me

Perbedaan Xpander Sport dan Ultimate yang Perlu Kamu Tahu

Mar 28, 2024.By Rio
Bagikan

image source: www.mitsubishi-motors.co.id

Perbedaan Xpander Sport dan Ultimate – Sejak pertama kali dirilis di tanggal 10 Agustus 2017, Xpander menjadi salah satu mobil keluaran Mitsubishi yang terdepan. Lebih membanggakan lagi karena mobil MPV ini dirancang dan diproduksi di Indonesia. Pertama kali dipasarkan tanggal 3 Oktober 2017, tampilan Xpander yang kokoh, gagah sekaligus elegan jadi keunggulannya.

Xpander dirilis versi facelift pertamanya di awal tahun 2020. Lalu di bulan November 2021 diluncurkan versi facelift keduanya. Dua dari varian Xpander adalah Xpander Sport dan Ultimate. Apa sih perbedaan Xpander Sport dan Ultimate dan mana yang lebih bagus? Dapatkan info lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Spesifikasi Yamaha Fazzio 2022 Terbaru.


Perbedaan Xpander Sport dan Ultimate

Sesuai namanya, Xpander Sport tampilannya didesain lebih sporty. Sedangkan Xpander Ultimate adalah varian yang lebih tinggi, jadi desainnya dirancang lebih elegan. Dari segi harga, sebenarnya hanya berbeda tipis. Tapi sebelum masuk ke harga, cek dulu beberapa perbedaan antara dua tipe Xpander tersebut berikut ini:

1. Perbedaan Eksterior

Dari desain interior, sebenarnya sekilas semua varian Mitsubishi Xpander terlihat hampir sama. Hanya ada beberapa detail yang berbeda. Yang langsung terlihat adalah penggunaan velg ukuran 16 inci untuk Xpander Sport dengan warna single tone. Sedangkan Xpander Ultimate menggunakan velg ukuran 17 inci. Tampilannya jelas lebih mewah Xpander Ultimate. Velg varian Sport sama dengan Exceed dan GLS.

Perbedaan eksterior lainnya adalah kaca spionnya. Xpander Sport kaca spionnya berwarna sama dengan bodi, sedangkan Xpander Ultimate kaca spionnya berwarna chrome, yang tentu terkesan lebih mewah. Perbedaan lain tentunya terlihat dari emblem. Xpander Sport memiliki emblem ‘Sport’, sedangkan Xpander Ultimate emblemnya bertuliskan ‘Ultimate’.

Handle pintu keduanya juga berbeda. Xpander Sport handle pintunya sewarna dengan bodi. Sedangkan Xpander Ultimate handle pintunya berwarna chrome. Jadi mudah membedakan Xpander Ultimate dengan tipe Xpander lainnya. Dari grille depan, spion dan handle pintu warnanya sama, chrome.

2. Perbedaan Interior

Begitu masuk ke kabin, perbedaan kedua varian Xpander ini baru benar-benar terlihat. Xpander Sport kabin dan dasbornya menggunakan warna serba gelap yaitu paduan hitam dan coklat tua. Sedangkan Xpander Ultimate lebih memilih warna terang yaitu beige. Otomatis, untuk perawatan jok dan kabin lebih mudah Xpander Sport karena tak mudah terlihat kotor. Varian Ultimate butuh perawatan ekstra.

Selain itu, tampilan interiornya terlihat tak banyak berbeda. Varian terbaru Xpander Sport dan Ultimate menggunakan gaya desain Horizontal Axis. Menggunakan paduan bahan soft touch yang lembut dengan detail jahitan yang mewah. Selain itu, AC di dasbor sudah menggunakan teknologi digital yang membuatnya lebih kekinian.

Kedua tipe ini juga sudah dilengkapi dengan layar sentuh ukuran 8 inci di dasbor. Keduanya sama-sama sudah mudah dihubungkan ke Apple Car Play atau Android Auto. Model setir yang lebih modern nggak hanya hadir di varian Ultimate saja, tapi di varian Sport juga sudah ada.

2. Perbedaan Fitur

Ada tombol yang berbeda di setir Xpander Ultimate yaitu tombol untuk fitur Cruise Control. Ini adalah fitur di mana pengemudi bisa mengatur sendiri kecepatan. Mobil bisa berjalan dengan kecepatan stabil tanpa perlu menginjak pedal gas. Fitur ini hanya ada di Xpander Ultimate, sedangkan Xpander Sport belum memilikinya.

3. Perbedaan Harga

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kedua varian Mitsubishi Xpander ini perbedaan harganya nggak terlalu jauh, tepatnya hanya Rp 2 jutaan saja. Xpander Sport dipasarkan dengan harga sekitar RP 270 jutaan, sedangkan Xpander Ultimate sekitar Rp 272 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan Xpander Sport dan Ultimate

Sebelum memutuskan beli mobil, pastinya kita harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya. Bisa jadi bahan pertimbangan, jadi kita sudah tahu betul apa yang akan kita dapat saat membeli. Berikut ini kelebihan dan kekurangan Xpander Sport dan Ultimate.

Kelebihan

  • Kapasitas 7 orang penumpang dengan kabin yang luas, dimensinya 4595 (panjang) x 1750 (lebar) x 1730 – 12750 mm (tinggi).
  • Ruang bagasi luas, sehingga bisa membawa barang bawaan cukup banyak saat bepergian. Untuk meningkatkan ruang bagasi, jok belakang bisa dilipat dan jadi MPV 5 penumpang.
  • Kapasitas mesin 1499 cc, karena itu konsumsi bahan bakarnya jadi lebih irit dibandingkan mobil yang berkapasitas lebih besar.
  • Kuat saat berada di jalan menanjak, meski mobil sedang dalam keadaan penuh penumpang. Kelebihan ini sudah teruji sejak awal Mitsubishi Xpander dirilis di tahun 2017. Dirancang di Indonesia yang jalannya berbukit-bukit di berbagai wilayah, karena itu mobil ini dilengkapi fitur Hill Start Assist, khusus untuk jalan menanjak.
  • Suspensi Xpander Sport dan Ultimate sudah nyaman. Jadi getaran di jalan, meski saat berkendara dalam kecepatan tinggi sekalipun, bisa teredam dengan baik. Melewati jalan yang bergelombang dan kurang rata sekalipun bakal tetap nyaman dengan Xpander.
  • AC dingin, pas untuk berkendara di berbagai kota di Indonesia yang cenderung cukup panas di siang hari.
  • Tingkat kedap suara di dalam kabin yang makin baik, terutama versi facelift terbarunya di tahun 2021. Suara bising dari kendaraan di luar mobil dan suara lainnya bisa dikurangi. Sehingga saat berada di dalam mobil terasa lebih nyaman.
  • Build quality semakin baik dengan finishing rapi.
  • Suku cadangnya dijual dengan harga yang relatif terjangkau dan mudah ditemukan di mana saja di Indonesia.
  • Jaringan Mitsubishi sudah tersebar di tanah air. Sudah ada lebih dari 300 bengkel resmi Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia. Jadi mudah mencari bengkel resminya, meski mobil dibawa berkendara ke luar kota dan jauh dari rumah.
  • Harga Xpander Sport dan Xpander Ultimate terbilang terjangkau, yaitu di bawah Rp 300 juta.
  • Harga jual kembali Xpander Sport dan Xpander Ultimate juga masih tinggi karena mobil ini banyak diminati. Bahkan Mitsubishi sudah 2 kali mendapat Gridoto Award untuk kategori mobil dengan harga jual kembali terbaik.

Kekurangan

  • Desain interior terlihat terlalu simpel, bahkan untuk varian Xpander Ultimate yang harganya paling tinggi.
  • Dasbor nggak semuanya menggunakan material lembut, hanya sebagian saja. Jadi saat dipegang terasa kurang elegan.
  • Varian yang bukan facelift terbaru masih menggunakan port USB type B yang dirasa sudah terlalu ketinggalan jaman. Hanya versi facelift yang sudah menggunakan port USB Type C.

Baca Juga: Spesifikasi Yamaha Fascino yang Harus Kamu Tahu.

Makin mantap ganti mobil lamamu dengan Mitsubishi Xpander? Dapatkan Xpander Sport maupun Xpander Ultimate dan varian lainnya di Blibli. Pilihannya lengkap dan kamu bisa pilih sendiri beli mobil di dealer yang terpercaya di Blibli. Metode pembayaran di Blibli juga lengkap. Untuk cicilan, cukup sesuaikan dengan metode yang paling nyaman untukmu, bahkan di sini kamu bisa dapetin cicilan spesial dengan bunga 0%.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya