me

Spesifikasi Yamaha Fascino yang Harus Kamu Tahu

Mar 04, 2022.By
Bagikan

Via : news18.com

Kamu butuh motor baru dengan desain menarik dan mesin bertenaga tinggi? Jangan khawatir, Blibli Friends, bisa melihat terlebih dahulu spesifikasi yang dimiliki oleh Yamaha Fascino. Fascino sendiri merupakan varian terbaru dari Yamaha yang cukup banyak diminati di pasaran. Benarkah motor ini memang sebagus itu untuk digunakan? Yuk, langsung intip spesifikasinya berikut.

Baca Juga : Spesifikasi Yamaha Fazzio 2022 Terbaru

___________________________________________________________

Spesifikasi Yamaha Fascino

Via : bikeindia.in

Ketika membeli sebuah motor tentu penting banget untuk tahu spesifikasi unggulan apa saja yang ditawarkan oleh motor tersebut. Sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Adapun spesifikasi yang dimiliki motor ini adalah sebagai berikut:

  • CC

Spesifikasi pertama yang diberikan oleh Yamaha Fascino ini adalah bisa dilihat dari ukuran atau kapasitas cc yang dimilikinya. Dibekali dengan ukuran sekitar 125 cc motor ini memiliki performa yang cukup canggih ketika digunakan. Kamu nggak hanya dimanjakan dengan bentuk desainnya yang kekinian namun juga dari sisi lajuannya yang nggak ada tandingan.

Berikutnya, kamu perlu tahu kalau sistem bahan bakar yang digunakan oleh motor ini adalah Fuel injection. Tentunya hal ini membuat proses penggunaan bahan bakarnya menjadi lebih awet dan tentunya lebih efisien dibandingkan yang belum menggunakan injection. Beberapa fitur di dalamnya juga dibuat sesuai dengan cc motor yang ada di jajarannya.

Motor ini masuk ke dalam kategori motor matic sehingga cocok digunakan untukmu yang nggak biasa menggunakan motor koplingan. Nggak heran jika motor ini banyak diincar oleh para wanita untuk menunjang aktivitas hariannya.

  • Oli

Hal kedua yang bisa diketahui dari Yamaha Fascino ini adalah dari segi oli. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, Yamaha Fascino ini masuk ke dalam motor matic jadi jangan lupa untuk memilihkan tipe oli yang cocok untuk motor matic. Pemilihan oli yang nggak tepat justru akan membuat mesin motornya cepat rusak.

Untuk tipenya kamu bisa menggunakan Super Matic Oil karena cocok dengan kebutuhan motor matik 4-Tak premium. Oli ini memiliki bentuk kekentalan yang sesuai sehingga mampu melurumi area mesin dengan baik. Bahkan aliran oli yang dimilikinya ternyata juga mampu memasuki celah-celah bagian tersempit dari komponen mesinnya.

Selain itu, kamu juga perlu tahu kalau penggantian oli ini juga harus dilakukan secara rutin. Paling nggak pergantian yang dilakukan ketika sudah memasuki tahun kedua. Tujuannya adalah untuk memastikan sisi kebersihan dan fungsionalitasnya pada mesin. Sehingga mesin tetap berfungsi dengan baik dan tentunya awet untuk digunakan.

  • Ban

Spesifikasi ketiga dari Yamaha Fascino adalah dari sisi ban yang digunakan. Layaknya kendaraan roda dua lainnya kamu tentunya tahu kalau ban adalah komponen penting karena tugasnya sebagai alat penggerak motor dan juga penopang beban yang ada di atasnya. Sehingga dari segi ukuran dan kualitas juga wajib banget disesuaikan dengan beban dan tipe motornya.

Untuk Yamaha Fascino ini menggunakan ban yang berbeda untuk bagian depan dan belakangnya. Bagian depan ban dari motor ini menggunakan 90/90-12 sebagai ukurannya sementara tipe yang digunakan adalah Tubeless. Sementara untuk ban bagian belakangnya dibuat lebih besar dalam segi ukurannya.

Ukuran ban belakangnya adalah sekitar 110/90-10, sementara untuk jenis yang digunakan masih sama dengan ban depannya yakni Tubeless. Ukuran dan tipe ini sudah sangat cocok dengan model Fascino yang nggak terlalu besar sehingga lebih seimbang dan mampu menggelinding dengan baik ketika dijalankan.

  • Mesin

Spesifikasi keempat yang dimiliki oleh Yamaha Fascino adalah dari sisi mesin. Kamu tentunya tahu kalau mesin merupakan hal paling penting untuk diutamakan dalam memilih sebuah motor sebelum membelinya. Mesin yang digunakan oleh Yamaha Fascino ini sangat memperhatikan kualitas dan kecepatan lajuan yang dilakukannya.

Mesin yang digunakan oleh motor ini adalah Air cooled, 4-stroke,SOHC, 2-valve. Mesin ini termasuk tipe yang memiliki performa cukup baik ketika dijalankan, sebanding dengan ukuran atau kapasitas cc yang dimilikinya. Selain itu, mesin ini juga mampu menghasilkan tenaga maksimal dan torsi yang cukup efisien untuk digunakan.

Mesin ini mampu mencapai sekitar 8.2 PS @6500 rpm untuk tenaga maksimalnya. Sementara untuk torsinya mampu mencapai ukuran sekitar 9.7 Nm @5000 rpm. Mesin ini disesuaikan dengan bentuk motornya yang nggak terlalu besar dan bobot yang hanya sekitar 99 kg saja. Sehingga nantinya bisa menampilkan lajuan yang lebih baik ketika digunakan berkendara.

Dibekali juga dengan kapasitas tangki bahan bakar sekitar 5.2 liter. Motor ini menggunakan bahan bakar bensin untuk menjalankannya.

  • Suspensi

Via : kompas.com

Spesifikasi kelima dari Yamaha Fascino bisa dilihat dari suspensi yang digunakan. Nggak cuma dari sisi mesin saja yang bagus, nyatanya motor ini juga dibekali dengan tipe suspensi yang mumpuni untuk digunakan. Hal ini membuat motor ini mampu melaju dengan seimbang dan tetap membuat penumpang merasa nyaman.

Dibekali dengan dua suspensi yang ada di bagian depan maupun belakangnya. Sementara untuk tipe yang digunakan keduanya sama yakni Telescopic fork/Unit swing. Tipe ini dianggap sudah kelas atas ketika dipasang pada kelas motor matic. Nggak heran kalau motor ini cocok banget digunakan untuk pemula yang takut terlalu sulit mengendalikan sebuah motor.

  • Rem

Berikutnya, spesifikasi keenam dari Yamaha Fascino adalah dari segi rem yang digunakan. Rem yang dimiliki oleh motor ini ada dua jenis yakni untuk rem bagian depan dan juga rem bagian belakang. Rem depannya menggunakan tipe Disc(190mm)/Drum, sementara untuk rem bagian belakangnya menggunakan Drum.

Perpaduan rem ini mampu memberikan keselamatan yang lebih baik ketika berkendara. Kamu bisa menggunakan rem depan, belakang maupun perpaduan di antara keduanya untuk menghentikan motor ketika dibutuhkan.

  • Transmisi

Hal ketujuh yang menjadi spesifikasi dari Yamaha Fascino adalah dari sisi transmisi yang digunakan. Nggak lengkap rasanya kalau rem saja yang bagus tanpa diberikan transmisi yang mumpuni. Namun kamu jangan khawatir karena motor ini menggunakan tipe transmisi kekinian dan nggak main-main fungsinya.

Untuk kelas harga motor sekitar Rp13 jutaan nyatanya Fascino sudah dibekali dengan V-belt automatic untuk tipe transmisi yang digunakan. Transmisi ini mendukung kamu bisa berkendara dengan lebih nyaman walaupun sedang berada di medan jalan yang kurang mendukung. Cocok banget untukmu yang menjalani aktivitas sehari-hari dengan mengendarai motor.

  • Sistem Pengereman

Spesifikasi kedelapan dari Yamaha Fascino adalah dilihat dari sisi pengereman yang diberikan. Ada dua sistem pengereman yang digunakan oleh motor ini. Pertama, Fascino menggunakan sistem tromol untuk bagian depan dan belakangnya. Kedua, motor ini juga dibekali dengan adanya rem cakram untuk bagian belakangnya.

__________________________________________________

Baca Juga : Spesifikasi Yamaha R15M, Motor Ideal untuk Touring

Bagaimana, Blibli Friends? Kamu tertarik untuk membeli motor baru? Kamu bisa melihat banyak rekomendasi motor Yamaha terbaru tentunya cuma di Blibli saja. Banyak banget variasi pilihan dan harga terjangkau untuk didapatkan. Kamu juga bakalan dapat promo gratis ongkir dan voucher tertentu setiap harinya. Yuks belanja sekarang juga!

 

Tag: