me

7 Cara Setting HDMI TV Samsung yang Perlu Kamu Tahu!

Jun 14, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/vitalii-petrushenko
Ini dia 7 cara setting HDMI TV Samsung untukmu!

Cicilan 0% KAM

HDMI merupakan kepanjangan dari High-Definition Multimedia Interface yang bisa digunakan untuk menyambungkan tampilan video atau visual lainnya dari perangkat satu menuju perangkat lainnya. Kabel HDMI ini biasanya kompatibel dengan TV, Laptop, PC atau DVD. HDMI ini ada yang langsung terpasang pada perangkat dan ada juga yang membutuhkan sambungan tambahan. 

Tertarik untuk tahu cara setting HDMI TV Samsung? Jangan lupa untuk cek semua penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga:


Siapkan Kabel HDMI 

Siapkan Kabel HDMI
freepik.com/author/tayhifi5

Bagaimana cara masuk ke HDMI di TV Samsung? Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan kabel HDMI terlebih dahulu. Hal ini berlaku untuk TV Samsung dan perangkat yang sudah dilengkapi dengan port HDMI sehingga pemasangannya menjadi lebih praktis. Kamu hanya butuh satu kabel dan pastikan kabel HDMI yang dimaksud memang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum lanjut bisa cek dulu sebagai berikut!

  • Perhatikan ukuran panjang dari kabel HDMI, pastikan kabel memang punya panjang lebih dibandingkan jarak antara perangkat dan televisi biar lebih mudah diatur sesuai keinginan. 
  • Perangkat yang ingin disambungkan wajib menyediakan tiga ukuran porta (ukuran mikro, mini dan besar). Ukuran porta ini harus bisa dihubungkan dan pastikan ujung satu lagi yang akan dipasangkan bisa pas ukurannya. 
  • Televisi biasanya punya port HDMI yang besar salah satu ujung dari kabel HDMI ini harus berupa plug HDMI yang besar. 

Masukkan Kabel ke Perangkat yang Dihubungkan 

Masukkan Kabel ke Perangkat yang Dihubungkan
freepik.com/author/arminka19899

Setelah menyelesaikan langkah pertama maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memasukkan plug kabel HDMI sesuai dengan porta menuju HDMI perangkat milikmu. Ada dua hal penting yang nggak boleh dilewatkan sebagai berikut!

  • Pastikan perangkatmu memang sudah menyala dan siap untuk dimainkan. 
  • Kamu nggak bisa memasang HDMI dengan arah terbalik jadi jangan ngasal dan cek lagi kabel yang masuk ke porta. Nggak hanya bakalan susah untuk nyambung namun cara yang ngasal ini bakalan membuat porta dan kabelnya menjadi rusak sehingga fungsi perangkatnya jadi kurang maksimal. 

Pasangkan Ujung Kabel Salah Satunya ke Televisi 

freepik.com/author/dragonimages

Langkah ketiga yang bisa dilakukan adalah memasukkan plug HDMI ukuran besar ke salah satu porta yang letaknya ada di belakang maupun samping televisi. Ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan sambungan yang sesuai sebagai berikut!

  • Pastikan televisi memang sudah menyala jadi siap digunakan. 
  • Jika televisi yang kamu punya ada lebih dari satu port HDMI maka perhatikan nomor atau tanda porta yang digunakan. Biasanya tanda yang sering digunakan adalah HDMI-1 atau nomor seri yang berkelanjutan. 

Cek dan Ganti Sumber Input 

Cek dan Ganti Sumber Input
freepik.com/author/pixel-shot-com

Langkah keempatnya adalah kamu bisa menggunakan tombol televisi atau pengendali televisi untuk mengubah atau mengganti sumber input televisi ke bagian port HDMI yang diinginkan. Adapun untuk caranya kamu perlu tekan tombol “Input” atau “Source” di bagian pengendali televisi untuk mengganti bagian sumber input. 

Selanjutnya kamu bisa memilih port HDMI yang digunakan yakni (HDMI-1 dan masih banyak seterusnya). 

Lakukan Pengaturan Tampilan Perangkat 

Lakukan Pengaturan Tampilan Perangkat
freepik.com/author/drobotdean

Bagaimana cara mengaktifkan HDMI di TV Samsung? Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengubah pengaturan dan tampilan dari perangkat. Penting dipahami kalau perangkat bakalan langsung mengatur secara otomatis ketika HDMI sudah dihubungkan. Hanya saja ada beberapa perangkat yang memang harus membutuhkan pengaturan secara manual. 

Hal ini ditandai dengan layar televisi yang tetap kosong bahkan saat kabel HDMI sudah disambungkan. Untuk itu kamu jangan panik duluan karena ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sesuai dengan perangkat yang disambungkan sebagai berikut!

Untuk Pengguna Mac 

Untuk pengguna Mac kamu bisa langsung membuka bagian “System Preferences” dan pilih bagian “Displays”. Berikutnya kamu bakalan mendapatkan kotak dialog yang berisikan perintah dan pertanyaan. Kamu bisa langsung klik bagian tab “Arrangements” kemudian centang kotak “Mirror Displays” dengan begitu maka tampilannya bakalan otomatis berubah sesuai keinginan. 

Untuk Pengguna Windows 

Untuk pengguna Windows memang membutuhkan langkah yang lebih panjang dibandingkan dengan Mac namun kamu jangan khawatir karena prosesnya tetap praktis dilakukan. Adapun untuk langkah-langkahnya bisa langsung cek semuanya di bawah ini!

  • Buka dulu bagian “Control Panel” kemudian pilih menu “Adjust Screen Resolution” yang ada di bagian “Appearance and Personalization”. 
  • Selanjutnya kamu bisa menekan ikon layar kedua dan pilih pengaturan untuk mendapatkan “Extend the desktop onto this monitor.” Barulah kamu bisa memilih “Apply”. 
  • Selanjutnya buka menu bagian “Resolution” untuk mengatur bagian layar kedua dan mengubah resolusi sampai menemukan ukuran yang pas pada televisi milikmu. Resolusi nggak boleh kurang dari 1280 x 780 piksel biar nggak mengurangi kenyamanan. 

Atur Pengaturan Suara 

Atur Pengaturan Suara
freepik.com/author/ginkoveyka

Bagaimana cara menghubungkan HDMI ke TV Samsung? Langkah selanjutnya adalah mengatur suara biar mendapatkan pengalaman yang nyaman di telinga. Selain bisa mengubah tampilan nyatanya kamu juga bisa mengatur kondisi suara yang diinginkan. Sama dengan pengubahan tampilan di sini untuk pengaturan suara juga dibedakan sesuai jenis laptopnya sebagai berikut!

Untuk Pengguna Mac

Untukmu yang menggunakan Mac maka bisa langsung membuka “System Preferences” dari menu “Apple” kemudian klik bagian “Sound”. Barulah kamu bisa klik tab “Output” dan lihat bagian “Type” lalu cari pilihan HDMI. Jangan lupa untuk mengkonfirmasikan pengaturan ini. 

Untuk Pengguna Windows 

Untukmu yang menggunakan Windows bisa mengikuti tata cara sesuai urutan di bawah ini!

  • Buka dulu bagian “Control Panel” kemudian klik bagian “Sound”. 
  • Lanjut di bagian tab “Playback” klik bagian sisi kanan di area yang kosong lalu pilih “Show Disabled Devices” dari menu yang muncul. 
  • Kemudian kamu bisa memilih pengeras suara televisi sesuai daftar yang ada.

Cek Televisi 

freepik.com/author/naypong

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengecek apakah kabel ini sudah tersambung atau belum. Kabel HDMI ini akan menyambungkan gambar dan suara dari perangkat milikmu menuju televisi secara maksimal. Jangan lupa untuk tetap pantau dan atur tampilan yang diinginkan pada perangkat sehingga kamu mendapatkan tampilan sesuai kebutuhan. 

Kamu memang harus sabar ketika menyambungkan kabel HDMI ini ke bagian perangkat yang diinginkan karena terkadang membutuhkan sambungan yang pas baru bisa terhubung. Hal ini juga dipengaruhi oleh kondisi HDMI jika memang terlalu usang bakalan susah untuk menyambung ke bagian perangkat yang diinginkan. 


Baca juga

Sudah siap untuk mencoba sambungan HDMI ini ke perangkat TV Samsung milikmu? Jangan lupa untuk beli kebutuhan Samsung TV lengkap hanya di peralatan elektronik Blibli saja. Ada banyak pilihan menarik dengan diskon menguntungkan hanya untukmu. Apalagi jika kamu memanfaatkan Program Cicilan 0% Blibli maka balalan dapat keuntungan tanpa beban bunga dan biaya tambahan. 

Cara belinya mudah dan transaksi dijamin aman kamu nggak bakalan kebingungan. Beli semua kebutuhanmu lengkap tentunya hanya di Blibli saja!