me

Mengenal Penyebab Macbook Tidak Bisa Dicharge

Jun 10, 2024.By Jarvis
Bagikan

appleposter.blogspot.com

Salah satu masalah yang sering muncul dalam pengguna Macbook adalah nggak bisa dicharge dengan baik atau tersambung kemudian kembali hilang sambungannya. Ternyata hal semacam ini disebabkan oleh banyak faktor dan mempengaruhi cara mengatasinya. Cek dulu yuks penyebab macbook tidak bisa di charge di bawah ini!

Baca juga: Laptop Murah Spek Tinggi Ini Wajib Kamu Beli


Ada Masalah pada Hardware Sistem

Penyebab pertama yang membuat charger Macbook tidak menyala adalah hardware sistem ada masalah di dalamnya. Kamu perlu waspada karena yang satu ini berkaitan dengan kondisi mesin dan performanya bisa jadi karena kamu terlalu sering menggunakannya tanpa ada jeda. Sehingga terjadi konsleting di dalamnya.

Mesin yang terlalu panas adalah penyebab utama mengapa sistemnya menjadi kacau dan nggak bisa merespon apa yang seharusnya dilakukan. Kerusakan dengan penyebab yang satu ini bisa berakibat fatal bahkan mengenai bagian ic power SMC jika dibiarkan terus menerus. Cobalah untuk mematikan dan mendinginkan perangkatmu terlebih dahulu dan cobalah untuk menyalakannya kembali.

Ada Masalah pada Bagian Software Sistem

PC Magazine

Penyebab kedua selain dari sisi perangkat kerasnya juga bisa karena perangkat lunak yang berkurang fungsi di dalamnya. Hal seperti ini biasanya terjadi pada Macbook yang sudah lama atau terlalu sering digunakan sehingga membuat sistem MacOs di dalamnya menjadi amburadul dan kebingungan dengan perintah yang diberikan.

Hal ini juga bisa terjadi karena terlalu banyak penyimpanan dan aplikasi kurang penting di dalamnya sehingga sistemnya menjadi sangat berat. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Kamu perlu melakukan reset untuk beberapa fitur seperti PRAM, RAM dan SMC. Namun jika ketiganya nggak berpengaruh maka kamu perlu banget untuk install ulang bagian sistem MacOSX milikmu.

Kondisi Baterai Sudah Usang

Pengisian daya yang nggak bisa terhubung bisa juga disebabkan langsung karena baterai yang sudah usang sehingga fungsionalitasnya juga menurun. Hal ini bisa terjadi karena Macbook memang sudah lama sehingga baterainya berkurang kemampuannya. Namun kejadian ini bisa juga menyerang Macbook baru namun dengan penggunaan yang ngasal.

Biar nggak bingung untuk cek kondisi kesehatan baterai kamu bisa langsung menekan dan menahan tombol pilihan kemudian pilih ikon baterai yang ada di tab bar. Nantinya baterai dan statusnya bakalan muncul. Ada beberapa indikasi yang perlu kamu perhatikan dalam hal ini seperti normal, segera ganti, ganti sekarang dan service baterai.

Adanya Kerusakan pada Kabel Charger

TrustedReviews.com

Penyebab berikutnya yang membuat Macbook nggak bisa diisi ulang adalah adanya kerusakan pada bagian kabel charger. Hal yang satu ini bisa langsung kamu amati secara langsung dengan mata terutama pada bagian kabelnya. Jika terlalu sering digunakan dan digulung dengan ngasal maka bisa jadi kabel charger Macbook mudah rusak.

Untuk yang satu ini nggak bisa diatasi melainkan kamu perlu membeli kabel yang baru. Namun tentu saja bisa diantisipasi dengan penyimpanan kabel yang benar. Hindari membiarkan kabel tertekuk-tekuk terutama ketika merapikannya. Kamu juga nggak boleh membiarkannya menancap secara terus-menerus ketika nggak digunakan.

Jangan lupa untuk menyimpan kabel dalam tas yang bisa terhindar dari panas maupun kelembapan. Cara ini bakalan membuat kinerjanya menjadi lebih maksimal.


Baca juga: 5 Laptop Mantep dengan Potongan Harga Terkacau di Blibli

Namun jika memang sudah usang dan rusak kamu bisa beli Apple Adapter di Blibli saja. Kamu yang pengen beli sekalian dengan Macbook baru juga tersedia lengkap. Semuanya dijual lengkap dengan harga yang terjangkau tentunya.