buka menu pengaturan di smartphone, pilih Osmo biar terkoneksi.
  • Buka aplikasi DJI GO, pilih produk DJI Osmo Mobile buat dioperasikan. Pilih aja kotak biru dengan tulisan Camera. Nanti satu detik berikutnya, visual yang tertangkap kamera smartphone bakal muncul dan terlihat di layar.

Udah gitu aja. Pastikan kamu udah mengunduh aplikasi DJI GO sebelum mengikuti langkah-langkah di tahap ini, okay.

Pengaturan Ketika Memotret

Buat pengaturan ini bisa kamu lakukan otomatis maupun manual. Kalau mau mengubah dari mode otomatis jadi manual, kamu ketuk aja menu ikon kamera, kemudian geser menunya sampai berubah jadi Manual Adjust. Kalau kamu mengubahnya ke manual, kamu nanti bisa mengatur ISO, white balance, dan juga shutter speed.

Kemudian, buat mengatur fokus, kamu cukup ketuk objek yang kamu inginkan, maka kamera smartphone bakal fokus ke arah objek yang dimaksud. Lalu, buat tingkat kecerahan bisa dinaikkan atau diturunkan, caranya dengan ketuk dan tahan jari di layar sampai keluar ikon matahari, arahkan aja ke bawah buat jadikan tampilannya lebih gelap, dan ke atas untuk bikin visual lebih terang.

Buat mengatur timer di foto, ketuk ikon gambar di bagian kiri atau posisi kedua dari atas, lalu pilih menu single. Selanjutnya pilih interval buat pengambilan foto.

Timelapse, Hyperlapse, dan Moving Timelapse

Kamu juga bisa pilih mode timelapse di DJI Osmo. Dengan begitu, kamu dapat merekam video. Caranya tinggal ketuk aja menu di bagian atas kiri. Lalu, ketuk ikon timelapse. Ada tiga opsi buat timelapse ini, yaitu Timelapse, Hyperlapse, dan Moving Timelapse. Berikut penjelasannya:

  • Timelapse cocok digunakan pakai tripod. Kamu bisa mengatur interval buat pengambilan visual sekaligus durasi video dari perekaman. Posisikan DJI Osmo dengan tripod bersebelahan. Pakai tripod yang terhubung dengan extension rod.
  • Hyperlapse merupakan timelapse yang kondisinya dinamis. Jadi, timelapse tersebut bergerak. Maka dari itu, kamu dapat menonaktifkan mode tripod biar gimbal bisa bergerak ke atas dan ke bawah.
  • Moving timelapse adalah timelapse yang arahnya bisa bergerak otomatis ke titik-titik yang udah dipilih terlebih dahulu. DJI Osmo bisa mengakomodir hingga 5 titik yang dipilih, dengan cara arahkan kamera dan ketuk ikon plus di kotak biru. Pastikan kamu pakai penopang berupa tripod dan extension rod. Jadi, hasil gambar nggak buram akibat pergerakan.

Itu tadi cara-cara buat mengoperasikan DJI Osmo. Cara penggunaan tersebut sederhana aja, mungkin kamu bakal perlu penyesuaian di awal. Selanjutnya, kalau udah kenal banget, tinggal pakai aja sat set sat set. Sekarang kita simak aja kisaran harga perangkat DJI Osmo.

Tabel Harga Produk DJI Osmo

Produk Harga
DJI Osmo Pocket 3-Axis Stabilized Handheld Camera Action Cam Rp3.989.050
DJI Osmo Mobile 4 SE Rp1.549.000
DJI Osmo Mobile 5 Athens Grey Rp2.299.000
DJI Osmo Pocket Action Cam Rp3.349.000
DJI Osmo Pocket 2 Gimbal Rp5.799.000

Demikian kisaran harga terbaru buat produk perangkat DJI Osmo.


BACA JUGA: Harga Kamera Vlog Murah di Bawah 1 Juta

Itu tadi cara menggunakan DJI Osmo. Kamu juga udah dapetin bocoran sejumlah fitur pentingnya. Pakai aja semua fiturnya buat menghasilkan gambar dan video yang keren. Kalau mau beli DJI Osmo langsung ke Blibli aja. Kamu bisa dapetin produknya dengan penawaran menarik. Ada diskon, cashback, sampai gratis ongkir juga.