me

Syarat-Syarat Wajib Sebelum Mudik Lebaran

Apr 25, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Siapa yang tidak sabar berkunjung ke kampung halaman dan bertemu keluarga besar untuk merayakan Hari Lebaran? Setelah dua tahun terhambat pandemi, akhirnya pemerintah kembali mengizinkan tradisi mudik. Namun syaratnya, masyarakat harus mematuhi aturan terkait kesehatan sesuai anjuran yang ditetapkan untuk mencegah timbulnya gelombang baru Covid-19. Mudik tanpa pandemi saja butuh persiapan matang, apalagi saat pandemi? Yang jelas harus lebih ekstra lagi persiapannya. Apa saja sih yang harus dipersiapkan sebelum mudik di kala pandemi? Yuk, simak ulasannya!

Kondisi badan sehat dan bugar adalah persiapan paling utama yang harus dipenuhi oleh kamu sebagai pemudik. Pastikan kamu dan orang yang diajak mudik tidak sakit. Atau bila memungkinkan, lakukan tes PCR Covid-19 dengan tujuan untuk menjaga kesehatan anggota keluarga kamu di kampung. Jangan sampai mereka terpapar virus yang kamu bawa dari kota ya hehehe. 

Kamu juga wajib menerapkan protokol kesehatan umum, seperti menjaga jarak aman, mengenakan masker , menghindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Persiapan mudik lainnya adalah wajib memenuhi persyaratan administrasi seperti sudah divaksinasi. Kalau sudah tiga kali vaksin atau menerima vaksin booster, kamu hanya perlu menunjukkan sertifikat vaksin melalui aplikasi seperti PeduliLindungi di ponselmu sebelum melakukan perjalanan. Kalau baru dua kali vaksin, kamu harus menunjukkan sertifikat vaksin dengan disertai tes antigen negatif. Sementara apabila baru satu kali vaksin, yakni vaksin pertama, kamu harus menunjukkan sertifikat dan melakukan tes PCR.

Bukan hanya kesehatanmu, kendaraan yang ingin kamu gunakan saat mudik juga harus dicek kondisinya supaya prima. Lakukan servis sebelum berangkat untuk memastikan keamanannya. Kemudian, sesuaikan jumlah rombongan mudik dengan kendaraan yang dipakai supaya aman dan tidak kelebihan muatan. 

Bagaimana kalau mudik tidak pakai kendaraan pribadi? Kamu bisa melakukan persiapan dengan memilih jadwal keberangkatan di tanggal yang tidak terlalu padat untuk menghindari berdesakan. 

Jangan lupa mengecek aturan terbaru mengenai perjalanan jarak jauh antarkota untuk memudahkan kamu berkendara. Plus persiapkan barang-barang kebutuhan selama perjalanan seperti makanan, minuman, obat-obatan,  dan uang tunai seperlunya untuk berjaga-jaga. 

Itu tadi beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum mudik Lebaran. Pastikan semua persyaratan terpenuhi dan protokol kesehatan dipatuhi supaya tidak ada kendala di perjalanan kamu nanti. Untuk membantu agar persiapan mudikmu lebih optimal, cek rekomendasi koper-koper bagus dari Blibli di bawah ini, yuk! 

Cek koper lainnya dengan berbagai model dan ukuran di sini!

  • Koper Polo Cavallo Hardcase ABS 6171 (20 Inch)

Polo Cavallo Koper Hardcase

  • Koper Luminox GGHJ Hardcase Fiber (20 Inch)

Luminox GGHJ Hardcase Fiber

  • Koper Dupont 476 Hardcase Expander (20 Inch)

Dupont 476 Hardcase Expander

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya