me

5 Cara Menggunakan Remote TV Samsung LED yang Perlu Kamu Pahami!

Jun 14, 2024.By Jarvis
Bagikan

(samsung.com)
Ini dia 5 cara menggunakan remote TV Samsung LED untukmu!

Cicilan 0% KAM

Salah satu kelebihan menggunakan remote TV model LED Samsung adalah sensornya yang lebih peka sehingga proses penggunaannya menjadi lebih mudah. Hanya saja nggak semua orang tahu bagaimana cara pengaturan tipe remote yang satu ini sehingga kesulitan mendapatkan channel sesuai keinginan. 

Kamu tertarik untuk memakai remote LED namun bingung? Cek dulu 7 cara menggunakan remote TV Samsung LED lengkap di bawah ini!

Baca juga:


Cara Mengetahui Status Remote yang Digunakan 

Cara Mengetahui Status Remote yang Digunakan
(freepik.com)

LED yang ada di remote control Samsung menjadi tanda penting yang perlu diperhatikan antara tetap menyala maupun berkedip. Nyatanya ada beberapa hal penting yang bisa kamu pertimbangkan mengenai tanda lampu LED ini biar nggak salah paham mengenai maksudnya. Adapun untuk penjabarannya bisa langsung cek semua di bawah ini!

  • LED tetap dalam kondisi menyala lebih dari 5 detik bisa ditandai kondisi baterai yang membutuhkan pengisian. Ketika baterainya hampir habis maka LED akan memberikan tanda untuk sinyal biar nggak sampai kehabisan data. Apalagi saat kondisi remotenya masih baru kamu perlu banget isi ulang dayanya dulu. 
  • LED berkedip dua kali biasanya terjadi ketika adanya koneksi yang terputus. Jika ada tanda berkedip kamu bisa langsung menyambungkannya lagi menggunakan petunjuk sesuai pemasangan dari remotenya. 
  • LED nggak hidup artinya remote dan TV sudah terhubung dengan benar melalui sambungan bluetooth. 
  • LED menyala terus menandai adanya pengisian daya USB yang sedang berlangsung barulah kalau sudah mati berarti baterai sudah berhasil terisi penuh. 

Cara Melihat Nomor Seri TV Samsung 

Cara Melihat Nomor Seri TV Samsung
(freepik.com)

Bagaimana cara mengetahui kode TV Samsung LED? Dalam pengaturan remote kamu perlu tahu kalau wajib hukumnya untuk memasukkan nomor seri sesuai dengan TV yang digunakan. Tentu saja nomor ini cukup rahasia dan nggak bisa diisi ngasal untuk mempermudah proses pengaturannya. Adapun langkah-langkahnya bisa langsung cek semuanya sebagai berikut!

  • Tekan dulu bagian “Menu” yang ada pada remote control milikmu. 
  • Jika sudah pilih “Support” atau dukungan. 
  • Lanjut pilih “Contact Samsung” kemudian klik “Enter”. 
  • Tunggu beberapa saat maka kamu bakalan mendapatkan Model Unit dan Serial Number yang dibutuhkan. 
  • Perhatikan dengan seksama tampilan pop up yang muncul kemudian klik “Enter”. 

Terkadang untuk proses ini memang mengalami kendala atau bisa juga sistem nggak mampu mendeteksi kode dari nomor seri TV Samsung yang dimaksud. Untuk itu kamu jangan khawatir karena ada beberapa kode yang cukup umum digunakan pada TV Samsung. Adapun untuk model TV Samsung LED biasanya menggunakan kode “005” maupun “024”. 

Cara Memasukkan Kode Remote TV Samsung LED 

Cara Memasukkan Kode Remote TV Samsung LED
(freepik.com)

Bagaimana cara memprogram remote TV Samsung LED? Setelah mendapatkan kode nomor untuk remote Samsung LED milikmu maka langkah selanjutnya adalah memasukkan kode remote TV dengan langkah yang benar. Adapun untuk langkah-langkahnya bisa kamu cek selengkapnya di bawah ini!

  • Pastikan dulu TV Samsung yang kamu miliki dalam keadaan hidup. Jika belum maka hidupkan dulu dengan menyiapkan remotenya. 
  • Kemudian kamu bisa menekan tombol “Set” dan tombol “Power” secara bersamaan. Tekan kedua tombol itu jangan dilepas sampai lampu indikatornya menyala
  • Masukkan kode remote yang telah kamu dapatkan sebelumnya. Kode remote ini berisikan 3 angka khusus sesuai dengan jenis TV Samsung yang digunakan. Masukkan dengan hati-hati dan urut jangan sampai ada yang ketinggalan atau salah. 
  • Cek kembali jika kode remote TV berhasil dimasukkan maka lampu indikatornya bakalan mati. Selanjutnya kamu bisa langsung mengoperasikan remote TV Samsung sesuai dengan kebutuhanmu. 

Cara Memasang Remote TV Samsung LED 

Cara Memasang Remote TV Samsung LED
(samsung.com)

Apa itu tombol source pada remote TV samsung LED? Tombol ini punya manfaat yang krusial banget untuk mengatur sumber tayangan yang ada di televisi. Untuk Samsung biasanya tombol ini terletak di bagian kanan atas sebelahan banget dengan tombol power. Hanya saja tetap harus disesuaikan dengan jenisnya biar nggak sampai salah mengatur. 

Berikutnya kamu perlu tahu panduan mengenai cara pemasangan remote ini. Adapun untuk prosesnya bisa kamu cek di bawah ini!

  • Cara ini cocok untukmu yang mengalami kesulitan memasangkan remote Samsung dengan bagian depan TV secara otomatis. 
  • Pertama kamu bisa tekan dan tahan dulu tombol “Back” dan tombol “Pause/Play” secara bersamaan. Paling nggak kamu butuh waktu sekitar 3 detik untuk menahannya. 
  • Barulah kamu akan mendapatkan status remote yang dipasangkan melalui tampilan. 
  • Pemasangan remote bakalan selesai. 

Cara Mengatasi Masalah Remote Control nggak Berfungsi 

Cara Mengatasi Masalah Remote Control nggak Berfungsi
(freepik.com)

Ada kalanya remote TV Samsung LED nggak mau berfungsi sesuai dengan keinginan. Hal ini terjadi karena beberapa hal mulai dari sensor inframerah, penyandingan, masalah baterai dan hal-hal lain yang memang membuatnya nggak maksimal. Untuk itu kamu harus bisa mengatasi setiap masalah yang terjadi dengan beberapa cara lengkap di bawah ini!

  • Periksa sinyal infra merah secara visual terlebih dahulu. Di sini kamu bisa memeriksa sinyal menggunakan kamera digital atau kamera ponsel. Nyalakan kameranya dan arahkan ke depan remote lensa kamera. Lanjut tekan dan tahan tombol daya remote sembari melihat layar pada ponsel. Di sini kamu bisa melihat sinar yang asalnya dari remote. 
  • Periksa bagian intervensi dan penghalang. Bisa jadi remote nggak bisa digunakan karena adanya penghalang. Untuk itu penting memindahkan penghalang antara TV dan remote sehingga sinyalnya bisa langsung tertangkap. Beberapa benda yang banyak menjadi penghalang adalah radio, lampu, sound dan perangkat sejenisnya. 
  • Dekatkan atau sandingkan letak dari remote control yang kamu punya untuk mendapatkan respon lebih cerdas. Di sini kamu bisa tekan “Return” dan “Play/Pause” secara bersamaan selama lebih dari 3 detik untuk mendapatkan jendela pop up yang membantumu untuk kebutuhan penyandingan. 
  • Cek juga kondisi baterai yang kamu punya. Tekan tombol daya sampai mengarahkan remote ke TV kemudian cek indikator LED pada TV berkedip. Kalau baterai nggak berkedip maka memang nggak ada daya yang cukup sehingga nggak maksimal dalam memberikan respon. 

Baterai menjadi salah satu komponen krusial banget untuk remote jadi kamu perlu tahu levelnya biar nggak ketinggalan. Ada dua kunci yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai biar kembali berfungsi dengan baik. Untuk penjelasan lengkapnya kamu bisa cek di bawah ini!

  • USB port (type-C) untuk pengisian ulang dipakai sebagai pengisian cepat. Nantinya LED bagian depan bakalan menyala saat kamu melakukan pengisian. Kemudian kalau sudah penuh maka LED ini bakalan otomatis mati. 
  • Solar Cell menjadi pilihan kedua yakni dengan memaparkan remote langsung ke cahaya saat nggak digunakan. Kekurangannya adalah waktu yang dibutuhkan memang lebih panjang. 

Baca juga

Mudah banget kan cara menggunakan remote control Samsung LED ini karena lebih praktis dan canggih dibandingkan jenis yang biasa. Kamu yang pengen membeli kebutuhan peralatan elektronik bisa langsung cek semua koleksi lengkapnya hanya di Blibli saja. Proses belinya lebih mudah dan murah apalagi sudah ada dukungan Program Cicilan 0% Blibli untukmu. 

Program ini memungkinkan kamu bisa membeli tanpa beban tambahan seperti bunga dan biaya lain yang membuat harganya jadi lebih mahal. Cicilannya ringan dan pilihan tanpa batas. Cek dan beli kebutuhanmu hanya di Blibli saja!