me

7 Persiapan Penting untuk Cek Kondisi Mobil Sebelum Mudik

Apr 22, 2024.By Rio
Bagikan

carcarehunt.com

Cek Kondisi Mobil Sebelum Mudik — Memilih mudik menggunakan kendaraan mobil pribadi merupakan pilihan tepat terutama jika kamu memang membawa barang banyak dan anak-anak. Sehingga segi kenyamanan dan keamanannya bisa lebih terjamin dengan baik. Hanya saja sebelum berangkat kamu perlu memperhatikan beberapa hal mengenai cek kondisi mobil sebelum mudik biar nggak terjadi masalah di jalan. 

Baca Juga: Mudik Anti Boros, Ikuti 5 Tips Berikut Ini!


Apa Saja yang Harus Dicek Pada Mobil Sebelum Mudik Lebaran?

Bagian-bagian mobil mana saja nih yang perlu dicek dulu sebelum digunakan mudik lebaran? Biar nggak ada yang ketinggalan kamu bisa cek kondisi mobil sebelum mudik secara lengkap di bawah ini!

1. Kondisi Oli

Bagian mobil pertama yang perlu kamu cek adalah kondisi oli. Oli merupakan komponen penting yang bertugas untuk melapisi mesin biar tetap berfungsi dengan baik. Sehingga keberadaan cairan ini harus selalu diperhatikan kondisinya jangan sampai terlalu kering atau bahkan mengering. Proses penggantian oli juga ada ketentuannya yakni sekitar 3 bulan sekali.

Cobalah cek dulu kapan terakhir kamu mengganti oli mobil sebelum dibawa mudik biar nggak terjadi masalah saat berkendara. Beberapa manfaat oli yang perlu kamu tahu adalah mencegah karatan pada mesin, menghemat bahan bakar, mendinginkan mesin, sebagai cairan pembersih untuk mesin dan bertugas untuk mengurangi gesekan pada mesin. 

Kemudian jika oli ini dibiarkan kering atau keruh maka yang terjadi adalah komponen metal bakalan lebih rentan bergesekan, bagian penting mesin bakalan mudah karatan, mesin mudah banget overheat karena suhunya nggak stabil dan tentu membuat bahan bakar cepat boros. Jadi, kamu nggak bisa menganggap remeh keberadaan oli untuk mobilmu. 

2. Kondisi Aki

Bagian kedua mobil yang harus dicek adalah aki. Sama halnya dengan oli, aki punya masa penggunaan tertentu dan membutuhkan penggantian ketika waktunya tiba. Aki dalam mobil punya peranan penting mengenai segala hal yang berkaitan dengan kelistrikan. Jadi, jika ada kerusakan pada aki maka rawan banget terjadi konsleting saat mobil dijalankan. 

Beberapa fungsi penting dari aki untuk mobil adalah memberikan kestabilan pada tegangan, mengirimkan energi listrik ke bagian-bagian yang membutuhkan, menyuplai listrik untuk kebutuhan perapian, menghidupkan AC, menghidupkan semua bagian lampu pada mobil, menyimpan energi listrik ketika belum dibutuhkan untuk mobil. 

Bagaimana tandanya aki ini butuh peggantian? Pertama, bagian starter mobil bakalan sulit untuk dinyalakan. Kedua, air di dalam aki kondisinya sangat keruh atau bahkan mengering. Ketiga, aki memiliki bau sangat menyengat saat mesin dihidupkan. Jika ada tanda-tanda itu lebih baik kamu harus ganti air aki dan cek bagian-bagiannya biar nggak ada yang bocor. 

3. Kondisi Steering dan Kelistrikan

Bagian ketiga yang nggak kalah penting dicek sebelum berangkat mudik adalah bagian steering dan kelistrikan mobil. Steering erat kaitannya dengan mudah nggaknya mobil ketika dikemudikan sehingga tenaga yang dikeluarkan untuk menghidupkannya juga berpengaruh banget. Hal ini terasa banget terutama untuk tipe mobil keluaran baru. 

Untuk mobil tua maka sepenuhnya memang harus digerakkan secara manual, sementara untuk mobil keluaran baru ada yang namanya sistem otomatis. Hanya saja ketika terjadi konsleting atau kerusakan maka sistem otomatis ini juga nggak bakalan berfungsi. Sehingga pekerjaanmu untuk menyetir mobil bakalan makin berat dan banyak. 

Kemudian untuk kelistrikan berkaitan dengan hidupnya LCD monitor, colokan untuk isi daya ponsel sampai dengan audio yang dibutuhkan untuk menemani perjalanan. Kedengarannya memang nggak berbahaya namun penting biar pengemudi nggak ngantuk atau bosan menyetir. Apalagi jika tujuan mudiknya jauh tentu bakalan hening banget tanpa ada suara musik. 

4. Kondisi Ban

Bagian keempat yang perlu dicek adalah ban mobil. Pertama, kamu harus cek kondisi kehalusan bannya, jika memang sudah terlalu halus maka perlu diganti. Tentunya untuk memberikan keamanan lebih baik apalagi saat bersentuhan dengan area licin dan terjal. Kedua, cek ketebalan ban dalam mobil apakah sudah terlalu banyak yang robek atau masih layak pakai.

Jika memang sudah terlalu banyak tertembus paku atau tipis maka kamu perlu banget melalukan penggantian untuk ban dalam maupun luarnya. Ketiga, cek kondisi tekanan angin yang ada di semua bannya. Pastikan tekanannya pas nggak terlalu keras atau kempes untuk membuatmu nyaman dalam melakukan perjalanan. 

Jangan lupa untuk membawa ban serep lengkap dengan alat yang digunakan untuk mengganti bannya. Sehingga jika nggak menemukan bengkel kamu tetap bisa ganti ban dengan yang baru. 

5. Kondisi Air Radiator

Bagian kelima yang perlu dicek adalah kondisi air radiator. Apa sih fungsi komponen ini? Fungsi utama yang diberikan adalah sebagai sistem pendingin untuk mobil. Sehingga berguna sebagai penstabil suhu mesin yang meninggi atau kondisi mobil yang terlalu panas. Hal ini membuat kondisi mobil tetap dalam suhu stabil dan nyaman untuk dinaiki. 

Bahaya banget ketika berkendara dengan kondisi mesin dan mobil yang overheat sehingga penting banget untuk cek air radiator sebelum pergi. Komponen ini punya banyak bagian penting yang semua sistemnya harus saling tersambung satu dengan lainnya. Jika ada salah satu yang terputus atau bocor maka kamu perlu menggantinya dengan yang baru. 

Ketika mengganti air radiator dengan yang baru kamu juga harus memilih tipe yang sesuai dengan tipe mobilmu. Sehingga kinerja yang diberikan nanti bakalan lebih maksimal untuk dirasakan. 

6. Kondisi Rem

Bagian keenamnya adalah rem mobil. Rem erat banget hubungannya dengan penghentian dan keselamatan penumpang saat mengendarai mobil. Rem yang cakramnya kuat bakalan membuat mobil mudah berhenti bahkan saat darurat. Jadi, bahaya banget jika mudik menggunakan mobil yang remnya sudah blong. 

Adapun tanda-tanda rem membutuhkan penggantian adalah terdengar suara gesekan saat rem dihidupkan, rem terasa lebih bergetar, pedal rem terasa lebih keras dari biasanya, ketika rem diinjak mobil tertarik ke sisi lain dan pedal rem terasa lebih ringan. Jika ada tanda-tanda ini maka lebih aman kamu segera menggantinya. 

7. Kondisi Lampu

Bagian ketujuh yang nggak kalah penting untuk diperhatikan adalah kondisi lampu mobil. Kedengarannya memang sepele namun lampu mobil punya peranan penting untuk perjalanan terutama ketika malam hari. Lampu yang tiba-tiba konslet atau mati bakalan membahayakanmu bahkan pengemudi lainnya saat di jalan. 

Lampu membuat mobilmu menjadi lebih terlihat sehingga nggak bakalan ditabrak pengemudi lainnya. Lampu juga membuat perjalananmu menjadi lebih tenang dan nggak serem karena gelap-gelapan. Terutama ketika sedang mencari sesuatu di dalam mobil bakalan lebih mudah ketemu. Jadi cek dulu sambungan lampu dan nyalanya apakah masih layak atau nggak untuk perjalanan mudik.


Baca Juga: Syarat-syarat Wajib Sebelum Mudik Lebaran

Blibli Friends sudah siap untuk mudik lebaran 2024? Jangan lupa cek kondisi mobil sebelum mudik dan cek semua kebutuhanmu hanya di Blibli saja. Ada banyak produk menarik dengan harga terbaik tentunya banyak promo menarik menunggumu. Kamu juga berkesempatan dapat gratis ongkir setiap harinya dari Blibli. 

Tag: