me

Spesifikasi Yamaha Fazzio 2022 Terbaru

Jan 24, 2022.By
Bagikan

Image source: yamaha-motor.co.id

Buat penggemar skuter matik alias skutik, harus banget cek info tentang skutik terbaru dari Yamaha yang satu ini, Yamaha Fazzio 2022. Apalagi kalau kamu ingin punya skutik yang gayanya merupakan perpaduan retro dan modern, pasti tertarik deh dengan Yamaha Fazzio.

Baru diperkenalkan di awal 2022 ini, Yamaha Fazzio merupakan solusi kalau kamu ingin memiliki skutik yang harganya relatif terjangkau! Dibandingkan dengan tipe skutik Yamaha sebelumnya, Yamaha Fazzio 2022 diklaim sebagai seri klasiknya. Lebih berkelas, seperti apa sih spesifikasi Yamaha Fazzio 2022 terbaru? Yuk cek info lengkapnya di sini.

Baca juga : Spesifikasi Yamaha R15M, Motor Ideal untuk Touring

_________________________________________________________________________________________________________________________

CC Yamaha Fazzio 2022

yamaha fazzio
Image source: gridoto.com

Untuk saat ini, Yamaha Fazzio 2022 masih terbatas dipasarkan di Indonesia saja, melihat perkembangan penggemar skutik di Indonesia yang makin meningkat. Skuter ini ditenagai dengan mesin berkapasitas 124.8 cc dengan satu silinder, SPOHC.

Oli Yamaha Fazzio 2022

Kapasitas oli Yamaha Fazzio 2022 adalah 0.84 L. Seperti berbagai jenis sepeda motor dan kendaraan bermotor lainnya, oli mesin Yamaha Fazzio harus dicek secara berkala dan diganti pada waktu yang tepat. Dengan begitu, mesin pun bisa terjaga dengan lebih baik dan tahan lama.

Waktu ganti oli skutik nggak bisa disamaratakan periodenya, karena setiap pengendara memiliki mobilitas dan cara berkendara yang berbeda. Dibandingkan bergantung pada periode, jauh lebih baik kalau mengganti oli berdasarkan jam berkendara atau jarak tempuhnya. Sebaiknya oli skutik diganti kalau sudah menempuh jarak 3.000 – 4.000 km.

Tapi ada hal lain yang perlu diperhatikan nih. Skutik biasanya digunakan di jalanan perkotaan yang cenderung macet. Jadi sebenarnya bebannya lebih berat, karena mesin terus bekerja. Jadi disarankan bagi pemilik skutik untuk mengganti oli sebelum mencapai kilometer 3.000 – 4.000.

Ban Yamaha Fazzio 2022

warna yamaha fazzio
Image source: gridoto.com

Skutik Yamaha Fazzio 2022 saat ini dipasarkan dengan harga Rp21.7 jutaan hingga Rp22 jutaan. menggunakan tipe ban tubeless. Ini jadi salah satu keunggulannya karena ban tubeless punya tekstur yang lebih keras dan kokoh dibandingkan dengan ban biasa. Ban tubeless juga nggak menggunakan ban dalam lagi, jadi jelas lebih praktis dan efisien.

Untuk ukuran ban Yamaha Fazzia 2022 sama bagian depan dan belakangnya yaitu 110/70-12”. Ukuran ban ini pas sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman saat bermanuver dan berakselerasi di jalanan.

Untuk jalanan perkotaan kebanyakan, ban tubeless dianggap sebagai pilihan yang tepat. Jalanan kota cenderung rata dan nggak banyak rintangan. Meskipun terkena rintangan tertentu dan ban sampai bocor, kelebihan ban tubeless adalah ban nggak langsung bocor. ban tubeless memberikan waktu ekstra karena daya tahannya. Jadi pengendara masih punya waktu untuk cari tukang tambal ban.

Waktu menambal ban tubeless pun lebih singkat, yaitu sekitar 5 – 10 menit saja. Selain itu, di bagian dalamnya biasanya ada cairan anti bocor yang membuat ban tubeless punya kemampuan untuk menambal sementara dengan sendirinya. Dengan begitu, ban nggak mudah bocor dan pengendara bisa lebih merasa aman dan nyaman saat berkendara dalam berbagai kondisi.

Mesin Yamaha Fazzio 2022

Seperti sudah disinggung sebelumnya, Yamaha Fazzio 2022 menggunakan mesin SPOHC dengan satu silinder yang kapasitasnya 124.8 cc. Mesinnya ini didesain dengan teknologi Yamaha Blue Core Engine yang memang sudah dikenal efisien. Karena itu diterapkan kembali untuk skuter keluaran terbaru dari Yamaha.

Oh ya, Blue Core Engine yang paling baru juga lebih bertenaga dan handal. Meski begitu, teknologi ini dirancang lebih ramah lingkungan. Jadi pas banget buat kamu yang lagi cari skuter yang konsepnya lebih ke arah go green tapi tetap bertenaga.

Berapa tenaga yang mampu dihasilkan mesinnya? Output power maksimal skuter ini mampu mencapai 8.3 tenaga kuda pada 6.500 rpm. Sementara torsi puncak yang dihasilkan berada di angka 10.6 Nm pada 4.500 rpm. Tenaga ini dikirim ke roda dengan unit Continuous Variable Transmission (CVT) dan belt drive.

Untuk melengkapi performanya dan membantu kerja mesin, ada Smart Motor Generator. Ini berkontribusi untuk memberi tendangan saat pengendara berakselerasi dalam waktu maksimal 3 detik. Selain itu, saat mesin dinyalakan atau dimatikan, generator ini juga membuatnya lebih efisien dengan cara mengurangi suara dan emisi dalam keadaan idle.

Suspensi Yamaha Fazzio 2022

Yamaha Fazzio Hybrid Connected - NEO Version (VIN 2022/ OTR Jabodetabekser)

Suspensi Yamaha Fazzio 2022 bagian depannya menggunakan teleskopik, sementara bagian belakangnya menggunakan swing unit. Sistem suspensinya terasa nyaman dan empuk saat berkendara di berbagai medan. Meski begitu, suspensi tetap harus dicek secara berkala saat berkunjung ke bengkel.

Rem Yamaha Fazzio 2022

Untuk sistem keamanan yang paling utama, yaitu remnya, bagian depan menggunakan disc. Sementara rem belakang menggunakan drum. Yamaha membekali skutik ini dengan berbagai perlengkapan pintar yang meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengendara.

Selain rem yang pakem, beberapa fitur yang jadi nilai tambah adalah penggunaan smart key. Dengan begitu pengendara jadi lebih mudah dan praktis dalam menyalakan mesin dan mengendalikan kontrol lainnya.

Selain itu, speedometer tampilannya juga sudah full digital. Kita bisa memantau berbagai info mulai dari indikator Electric Power Assist Start, jam digital, petunjuk kecepatan laju skutik, sampai kapasitas bahan bakar. Super praktis dan modern!

Transmisi Yamaha Fazzio 2022

yamaha fazzio 2022
Image source: industri.kontan.co.id

Untuk mengirimkan tenaga dari mesin ke roda, Yamaha Fazzio 2022 menggunakan Continuous Variable Transmission (CVT). Sistem transmisi otomatis yang terbaru ini dianggap mampu meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara sehari-hari. Mengoperasikan skutik jadi nggak terlalu sulit.

CVT bekerja dengan cara memindahkan tenaga dari mesin ke roda belakang dengan bantuak belt drive atau sabuk khusus. Sabuk ini bertugas untuk menjadi penghubung antara drive pulley dengan driven pulley, menggunakan prinsip gaya gesek.

CVT termasuk jenis transmisi yang mudah digunakan. Untuk berkendara dalam keadaan macet, jelas transmisi CVT akan terasa lebih ringan karena nggak menggunakan kopling manual. Tenaga dari mesin bisa disampaikan dengan sempurna ke roda belakang dengan cara menyesuaikan perubahan kecepatan torsi skuter dengan rasio yang pas.

Sistem Pengereman Yamaha Fazzio 2022

Sistem pengereman Yamaha Fazzio 2022 yang dirilis tanggal 17 Januari 2022 ini terbilang mantap dan aman dengan rem disc di bagian depan dan drum di bagian belakang. Sebagai motor hybrid pertama di Indonesia yang menggunakan kapasitas 125 cc, Yamaha jelas berusaha memberikan fitur yang terbaik. Dan yang paling penting, harga yang ditawarkan terbilang cukup terjangkau.

_________________________________________________________________________________________________________________________

Baca juga : Spesifikasi Honda Vario 160, Sudah Tahu?

Gimana, sudah makin mantap pakai skutik baru di tahun baru? Cocok banget untuk berkendara di jalanan perkotaan, kamu bisa mendapatkan Yamaha Fazzio 2022 di Blibli. Dapatkan harga yang lebih hemat dengan memanfaatkan beragam voucher. Mulai dari potongan harga, gratis ongkir, sampai cashback. Nggak perlu penasaran lagi, yuk cek warna yang tersedia sekarang juga!

DAPATKAN MOTOR YAMAHA FAZZIO DENGAN HARGA TERBAIK HANYA DI SINI

Tag: