me

Spesifikasi Honda Vario 160, Sudah Tahu?

Oct 25, 2021.By
Bagikan

Image source: sepeda-motor.info

Kamu punya rencana untuk membeli motor baru bulan ini? Sepertinya kamu perlu melihat spesifikasi honda vario 160 yang satu ini. Seperti yang sudah diketahui bahwa Honda Vario selalu bisa menarik minat para pecinta otomotif terutama untuk body dan mesin yang enteng untuk digunakan.

Motor ini mengalami pembaharuan terkait desain dan juga komponen penting di dalamnya. Sehingga sebelum resmi meluncur sudah banyak yang mengincarnya. Blibli Friends penasaran dengan spesifikasinya? Yuks silahkan simak beberapa penjelasan penting di bawah ini!

Baca juga : Desain Imut Honda Giorno Cocok Dipake Buat Jalan Bareng Gebetan

_________________________________________________________________________________________________________________________

Spesifikasi Honda Vario 160

spesifikasi vario 160
Image source: viva.co.id

Honda Vario 160 ini memang memiliki banyak pembaharuan yang perlu kamu tahu. Terutama banyak terjadi pada bagian mesin dan eksteriornya. Beritanya akan ada penambahan sebanyak 2 klep sehingga jumlahnya menjadi 4 klep pada mesin Esp selanjutnya kapasitas dari mesinnya ini sekitar 157 cc.

Hal ini juga membuat perubahan ukuran yang terjadi pada bore tersebut. Stroke skutik yang digunakan dari 58 mm x 57,9 mm akhirnya menjadi lebih lebar sekitar 60 mm x 55,5 mm. Hal ini juga menyebabkan rasio yang digunakan dalam kompresinya menjadi berubah juga. Ukurannya menjadi 12,0 : 1.

Beberapa perubahan yang drastis ini tentu sepadan dengan harga yang dirombak juga. Banyak yang bilang motor ini adalah bentuk dari kesempurnaan yang wajib untuk dimiliki. Cocok digunakan untukmu yang suka dengan tipe motor kokoh dan nyaman untuk ditunggangi. Selain perubahan di atas ada juga spesifikasi lain yang perlu diketahui.

  1. Spesifikasi keamanan motor

Spesifikasi pertama yang perlu kamu pahami adalah terkait keamanan yang digunakan pada motornya. Sisi safety ini sangat diperhatikan dengan menggunakan keamanan terbaik dan mengedepankan kenyamanan penumpangnya. Tipe terbaru ini memiliki kelengkapan keamanan terutama pada bagian sistem remnya.

Pengereman ABS atau biasa disebut juga dengan Anti Lock Braking System jadi meningkatkan keamanan saat melakukan pengereman. Rumornya motor ini juga akan dilengkapi dengan HSTC meskipun kedengarannya nggak mungkin mengingat harganya yang cukup mahal. Tentu membuat harga motor ini semakin membengkak nantinya,

Dilihat dari beberapa spoiler foto dan video terkait peluncuran terbaru Honda Vario ini bentuknya cukup aman ketika ditunggangi. Apalagi komponen lain yang dibuat lebih menyatu dan mendukung satu dengan lainnya.

  1. Desain yang digunakan

Membeli motor memang tidak bisa terlepas dari pemilihan desain yang akan digunakan. Terutama motor yang memiliki desain kokoh dan kuat untuk ditunggangi. Terlebih untuk Honda Vario ini yang dibuat lebih menarik dan modern. Kamu akan mendapatkan desain motor yang berbeda dari sebelumnya.

Kamu bisa memperhatikan pada bagian fascia yang dibuat lebih agresif dari sebelumnya. Kemudian semua lampu yang digunakan pada motor ini sudah memakai LED full jadi tentunya membuat penampilan motor ini lebih ciamik dan aman dalam perjalanan. Warna LED ini juga memberikan penerangan jalan lebih baik.

Cocok dipakai untuk anak muda karena bentuknya berani dan agresif cocok untukmu yang ingin serba cepat namun stylish ketika menuju suatu tempat. Hal ini tentu disesuaikan juga dengan motor yang menjadi kompetitornya sehingga motor ini tetap bisa bertahan di pasaran bahkan menarik minat para penggunanya.

Motor ini lebih meningkatkan pada bagian desain yang digunakan pada motornya. Perbaikan desain ini bertujuan untuk membuat peningkatan harganya tidak terlalu melambung tinggi. Perlu dipahami jika terlalu banyak melakukan peningkatan fitur juga akan membuat harga jual motor ini susah untuk diraih.

  1. Mesin yang digunakan

Spesifikasi berikutnya yang tidak kalah penting adalah terkait penggunaan mesin motornya. Mesinnya menggunakan 160 cc sehingga sangat cepat dan maksimal lajunya. Mesin ini diharapkan mampu bersaing dengan kompetitornya juga. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mesinnya memang dibuat lebih cepat dan nyaman.

Adanya peningkatan jumlah klep dan cc membuat motor ini mendapatkan harapan cukup tinggi di hati masyarakat. Hanya saja yang menjadi kekurangan dari motor ini adalah tidak adanya pelengkap katup variabel. Inilah yang perlu menjadi pertimbangan penting ketika memilih motor ini

Mesin ini tentu sudah cukup maksimal untuk menggerakkan motor ketika ditunggangi. Motor dengan mesin tersebut membuat lajunya lebih mudah. Motor ini mampu memberikan kesan berkendara yang lebih maksimal ketika digunakan. Kamu bisa merasakan pengalaman bermotor yang berbeda dari motor biasanya.

Perubahan dan perkembangan motor ini ternyata mampu membuka pikiran masyarakat untuk mencoba spesifikasinya. Terlebih dengan upgrade yang sangat bagus ini. Jadi memungkinkan motor yang dijual ini tetap mengedepankan keindahan body dan juga fitur maksimal terutama pada mesinnya.

  1. Spesifikasi lainnya

Banyak yang bilang bahwa motor ini sengaja dibuat lebih berat dibandingkan tipe sebelumnya. Vario ini memiliki memiliki berat kosong sekitar 112 kilogram jadi lebih ringan dan bisa cepat. Hal ini ternyata juga cukup mendukung terkait performa yang diberikan. Berbeda dengan tipe sebelumnya yang memiliki berat sekitar 131 kilogram.

Hal ini dikarenakan Vario 160 ini mengikis banyak berat di dalamnya sehingga semakin lincah dan cepat untuk digunakan. Terutama untuk bagian mesinnya yang baru sehingga mampu memangkas berat lumayan banyak di bagian motornya. Berat yang berhasil dipangkas mencapai 760 kilogram.

Performa lainnya juga bisa diukur melalui daya kuda dan torsi yang digunakan. Motor ini menggunakan kubikasi sekitar 156,9 cc dan tenaga maksimal sekitar 158 cc. Selanjutnya untuk torsi berada di puncak lumayan tinggi sekitar 14,7 Nm sementara untuk mesinnya  mencapai 6.500 rpm.

Jika dibandingkan dengan tipe sebelumnya jelas ada beberapa peningkatan yang signifikan dari motor ini. Peningkatan yang terjadi sekitar 3,4 daya kuda dan kenaikan torsi mencapai 1,9 Nm. Performa yang menarik ini tentu menjadi pertimbangan penting bagi penunggu motor keluaran terbaru untuk mencobanya.

Kekurangan Honda Vario 160

desain vario 160
Image source: otomania.gridoto.com

Dari beberapa spesifikasi di atas tentunya kamu tahu bahwa jenis ini jika dibandingkan dengan para kompetitornya ada semacam kelebihan dan kekurangannya. Seperti dengan nggak adanya kontrol traksi yang wajib diperhatikan. Kamu bisa membandingkan dengan keluaran terbaru dari motor lainnya maupun versi sebelumnya. Kira-kira kamu lebih suka yang mana?

Hanya saja Blibli Friends harus tahu bahwa spesifikasi ini hanya gambaran pertama yang bisa menjadi pertimbangan untuk membeli. Belum lagi info rilis Honda Vario 160 yang nantinya meluncur di Indonesia juga belum tentu sesuai dengan yang ada di negara lainnya. Biasanya akan tetap ada perbedaan seperti pada variasi yang ada.

_________________________________________________________________________________________________________________________

Baca Juga : Cara Merawat Motor Matic Gampang Banget!

Setelah melihat penjelasan terkait Honda Vario 160 kamu ternyata juga bisa memantau harga Honda Vario 160 dengan mudah hanya di Blibli saja. Kamu akan mendapatkan info dan update terbaru terkait motor keluaran baru ini. Kenapa harus di Blibli? Alasannya karena banyak penawaran menarik mulai dari cashback, promo sampai gratis ongkir.

TEMUKAN HONDA VARIO DENGAN HARGA TERBAIK HANYA DI SINI

Tag: