me

Destinasi Wisata di Pulau Sumatera

May 06, 2024.By Nadine
Bagikan

Destinasi Wisata di Pulau Sumatra — Sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia, Sumatera adalah pulau yang kaya. Kaya akan budaya, kuliner, dengan atraksi wisata yang menarik, pulau dengan luas total 473.481  kilometer persegi ini memiliki beberapa gugusan pulau. Fakta unik lainnya, juga menyimpan banyak wisata terkenal di Pulau Sumatera yang menyuguhkan pemandangan  eksotis. Pasti wajib dijelajahi, berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata populer di pulau sumatera yang bisa jadi pilihan liburan Blibli Friends nanti!

Baca Juga: Destinasi Wisata Bali Terbaik


1. Pulau Weh, Aceh

Destinasi wisata populer pertama di pulau Sumatera adalah Pulau Weh. Pulau Weh merupakan pulau yang terbentuk dari gunung berapi. Meski berada di dekat laut, warga Aladdin masih bisa menemukan ciri khas bebatuan vulkanik. Hal ini juga mempengaruhi kesuburan tanah.

Pulau Weh dijuluki “Gerbang Menuju Indonesia” karena merupakan pulau utama dan terbesar di Sabang yang terletak di ujung barat Indonesia. Beberapa tempat wisata yang wajib masuk dalam itinerary Anda saat berkunjung ke Pulau Weh antara lain Monumen Mile Zero, Pantai Iboih, Gua Ahoi dan Pantai Anoi Itam (Pantai Pasir Hitam).

2. Danau Toba – Sumatera Utara

Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Tak hanya itu, Danau Toba juga merupakan danau terbesar kedua di dunia, dengan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman  450 meter, Danau Toba benar-benar lebih seperti lautan. Danau Toba terletak di Provinsi Sumatera Utara dan merupakan bagian dari Kabupaten Samosir, Toba Samosir, Simalungun, Karo, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan dan Dairi. Danau Toba menyelenggarakan banyak wisata dan atraksi  menarik bagi  wisatawan, seperti Festival Danau Toba dan Geopark Danau Toba.

3. Candi Muara Takus – Riau

Candi Muara Takus adalah candi Budha tertua di Sumatera. Kompleks candi ini telah diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Bangunannya unik, memiliki menara dan memiliki bangunan induk yang besar. Pura ini terletak di  ujung sungai yang bernama Muara Takus.

Pura Muara Takus  cocok  sebagai tujuan wisata sejarah dan tujuan wisata religi bagi pemeluk agama Buddha. Pasalnya, candi Budha ini merupakan bukti bahwa agama Buddha  berkembang pesat di wilayah ini.

Bagaimana menurutmu, Blibli Friends?

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya