me

Resep Cake Marmer Kekinian, Wajib Banget Dicoba!

May 08, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Resep kue marmer nggak susah untuk dipraktekkan asal kamu mengikuti langkah-langkahnya. / kompas.com

Cake marmer atau juga disebut cake marble adalah jenis kue yang sering dijadikan hantaran ketika acara istimewa seperti Hari Raya maupun Natal. Meskipun identik dengan perayaan tertentu, cake marmer juga cocok dijadikan teman minum teh saat berkumpul bersama keluarga di akhir pekan. Biar bisa menikmatinya kapan aja, kamu wajib tahu resep cake marmer yang mudah dipraktekkan.

Resep cake marmer sebenarnya gampang dibuat karena bahan-bahan dan cara pembuatannya terbilang simpel. Kamu bisa memilih antara cake marmer klasik ataupun modifikasi seperti cake marmer pandan. Keduanya sama-sama enaknya dan proses pembuatannya nggak makan waktu lama dengan catatan semua bahan yang dibutuhkan udah kamu siapkan di awal.

Baca juga: Resep Makanan Sehat yang Mudah dan Praktis


Resep Cake Marmer Klasik

rumahmesin.com

Kita mulai dulu dari cake marmer klasik, ya. Cake marmer klasik identik dengan warna kue adonan yang kuning pucat. Nantinya, kamu bisa menambahkan pasta coklat yang akan “diukir” menjadi motif marmer yang simpel tapi artistik.

Bahan-Bahan 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cake marmer klasik adalah sebagai berikut:

  • 5 butir telur
  • 125 gr gula pasir
  • 1 sdt emulsifier
  • 1 sdt vanilla
  • 150 gr tepung terigu serbaguna
  • 15 gr maizena
  • 15 gr susu bubuk
  • 100 gr margarin, lelehkan
  • 50 gr minyak sayur
  • 1-2 sdt pasta coklat atau pasta black forest 

Cara Pembuatan 

Setelah semua bahan kue yang dibutuhkan siap, kamu bisa mulai membuat cake marmer klasik dengan cara pembuatan seperti berikut:

  1. Panaskan oven 180’C. Siapkan loyang tulban 20 cm, oles margarin dan taburi tepung. Sisihkan.
  2. Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk.
  3. Kocok telur, gula pasir, emulsifier, vanilla dan campuran tepung hingga mengembang dan kental (all in one method).
  4. Campurkan margarin / butter leleh dengan minyak sayur, kemudian tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Aduk balik hingga tercampur rata dan homogen.
  5. Ambil 2 sendok sayur adonan, beri pasta coklat. Aduk rata.
  6. Tuang adonan putih ke dalam loyang, kemudian tuang adonan coklat di atasnya.
  7. Buat motif marmer dengan bantuan garpu atau tusuk sate.
  8. Oven hingga matang selama kurang lebih 30-45 menit 
  9. Lakukan tes tusuk dan tes sentuh.
  10. Angkat dan segera keluarkan dari loyang agar cake nggak menciut.

Gampang kan, cara pembuatan cake marmer klasik? Kamu bisa memotong cake tersebut menjadi sekitar 12 hingga 16 bagian tergantung selera. Supaya kue nggak hancur, ada baiknya kamu memotong cake setelah dingin. Jadi, sabar dulu, ya.

Resep Cake Marmer Pandan

idntimes.com

Kalau bosan dengan rasa dan tampilan klasik, kamu juga boleh mencoba gaya baru dari cake marmer, yaitu cake marmer pandan. Secara rasa mereka nggak jauh berbeda. Hanya saja, di cake marmer pandan kamu harus menambahkan pasta pandan yang membuat adonan menjadi hijau dengan aroma yang lebih harum.

Bahan-Bahan

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 sdm tepung maizena
  • 27 gram susu bubuk
  • 4 butir telur ayam
  • 180 gram gula pasir
  • 1 sdt pasta pandan
  • 1/2 sdt SP
  • 1/2 sdt vanili
  • 1/3 sdt garam
  • 65 ml santan kental
  • 150 gram mentega, lelehkan
  • 2 sdm cokelat bubuk, larutkan dengan 2 sdm air

Cara Pembuatan

Setelah menyiapkan berbagai bahan di atas, termasuk pasta pandan, kamu bisa mulai cara pembuatannya seperti berikut ini:

  1. Kocok gula, SP, garam, dan vanili dengan mixer berkecepatan tinggi hingga putih kental berjejak. Masukkan pasta pandan. Kocok sebentar.
  2. Turunkan kecepatan mixer. Masukkan terigu, susu, dan santan secara bergantian sambil dengan dikocok dengan mixer asal rata saja.
  3. Masukkan mentega cair ke adonan. Aduk rata.
  4. Ambil beberapa sendok adonan pandan untuk dilarutkan dengan pasta cokelat.
  5. Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi terigu. Tuang adonan pandan, lalu tuang adonan cokelat, lakukan bergantian. Kemudian, buat motif di atasnya.
  6. Panaskan oven.
  7. Panggang kue bolu selama sekitar 30-45 menit hingga matang. Kamu bisa melakukan tes tusuk menggunakan tusuk sate untuk memastikan bagian dalam cake udah matang sempurna atau masih basah.
  8. Segera angkat dan keluarkan dari loyang agar cake nggak mengempis.

Cake marmer, baik klasik maupun pandan, bisa tahan sampai 3 hari di suhu ruang. Tapi, pastikan kamu nggak memasukkannya ke kulkas karena cake akan menjadi keras dan kenikmatannya pasti berkurang.

Resep Cake Marmer 3 Rasa

Youtube.com

Terakhir nih, ada satu resep menarik yang juga seru buat dicoba yaitu resep cake marmer 3 rasa yang lembut. Saking lembutnya, cake marmer satu ini bahkan terasa mirip dengan sponge cake yang bikin nangis enaknya. Berikut adalah bahan-bahan dan cara pembuatannya. Gampang, kok.

Bahan-bahan

  • 60 gr butter
  • 100 gr margarin
  • 110 gr gula halus ayak
  • 100 gr tepung terigu protein sedang
  • 15 gr susu bubuk
  • 4 butir kuning telur
  • 1 sdm cokelat bubuk, ayak
  • Pasta vanilla
  • Pasta pandan, campur dengan 1 sdm tepung terigu
  • 3 butir putih telur

Cara Pembuatan

  1. Kocok butter, margarin, dan gula halus dengan mixer berkecepatan tinggi selama 10 menit sampai putih dan mengembang.
  2. Tambahkan kuning telur satu persatu sambil tetap dikocok sampai tercampur rata.
  3. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk, ayak dan aduk dengan spatula sampai rata.
  4. Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi sampai kaku.
  5. Masukkan 1/3 adonan putih telur ke adonan butter, aduk rata, lakukan sampai habis dan adonan tetap kental.
  6. Bagi 3 adonan sama rata, biarkan satu bagian tetap putih. Bagian lain masing-masing beri cokelat bubuk dan pasta pandan.
  7. Tuang ke loyang sesuai selera dan hentakkan beberapa kali.
  8. Panaskan oven 160 derajat celcius di api atas dan bawah selama 10 menit.
  9. Panggang kue sampai matang selama 40-50 menit.
  10. Diamkan sampai suhu ruang dan kue siap disantap.

Memang sih, untuk bikin cake marmer 3 rasa ini kamu perlu waktu pemanggangan yang sedikit lebih lama yakni 40 – 50 menit. Tapi worthed banget karena hasilnya memuaskan dengan tekstur lembut yang memanjakan lidah. Jangan lupa siapkan teh hangat sebagai teman ngemil cake ini, ya.

Tips Anti Gagal Membuat Cake Marmer

Buat kamu yang masih newbie dalam membuat cake marmer mungkin merasa takut atau nggak percaya diri, jangan-jangan nanti kuenya gagal dan nggak memuaskan. Rahasia cake marmer anti gagal adalah menggunakan semua bahan dalam suhu ruang dan memasukannya secara bertahap. Artinya, kamu harus telaten dan sabar supaya adonan sempurna, lezat dan mengembang.


Baca juga: Mau Dibilang Jago Masak? Coba Resep Ini Yuk!

Biar makin ahli dalam membuat cake marmer dan kudapan lainnya, kamu bisa banget mengikuti kursus masak dengan trainer profesional. Daftarnya bisa lewat Blibli, lho. Dapatkan berbagai penawaran menarik plus harga istimewa hanya di sini. Buruan daftar sekarang!